Ryokan di Jepang dan perbedaanya dengan Hotel - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Ryokan di Jepang dan perbedaanya dengan Hotel

Ryokan adalah tempat penginapan tradisional Jepang. Tempat penginapan ini sedikit berbeda dari hotel, karena biasanya lebih kecil dan berada di lokasi-lokasi strategis wisata. Kamar di Ryokan ini biasanya minimalis persis seperti rumah-rumah tradisional Jepang dengan tatami yang lembut dan lemari yang menempel di dinding kamar. Selain itu pelayanan di Ryokan juga lebih bersifat personal, jadi akan merasa seperti memiliki pembantu di rumah tradisional Jepang yang elegan.

Pada umumnya harga menginap di Ryokan ini lebih mahal daripada di Hotel, ini mungkin karena pelayanan dari penjaga Ryokan sangat berbeda dari pelayanan di hotel-hotel. Jadi kalau kalian berkesempatan untuk jalan-jalan ke Jepang, sebaiknya mencoba pengalaman menginap di Ryokkan ini, karena beberapa keunikannya.

Keunikan Ryokan daripada Hotel

Aku mencatat beberapa keunikan Ryokan jika dibandingkan hotel ialah:

1. Berada di dekat lokasi wisata. 

Biasanya Ryokan berada di tempat wisata yang jauh dari keramaian, jadi dimana hotel dan resort tidak ada, disitulah Ryokan berada. Aku belum tahu apakah ada regulasi resmi sehingga hotel tidak boleh dibangun di lokasi dimana Ryokan ini boleh dibangun. Yang pasti seringkali Ryokan dijumpai di lokasi strategis seperti kepulauan, ataupun di tempat terpencil yang memiliki atraksi wisata.
Simak Juga: Wisata di Asahikawa, Sapporo, Hokkaido

2. Kamarnya Minimalis

Kamar di Ryokan memiliki desain yang minimalis. Pada umumnya kamar ini tidak punya ranjang, kasur apalagi spring bed. Ketika kita pertama kali masuk kamar ini, biasanya hanya akan melihat meja dengan perlengkapan minum teh.
Kamar Minimalis, simple, enak banget buat istirahat

Ryokan umumnya menggunakan pintu geser diseluruh ruangannya kecuali bagian toilet. Kemudian di kamar pasti ada lemari yang menempel di dinding. Hiasan bunga di pojok kamar yang manis, dan juga perlengkapan tidur seperti Yukata Jepang, futong dan selimut.

3. Penjaga Ryokan memiliki akses masuk kamarmu

Ini adalah hal yang sangat menarik, sekaligus aneh menurutku. Jadi pada saat aku menginap di Ryokan, setelah makan malam dan kembali ke kamar, di kamar sudah tersedia Futong, bantal, selimut, dan perlengkapan tidur lainnya, padahal sebelumnya kami meninggalkan kamar dalam keadaan kosong.

Artinya penjaga Ryokan masuk dan menyiapkan peralatan tidur tersebut. Ini menurutku sangat unik karena pelayanannya terasa sangat personal. Kita diperlakukan seperti raja, disiapkan apa-apa yang dimau.

4. Makan malam di Ryokan sangat mewah dan khas Jepang

Menu makan malam di Ryokan sangat mewah, biasanya kita akan di panggil untuk masuk ke ruang makan khusus untuk menikmati makan malam. Ruangan ini biasanya diperuntukkan untuk keluarga karena memang pengunjung Ryokan pada umumnya ialah sekeluarga.
Ini baru ronde pertama, ada 3-4 kali makanan datang
Saat makan malam ini kamu akan merasakan perbedaan antara Ryokan dengan Hotel karena disini akan disiapkan menu tradisional yang sangat mewah. Biasanya menu datang sebagai set, jadi ada beberapa set menu yang keluar secara bergiliran. Prosesi makan malam ini bisa hingga 1.5 jam karena banyaknya jumlah makanan yang akan disajikan untukmu.
Simak Juga: Makanan Halal di Bandara Kansai

5. Tempat Mandi di Ryokan ialah Onsen

Jadi gini, kalau kalian belum pernah tahu apa itu Onsen, adalah pemandian air panas umum. Jadi di Ryokan tempat mandinya biasanya adalah bak besar yang berisi air panas. Pemandian ini tentunya dipisah antara cowok dan cewek. Tetapi semua yang berjenis kelamin sama akan mandi di tempat yang sama, dalam keadaan telanjang. Tata cara mandi di Onsen ini khusus dan berbeda dengan pemandian lainnya di dunia. Aku akan posting Tata Cara Mandi di Onsen Jepang dipostingan berikutnya.

6. Penjaganya sangat ramah

Penjaga hotel di Jepang biasanya ramah-ramah, tetapi penjaga Ryokan jauh lebih ramah dari itu. Mereka benar-benar memenuhi semua keperluan kita, bahkan untuk hal-hal yang nggak kita minta.

Contohnya mereka akan menunjukkan tempat terbaik untuk melihat sunset, hot spot buat mancing, tempat wisata dekat, dll. Mereka juga siap untuk diminta menyiapkan makanan Halal, yang menjadi kebutuhan traveller muslim.

7. Ada taman khas Jepang

Selain itu hal yang tidak didapati di Hotel ialah taman mini yang selalu ada di Ryokan. Walaupun berukuran sangat mini, biasanya setiap Ryokan memiliki taman dengan desain tanaman bonsai dan pepohonan yang terpangkas rapi, khas taman-taman zen Jepang.

Etika Ketika Masuk Ryokan

Ada beberapa hal penting dalam etika masuk Ryokan, diantaranya:
  1. Idealnya melakukan reservasi sebelumnya, baik itu melalui telepon ataupun via online. 
  2. Ketika sampai di Ryokan buka sepatu sebelum masuk, kemudian gunakan sandal yang disediakan selama berada di dalam ruangan.
  3. Jangan bawa masuk sandal ruangan ke toilet, gunakan sandal toilet untuk di toilet. 
  4. Ketika menggunakan tempat-tempat umum di Ryokan, seperti di teras taman, ruang tengah dan toilet, usahakan mengembalikannya seperti semula, jangan biarkan berantakan. 
  5. Jangan merokok di kamar dan disembarang tempat di Ryokan. 
  6. Jangan melanggar etika ketika masuk onsen. 
  7. Dan yang paling penting ialah jangan ribut!
Yap itulah beberapa hal tentang Ryokan di Jepang dan perbedaanya dengan Hotel. Jadi jika kalian berkesempatan liburan di Jepang, jangan lewatkan untuk menginap sehari atau dua hari di Ryokan Jepang, terutama karena makanannya enak banget!

Thanks for Reading!
Share if you like it!

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top