5 Alasan Mengapa Dorama Jepang Sangat Bagus Ditonton Remaja - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

5 Alasan Mengapa Dorama Jepang Sangat Bagus Ditonton Remaja

Akhirnya aku sempat juga meluangkan waktu untuk menuliskannya, ditengah sederetan judul dorama jepang yang musti aku tonton. Sebenarnya aku tidak terlalu suka nonton film, saat SMA aku memang masih suka nonton kartun (anime, naruto, onepiece), tetapi ketika kuliah kebiasaan menonton TV telah jauh berkurang. Semata-mata karena digantikan game DOTA. Sekian lamanya tidak menonton, ketika di Jepang aku malah jadi doyan nonton dorama. Sebagai alasan aku bilang belajar listening Nihonggo.. Padahal pakai sub English. XD

Anyway ada beberapa hal tentang dorama Jepang yang benar-benar berbeda dengan sinetron di Indonesia. Inilah 5 alasan kenapa Dorama Jepang Sangat Bagus Ditonton Remaja:

1. Adegan Pacarannya Sangat Wajar (dengan catatan)

Belakangan banyak sekali kabar-kabar tentang ketidakwajaran anak-anak SMA dalam berpacaran, bahkan anak SMP sekalipun. Salah satu penyebab utamanya ialah tayangan televisi yang mempertontonkan adegan pacaran yang terlalu mesra.

Walaupun Jepang tergolong negara yang bebas masalah hubungan pria-wanita, tetapi kehidupan sosial disini membuat adegan berpacaran tidak seliar di sinetron. Dalam masyarakat Jepang, meminta no Hp saja sudah merupakan langkah yang sangat serius dalam memulai hubungan. Pasalnya orang Jepang tidak mau diganggu kehidupan pribadinya sehingga ketika seorang cewek memberikan no HP-nya artinya sudah mempersilahkan agar dapat menjalin hubungan. Jadi pada dorama Jepang, terutama kisah cinta remaja, adegan PDKT tidak lebih dari bertukar no HP.

Setelah bertukar no HP, langkah selanjutnya dalam hubungan pria-wanita Jepang ialah memanggil nama depan. Bayangkan saja, perubahan panggilan dari nama belakang (nama keluarga) ke nama depan (nama pribadi) sudah merupakan kemajuan pesat dalam kisah percintaan di Jepang. XD

Dan terakhir ialah adegan berpegangan tangan ketika Hanabi atau momen melihat kembang api. Oke di bagian paling akhir biasanya ada ‘kiss’ that’s all.

Dengan catatan: Dorama yang kalian tonton bukan tipikal dorama dark atau thiller.

2. Dorama Jepang Mengajarkan Persahabatan

Sama seperti cerita-cerita manga (komik) Jepang yang populer, dorama Jepang kebanyakan berisi tentang persahabatan. Dorama Jepang seringkali mengangkat kisah sahabat masa kecil, atau perjuangan atas nama sahabat. Salah satu contoh dorama model ini yang sangat populer ialah Crow Zero.

Dorama jenis ini biasanya menghadapkan antara dua pilihan persahabatan ataupun hal lainnya (pekerjaan, dll). Diantara adegannya pasti akan berisi tentang perjuangan dan kekuatan tekad.  Cerita ini akan memberikan gambaran kepada para remaja bahwa masa remaja mereka sangatlah berharga, mereka bisa bersama teman, melakukan sesuatu bersama, berkorban, berbagi dan berjuang bersama.
Baca Juga: Prinsip Berkorban Harakiri di Jepang

3. Dorama Jepang Berisi Kisah Jenius

Salah satu hal yang paling aku sukai dari dorama Jepang ialah yang berhubungan dengan kisah seorang Jenius. Walaupun agak sulit untuk dinalar tetapi seringkali cerita seperti ini memberikan pengetahuan baru.

Aku pernah menonton dorama romance genius “Rich Man Poor Woman” yang dibintangi oleh Shun Oguri. Dalam dorama ini Ia menjadi seorang jenius komputer yang kaya raya. Dalam adegannya dilihatkan bagaimana Shun Oguri bekerja di dunia IT, dan mengetik 10 jari. Karena terobsesi film ini, akhirnya aku belajar mengetik 10 jari. Skill yang sangat penting dalam dunia IT, blogging dan penulisan. Kurasa inspirasi semacam ini juga bisa didapatkan oleh pemuda pemudi lain ketika menonton dorama Jepang jenius lainnya.
Baca Juga: Belajar Ala Jepang di Masa Edo


4. Dorama Jepang Menceritakan Tentang Kerja Keras

Secara pribadi aku tidak pernah melihat film ataupun dorama yang menceritakan tentang kerja keras sebanyak di dorama Jepang. Cerita tentang perjuangan seseorang untuk meraih sesuatu merupakan salah satu yang paling populer dalam dorama Jepang.

Ada seorang yang berusaha menjadi musisi, atlit baseball, perenang, guru. Semuanya bercerita tentang passion, kerja keras dan cita-cita. Kisah seperti pada Dragon Zakura sangat patut ditonton oleh remaja, karena akan memberikan inspirasi untuk bekerja keras belajar untuk mencapai cita-cita hidupnya.
Baca Juga: Pendidikan Karakter Anak Jepang

5. 90% Dorama Jepang Bercerita Tentang Pekerjaan

Terakhir ini adalah alasan utama aku menonton Dorama Jepang. Berbeda dengan sinetron Indonesia yang tokoh utamanya ialah direktur, tetapi tidak pernah jelas direktur ini ngapain, kerja di perusahaan jenis apa, dan bagaimana permasalahan yang di hadapi dalam pekerjaannya. Di dalam dorama Jepang, background pekerjaan si tokoh utama akan menjadi perhatian penting. Sehingga jika tokoh utamanya ialah seorang system engineer (IT) maka kita akan tahu apa saja yang mereka lakukan, bagaimana mereka melakukan meeting, dan bagaimana menghandle proyek-proyek besar. Ini semua digambarkan dengan detil

Jika kita ingin tahu bagaimana pekerjaan seorang jaksa penuntut umum, maka menonton dorama berjudul “Hero” akan memberikan gambaran yang cukup detil tentang apa saja yang mereka lakukan. Sedangkan jika penasaran dengan profesi dokter, kita bisa menonton “Doctor X” yang bercerita tentang dunia rumahsakit dengan cukup detil.

Pengetahuan dan gambaran mengenai dunia kerja ini akan membuat remaja memahami dan menyadari pekerjaan seperti apa yang ia inginkan, disamping itu beberapa fakta tentang kerasnya dunia kerja juga disajikan dalam beberapa dorama sehingga bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk terjun ke dunia kerja.
Baca Juga: Pekerjaan Terbaik Untuk Lulusan Kimia MIPA

Yap.. Dari 5 alasan mengapa dorama Jepang sangat bagus ditonton remaja ini, mana yang menurutpu paling menarik? Walaupun menonton ialah aktivitas refreshing, namun mendapatkan tontonan yang berkualitas dan bermanfaat bukankah lebih baik?

Thanks for Reading Myst!
 
Back To Top