Belajar Bahasa Inggris Percakapan - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Belajar Bahasa Inggris Percakapan

Bahasa Inggris semakin lama semakin terasa manfaatnya, terutama jika bekerja di bidang pariwisata ataupun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Karena kebutuhan dalam berkomunikasi dengan orang asing tak lagi bisa ditawar, maka kita harus belajar bahasa inggris percakapan.

Belajar bahasa inggris percakapan ini sering sekali terlewatkan ketika kita di sekolah dahulu. Mungkin saja ada beberapa sekolah yang mengajarkan percakapan bahasa inggris, namun belum memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan bahasa inggris kita. 
belajar bahasa inggris percakapan

Oleh karena itu, setelah sebelumnya aku share tentang strategi belajar bahasa inggris untuk pemula, kali ini akan memberikan beberapa tips cara belajar bahasa inggris percakapan yang efektif dan dapat kamu lakukan sendiri di rumah. 

Hal-hal yang dianjurkan untuk belajar percakapan bahasa inggris:

1. Menguasai Frasa Bahasa Inggris

Dalam bahasa inggris, memahami sebuah kalimat tidak bisa hanya dengan mengerti artian kata per kata. Untuk memahami dan menguasai bahasa inggris kita harus paham idiom bahasa inggris. 

Idiom bahasa inggris adalah bentuk gaya bahasa dimana apa yang tertulis tidak seperti apa yang dimaksudkan. Jika dalam bahasa indonesia seperti contohnya "bertangan panjang", "kambing hitam" yang memiliki makna berbeda dari yang tertulis. 

Penggunaan idiom bahasa inggris sangat umum dalam percakapan sehari-hari. Idiom ini hanya bisa kita pelajari dengan memahami frasa dalam sebuah kalimat berbahasa inggris. Contohnya seperti "nothing much" yang artinya "biasa aja", atau "beat me up" yang artinya "aku nggak tahu". 

Mempelajari frasa-frasa ini tentu saja perlu latihan yang serius. Kalian bisa memulainya dengan mencari frasa-frasa dan idiom yang populer di internet, atau mungkin membeli buku tentang idiom bahasa inggris di toko buku kemudian mempelajarinya

2. Chatting Berbahasa Inggris

Salah satu cara paling cepat dan ampuh menguasai bahasa inggris percakapan ialah dengan chatting. Di era internet dan sosial media sekarang ini, rasanya chatting merupakan aktifitas yang tidak asing lagi. 

Alangkah baiknya kalau kemudahan teknologi ini kita manfaatkan untuk melatih kemampuan bahasa inggris kita. Jika kalian punya Facebook, maka cobalah untuk mencari teman dari luar negeri, terutama dari negara-negara asia (India, Mesir, Singapura, dll). Kalian bisa mencarinya di forum-forum ataupun di fanpage-fanpage berbahasa inggris. 

Kenapa dari negara asia? Karena budaya orang Asia ialah suka berbicara dengan orang lain. Berbeda sekali dengan kebudayaan barat yang tidak terbiasa berinteraksi dengan orang asing (tak dikenal). 

Nah.. Setelah berteman, ajaklah chatting.. Tentu saja dengan menggunakan bahasa inggris. Walaupun pada awalnya kalian kurang lancar dalam berbahasa Inggris tetapi tidak masalah, kalian masih bisa memanfaatkan bantuan google translate untuk permulaan. 

Aku dulu menggunakan applikasi chatting Nimbuzz dan Mig33 untuk chatting dengan orang asing. Terutama orang dari Mesir, Saudi dan Iran (karena applikasinya populer di sana). Menurutku kegiatan chatting dengan orang asing ini sangat membantuku dalam belajar bahasa Inggris

Lakukan aktivitas chatting ini dengan beberapa teman, sehingga kalian akan menerima lebih banyak kosa kata bahasa inggris yang baru. 

3. Mendengarkan Percakapan Bahasa Inggris

Tips ketiga ini bisa dibilang susah-susah gampang. Banyak yang mengira kalau Bahasa Inggris itu harus dipelajari dari tulisan baru kemudian listenig. Padahal tidak harus seperti itu. 

Belajar bahasa sejatinya dimulai dari mendengarkan (listening), sebelum kemudian menulis. Semua bayi Amerika dan Inggris sekalipun lebih dahulu bisa mendengarkan bahasa inggris dibandingkan menuliskan bahasa inggris. 

Jadi walaupun masih pemula dalam belajar bahasa inggris, jangan ragu untuk memulai latihan listening bahasa inggris.

Pertama-tama kalian bisa coba mendengarkan percakapan bahasa inggris yang levelnya paling mudah dulu, atau masih pada level anak-anak. Contohnya pada video ini: 
https://www.youtube.com/watch?v=XWN4xeOv3KQ
Untuk materi dengan level lebih tinggi seperi ini:
https://www.youtube.com/watch?v=NHPuByS-SCQ&list=PL6E41B95CF7A7C1A8
Belajar menggunakan multimedia ini sangat efektif. Bahkan aku bisa bilang metode belajar bahasa inggris yang masih mengandalkan papan tulis dan catatan itu kuno dan tidak terlalu efektif. Dengan belajar bahasa inggris secara langsung, kita dapat mengerti konteks sebuah kalimat dan memahami kapan kalimat tersebut bisa digunakan.

Hanya dengan mendengarkan, otak kita akan mampu menyerap dan mengurai informasi yang masuk. Tidak perlu menghafalkan, cukup di dengarkan saja berulang kali.

Pada awalnya terasa seperti tidak mengerti apa-apa, tetapi percayalah ini adalah metode yang lebih efektif. Karena prosesnya ketika mendengarkan dan menonton video ialah proses berfikir dan mencerna informasi yang masuk, maka butuh waktu untuk bisa mengerti informasi tersebut.

Ketika telah terbiasa latihan listening bahasa inggris setidaknya satu jam setiap harinya selama sebulan. Otak kita akan semakin mudah memahami bahasa inggris dengan baik. Percakapan bahasa inggris akan kita kuasai dengan sendirinya.

Cara Belajar Bahasa Inggris Percakapan Yang Tidak Efektif

  1. Menghafalkan text percakapan. Percayalah hampir semua text yang kamu hafalkan tidak akan digunakan dalam kehidupan nyata berbahasa inggris. 
  2. Menuliskan sekenario percakapan kemudian mempraktekannya. Terbukti tidak banyak membantu, karena akan terlihat sangat kaku, tidak natural. 
  3. Menjawab pertanyaan ketika bercakap-cakap dengan jawaban yang singkat dan mainstream. Menjawab "I'm fine, thank you" itu sangat mainstream dan hampir tidak digunakan oleh orang Amerika dan Inggris. 

Yap itulah beberapa tips belajar bahasa inggris percakapan yang pernah aku lakukan. Semoga saja bisa membantumu dalam belajar bahasa inggris.

Thanks for reading Myst!

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top