Batasan-Batasan Sabar - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Batasan-Batasan Sabar

ummn.. saya bingung nihh mw mulai dari mana?? bahasan-bahasan mengenai sabar sudah sangat banyak saya dengar dan baca(apa lg teman-teman).. Postingan saya ini tidak lebih dari sekedar pengingat bagi diri saya sendiri untuk Bersabar.

Apa sih makna sabar??
“Sabar“ asal katanya dari bahasa arab "Sabr/As-shabru" yang dapat berarti Al-Hasbu(menahan) dan Al-Man’u (mencegah). Lawan katanya adalah Al-Jaz’u(keluh kesah).dalam bahasa Arab  “shabara-shabran” berarti “tegar dan tidak berkeluh kesah.” “Shabara” berarti: menunggu jika disebut: “shabara nafsahu”, dapat berarti, “menahan diri dan mengekangnya.”.(Al-Qahthany)

Dari artian hrfiahnya, maka sabar berarti mampu menahan diri dari segala keluh-kesah dan segala tindakan yang merugikan. Rosululloh senantiasa mengingatkan kita untuk brsabar sesuai sabdanya: Tiga macam daripada tanda kekafiran terhadap Allah, merobek baju, mengeluh dan menghina nasab orang.”(Riwayat oleh Imam Majah). Naudzubillah.. semoga kita tidak termasuk dalam tiga golongan tersebut.

Lalu adakah batasan dalam bersabar??
dibalik pertanyaan ini, ada pernyataan yang sangat sering kita dengar "sabar itu ada batasnya". Sabar adalah kemampuan seseorang mengelola jiwanya, sabar juga menunjukkan adanya kematangan jiwa. Sebenarnya Tidak ada hadist yang mengatakan tentang batasan dalam bersabar, demikian pula Rasululloh tidak pernah menunjukkan tindakan tentang batasan sabar. Namun dalam keseharian, kita patutnya memperhatikan kesabaran seseorang. Jangan sampai orang yang masih labil jiwanya kita beri beben yang berat.. sangat baik sekiranya kita memiliki kesabaran yang tinggi.

Dan taukah kalian apa keuntungan orang-orang yang sabar??
Mereka bisa lebih lama bersama Allah..
Ini telah dijanjika Allah dalam kitabNya:
"Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar". (QS. 2:153)
Hmm.. msh ragu tuhh, Apa sihh manfaat bersabar??
oke.. berikut saya kutipkan Ayat-ayat Al-qur'an yang memuat tentang sabar dan manfaatnya.


1. Dapat menahan hawa nafsu
"Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas". (QS. 18:28)

2. Diberikan Keringanan Atas Ujian
"Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui padamu bahwa ada kelemahan. Maka jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang; dan jika diantaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar". (QS. 8:66)

3. Dijanjikan Syurganya Allah
"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar". (QS. 3:142)

4. Diutamakan Allah
"Tetapi orang yang bersabar dan mema’afkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan". (QS. 42:43)

hayo-hayo.. teman-teman yang perna mengeluh. segera istigfar dan jalani setiap hari kita dengan taqwa dan sabar...

Wawlohua'lambissowaf...

Best Regard
Huda.quincy
 
Back To Top