Investigasi Kuantitas Makanan Halal di Kantin Okayama University - Pendekatan Saintifik - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Investigasi Kuantitas Makanan Halal di Kantin Okayama University - Pendekatan Saintifik

Akhirnya sempat juga posting investigasi penting ini. Ini adalah salah satu penelitian saintifik yang aku lakukan dan telah teruji kebenarannya. Aku selalu yakin kalau sains itu nggak pernah lahir dari kelas. Ilmu pengetahuan berkembang dalam kehidupan sehari-hari, inspirasinya datang dari pengamataan alam dan lingkungan di sekitar kita.

Jika dituliskan dalam sebuah Jurnal Ilmiah, mungkin judul penelitian sederhana yang paling tepat ialah:

Penentuan Range Waktu untuk Memperoleh Jumlah Maksimum Daging Pada Makanan Halal di Kantin Okayama University

Pendahuluan

Salah satu hal yang mendasar dalam kehidupan mahasiswa ialah dalam hal berhemat. Mahasiswa perlu informasi yang memadahi untuk mendapatkan makanan dalam harga yang semurah-murahnya namun dengan asupan gizi yang sempurna.

Untuk menunjang kehidupan mahasiswa, terutama pada akhir bulan maka penulis merasa perlu melakukan kajian mendalam tentang waktu paling tepat dalam membeli makanan Halal di kantin Okayama University.

Landasan Teori

Kantin Kampus Okayama University

Di kampus utama Okayama University terdapat 3 kantin. Kantin pertama berlokasi di bagian depan gerbang masuk kampus yang bernama Peach Union, yang kedua ialah Muscat Union yang berlokasi tepat di sebelah kanan Perpustakaan Okayama University, dan yang terakhir ialah Pione Union yang letaknya di sekitar Engineering Building.

Walaupun jumlah mahasiswa muslim terbilang tidak terlalu banyak, namun ketiga kantin ini menyediakan menu makanan Halal hampir disetiap harinya. Bagaimanapun ini membuat mahasiswa muslim merasa nyaman.

Menu Makanan Halal

Menu makanan halal yang terdapat di ketiga kantin ini ialah sama, hanya saja waktu penyajiannya yang berbeda.

Beberapa menu halal tersebut ialah:
  1. Chicken Stroganofu
  2. Chicken Kari
  3. Tanduri Chicken
  4. Lemon Chicken
  5. Fish Grill
Dari lima menu yang tersedia ini, Tanduri, Lemon dan Fish Grill merupakan menu yang bentuknya ialah satu potong ayam ataupun ikan. Sehingga penyajiannya sudah fix dan tidak bervariasi.

Sedangkan pada menu Chicken Stroganofu dan Chicken Kari bentuknya ialah seperti kari ayam yang berisi potongan ayam, kentang dan wortel. Model sajian ini memungkinan beberapa variasi berdasarkan waktu pembelian menu. Inilah yang kami kaji lebih mendalam.

Metode Penelitian

Model penelitian ini berupa eksperimen yang dilakukan dengan membeli menu makanan Chicken Kari ataupun Chicken Stroganofu pada waktu yang bervariasi.

Pembelian kedua menu tersebut ketika pagi hari pada umumnya akan memberikan hasil berupa jumlah kuah yang melimpah, kemudian kandungan sayurnya cukup banyak, dan dagingnya tidak terlalu banyak.

Untuk Chicken Stroganofu biasanya jumlah bawang potongan bawang mendominasi sedangkan untuk Chicken Kari akan didominasi (Kentang dan Wortel/ Ninjin darake!).

Pada siang hari umumnya jumlah kuahnya tidak akan sebanyak pada pagi hari, dengan kuantitas sayuran masih lebih banyak dari daging ayam. Pembelian pada siang hari ini tergolong yang pas-pasan untuk kalangan mahasiswa. Sayurnya pas, daging-nya cukup dan kuahnya cukup.

Pada malam hari ada dua trend, yakni pada jam 5-6 dan jam 7-9. Pada jam 7-9 Ini adalah moment akhir penjualan, terkadang kita hanya akan dapat kuah Chicken Kari dan kuah Chicken Stroganofu. Pembelian kedua menu pada jam ini termasuk yang tidak menyenangkan karena keduanya telah habis diserbu ketika jam makan malam (jam 6).

Pada jam 5-6 biasanya ini adalah jam-jam awal makan malam, biasanya jam 5 belum terlalu banyak mahasiswa, dan itu adalah waktu yang tepat. Pembelian kedua menu ini pada jam 5 merupakan yang terbaik. Karena jumlah daging ayam yang diberikan akan melimpah ruah. Pemberian jumlah daging ayam bisa meningkat hingga 200-300% dari menu ketika pagi hari. Walaupun begitu jumlah sayuran biasanya telah berkurang drastis. Namun bagi mahasiswa muslim yang membutuhkan asupan protein hewani tentu saja pembelian menu pada jam 5-6 ialah yang terbaik.

Seperti terlihat dalam grafik:
Grafik
Grafik dibuat dengan skala dan ukuran yang asal asalan.
Investigasi ini telah divalidasi dengan mengganti subyek pembeli menu. Hal ini ntuk menghindari jika pemberian jumlah lauk berdasarkan wajah peneliti (yang memelas bak gembel). Untuk menghindari pengaruh faktor wajah tersebut dilakukan pembelian oleh subyek lain.

Hasil yang diperoleh dari beberapa pembeli mengindikasikan kesamaan pola. Sehingga metode ini dapat dikatakan valid secara ilmiah.
Baca Juga: Berapa Energi Yang Dibutuhkan Harry Poter Untuk Terbang


Kesimpulan

Jumlah lauk pada pembelian makanan Halal di Kantin Okayama terpengaruh oleh waktu pembelian. Jam yang paling ideal komposisi nutrisinya ialah pada siang hari dengan komponen kuah, sayur dan daging yang pas. Sedangkan pada malam hari jam 5-6 komponen daging akan meningkat hingga 300% dari sebelumnya.

Data ini dapat digunakan untuk memutuskan pada jam berapa Anda akan makan di kantin.
Terimakasih.

 
Back To Top