Strategi Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Strategi Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Ada banyak sekali pelajar yang bercita-cita ingin melanjutkan studi ke luar negeri namun masih terkendala masalah Bahasa Inggris. Oleh karena itu aku akan share strategi belajar bahasa inggris untuk pemula.

Cara belajar bahasa inggris ini merupakan kumpulan trik dan teknik yang pernah aku baca serta pengalamanku selama sekolah hingga kuliah. Alhamdulillah sekarang aku cukup menguasai bahasa inggris, setidaknya untuk berkomunikasi dengan asing (Jepang, Inggris, Amerika, dll).
belajar bahasa inggris untuk pemula

Aku sendiri pernah belajar bahasa inggris dan merasakan betapa sulitnya mengerti grammar, listening atau bahkan kosa kata dalam bahasa inggris.

Untuk seorang pemula, belajar bahasa inggris pasti sangat membingungkan, terutama jika ia tidak pernah tahu materi apa yang pertama harus dikuasai. Belajar bahasa asing pasti harus dimulai dari materi dasar.

Maka dari itu aku akan share strategi belajar bahasa inggris bagi pemula:

1. Mulailah Dengan Kosa Kata Dasar

Kosa kata dasar berbahasa inggris mutlak diperlukan untuk pemula ketika mempelajari bahasa inggris.

Pada tahap awal, tidak ada cara lain untuk menguasai banyak kosa-kata dengan cepat kecuali  menghafalkan vocabulary dan artinya.

Namun jangan terpaku pada metode menghafal secara tradisional, kalian bisa menggunakan 4 cara ini;

1. Menghafalkan manual

Biasanya cara ini digunakan dengan targetan hafalan setiap harinya. Menggunakan cara menghafal tradisional, biasanya secara otomatis kita akan hafal tulisannya, walaupun pronounciation-nya mungkin belum tepat.

Kesalahan pelafaz-an bahasa inggris merupakan hal biasa bagi pemula ketika belajar bahasa inggris.

2. Gunakan Audio Recorder

Dengan menggunakan audio recorder rekam ketika kamu membaca kata-kata dalam bahasa inggris. Kemudian putar (dengarkan) rekaman sesering mungkin untuk menghafalkan kata demi kata.

Karena vocabulary bahasa inggris diperoleh dari suara, maka kita akan mengerti suaranya dengan tepat, namun mungkin akan lupa penulisannya.

Lupa tulisan (spelling) bahasa inggris ialah hal wajar untuk pemula, tidak perlu malu, sebab orang amerika sekalipun sering salah mengeja bahasa inggris.

3. Membaca Komik Anak

Salah satu cara mudah meningkatkan kosa-kata bahasa inggris dengan cara yang menyenangkan ialah menggunakan komik anak (Manga) berbahasa inggris.

Membaca Komik anak berbahasa inggris seperti Doraemon, Shinchan, Yotsubato merupakan hal yang relatif mudah. Kosa kata yang digunakan sangat sederhana dan adanya gambar pada komik mempermudah pemahaman kita tentang kosa-kata baru.
Baca Juga: Cara Belajar Bahasa Inggris Online

4. Menonton Program TV Anak

Cara paling ampuh lainnya untuk belajar bahasa inggris untuk pemula ialah dengan menonton program TV anak. Program TV anak berisi pengenalan nama-nama benda berbahasa Inggris ialah sumber belajar yang sangat ampuh.

Karena kosakata yang ditampilkan pada program TV anak tersebut sudah disesuaikan agar menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh Program TV Bahasa Inggris Untuk Anak ialah:
https://www.youtube.com/watch?v=qhOTU8_1Af4&list=PL01EBEDFC2BAA4848 

4. Menerjemahkan Apa Saja Yang Ditemui

Ketika sudah belajar beberapa kosakata benda-benda maupun kegiatan sehari-hari, cobalah untuk terus menerjemahkan benda-benda ke dalam bahasa inggris.

Ini menajamkan ingatan tentang kosa kata bahasa inggris untuk pemula. Sehingga kosa kata bahasa inggris yang pernah kita baca ataupun lihat di video akan terus ada di kepala.

2. Hanya Perlu 3 Tenses

Ada banyak sekali aturan pada grammar bahasa inggris, oleh sebab itu untuk benar-benar paham seluruhnya dalam waktu singkat tidak akan mungkin.

Cara yang paling mungkin dilakukan ialah dengan menguasai 3 tenses sederhana berikut ini:

a. Simple Present Tense

Simple present tense merupakan bentuk bahasa inggris paling dasar. Bentuknya ialah Subject + Verb1. 

Contoh: I walk, I eat soup today, I run in the school yard. dll.

Kalimatnya sangat sederhana, tetapi umum dan banyak sekali digunakan. Oleh karena siapapun yang belajar bahasa inggris untuk pemula wajib hukumnya mengerti simple present tense. 

b. Present Continuous Tense

Present Continuous Tense ialah bentuk kalimat bahasa inggris yang menyatakan kejadian sedang berlangsung. Bentuknya ialah Subject + To be + Verb1-Ing.

Contoh: I am reading blog. I am breathing a cold air. It is running to the forest. dll.

Kalimatnya sangat sering digunakan, pada percakapan sehari-hari, dan juga sering diujikan di sekolah.

c. Simple Past Tense

Simple Past Tense ialah bentuk kalimat bahasa inggris yang menyatakan kegiatan yang telah berlangsung. Bentuknya ialah Subject + Verb3. 

Contoh: I ate chocolate yesterday, she usually paid her debt in the night. dll.

Kalimatnya sering digunakan dalam penceritaan ataupun dongeng. Latihan untuk menguasai simple past tense ialah dengan banyak-banyak mendengarkan dongeng anak bahasa inggris. Kalian bisa membukaya di Youtube.

Ini hanya sekilas dari 3 grammar penting tersebut. Untuk lebih lengkapnya silahkan membeli buku atau browsing materi bahasa inggris yang berisi materi 3 bentuk grammar tersebut.

Sebagai pemula, ketika belajar bahasa inggris, jangan membebani pikiran untuk menghafal bentuk-bentuk grammar terlalu banyak, ini membuat skill listeningmu lambat berkembang. Karena kecenderungan orang yang hafal terlalu banyak grammar lebih banyak menganalisa kalimat dibandingkan memahami makna kalimat tersebut.

3. Berlatih Listening

Mendengarkan merupakan bagian paling penting dalam belajar bahasa. Jika dipikir-pikir, kenapa orang inggris bisa berbahasa inggris itu karena dia sejak bayi mendengarkan bahasa inggris. Pun orang indonesia pandai berbahasa Indonesia sebab sudah sejak bayi mendengarkannya.

Karena pentingnya kemampuan listening bahasa inggris , maka untuk pemula, semakin cepat memulai latihan listeningnya-nya akan semakin baik. Semakin lama waktu yang dihabiskan untuk listening, semakin cepat pula menguasai bahasa inggris.

Ketika kosa kata sudah mulai meningkat jumlahnya, barulah mulai sering-sering listening materi bahasa inggris. Peningkatan jumlah kosa kata kita bisa dinilai ketika kita mampu mendeskripsikan pekerjaan sehari-hari menggunakan bahasa inggris.

Tidak perlu kosa kata tingkat dewa untuk masuk ke tahapan listening. Sebab di dalam materi listening kita akan menemukan kosa kata baru yang dijelaskan oleh kosa kata sebelumnya. Dengan cara begini kita bisa mengerti kosa kata baru tanpa menerjemahkan setiap katanya menggunakan kamus.
Baca Juga: Cara Belajar Listening Bahasa Inggris

Semakin banyak berlatih listening, maka akan semakin cepat bahasa inggrismu berkembang. Jika memungkinkan, jadwalkan sehari 1-2 jam untuk mendengarkan materi video atau mp3 bahasa inggris.

Listening beberapa jam setiap harinya terbukti sangat ampuh, karena aku mampu meningkatkan bahasa inggrisku dengan pesat ketika melakukan latihan listening 8 jam perhari.

Itulah strategi belajar bahasa inggris untuk pemula. Cara ini sengaja aku buat hanya pada 3 point agar  sederhana dan mudah untuk dipraktekkan.

Ingat pada akhirnya aku hanya bisa memberikan saran, kamu yang harus mempraktekkannya sendiri. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi aku di kontak.

Thanks for reading Myst!

3 comments

sangat membantu banget ini, kebetulan saya lagi mencari ini... terima kasih untuk sharenya...

Alhamdulillah.. Silahkan dipraktekkan.. Semoga sukses belajar bahasa inggrisnya. :)

Kayaknya yg work for me cuma baca komik deh 😀😀

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top