Politisi Perlu Disuntik Lie Virus - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Politisi Perlu Disuntik Lie Virus

Lagi-lagi seluruh media di Indonesia menjadi sangat "panas" oleh isu pilkada, kali ini ialah untuk ibu kota Negara, Jakarta. Telah berkali-kali kita mendapati pergantian kepengurusan negara ini, tetapi hingga sekarang pemerintahan yang ada belum mampu membuat bangsa Indonesia "merdeka" secara total.

Di momen pemilihan, politisi kemudian menjadi sosok yang sangat baik dari berbagai sisi dan berbagai media,  tetapi yang terpilih kemudian mengabaikan janji-janji yang telah diucapkannya, ya penghianatan terhadap bangsa sendiri. Siklus semacam ini berulang kembali, sekian puluh tahun lamanya. Oleh karena itu aku mengajukan ide gila ini!
virus untuk politisi

Diskusi Politik

Aku tidak pernah tertarik dengan diskusi-diskusi politik. Karena di kepalaku, politik ialah bahasan paling non exact. Maksudku gini, informasi politik kita dapatkan dari berita media, sedangkan berita media mendapatkan sponsor dari politisi atau celakanya lagi di Indonesia malah berita media itu dimiliki oleh politisi.

Sekarang bagaimana mengkonfirmasi bahwasannya berita tersebut valid dan bukan HOAX? Kecuali orang-orang yang benar-benar berkecimpung di dunia politik, rakyat awam nggak akan mengerti kebenarannya, karena media juga makan uang dari politisi.

Tapi suatu hari ada yang mencoba memulai diskusi "bagaimana agar politisi di Indonesia berubah dan berlaku jujur". Nahh.. Pertanyaan itu aku jawab dengan sebuah usulan "Kita harus suntik politisi dengan lie virus!"

Lie Virus

Kalian pasti belum pernah mendengar adanya lie virus, kan? Jelas aja. Ini adalah imajinasiku sendiri ketika aku sedang tertarik dengan topik virus kemudian diajak diskusi politik Indonesia. Jadi konsep utama dari Lie Virus ialah sebuah virus yang dapat aktif ketika seseorang politisi berbohong.

Begini idenya, kita mengembangkan sebuah virus yang akan terus dormant, kemudian ketika ada kebohongan pada diri pemilik, virus ini akan aktif. Jadi politisi yang terpilih akan disuntik dengan virus ini untuk memastikan bahwa dia akan melakukan hal-hal yang ia janjikan.

Apakah Mungkin?

Virus memiliki keunikan sifat yang hingga saat ini masih menjadi perdebatan apakah virus ialah makhluk hidup ataupun benda mati. Salah satu sifat uniknya ini ialah virus dapat berada dalam kondisi dormant/tidur. Ketika dalam keadaan miskin sumberdaya (makanan), virus akan memasuki fasa dormant. Kondisi dormant ini menyebabkan virus tidak melakukan aktivitas apapun, sehingga tidak memerlukan makanan.

Namun ketika sumberdaya disekitarnya sudah ada, virus akan aktif dan bekerja kembali. Ada banyak sekali tipe virus dan mereka aktif dari fasa dormant dengan beragam inisiator (pemicu).

Saat ini brain scientist telah mengembangkan yang namanya lie detector, sebuah alat untuk mendeteksi kebohongan seseorang. Alat ini memanfaatkan gelombang otak dan rangsangan syaraf untuk mendeteksi apakah seseorang berbohong ataukah tidak.
Baca Juga: Fakta Ilmiah Tentang Otak

Jadi model virus yang harus dikembangkan ialah virus yang mampu merespon gelombang otak ataupun rangsangan syaraf. Virus ini harus masuk ke sumsum tulang belakang dan menunggu gelombang kebohongan otak terjadi. Dan ketika terjadi, maka virus ini berubah dari fasa dormant ke fasa aktifnya.

Secara ilmiah ini sangat-sangat sulit dilakukan, sepertinya belum ada metode untuk membuat virus menjadi aktif atas rangsangan lain selain tersedianya sumberdaya makanan. Jadi secara kasar dengan teknologi saat ini, kita belum bisa membuat virus dengan spesifikasi yang sangat khusus seperti ini. Tapi dimasa depan, siapa yang tahu?

Apa Efek Virus ini?

Untuk masalah efek mungkin bisa bervariasi, maksudku ada banyak sekali penyakit yang dapat diciptakan oleh virus. Kalau kita cukup baik, maka efek yang paling ringan ialah sakit influenza dan mungkin yang paling sadis ialah virus penyebab zombie. Jadi ketika politisi berbohong dia akan terkena influenza. Sepertinya sepele, hanya influenza, tetapi kalau satu tahun? dua tahun? atau seumur hidup, apa kamu mampu menahannya? XD

Yap! Tentu saja postingan ini bukan post politik seperti yang kalian harapkan.. :P 
Thanks for reading Myst


1 comments:

haha, ide yang bagus :D
semoga aja ada virus itu

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top