Cara Membaca Buku Agar Cepat Paham - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Cara Membaca Buku Agar Cepat Paham

Ada banyak pelajar yang mencari di internet tentang "bagaimana cara membaca buku agar cepat paham?" Ini merupakan pertanyaan yang umum dan sangat lumrah. Bukan hanya karena kita tidak pernah diajarkan cara membaca yang baik dan benar, bahkan di sekolah kita tidak pernah benar-benar membaca satu buku penuh.

Membaca ialah skill anak SD yang diajarkan dan dikuasai ketika duduk di  taman kanak-kanak. Namun membaca yang diajarkan di SD dan TK ini tidak mengalami perkembangan. Tidak banyak yang mengetahui element-element dari buku, pun tak banyak yang tahu bagaimana memilih buku, mencari buku bagus. Bahkan ada beberapa anak SMA yang tidak mengerti arti kata ‘sinopsis’.

Jika kalian merasa seperti itu, tenang saja, karena aku juga seperti kalian. Ketika SMA aku tidak pernah bisa membedakan buku, bahkan belum tahu sama sekali kategori buku fiksi dan nonfiksi. Pokoknya parah deh… Dari pengalaman inilah kemudian aku terpikirkan menuliskan tips cara membaca buku ini:

1. Kenali Element dari Buku

Membaca buku ialah pekerjaan besar, menyelesaikan satu buku mungkin akan menghabiskan puluhan jam waktu aktifmu. Oleh karena itu jangan sampai salah pilih buku. Maka cara membaca buku yang pertama ialah kamu harus mengenali buku yang akan kamu baca.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengenali sebuah buku.

  1. Jika buku tersebut ialah Novel maka baca  saja sinopsis-nya. Biasanya kalian akan langsung menemukan “apakah buku ini layak atau tidak untuk dibaca” hanya dari sinopsisnya. 
  2. Buka Daftar Isi buku. Untuk mengetahui apa isi buku yang akan kamu baca, kamu bisa membaca bagian daftar isinya terlebih dahulu. 
  3. Baca rekomendasi di goodreads.com. Ini sangat penting jika kalian membaca untuk tujuan tertentu. Contohnya ingin membaca buku cara koding, maka mengetahui review pembaca sebelumnya akan sangat membantumu. 


2. Targetkan Waktu Setiap Kali Membaca

Ada banyak orang yang dalam hidupnya bahkan tidak pernah menyelesaikan satu buku. Percayalah yang seperti ini banyak di Indonesia. Bayangkan saja berdasarkan republika, hanya 1 dari 1000 orang Indonesia yang serius membaca buku. Salah satu alasan seseorang tak mampu menghabiskan satu buku sekalipun ialah karena tidak adanya target yang jelas kapan ia berencana menyelesaikannya.

Ketika mulai membaca, maka targetkan kapan buku itu akan selesai, seberapa jauh kamu akan membaca hari ini ataupun berapa jam kamu akan membacanya hari ini. Aku sendiri masih sangat kesulitan dalam mengatur waktu spesifik membaca buku, tetapi pada umumnya aku menghabiskan waktu untuk membaca buku ketika malam dan pagi (ini diluar dari buku-buku kuliah). Dengan cara membaca buku seperti ini, biasanya aku menghabiskan setidaknya satu buku dalam satu atau dua bulan.

3. Mulailah dari yang Paling Mudah

Ada banyak orang yang punya pemikiran kalau bisa menyelesaikan buku yang berat, sulit, dan rumit maka akan mudah sekali membaca buku yang mudah. Pemikiran ini sudah jelas salah kaprah. Membaca buku ialah tentang perluasan wawasan, proses yang berkelanjutan. Memaksakan bacaan yang sulit hanya akan menghambat proses perluasan wawasan kita. Alih-alih jadi banyak membaca kebanyakan malah kapok membaca karena merasa tidak mengerti.

Maka dari itu, salah satu cara membaca buku agar cepat paham ialah dengan memilih bacaan yang mudah terlebih dahulu kemudian bertahap. Selesaikan satu buku yang mudah dahulu, itu akan memotivasi untuk membaca buku-buku berikutnya yang lebih advance.

Yang terbaik ialah jika kalian membaca buku-buku yang kalian sukai. Misalkan kalian mahasiswa kimia, maka mulailah dengan buku Kimia Dasar, sebelum kemudian masuk ke buku Kimia Fisika. Sekali lagi perluasan pengetahuan dengan membaca ini merupakan proses, tidak bisa instant. Tidak ada orang yang jadi pinter hanya dengan membaca satu buku, bahkan dengan judul buku paling terkenal sekalipun.

4. Praktekkan isi buku

Pernahkah kalian membaca buku kemudian merasa tidak mendapatkan apa-apa hasil membaca? Lupa dengan isi buku-buku tersebut?

Tentu saja aku pernah begitu! Ini hal yang wajar dan dialami oleh banyak orang. Untuk bisa memahami isi buku, pertama kita harus memikirkannya (mencerna bacaan) dan kemudian jika memungkinkan kita harus mempraktekkanya.

Misalkan saja kita sedang membaca buku tentang koding, maka mudah sekali cara untuk mempraktekkanya. Contoh lainnya ialah jika kita membaca buku “How to win friends and influence people”-nya Dale Carnegie. Maka kita bisa mulai praktekkan untuk memuji dan bersikap ramah dengan orang lain. Dengan cara membaca buku seperti itu maka kita akan lebih memahami isinya dengan lebih mendalam.

5. Gunakan Beberapa Alat Ketika Membaca

Tips yang satu ini menurutku penting. Ada banyak sekali style atau cara orang dalam membaca buku. Ada yang mencatat apa yang dibacanya, ada yang langsung menggunakan stabilo untuk menandai hal-hal penting di buku, ada yang menggunakan pembatas buku untuk menandai sejauh mana bacaanya, bahkan ada yang memiliki sampul buku khusus yang dibawa untuk membaca buku dimanapun(aku lihat di Jepang)

Menurutku apapun caranya, itu sah-sah saja. Tetapi yang pasti cobalah cara yang akan memudahkanmu membaca atatu membuatmu ingat isi buku tersebut, seperti misalnya menggunakan pembatas buku, mencatat hal-hal penting dalam buku, menulis resensi ataupun menandai buku dengan stabilo.

Aku sendiri biasanya setelah membaca satu atau dua bab sebuah buku pasti terinspirasi untuk menulis sebuah artikel. Dengan cara membaca buku seperti ini aku bisa mendapatkan konten artikel untuk blog dan juga bisa mengingat sebagian dari isi buku. Mengisi blog juga menjadi salah satu motivasiku untuk membaca buku-buku lainnya. Kalian bisa mungkin menemukan cara kalian masing-masing agar mudah memahami isi buku.

Pada dasarnya aktivitas membaca buku sangat mudah dilakukan, hanya perlu diam, baca dan selesaikan. Terkadang kamu harus memaksa diri dengan cara tradisional juga. Jadi selamat menghabiskan tumpukan bukumu. :)

Yuk.. Selama memiliki label mahasiswa teruslah pelajari hal-hal baru, latih skill-skill baru dan explore hal-hal menarik.
Karena hidup terlalu ringan jika hanya untuk kuliah pulang-kuliah pulang.
Tulisan ini merupakan Bagian dari Proyek Sharing Mahasiswa:
#Skill Skill Yang Penting Untuk Mahasiswa
1Cara Membaca Buku Agar Cepat Paham
2Mengapa Mahasiswa Harus Belajar Menulis?
3Tips Latihan Menulis Untuk Mahasiswa
4Mengapa Public Speaking Itu Penting Bagi Mahasiswa?
5Cara Berlatih Public Speaking Ala Mahasiswa
6Menguasai IT Sangat Penting Untuk Mahasiswa

Thanks for reading Myst!

2 comments

wih saya baru liat blog ini gan. isinya sangat bermutu. seneng aja sih di Indonesia masih ada orang berfikiran terbuka dan terpelajar mengungkapkan ide idenya. soalnya orang yang sedikit kurang ilmu biasanya keras suaranya sedangkan orang berilmu cenderung diam. naisu jobbu!

Hahaha.. Naisu Jobbu! #ngakak ane gan.. XD

Mudah-mudahan tulisan di blog ini bisa dinikmati dan bermanfaat. :)

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top