Posisi Menentukan Prestasi Blog - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Posisi Menentukan Prestasi Blog

Dulu aku termasuk yang nggak percaya dengan ungkapan ini. Menurutku prestasi itu harus diraih tanpa perlu melakukan kecuragan, mendekati orang-orang tertentu, mencontek jawaban mereka saat ujian.

Posisi Menentukan Prestasi

Sialnya adalah, pendapatku salah. Kebanyakan orang masih saja menilai prestasi seseorang dari sebuah kertas ber-angka. Jelas-jelas pada nyontek, masih aja dapat IPK lebih bagus daripada yang belajar. Mungkin saja ini hasil dari penilaian yang bukan kognitif saja, tapi juga afektif dan psikomotor.

Mungkin anaknya terkesan bodoh, tetapi afektif atau keaktifannya dalam mencontek patut diacungin jempol. Belum lagi aspek psikomotor-nya yang sangat hebat dan tinggi karena mengumpulkan semua teman-temannya yang pecontek ulung adalah hal yang luar biasa.

Hasilnya, nilai IPK anak-anak seperti itu jelas melambung tinggi, walaupun tetap rendah hati di kelas. Tidak pernah menyombongkan ilmunya dengan menjawab soal sendiri, dan selalu melihat teman.

Kalau untuk para atlit lari, mungkin saja posisi akan menentukan prestasi, mereka yang berada di jajaran posisi terdepan ialah orang-orang dengan prestasi terbaik. Dan sebaliknya, yang di posisi belakang ialah yang paling tidak berprestasi.

Pejwan Google!

Begitu juga kalau di dunia blogging. Posisi sangat menentukan prestasi. Jika prestasi itu dikaitkan dengan capaian dari blog yang kita kelola.

Posisi page 1 (pejwan) google merupakan posisi paling prestisius bagi seorang blogger, sehingga semua blogger mengincar posisi tersebut. Dan  prestasi yang akan diperoleh ketika mendapatkan page 1 di google ialah pencapaian jumlah pengunjung yang meningkat.

Walaupun banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan pengunjung, namun yang paling jujur, prestisius dan keren ialah mendapatkan pengunjung dari page 1 google.

Setelah page 1, mungkin page 2, page 3 yang akan dilirik. Tetapi jangan lupa bahwa yang berada di page 2 dan page 3 berpotensi untuk naik ke page one dan menggeser yang lainnya ke page 2. Tentu saja dengan perlakuan yang tepat.

Contohnya aja, blog mystupidtheory yang masih aku ingat, sekitar dua bulan yang lalu, hanya mendapatkan 70 pageview/hari. Jadi hanya ada 70 kali laman blogku dibuka pembaca setiap harinya, padahal postingannya telah mencapai 200 postingan. Posisi blog dari google belum jelas, sedangkan alexa-nya berada di  18 jutaan. Jauh sekali dari sebuah blog layak pakai. Lebih mirip blog yang sudah usang dan di buang orang. Padahal aku masih aktif untuk posting artikel.

Ganti Template!

Kemudian teman menyarankan aku untuk mengubah template-nya. Alasannya tidak SEO, atau semacamnya lah.. Aku juga nggak begitu paham paham. Akhirnya aku ubah templatenya. Beberapa kali aku ubah templatenya, menyesuaikan keinginanku, dan juga menyesuaikan standard SEO yang dibilang temanku.

Hasilnya ialah 200 pageview/day secara langsung, tepat setelah pengubahan template. Ini peningkatan yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya.

Belajar SEO!

Kemudian aku juga mempelajari mengenai bagaimana cara untuk mencapai page 1 di google dengan mengoptimalkan SEO pada setiap postingan. Kalau boleh dibilang, sepertinya aku berhasil mempelajari apa yang diinginkan google dan meraih page 1 dengan beberapa kata kunci tentang kimia.

Setelah mendapatkan posisi page 1 di google, maka pengunjung akan berdatangan di blog tanpa harus susah payah merana mengetikkan url blog setiap harinya. Juga sharing di FB dan berbagai situs sosial lainnya. Tidak Perlu! Cukup santai-santai dan pengunjung akan datang dari google.

mencapai page one
prestasi blog mystupidhteory
Di atas itu adalah capaian blog www.mystupidtheory.com saat ini, cukup lumayan pembacanya dibandingkan dua bulan yang lalu. Selain semakin semangat berbagi di blog ini karena banyak pembacanya, blog ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Menarik kan? Itu semua karena posisi blog yang sudah dikenali google.

Orang-orang akan berdatangan ke blog kita karena mereka memang memerlukan informasinya. Tentu saja informasi yang dimuat sebaiknya sangat bermanfaat sehingga dapat membantu pembaca kita. Kualitas tulisan kita juga harus cukup tinggi untuk dapat memikat pembaca.

Lolos Dari Algoritma Google Terbaru

Aku kan murni penulis konten, bukanlah seorang ahli website apalagi hekel. Jadi apa yang aku tuliskan memang dihargai oleh google, dan akan sulit digeser. Aku sudah melihat beberapa blog yang hanya booming sementara, dan ketika google melepaskan algoritma baru, mereka terlempar dari page 1 google.  Penyebabnya kemungkinan besar karena mereka mencurangi google.

Google kemudian mendeteksi kecurangan itu dan membuang mereka dari page 1. Tetapi hal ini tidak terjadi pada konten yang benar-benar bernilai di mata google. Maka blog ini selalu meningkat drastis pengunjungnya setiap kali google melepaskan algoritma barunya. Penyebabnya jelas, karena semakin banyak blog curang yang ketahuan google, maka blogku yang jujur ini punya kesempatan naik menuju page 1.

Sekian dulu sharingnya.. Thanks.. Wassalam

 
Back To Top