Wisata Salju di Shirakawago Jepang - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Wisata Salju di Shirakawago Jepang

Kalau sebelumnya aku sudah share tentang Tiket Termurah 18Kippu dan cara ke Shirakawago Jepang, di tulisan kali ini aku akan lebih fokus ke beberapa tempat dan foto menarik di Shirakawa-go pada saat musim salju. Wisata Salju di Shirakawago Jepang merupakan salah satu alternatif wisata yang sangat populer di Jepang selain dari Wisata di Hokkaido. Pada musim salju ada ribuan orang yang datang ke tempat ini setiap harinya. Simak betapa unik dan menariknya tempat ini:
Shirakawa go di Gifu
Shirakawa go di Gifu


Mengapa Shirakawago?

Alasan utama para pengunjung domestik atau orang Jepang sendiri untuk datang ke Shirakawa-go ialah karena tempat ini memberikan nuansa yang sangat berbeda dari tempat-tempat wisata lainnya di Jepang. Masuk ke daerah Shirakawago seolah-olah kita kembali ke masa lalu, dengan gaya rumah kayu yang atapnya tertutup jerami tebal agar tak tembus ketika menghadapi badai salju.

Atap rumah di Shirakawa-go yang unik ini dipertahankan keberadaanya sejak ratusan tahun silam. Bentuk atap yang runcing khas daerah bersalju ini merupakan bentuk adaptasi agar salju tak bertumpuk di atap dan menyebabkan rumah roboh karena keberatan salju.

Karena kondisi alamnya yang dikelilingi gunung dan sangat bersalju, bangunan di Shirakawa-go ini sejak dahulu sudah sangat berbeda dengan yang ditemui di daerah lainnya di Jepang. Jika rumah tradisional di tempat-tempat lainnya di Jepang menggunakan tatami dan memiliki taman mini, rumah di Shirakawago ini sama sekali berbeda. Inilah kenampakannya:
A post shared by Huda (@hudatnt) on

Japan UNESCO World Heritage

Kalau sebelumnya itu alasan dari turis domesti Jepang, alasan dari turis internasional untuk datang ke Wisata Salju di Shirakawago ialah karena tempat ini termasuk dalam UNESCO World Heritage. Dalam web UNESCO dikatakan tempat ini dijadikan World Heritage karena keasliannya menunjukkan kebudayaan lokal ratusan tahun silam, juga menunjukkan bagaimana masyarakat pada masa lampau dengan keterbatasan mampu bertahan hidup di tempat yang ekstrim.

Selain memiliki bentuk rumah yang unik, tempat ini juga menggambarkan bagaimana perekonomian masyarakat dapat dibangun dari lingkup sekitar dan skala kecil. Tempat ini menggambarkan struktur masyarakat yang dibangun pada abad ke 11 dan masih mampu bertahan hingga 1950 walaupun telah terjadi perubahan ekonomi yang sangat drastis di Jepang.

Aku sendiri memang kesini karena pemandangannya yang bersalju sangat unik dan menarik. Yah maklum karena orang Indonesia, nggak pernah lihat salju yang numpuk begini jadinya langsung pengen kesini. Selain itu juga karena pengen lihat isi rumahnya, dan memang unik beberapa tempat telah disulap menjadi museum dan cafe.

Pemandangan di tempat wisata Shirakawago ini memang sangat menarik karena dikelilingi pegunungan kemudian dibalut salju yang jatuh diantara pepohonan. Sangat indah dan menggambarkan alam yang berbeda dengan yang biasa kita lihat di keseharian. Berikut ini beberapa gambar lainnya yang aku ambil:
A post shared by Huda (@hudatnt) on
Rumah-rumah unik ini seperti pada dongeng-dongeng atau film kartun di musim salju yang sering kita tonton. Ini beberapa rumah yang terlihat sangat menarik dengan background salju dan pegunungannya:
A post shared by Huda (@hudatnt) on

A post shared by Huda (@hudatnt) on
Dibalik hutan hijau yang diselimuti salju:
A post shared by Huda (@hudatnt) on

A post shared by Huda (@hudatnt) on

A post shared by Huda (@hudatnt) on

Yap itulah kenampakan dari Wisata Salju di Shirakawa-go yang terletak di Gifu Prefecture Jepang. Cara untuk mencapai tempat ini sudah aku tuliskan sebelumnya: Cara ke Shirakawago. Jika kalian ada rencana travelling ke Jepang pada sekitar akhir bulan Desember-Februari, maka tempat ini harus menjadi salah satu destinasi yang kalian tuju.

Baca juga cerita wisataku sebelumnya: Perjalanan ke Kanazawa Kota Emas.

Thanks For Reading!
 
Back To Top