Siapa Mahfuzh TNT ini? - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Siapa Mahfuzh TNT ini?

Hi, Aku Mahfuzh.. Aku memulai blog ini sejak masa belia, di tahun 2010. Saat itu sedang kuliah di Universitas Brawijaya Jurusan Kimia, semester 3 tepatnya. Karena saat itu punya sebuah buku berisi puisi-puisi galau, maka aku putuskan menuliskannya di sini, dulu kepikirannya biar kalau bukunya hilang, masih tersimpan puisinya. Walaupun sekarang amit-amit aib banget, rasanya pingin menghapus semua puisi najis yang udah aku buat itu. XD

Tapi biarlah.. Tulisan-tulisan itu menjadi sejarah bagaimana aku belajar menulis, bagaimana aku berproses. 

Sekitar tahun 2013 akhir, setelah lulus kuliah, aku putuskan untuk membuat blog ini lebih ke arah materi-materi sains. Masa-masa itu mungkin blog ini seperti bara, yang menyimpan api tekadku untuk belajar sains, agar tetap hangat dan bisa menyala, sebab bersamaan dengan itu aku mendaftar beasiswa untuk studi di Luar negeri. Jadi penulisan materi sains di blog ini sebagai bentuk 'review' materi kuliahku.

2013-2014 sebenarnya masa yang cukup melelahkan buatku. Setelah belajar Bahasa Inggris dan mendapatkan nilai TOEFL standard, aku berusaha mencari rekomendasi dari professor di luar negeri, agar kemudian bisa berkuliah di luar negeri. Seingatku lebih dari lima puluh email aku kirimkan ke beberapa professor di luar negeri. Ini adalah email spam paling kampungan mungkin. Aku mencoba hampir semua trik di dunia maya untuk menggaet professor. Email berisi permohonan surat rekomendasi langsung sudah beberapa kali aku buat dan kirimkan, email berisi pertanyaan tentang isi jurnal untuk mencari perhatian juga beberapa kali aku kirimkan, dan pada tingkat paling ekstrim ialah email berisi bantahan teori dari jurnal professor. Bisa kalian bayangkan? Ada seorang bocah di pinggiran Borneo yang membaca jurnal bahasa inggris saja masih nggak karuan, mengirimkan kritik teoritis pada professor. Edan.. XD. Ini cerita bagaimana frustasinya aku untuk mendapatkan recomendation letter dari professor di luar negeri. 

Karena aku tidak mendapatkan rekomendasi dari professor, maka kesempatanku mendapatkan beasiswa menjadi sangat tipis, hingga akhirnya nihil. Aku gagal dapat beasiswa. But life must go on! 2014 akhir aku memutuskan untuk memulai usaha bersama temanku di Pare, Kediri. Akhirnya aku berangkat ke Jawa lagi. Beberapa bulan aku habiskan untuk berusaha membuka usaha Cafe di Pare. Kenapa dari sains lari ke Cafe? ya aku sejatinya mencari kebebasan. Kemudian tepat dua hari setelah Cafe berdiri di Pare, dosen pembimbingku menghubungi. 

Dosen pembimbingku merekomendasikan aku untuk melanjutkan kuliah di Jepang. Ya Luar Negeri seperti impianku! Dana yang akan diberikan sangat tipis, harus bekerja part time di lab, tetapi aku bisa kuliah di Jepang. Tanpa pikir panjang aku minta izin ke orang tua. Umi agak khawatir, sementara seperti biasa Aby terus mendukung. Akhirnya aku ambil kesempatan ini. A lot of thanks for Pak Lukman di Kimia UB.  

Sekarang aku masih berusaha menyelesaikan program Master bidang Simulasi Molekular, di Okayama University. Selain ngampus, kegiatanku lainnya ialah aktif di PPI Okayama, PPI Kansai, PPI Jepang dan Radio PPI Jepang. 

Saat ini blog My Stupid Theory berisikan beragam hal, mencoba mengeksplorasi aku mulai menulis tentang wisata murahan di Jepang, pengalaman hina sehari-hari di negeri sakura dan yang paling populer tentang sains teoritis. Jika kalian punya usulan ataupun pertanyaan, silahkan hubungi aku di kontak dibawah. 

Bahasan favoritku ialah mystupidtheory yang menjadi judul blog ini. Ini adalah kajian mengenai suatu tema yang sederhana, absurd, fiksi ataupun nggak penting dengan menggunakan teori-teori sains yang ada. Jadi semacam melakukan pembahasan kompleks untuk hal yang sebenarnya nggak perlu. Cek Sendiri deh.. 

So just enjoy it. Thanks

Mail Me at:
Muhammad Mahfuzh Huda
Email: Hudamahfuzh@gmail.com

1 comments:

bersyukur dan berterima kasih lah kepada puisi najis yang pernah kita tulis..

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top