Seberapa Cepat The Flash Bergerak? (Pendekatan Fisika) - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Seberapa Cepat The Flash Bergerak? (Pendekatan Fisika)


Setelah sebelumnya topik Mystupidtheory aku mulai dengan menghitung Energi yang Dibutuhkan Harry Poter untuk Terbang, kali ini aku akan membahas tokoh fiksi lain, Seberapa Cepat The Flash Bergerak?. Ini adalah pertanyaan yang menarik menurutku, karena nama "The Flash" tentu saja memberikan imajinasi bahwa super hero ini mampu bergerak secepat kilat, atau secepat cahaya. Tapi apakah ini benar?

The Flash

Flash adalah karakter pada DC comic yang diciptakan oleh penulis Gardner Fox dan artist Harry Lampert pada tahun 1940. Sosok super hero ini muncul dengan kemampuan berupa super-speed dan superhuman-reflexes.

Banyak sih sebenarnya yang membuat perhitungan kecepatan The Flash bergerak, bahkan beberapa mahasiswa fisika melakukan analisis yang sangat spesifik dan membahasnya dengan teori tentang ruang dan waktu. Tapi aku nggak akan membahas sejauh itu, soalnya jelas aku enggak mampu. Kali ini aku akan coba membahas dengan pendekatan yang sedikit berbeda. 

Kecepatan Cahaya

Asumsi pertama dari kecepatan The Flash akan aku ambil dari namanya yakni "Flash" sehingga kecepatannya secepat kecepatan cahaya. Seperti yang sudah sering kita baca di buku-buku fisika SMP, kecepatan cahaya ialah 3 x 108 m/s. 

Ini adalah kecepatan yang sangat ekstrim. Kita akan melihat cahaya senter secepat kita menyalakannya, mata kita tidak mampu mendeteksi rambatan cahaya. Bahkan penemuan bahwa cahaya memiliki kecepatan sudah merupakan perkembangan ilmu pengetahuan yang luar biasa. 

Saat ini manusia hanya mampu membuat pesawat dengan kecepatan suara. Kecepatan suara ialah 3.4 x 102 m/s, jauh lebih lambat jika dibandingkan dengan kecepatan cahaya. Pada kecepatan suara, pesawat akan mengalami gesekan udara dan tekanan dari angin yang luar biasa. Tetapi hal ini tidak terjadi pada kecepatan cahaya.

Ketika Benda Bermassa Bergerak Dengan Kecepatan Cahaya

Kecepatan cahaya  106 kali lebih cepat dari kecepatan suara. Jika melihat komposisi dari udara yakni berupa gas Nitrogen, Oksigen dan Uap air maka kecepatan vibrasi molekul-molekul gas ini dapat dihitung menggunakan teori kinetik gas:
Ek= 1.5 x kBT
Ek= 1/2 mv2
ket:
kB= Konstanta Boltzman
T  = Temperatur
m = massa molekul
v  = kecepatan.

Dari dua persamaan tersebut, kecepatan dapat dihitung sebagai:
v= 3kBT/m
Menggunakan massa atom oksigen dan temperatur udara 23oC, kita akan mendapatkan kecepatan gerak molekul ini ialah 480 m/s, artinya jika kita bandingkan dengan kecepatan cahaya maka angka ini sama sekali tidak ada artinya. Ketika The Flash bergerak dengan kecepatan cahaya maka molekul ini akan seperti diam tidak bergerak.

Dalam ilmu fisika, momen ketika The Flash bergerak dengan kecepatan cahaya kemudian menabrak partikel udara, tidak lagi bisa didefinisikan dalam ilmu aerodinamis seperti yang terjadi pada pesawat berkecepatan suara. Karena tabrakan antara molekul tubuh The Flash dengan molekul gas udara terjadi secara instant, maka yang terjadi ialah reaksi fusi antara molekul gas dan tubuh The Flash.
atas: berlaku hukum aerodinamis | bawah: aerodinamis tidak berlaku
Tubuh The Flash akan bertabrakan dengan atom gas yang ada di udara, akibatnya ialah reaksi fusi pada titik tabrakan antara tubuh dan molekul gas. Jika skema ini berlanjut, reaksi fusi  antara gas Oksigen, Nitrogen, dan Uap air dengan tubuh The Flash yang merupakan rangkaian karbohidrat dan sedikit mineral pada tulang akan terjadi. Akibatnya The Flash akan lenyap secara instan. Jadi untuk menghindari skema ini, mari kita buat asumsi lagi, yah.. Asumsinya ialah The Flash memiliki jaket super kuat yang energi antara elektron dan inti atom-nya tidak bisa dipecah oleh reaksi fusi.


Sekarang kembali lagi ke logika yang sama. Dengan jaket super ini The Flash akan bergerak dengan kecepatan cahaya. Hasilnya ialah tabrakan antara jaket dengan molekul gas. Dengan asumsi bahwa jaket tidak akan hancur maka ini kira-kira yang terjadi pada molekul gas uap air H2O:


Tumbukan antara The Flash dengan molekul gas akan menyebabkan elektron pada molekul gas bergerak sangat cepat dan terpisah dari inti atom. Kemudian elektron yang terpisah akan menabrak molekul lainnya.

Tumbukan antar molekul ini akan menghasilkan partikel gamma dan berikutnya ialah tabrakan antara partikel gamma dengan molekul gas lainnya, kemudian molekul gas akan hancur, elektron dalam atom akan tercerai berai dan menghasilkan ledakan atom beruntun.


Dari reaksi ini kita bisa perkirakan apa yang akan terjadi jika The Flash bergerak. Hanya dalam hitungan kurang dari satu detik, The Flash akan menunjukkan kekuatan yang mengagumkan:

Dalam satu detik The Flash dengan kecepatan cahaya-nya mampu menghancurkan beberapa kota, diikuti dengan ledakan berantai lainnya. Sehingga ketika The Flash berhenti berlari dan berada di lokasi musuh, besar kemungkinan musuhnya telah musnah menjadi abu.

Tapi efek lainnya dari kemampuan berlari dengan kecepatan cahaya ini ialah: alih-alih menjadi superhero, The Flash akan menjadi penghacur beberapa kota yang dilewatinya. Jadi jika berbicara tentang realitas fisika The Flash tidak akan pernah bisa menjadi superhero dengan kemampuan berlari secepat cahaya yang dimilikinya.

Jadi jangan ceritakan kisah ini ke anak Anda.. XD

Ambang Batas Kecepatan

Ohh.. Ya, ada satu skema agar hero satu ini bisa tetap menjadi superhero, yaitu jika dia dapat mengendalikan kecepatannya. Lalu berapa ambang batas maksimum kecepatannya agar tidak terjadi reaksi fusi?

Pertama yang paling mudah adalah kalau dia bergerak 6 kali kecepatan suara, atau 2.04 x 103 m/s, karena ini merupakan kecepatan dari pesawat X-15 Rocket Jet, dan tidak ada reaksi fusi pada kecepatan itu. Kecepatan yang juga mungkin dicapai oleh The Flash tanpa terjadinya reaksi Fusi ialah kecepatan satelit yang berada di luar angkasa. Kecepatan satelit yang ada di luar angkasa ialah 8x 103 m/s, pada kecepatan ini satelit menabrak molekul (berjumlah sangat sedikit) dan belum memicu terjadinya reaksi fusi. Tapi kalau hanya segitu kecepatannya, maka jangan harap aku mengakui namanya "The Flash", aku akan sebut "The X-15" atau "The Satelite" aja pastinya. :P

Fisikawan di masa-masa awal pengembangan teori atom telah menghitung bahwa materi masih mampu bergerak dan mempertahankan wujud materinya pada kecepatan 10% dari kecepatan cahaya. Artinya jika The Flash tidak ingin merusak apapun, sebaiknya dia menjaga batas kecepatanannya hanya sampai 10% dari kecepatan cahaya, atau sekitar 3 x 107 m/s. Mungkin dengan kecepatan segitu dia hanya akan menyebabkan angin topan ataupun taifun saja.

Tetapi permasalahan lainnya ialah, bagaimana The Flash latihan untuk mengontrol kecepatannya itu? soalnya kalau sampai kelebihan, maka yang terjadi ialah reaksi fusi berantai seperti yang sudah kujelaskan. Sekali saja The Flash khilaf dan menggunakan kecepatan Cahaya, ia akan menghancurkan beberapa kota, bahkan mungkin menghancurkan beberapa negara.

Hahahaha.. Seru kan? Ini kita baru melihat kecepatan dari The Flash, kalau kita kembangkan seperti kasus Harry Poter sebenarnya bisa dihitung berapa jumlah energi yang dibutuhkan The Flash setiap harinya. Berapa banyak makanan yang ia perlukan? XD

Kamu punya pertanyaan saintifik, aneh, iseng, ajaib, edan? Kirim message ke sini

Sumber:
http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/kinetic/kintem.html#c3
http://www.migflug.com/jetflights/the-10-fastest-aircraft-in-the-world.html
http://www.bbc.com/future/story/20150809-how-fast-could-humans-travel-safely-through-space
https://what-if.xkcd.com/1/
https://www.quora.com/What-is-the-maximum-speed-of-the-superhero-the-Flash

Gambar: https://i.kinja-img.com/gawker-media/image/upload/s--gwiaQAOF--/c_scale,fl_progressive,q_80,w_800/1337614900320139156.jpg


6 comments

mungkin saja the flash mendapat mukjizat atau dia bersekongkol dengan jin yang punya ilmu sihir :D

dan sejarah membuktikan saat zaman nabi sulaiman, ada manusia yang mampu memindahkan kerajaan saba' dalam sekedipan mata nabi sulaiman

hanya saja ilmu sehebat itu sekarang telah terkubur

Request, apakah mungkin membuat pakaian seperti Iron Man dengan teknologi sekarang? :v

Iya, Berikutnya aku mau bahas baju Ironman.

ente pinter banget om

kerja ei batan yah?

Masih mahasiswa om.. :)

Bagaimana dg peristiwa isro' mi'roj nabi muhammad yg melakukan perjalanan ke lahul mahfuz yg di sebut" dg kecepatan cahaya. Apa bisa dijelaskan. Mohon pencerahannya

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top