Tulisan Berkualitas VS Visitor Banyak - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Tulisan Berkualitas VS Visitor Banyak

Saat awal-awal blogging dulu aku termasuk yang terlalu tergila-gila pada visitor blog. Hampir setiap hari aku membagikan blog di FB, Email ataupun dengan blogwalking ke tempat orang-orang hanya untuk membuat orang datang dan membaca satu tulisanku. Entahlah mungkin aku termasuk  manusia memiliki faham "aku terlahir untuk terkenal".

Menjadi tergila-gila pada visitor yang banyak tanpa alasan yang jelas itu bukanlah hal yang salah. Kemungkinan besar kita ingin dikenal karena punya tulisan. Namun hal yang kurang tepat ialah sibuk membagikan link tanpa menulis postingan baru.

Berawal dari itulah aku belajar blogging dan dunia menulis

Menulis tulisan yang berarti
Menyadari bahwasannya menulis secara langsung akan mendatangkan "visitor natural" yang rutin setiap hari, sedangkan menyebar link kesana kemari hanya mendatangkan "visitor sehari" maka aku memilih untuk menulis konten lebih banyak lagi.

Waktu berlalu dengan blogging yang tak jelas dan tak terarah sama sekali, hingga akhirnya aku memutuskan memoles skill menulisku di sebuah organisasi FLP Malang. Awalnya cuma mau belajar menulisnya, tetapi terjerumus masuk ke organisasinya, ya mau tak mau aku nimbrung dah.

Di FLP termasuk lebih banyak orang yang tergila-gila pada kualitas suatu tulisan daripada banyaknya pembaca tulisan tersebut. Jadi untuk fokus membuat tulisanmu berkualitas ini merupakan organisasi yang sangat bagus.

Dengan perasaan bahwa aku telah memperbaiki teknik dan cara menulisku, aku kembali menulis di blog ini, entahlah apa tujuanku menulis saat itu. Kemungkinan besar ialah untuk melatih skill menulis.

Fokus pada perbaikan kualitas tulisan dan tidak pernah tertarik pada besarnya visitor blog membuat blogku menjadi blog yang "biasa" saja. Bayangkan kalau aku sudah memiliki ratusan tulisan di blog dan visitor blogku hanya berkisar 30/hari. Menyedihkan!

Seiring dengan berjalannya hari. Aku mengonsep ulang pemikiranku,
Buat apa tulisan bagus banget, konsep matang, alur yang menarik dan ide yang sangat kreatif tetapi tidak ada yang membaca? Nol besar! Tidak ada pembaca = tulisan tidak bermanfaat.

Setelah itu barulah terbuka mata dan meremake blog ini menjadi blog yang layak sebagai pajangan. Setidaknya pembacanya cukup banyak.

Kalau kalian termasuk yang enggan membagikan tulisan karena takut di copas atau di contek, maka ini adalah konsep yang aku pahami sekarang.

"Bagikan tulisanmu, jangan sok hebat dengan ide briliant-mu sehingga tidak kau bagikan karena takut dicuri orang lain. No way!"

"Semua penulis memiliki ide di kepala mereka yang akan digarap, yang mau mencontek idemu hanyalah penulis dibawah levelmu, dan kau pasti bisa mengunggulinya asalkan tetap menulis"

Ini tantangan untuk para penulis pemula juga;

Bagaimanapun ketika kau merasakan pembaca tulisanmu semakin banyak dan bertambah, maka kau akan lebih tertantang untuk membuat tulisan yang lebih baik lagi, lebih baik lagi dan semakin belajar lagi. 

Blogger ataupun Penulis, tetaplah berkarya! 

Semakin banyak karya dan semakin banyak pembaca maka semakin bermanfaatlah kerja kita!



 
Back To Top