7 Tips Latihan Public Speaking Untuk Mahasiswa - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

7 Tips Latihan Public Speaking Untuk Mahasiswa

Setelah kalian sepakat akan pentingnya public speaking untuk mahasiswa, maka berikutnya ialah saatnya memulai latihan public speaking.

Berbeda dari para eksekutif muda dan pegawai perusahaan yang tidak memiliki banyak waktu namun memiliki kelebihan finansial. Mahasiswa biasanya memiliki banyak waktu luang tetapi tak punya banyak uang. Oleh karena itu latihan public speaking harus dilakukan sendiri tanpa ikut kelas ataupun pelatihan professional.

Walaupun tidak mengikuti kelas professional, jika mau berlatih dengan serius, kita akan bisa melakukan public speaking dengan baik.

Dengan 7 tips latihan public speaking berikut ini semoga program berlatih public speaking teman-teman bisa lebih efektif.

1. Datanglah ke Seminar-Seminar

Salah satu cara paling mudah menguasai public speaking ialah dengan meniru gaya orang lain ketika berbicara di depan publik. Mengamati dan merekam gaya seorang pembicara ketika di atas panggung akan memberikan kita gambaran bagaimana public speaking yang baik dilakukan. 

Ketika masih mahasiswa, tentu saja banyak event-event kampus yang bisa kita datangi. Sebagian besar seminar-seminar yang diadakan di kampus itu gratis atau mungkin membayar dengan harga murah. 

Datanglah ke seminar-seminar gratis dan murah ini, terutama jika pembicaranya ialah orang-orang yang terkenal. Dengan mengamati langsung, kita akan mudah meniru gaya pembicara yang hadir, harapannya kita mampu menguasai public speaking sebaik para pembicara tersebut. 

2. Latihan Perkenalkan Teman Imajinasi

Latihan pertama ini bisa dilakukan seorang diri di kamar kos-kosan ataupun bersama dengan teman-teman.

Caranya sangat sederhana. Kalian hanya perlu memperkenalkan teman imajinasi, atau tokoh fiksi yang kalian buat secara spontan, kepada orang lain.

Jika kalian sendiri maka simulasikan seolah-olah kalian sedang memperkenalkannya pada teman kalian yang lain. Cara ini menstimulus otak kita untuk mampu menemukan hal-hal unik dan lucu tentang seseorang secara spontan.

3. Deskripsikan Gambar Lucu

Salah satu hal paling penting dalam melakukan public speaking ialah mengambil perhatian pendengar. Trik umum yang dilakukan oleh banyak pembicara hebat ialah dengan menciptakan joke, atau humor.

Untuk melatih kemampuan menciptakan humor dan menyampaikannya, bisa dilakukan dengan melihat gambar-gambar lucu kemudian menceritakannya pada orang lain.

Latihan ini juga bisa merangsang otak untuk memperhatikan detil-detil kecil pada gambar yang dilihat. Bisa saja hal-hal kecil ini menjadi materi bicara yang menarik.

Walaupun pembawaan materi dengan humor ini sepertinya tidak cocok untuk presentasi resmi di kampus, tetapi latihan ini patut kamu coba agar tidak gugup ketika berbicara di depan orang banyak.

4. Cerita Bersambung

Cara latihan ini hanya bisa dilakukan beramai-ramai dengan teman kalian. Aturannya sangatlah mudah.

Seseorang akan memulai sebuah cerita, kemudian orang berikutnya yang dipilih secara spontan akan melanjutkan cerita tersebut.

Cara ini akan membuat kita mendengarkan dengan baik ketika teman menyampaikan ceritanya, kemudian berfikir secara spontan untuk melanjutkan ceritanya agar masuk akal.

Terkadang di dalam public speaking kita akan mengalami hal-hal yang tak disangka-sangka, oleh karena itu kemampuan untuk berimprovisasi akan sangat mendukung penampilan kita.

5. Humor dari Dompet

Hal lainnya yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kemampuan membuat humor ialah dengan berlatih bersama teman.

Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka dompetmu, mengeluarkan sesuatu dari dalamnya kemudian mulai merangkai cerita humor yang lucu dari benda tersebut.

Mungkin cara ini terasa aneh, namun tidak jarang humor-humor yang populer di dunia public speaking berasal dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari.

6. Cerita Action

Ini adalah salah satu yang aku sendiri belum bisa melakukannya dengan baik. Selain membuat humor segar, cara lain untuk menarik perhatian dari pendengar ialah dengan melakukan "act out". "Act Out" ialah istilah dalam Bahasa Inggris yang berarti beraksi di depan penonton sesuai dengan cerita yang kita sampaikan.

Kita bisa mencoba melakukannya, misalkan menceritakan ketika kita menangkap ayam, kemudian sambil memperagakan bagaimana kejadiannya.

Teknik ini sangat umum dilakukan oleh para pembicara tenar. Biasanya untuk memberikan kesan dan gambaran yang lebih mendalam kepada para pendengar/peserta seminar.

7. Berlatih Merangkai Kata Mutiara

Kata mutiara atau "quote" adalah kesan yang sangat mendalam dari para pembicara. Banyak pembicara terkenal karena kepiawaiannya dalam merangkai kata-kata. Sebut saja Ust. Salim A Fillah, Mario Teguh, dan Cak Lontong.

Mereka mampu memberikan kesan dengan keunikan "quote" masing-masing. Biasanya kata mutiara atau "quote" ini digunakan untuk mengakhiri sesi bicara. Sebagai kesimpulan ataupun sekedar penutup yang berkesan.

Karena itu salah satu cara membuat public speaking kita berkesan ialah dengan sering-sering berlatih membuat 'quote' yang bisa digunakan pada akhir pembicaraan.

Yuk.. Selama memiliki label mahasiswa teruslah pelajari hal-hal baru, latih skill-skill baru dan explore hal-hal menarik.
Karena hidup terlalu ringan jika hanya untuk kuliah pulang-kuliah pulang.
Tulisan ini merupakan Bagian dari Proyek Sharing Mahasiswa:
#Skill Skill Yang Penting Untuk Mahasiswa
1Cara Membaca Buku Agar Cepat Paham
2Mengapa Mahasiswa Harus Belajar Menulis?
3Tips Latihan Menulis Untuk Mahasiswa
4Mengapa Public Speaking Itu Penting Bagi Mahasiswa?
5Cara Berlatih Public Speaking Ala Mahasiswa
6Menguasai IT Sangat Penting Untuk Mahasiswa

Thanks for reading Myst!

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top