Rumus Kimia Garam Dapur, Struktur dan Reaksinya - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Rumus Kimia Garam Dapur, Struktur dan Reaksinya

Ilmu Kimia merupakan bidang keilmuan yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari. Selain gula dapur (glukosa), salah satu bahan kimia yang juga digunakan sehari-hari ialah garam dapur. Lalu apa rumus kimia garam dapur ? Bagaimana struktur kristal garam dapur? dan apa saja reaksi yang dapat terjadi pada garam dapur? Mari kita bahas bersama.

Rumus Kimia Garam Dapur

Rumus umum dari garam dapur atau 'table salt' ialah NaCl, Natrium Klorida. Walaupun pada kenyataanya garam dapur tidak murni dari NaCl dan masih banyak pengotornya, tetapi kandungan dari garam dapur yang biasa setidaknya sudah 97% kristal NaCl. Kristal NaCl ini berwarna putih bersih, tetapi terkadang akan berwarna agak ungu, biru ataupun cokelat karena masih memiliki zat lain di dalam kristalnya.

Garam dapur yang sehat dan baik untuk dikonsumsi ternyata bukanlah yang 100% NaCl, tetapi garam dapur yang beryodium (I2). Biasanya dalam produksi garam, ditambahkan unsur Yodium (I2) yang dapat mencegah penyakit gondok.

Darimana Garam Diperoleh?

Jika selama ini kalian hanya mengira kalau garam berasal dari laut, maka perlu sedikit dibenahi informasi mengenai ini. Garam NaCl selain diperoleh dari air laut, juga dapat diperoleh dari pertambangan garam di wilayah pegunungan. Karena memang garam di laut berasal dari mineral di pegunungan juga.

Garam yang diperoleh dari pertambangan di pegunungan biasanya masih memiliki pengotor, dari berbagai senyawa kimia pengotor, NaCl dimurnikan dengan rekristalisasi, sehingga mencapai kemurnian 98-99%. Setelah dipastikan bahwa zat tidak ada kandungan zat berbahaya di dalamnya, garam siap dipanen.

Adanya 1% pengotor pada garam di pertambangan ini menyebabkan rasa garam-nya menjadi lebih unik. Ini yang menjadi alasan di beberapa negara, garam menjadi komoditi khas bahkan semacam oleh-oleh. Hal ini juga didapati pada garam laut, namun tidak sebanyak garam pegunungan variasinya.

Struktur Kristal Garam Dapur NaCl

Salah satu hal penting yang perlu dikaji mengenai garam ialah tentang struktur kristalnya. Berikut ini adalah gambar struktur kristal NaCl:
Semakin murni garam maka semakin putih bersih warna kristalnya, namun semakin banyak pengotornya warna garam juga semakin buram sesuai warna pengotornya. Hal ini dikarenakan struktur kristal garam akan berubah jika terdapat banyak pengotor, sehingga warnanya menjadi tidak putih bersih lagi.

Reaksi-Reaksi pada Garam Dapur NaCl

NaCl merupakan garam dari asam kuat dan basa kuat. Oleh karena itu ada beragam reaksi yang dapat terjadi pada NaCl dengan unsur kimia lainnya , contohnya:
  1. NaCl (encer) + 4H2O = [Na(H2O)4](+) + Сl(-) (pada pH7).
  2. NaCl (padatan) + H2SO4 (conc.) = NaHSO4 + HCl↑ (dengan termperatur 50° С)
  3. 2 NaCl (padatan) + H2SO4 (conc.) = Na2SO4 + 2HCl↑ (boiling).
  4. NaCl + NaHSO4 = Na2SO4 + HCl (450-800° С)
  5. NaCl (pekat) + AgNO2 (saturated) = NaNO2 + AgCl↓
  6. NaCl (encer) + AgNO3 = NaNO3 + AgCl4.
  7. NaCl (pekat) + H2O + NH3 + CO2 = NaHCO3↓ + NH4Cl.
  8. NaCl + AlCl3 = Na[AlCl4] (until 300 ° C)
  9. 2 NaCl(lelehan) →Electrolysis→ 2Na (cathode) + Сl2↑ (anode).
  10. 2 NaCl + 2H2O →Electrolysis→ H2↑ (cathode) + Сl2↑ (anode) + 2NaOH
Reaksi ke 9 dan 10 merupakan proses yang sangat penting dan dipelajari dalam Teknik Kimia, karena merupakan dasar utama produksi gas klorin dan NaOH (Natrium Hidroksida) yang penting dalam industri kimia. 

Ref:
http://chemistry.about.com/od/chemicalcomposition/fl/What-Is-Table-Salt.htm
http://www.allreactions.com/index.php/group-1a/natrium/sodium-chloride 
 
Back To Top