Rumus Kimia Cuka Dan Penggunaanya Dalam Industri - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Rumus Kimia Cuka Dan Penggunaanya Dalam Industri


Dalam kuliner nusantara, cuka dikenal sebagai bahan untuk pembuatan acar. Cuka sendiri merupakan bumbu masakan yang cukup dikenal di Indonesia, walaupun penggunaanya tidak sebanyak pada kuliner-kuliner Jepang dan China. Apa rumus kimia dari cuka? Apa saja penggunaanya? Mari kita bahas bersama.

Rumus Kimia Cuka

Cuka merupakan turunan dari senyawa hidrokarbon asam karboksilat. Asam karboksilat dibentuk oleh rantai karbon yang berikatan dengan gugus oksalat. Rumus kimia cuka adalah C2H4O2 atau sering juga ditulis CH3COOH.

Nama komersialnya ialah cuka atau vinegar dalam bahasa inggris, namun nama lainnya ialah asam asetat dan asam etanoat.

Asam asetat merupakan bahan kimia yang stabil namun jika konsentrasinya tinggi akan bersifat korosif pada logam. Senyawa ini dapat beraksi dengan banyak oksida, sulfida, asam kromat, asam nitrat, sianida, hidrogen peroksida, karbonat, asam perklorat, dan banyak logam.

Struktur Kimia Asam Asetat

asam asetat
CH3COOH

Penggunaan Asam Asetat

Selain penggunaanya sebagai larutan cuka, asam asetat digunakan juga dalam industri. Beberapa industri yang melibatkan asam asetat sebagai bahan dasarnya ialah:
  1. Penggunaanya sebagai pelarut organik dalam laboraturium maupun industri.
  2. Dalam dunia industri, asam asetat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan vinil asetat yang digunakan dalam cat dan zat pelapisan
  3. Digunakan dalam proses pewarnaan wol pada industri tekstil
  4. Asetat dapat digunakan sebagai koagulan pada industri latex dan karet. 
  5. Asam asetat yang encer disebut sebagai cuka dan digunakan sebagai perasa makanan
  6. Asam asetat jika direaksikan dengan asam salisilat menggunakan katalis H2SO4 dapat menghasilkan aspirin, seperti dalam reaksi:
  7. Asam asetat dapat didehidrasi (reaksi pemisahan air) dapat membentuk anhidrat asetat yang digunakan dalam industri, seperti pada reaksi:
Jadi cuka yang selama ini kita lihat di botol-botol itu ternyata memiliki banyak kegunaan dalam dunia industri, bukan hanya untuk perasa makanan tetapi juga bahan dalam produksi aspirin, pewarna dan koagulan. 


Sumber:

  1. http://www.sbioinformatics.com/design_thesis/Acetic_Acid/Acetic-2520acid-2520_Properties&uses.pdf
  2. https://www.vdh.virginia.gov/epidemiology/DEE/PublicHealthToxicology/documents/pdf/aceticacid.PDF
  3. http://scifun.chem.wisc.edu/chemweek/pdf/aceticacid.pdf
  4. http://www.sciencelab.com/msds.php?msdsId=9922769

Gambar: 

  1. http://www.nanoniele.jp/img/tdchem/643188610821890.png
  2. http://www.pure-chemical.com/blog/wp-content/uploads/2015/08/type-acid-vinegar_5a0978af6b04af90.jpg

2 comments

Ngomong-ngomong soal industri, identik juga sama jejualan di sekitar rumah atau pasar.

Ente kan lagi study di Jepang, di sana ada nggak tukang jualan yang keliling kampung/komplek, kaya di sini (Jakarta).

Terus biasanya tukang apa aja? yang gak kalah penting teriakan khas ala abang-abang jualan kelilingnya.

Kayaknya pas banget untuk bikin thread baru tentang penjual keliling + teriakan khas mereka, di negeri sakura sono (sekedar saran) :3

Wahh ide bagus.. Thanks sarannya.
Disini tukang yang keliling cuma tukang sampah, dia nawarin jasa buang sampah. Tapi kelilingnya nggak teriak2, tapi pake rekaman suara.. hehe

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top