Tiket Kereta Termurah Seishun 18 Kippu di Jepang (Jyuu Hachi Kippu) - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Tiket Kereta Termurah Seishun 18 Kippu di Jepang (Jyuu Hachi Kippu)

Salah satu hal yang paling menyenangkan kalau tinggal di Jepang ialah karena transportasinya yang begitu nyaman dan mudah diakses. Walaupun kalau dihitung-hitung transportasi di Jepang ini lumayan mahal lho.. Perjalanan antar kabupaten di Jepang ini bisa merogoh kocek hingga ¥3000 atau sekitar Rp. 360.000. Tetapi tenang kali ini aku akan share salah satu tiket kereta termurah di Jepang. Inilah dia tiket termurah di Jepang:

Seishun 18 Kippu (青春18)

gambar seishun 18 kippu

せいしゅん じゅうはち きっぷ (Seishun Jyu-Hachi Kippu) berasal dari bahasa Jepang (yaiyalah!), yang artinya tiket pemuda 18 tahun. Jadi pada awalnya tiket ini didesain untuk para pemuda Jepang yang berusia 18 tahun untuk melakukan perjalanan di seluruh wilayah Jepang. Walaupun begitu sebenarnya siapapun bisa menggunakan tiket ini, bahkan banyak sekali orang tua yang menggunakannya. Tiket ini dapat digunakan untuk lima hari perjalanan kereta (lokal dan rapid JR) di seluruh wilayah di Jepang. 

Harga Tiket 18 Kippu

Harga tiket ini ialah ¥11.850 untuk lima hari pemakaian. Jadi jika dibagi jumlah harinya, maka sehari hanya akan menghabiskan ¥2370 atau sekitar Rp. 240.000. Ini akan sangat murah untuk perjalanan jarak jauh. Seperti perjalananku dari Okayama ke Fujinomiya untuk Pendakian Gunung Fuji di Jepang yang hanya menghabiskan satu hari atau Rp.240.000, sangat irit jika dibandingkan dengan tiket Shinkansen yaitu ¥16.030 atau sekitar 1.8 juta rupiah. Di lain waktu aku juga menggunakan tiket ini untuk Perjalanan ke Kanazawa, Perjalanan ke Nabanano Sato dan Perjalanan ke Tokyo. 

Tetapi tentu saja seperti yang aku bilang, perjalanan menggunakan tiket 18 Kippu ini memakan waktu satu hari penuh atau lebih dari 12 jam, sedangkan shinkansen hanya perlu 3.5 jam. Jadi kalau punya duit banyak pilihlah Shinkansen, jika punya waktu banyak pilihlah 18 kippu. :D 

Karena murahnya dan lamanya perjalanan menggunakan 18 kippu ini, aku sering menyebut tiket ini sebagai Tiket Traveller Level Sudra.

Penggunaan Tiket Seishun 18 Kippu

gambar 18 kippu penuh
18 Kippu yang sudah habis
Tiket ini bentuknya ialah satu lembar berwarna biru seperti pada gambar di atas. Stempel pada tiket menunjukkan jumlah hari pemakaian tiket, jadi lima stempel menunjukkan penggunaanya untuk 5 hari sudah habis (sehari satu stempel). 

Selain itu tiket ini juga bisa digunakan dengan cara beramai-ramai. Jadi kita bisa membeli satu tiket untuk 2, 3, 4 ataupun 5 orang, jadi ketika masuk ke stasiun berlima tiket yang satu lembar ini akan distempel lima kali. Jika sudah begitu tiket tidak akan berlaku lagi karena sudah lima kali stempel. 

Cara lainnya untuk memaksimalkan penggunaan 18 Kippu ialah dengan dijual kembali. Jadi jika kalian membeli tiket ini kemudian hanya bisa menggunakannya untuk satu atau dua hari, kita bisa menjualnya kembali di tempat tertentu (ada disetiap kota). Harganya lumayan reasonable dan sesuai dengan jumlah stempel yang ada, jadi nggak rugi-rugi banget kok. Atau opsi lainnya bisa dijual ke teman yang mau jalan-jalan.

Cara menggunakan tiket ini ketika masuk ke gerbang masuk Stasiun berbeda dengan tiket yang biasa di Jepang. Tiket seishun 18 kippu ini tidak bisa dimasukkan ke pembaca kartu/pembaca tiket di stasiun, jadi kita harus menunjukkannya ke penjaga stasiun. 

Karena mudahnya penggunaan Seishun 18 Kippu maka ketika musimnya banyak sekali yang menggunakan tiket ini. Kapan kita bisa menggunakan 18 Kippu?

Jadwal Tiket Murah Seishun 18 Kippu

Nah.. Ngerti aja khan kalau yang namanya promo tiket murah pasti ada batasan waktunya? Yang pasti tiket ini dikeluarkan dan berlaku tiga kali di setiap tahunnya, rutin pada tanggal-tanggal berikut ini:
MusimDijualBisa Digunakan
Spring20 Feb - 31 Mar1 Mar - 10 Apr
Summer1 Jul - 31 Agst20 Jul - 10 Sept
Winter1 Des - 31 Des10 Des - 31 Des

Setelah tahu kapan waktunya ada tiket ini, kalian bisa membelinya ke counter JR di setiap stasiun, di tempat biasanya kita membeli tiket shinkansen. Jika kalian sudah memiliki tiket ini, apa yang selanjutnya harus diketahui?

Jadwal Kereta Lokal di Seluruh Jepang

Jika kalian sudah memiliki tiket Seishun 18 Kippu maka yang selanjutnya harus kalian siapkan ialah jadwal perjalanan yang tepat untuk mencapai tujuan. Masih ingat kan kalau tiket ini hanya berlaku untuk kereta lokal dan rapid saja? Oleh karena itu kita butuh jadwal keberangkatan kereta lokal dan rapid.

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan informasi jadwal kereta ini ialah menggunakan situs Hyperdia, begini cara menggunakan hyperdia:

Itulah sedikit informasi tentang Seishun Jyu Hachi Kippu, tiket kereta termurah di Jepang. Jadi ingat, jika kalian punya banyak waktu pilihlah tiket murah ini, tetapi jika tidak punya banyak waktu sebaiknya menggunakan shinkansen. Semoga bermanfaat.

Thanks for Reading!

Share if you like it! 
 
Back To Top