Hanabi Di Okayama - Melihat Keindahan Kembang Api Jepang - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Hanabi Di Okayama - Melihat Keindahan Kembang Api Jepang


Akhirnya setelah sekian postingan aku sempatkan juga menulis tentang pengalaman di Jepang. Summer pertama di Jepang ini sepertinya akan sulit aku lupakan. Ada setumpuk ehhhh.. segudang pengalaman baru yang aku dapatkan. Semuanya luar biasa, dan sangat menarik menurutku.

Dari runtutan foto-foto di HP sepertinya aku harus ceritakan tentang Hanabi di Okayama Jepang. Setelah seminggu sebelumnya aku mengunjungi Masjid Kobe yang bersejarah, momen selanjutnya ialah Hanabi di Okayama. Momen melihat kembang api di Jepang merupakan saat yang ditunggu-tunggu. Hampir di seluruh kota di Jepang memiliki acara malam kembang api di setiap tahunnya. Itulah sebabnya PPI-Okayama bersama dengan teman-teman Sahabat Indonesia (orang Jepang yang belajar Bahasa Indonesia) mengadakan acara Hanabi, melihat kembang api bersama. 

Sejarah Singkat Kembang Api Jepang

Kembang api merupakan salah satu aspek penting dalam kebudayaan Jepang. Sejak diperkenalkannya oleh pemerintahan Ieasu Tokugawa (periode Edo). Kemudian pada tahun 1733 pemerintahan Yoshimune Tokugawa, pemimpin ke-8 Shogun, mengadakan Sumida River Fireworks Festival yang akan diadakan setiap tahunnya. Event ini disiapkan untuk menghilangkan roh jahat, mengantarkan orang-orang yang mati dan menghilangkan kesialan akibat penyakit epidemik yang menyerang edo setahun sebelumnya.  Hingga sekarang kembang api telah berkembang sangat jauh di Jepang dengan variasi yang jauh lebih menarik. 

Pengrajin Kembang Api

Di Jepang menjadi seorang pembuat kembang api merupakan sebuah passion yang digarap dengan serius. Skill merakit dan mengembangkan ledakan kembang api ini diturunkan secara turun-temurun dan menjadi komoditi khas dari suatu daerah. Seorang pembuat kembang api biasanya sudah sibuk minimal sejak enam bulan sebelum dilaksanakannya festival kembang api Hanabi. 

Festival Kembang Api di Jepang

Kembang api ini menjadi icon summer festival di Jepang setiap tahunnya. Belum summer di Jepang kalau belum lihat kembang api atau hanabi. Saat ini ada setidaknya 7000 acara bertema kembang api setiap tahunnya di seluruh Jepang.

Hal menarik lainnya saat akan menyaksikan kembang api ini adalah, orang Jepang tua muda, pria wanita, beramai-ramai menggunakan pakaian khas yukata (bentuk non formal dari kimono). Ini membuat kita merasa benar-benar berada di Jepang, bahkan jika memungkinkan kita juga bisa menggunakan yukata seperti mereka. Sebuah pengalaman yang unik dan takkan terlupakan tentunya. 

Aku bersama PPI-Okayama melihat festival kembang api ini di bagian samping dari Asahi Kawa (sungai Asahi), sekitaran Kourakuen Garden. Inilah beberapa foto saat orang-orang berkumpul untuk menikmati pesta kembang api tersebut:


Kembang Api Malam Hari

Saat malam hari merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu. Seperti gambar di atas, orang-orang telah siap dan duduk manis di tempat masing-masing. Kemudian muncullah ledakan pertama: 

Sorry banget cuma pake kamera HP XD
Pada moment ini, semua orang berusaha menikmati kembang api yang berlangsung selama sekitar 1.5 jam. Mereka menikmatinya tanpa merusak kenyamanan orang lain. Tidak ada yang berdiri saat melihat kembang api ini, semua duduk dengan nyaman di tempatnya masing-masing. Yang mengambil foto akan sibuk dengan fotonya masing-masing, tetapi mereka tetap tidak akan berdiri.

Orang-orang Jepang memiliki budaya dimana "Merepotkan dan mengganggu orang lain ialah hal yang sangat buruk", oleh karena itu mereka akan memastikan kalau apa yang dilakukan tidak merusak kesenangan orang lain. Ini merupakan budaya yang tertanam apapun yang terjadi, entah itu dalam kondisi sendiri, berdua, ataupun beramai-ramai seperti pada momen hanabi di Okayama ini. Setelah selesai acara, semua sampah telah berada di tempat sampah, lapangan luas telah bersih, and everybody happy!

Yap.. Segitu dulu cerita travelling Jepang kali ini.. Berikutnya aku akan cerita tentang Pendakian ke Gunung Fuji, Mengikuti Summer Camp Bersama Anak-Anak dan Jalan-jalan di Hokkaido. 

1 comments:

Wew keren banget. Ah, selalu bikin mupeng -.-

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top