Rumus Kimia Amonia dan Reaksinya - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Rumus Kimia Amonia dan Reaksinya

Salah satu alasan kenapa Ilmu Kimia sangat penting ialah karena begitu lekatnya kita dengan bahan-bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bahan kimia penting dalam kehidupan kita ialah Amonia. Senyawa Amonia yang sangat terkenal dalam kehidupan kita ialah pupuk Urea. Apa sebenarnya Ammonia itu? Apa rumus kimia amonia? dari apa diproduksinya? bagaimana reaksinya? Mari kita bahas bersama.

Rumus Kimia Amonia

Amonia merupakan senyawa kimia yang terdiri dari unsur Nitrogen dan Hidrogen. Rumus Kimia Ammonia ialah NH3. Senyawa amonia merupakan gas yang memiliki massa relatif 17 g/mol. 

Amonia adalah salah satu senyawa kimia yang paling banyak di produksi di dunia. Hal ini karena penggunaanya sebagai pupuk yang meningkatkan produksi pangan hingga 60%. Karena penggunaanya sebagai pupuk untuk tanaman dimanapun, maka ammonia dapat ditemukan dimanapun. 

Ammonia tidak terdapat secara alami di alam. Artinya hanya ada satu cara untuk mempreroleh ammonia, yaitu dengan memproduksinya. 

Produksi Ammonia

Darimana ammonia diperoleh? Senyawa kimia ini merupakan senyawa ke 4 terbanyak yang diproduksi di USA (Amerika). Dan sumber utama dari ammonia ialah dari perusahaan industri kimia. 

Ammonia diproduksi dari bahan dasar berupa gas alam dan udara. Pertama gas alam yang mengandung methana direaksikan dengan air untuk menghasilkan gas H2. 
CH4 + H2O ---> 3H2 + CO
CH4 + 2H2O ---> 4H2 + CO2 
CO + H2O ---> H2 + CO2
Kemudian gas H2 yang diperoleh direaksikan dengan gas Nitrogen di udara yang akan membentuk NH3. 
N2 + 3H2 ---> 2NH3
Proses di atas merupakan teknik lama yang digunakan dalam produksi Ammonia, walaupun proses lama tetapi masih digunakan hingga saat ini. Dalam perkembangannya penggunaan gas metana CH4 sebagai bahan dasar produksi amonia NH3 mulai digantikan dengan Air. Sehingga prosesnya ialah memproduksi gas H2 dari H2O (air) kemudian mereaksikan H2 dengan N2 di udara. Proses ini dinilai sebagai proses yang bersih karena tidak melibatkan gas alam dalam pembuatannya. 

Reaksi Ammonia

Pada umumnya ammonia digunakan sebagai pupuk yang akan diserap tanaman, sehingga tidak banyak reaksi-reaksi penting yang melibatkan senyawa ammonia. Berikut ini beberapa diantara reaksi kimia penting ammonia:
  • Reaksi Ammonia dengan Air
    NH3(aq) + H2O(l) ----> NH4 + (aq) + OHG(aq)
  • Reaksi Ammonia dengan Bromoethane
Itulah pembahasan mengenai rumus kimia amonia dan reaksinya. Semoga bermanfaat.
Thanks for reading Myst
Reff:
http://nzic.org.nz/ChemProcesses/production/1A.pdf
http://scifun.chem.wisc.edu/chemweek/PDF/Ammonia.pdf

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top