Energi Yang Dibutuhkan Harry Potter Untuk Terbang Dengan Sapu Sihirnya - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Energi Yang Dibutuhkan Harry Potter Untuk Terbang Dengan Sapu Sihirnya


Belakangan sibuk banget ngerjakan riset di lab, pasalnya harus nyiapin presentasi minggu depan. Jadi beneran lho aku sibuk, terus kepikiran "Ehh.. Berapa yah energi yang dibutuhkan oleh Harry Potter untuk Melayang dengan sapu terbang?" Coba-coba hitung, lumayan seru juga ternyata. Makanya aku share dahh di sini.
harry poter terbang
Harry Potter adalah novel dari penulis J. K. Rowling yang paling laris di pasaran buku fiksi. Tak hanya bukunya saja yang booming, cerita ini ketika di film-kan juga meraih sukses besar. Jadi siapa sih yang nggak tau Harry Potter?

Energi Yang Dibutuhkan

Perhitungan ini sangat sederhana, kita nggak akan menghitung percepatan yang terjadi pada saat Harry terbang. Kita anggap kecepatan terbangnya fix, nggak berubah. Untuk kasus ini perhitungan menjadi sangat mudah, hanya perlu rumus energi level SMA.
Energi = Energi Kinetik + Energi Potensial
E= 1/2.m.v2 + m.g.h
Oke sekarang kita bergerak ke asumsi selanjutnya. Kalau kita lihat movie-nya, saat bermain Quidditch, semacam permainan bola terbang para penyihir di sekolah Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry, Harry dan teman-teman terbang tidak terlalu tinggi, sekitar ketinggian gedung lantai 10 atau 50 meter.

Kemudian kita asumsikan kecepatan terbangnya dalam permainan itu sekitar 12.5 m/second, setara dengan pelari tercepat di dunia Usain Bolt. Asumsi terakhir ialah massa dari Harry Poter dan sapu terbangnya kita anggap 56 kg atau setara orang normal dengan tinggi 162 cm. Selanjutnya kita tinggal masukkan dalam persamaan:
E=1/2 x 56kg x (12.5m/s)2 + 56kg x 9.8m/s2 x 50m
E=  4.375 kg m2/s2 + 27.440 kg m2/s2
E= 31.815 Joule
Yap.. Udah dapat angkanya, energi yang diperlukan Harry Potter untuk terbang dengan sapu sihirnya adalah sekitar 31.815 J.

Sekarang mari kita ajukan pertanyaan berikutnya, dari mana sumber energinya?

Sumber Energi 

Sumber energinya tentu saja sihir! Oke. Kalau dalam banyak cerita, sihir melayang itu membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi, maka kita sedang bicara telekinesis, atau menggerakkan benda dengan kemampuan otak. Artinya sumber energi dari gerakannya adalah otak.

Otak manusia mendapatkan energi dari sumber makanan yang kita makan setiap harinya. Sumber makanan yang paling utama digunakan sebagai energi untuk otak ialah jenis-jenis gula sederhana seperti sukrosa atau gula pasir dan fruktosa (banyak pada madu dan buah).

Sukrosa mengandung energi sebesar  16.2 kJ/gram. Makanan yang mengandung energi ini akan diproses secara alami dalam tubuh kita, efisiensi tubuh manusia ialah 20%, artinya kemampuan konversi dari 100gram sukrosa, hanya akan menghasilkan sekitar 16.2kJ x 100g x 20%= 324 kJ energi .

Dengan asumsi konversi dari energi kimia di dalam otak menjadi energi telekinesis (sebut saja sihir) ialah 100%, maka dalam ketika terbang selama satu detik (1 sekon), Harry akan menghabiskan energi sekitar 31.815 J = 31,815 kJ atau setara dengan 31,815 kJ : 16.2 kJ : 20% = 9.82 g sukrosa.

Berapa banyak Harry Harus Makan?

Walaupun sumber utama energi otak dihasilkan dari sukrosa, tapi kita tidak akan menghitung bahwa Harry akan makan gula dapur yang kandungan sukrosa-nya 97%. Kita akan gunakan pendekatan yang lebih nyata.

Salah satu buahan yang mengandung sukrosa tertinggi ialah mangga, dalam 100 gram mangga mengandung 9.9 gram sukrosa, artinya sekitar 10% dari berat mangga.

Kembali lagi ke energi yang dibutuhkan Harry Potter untuk terbang ialah:
31,815 kJ atau setara dengan 9.82 g sukrosa untuk setiap detiknya. 
Aku coba cari berapa lama satu game Quidditch berlangsung, tapi sepertinya nggak ada informasi akurat mengenai ini. Aku asumsikan aja sama seperti voly karena aturannya harus mencapai skor tertentu. Voli professional memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Kita ambil waktu tercepat saja 1.5 jam. Kita anggap Harry terbang berkeliling main Quiditch dengan kecepatan 12.5 m/s, ketinggian 50 m selama 1.5 jam nonstop, maka berapa banyak mangga yang perlu dia makan:

Energi yang diperlukan untuk terbang = 31,815 kJ yang setara 9.8 g sukrosa setiap detiknya
Artinya Harry butuh 9.8 gram sukrosa setiap detik. Maka dalam 1,5 jam kebutuhan sukrosanya ialah : 9.8g x 5400s = 52.920 gram sukrosa.

Kandungan sukrosa dalam Mangga ialah 10%. Maka untuk mendapatkan 52.920 gram sukrosa Harry harus memakan 52.920g : 10% = 529.200 gram. 

Jadi dalam satu pertandingan Quidditch Harry Poter harus memakan lebih dari setengah ton Mangga (529.2 kg). Mangga adalah salah satu buahan dengan kandungan sukrosa tertinggi. Kalau kita bandingkan kandungan sukrosa dari Mangga dengan Jeruk, itu 9.9:4.2 atau 2.35:1, hanya kurang dari setengahnya. Artinya jumlah jeruk yang harus Harry makan ialah 2.35 x 529.2 kg = 1243.6 kg, atau 1.23 ton. Bisa mabok jeruk kalau gitu.. Hahaha

Ini Bener?

Yah bener lah, kalau semua asumsinya benar dan kondisi terpenuhi maka perhitungan ini benar. Dari awal judul kan udah jelas aja kalau ini cuma buat fun. Kan emang nggak pernah ada perhitungan sumber energi telekinesis alias sihir. :D

Walaupun perhitungan ini kebanyakan asumsi, tetapi perhitungan yang dibangun cukup menarik. Kan seru aja melihat seberapa jauh sains bisa menggali informasi hingga akhirnya bisa dapat angka 1,2 ton jeruk yang harus dimakan.

Sekali-kali guru mungkin harus menjelaskan sains dengan gaya imajinatif gini. Mungkin muridnya bakalan lebih tertarik dengar penjelasannya dan nyimak perhitungannya. Yahh siapa coba yang nggak pengen tahu berapa energi yang dibutuhkan Harry Poter untuk Terbang? wkwkwk XD

Ehh.. Iya, aku lagi sibuk nih.. Entahlah kenapa malah kepikiran ngitung energi terbang Harry Potter. whatever. Berikutnya mungkin aku mau bahas tentang : Bagaimana kalau Superhero Flash Bergerak dengan Kecepatan Cahaya?

Kamu punya pertanyaan saintifik, aneh, iseng, edan? Kirim message ke sini

Thanks for reading.. Aku tunggu koment kritik dan diskusinya. :D

Sumber: 
http://thepaleodiet.com/fruits-and-sugars/
https://www.rush.edu/health-wellness/quick-guides/what-is-a-healthy-weight
Sumber gambar: https://tuesdayswithhorry.files.wordpress.com/2014/07/harry-potter-quidditch.jpg

6 comments

wkwkwk... idenya boleh juga.. memikirkan apa yang jarang terpikirkan.. greeaaat...

saya sudah katam nih nonton film harry potter... ketagihan terus....hehehe

Tolong buatin artikel tentang baju ironman donk, mau bikin sendiri otak gak muat.

Ok Gan.. Next yah setelah The Flash.. :D

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top