Makna Dibalik Budaya Harakiri Jepang - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Makna Dibalik Budaya Harakiri Jepang

Harakiri merupakan budaya Jepang yang sudah sangat terkenal. Tapi benarkah harakiri berasal dari Jepang? Kenapa orang Jepang melakukan harakiri? Apa makna dibalik budaya harakiri Jepang?

Aku bukan yang ahli dalam sejarah Jepang, tetapi aku akan coba membahasnya dengan sederhana dan awam. Topik ini menjadi menarik buatku karena sejak kecil pikiranku sudah didoktrin bahwa budaya harakiri menunjukkan kelemahan dan ketakutan dalam menjalani kehidupan, tetapi ternyata itu tidak sepenuhnya benar. Mari kita bahas. 
kenapa orang jepang harakiri

Arti Kata Harakiri

Harakiri ternyata bukan berasal dari Jepang. Budaya bunuh diri dengan menusukkan belati ke perut memang budaya Jepang sejak abad ke 12, namun Jepang sendiri menyebut budaya ini sebagai "seppuku" yang artinya "mengiris/menikam perut sendiri". Namun pada perang dunia ke 2 (WW2), tentara amerika yang melihat tentara Jepang melakukan "seppuku", kemudian dengan sok tau mereka menyebutnya "harakiri" yang memang berarti "mengiris perut". Namun dalam sejarah aslinya tidak pernah orang Jepang menyebutnya 'harakiri', mereka mengatakan "seppuku".
Baca Juga: Belajar di Sekolah Jepang Era Edo

Hingga sekarang kata harakiri masih digunakan dan diserap dalam bahasa inggris yang berarti sama: https://en.oxforddictionaries.com/definition/us/hara-kiri

Cara Harakiri / Seppuku

Pada umumnya seppuku dilakukan dengan menikamkan belati (kodachi) ke bagian bawah perut kemudian mengiris perut ke bagian atas hingga ulu hati (perut terbuka). Kematian oleh cara ini berlangsung sangat lambat dan menyiksa, dan ini ialah bagian dari ritual seppuku.

Cara lain yang juga populer dalam kisah-kisah novel di Jepang ialah dengan cara yang hampir sama, namun seppuku diasisteni oleh sahabat terbaik dari sang pelaku seppuku. Jadi ketika pelaku seppuku menikamkan belati (kodachi) ke perutnya kemudian menggerakkannya ke arah ulu hati, asisten akan menebaskan pedangnya ke leher si pelaku sehingga prosesi kematiannya berlangsung lebih cepat (dan tidak terlalu menyiksa). 

Makna Harakiri/ Seppuku

Kenapa para samurai Jepang dimasa lalu melakukan seppuku? Ternyata untuk menjawab pertanyaan ini terdapat banyak jawaban:
  1. Adalah sebuah pelecehan terhadap nama klan (keluarga), jika seorang samurai tertangkap oleh musuh, oleh karena itu sebelum tertangkap mereka melakukan seppuku. Dengan cara ini mereka sama sekali tidak akan buka mulut kepada musuh.
  2. Membuktikan kesungguhan, kebenaran dan kejujuran. Jika seorang samurai dituduh melakukan sesuatu yang tidak pernah diperbuatnya, salah satu cara mengungkapkan bahwa ia benar-benar tidak berniat buruk ialah dengan seppuku. Ini juga termasuk tuduhan penghianatan, untuk membuktikan loyalitasnya mereka melakukan seppuku. Cara seppuku juga dapat dimaknai bahwa "Aku tidak menyimpan kebohongan di dalam hati, aku buka isi perutku dan lihatlah kalau hatiku bersih".
  3. Mengungkapkan penyesalan yang mendalam. Ini dilakukan pada saat pemimpin perang mengalami kekalahan, sebagai bentuk penyesalannya terhadap prajurit yang sudah gugur, dan keluarga yang ditinggalkan, maka sang panglima akan melakukan harakiri. 
  4. Mengambil perhatian publik untuk suatu gerakan/tujuan yang mulia. Seppuku merupakan metode bunuh diri yang benar-benar menyakitkan, butuh kesiapan psikologis dan kesungguhan untuk melakukannya. Oleh karena itu seppuku dilakukan untuk menunjukkan bahwa pergerakan yang diusungnya lebih penting daripada nyawanya sekalipun. Bahkan seppuku bisa menjadi ajang bagi para samurai untuk mendidik rakyat masyarakat biasa tentang sikap ksatria di zaman dahulu.  
Apa kalian tahu tujuan lainnya? Silahkan share di komentar jika memang pernah mendengar tentang seppuku. 

Walaupun harakiri, seppuku, ataupun bunuh diri apapun bentuknya hukumnya ialah haram dalam sudut pandang Agama Islam. Namun cukup menarik untuk mengetahuinya dari sisi sejarah dan kebudayaan di Jepang. Belajar suatu sejarah dan budaya, membuat kita mampu memahami karakter suatu bangsa. 

Yap itulah makna dibalik budaya harakiri Jepang. Bukan untuk dicontoh, tetapi sebagai pelajaran tentang karakter samurai zaman dulu. 
 
Back To Top