Apa itu Racun Sianida? Kenapa Berbahaya? - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Apa itu Racun Sianida? Kenapa Berbahaya?


Artikel kali ini secara singkat akan membahas tentang racun sianida dan apa bahayanya. Sebelumnya aku pernah sedikit membahas di blog ini tentang Kasus Kopi Sianida Mirna dan Kesalahan Fatal Mengenai Racun Sianida. Mengingat masih banyaknya yang bertanya-tanya tentang apa itu racun sianida? Jadi aku tuliskan aja dengan ringkas, soalnya emang lagi malas bahas yang rumit-rumit dan panjang, belum ada waktunya.
apa itu racun sianida

Apa itu racun sianida?

Sianida merupakan racun yang memiliki tingkat toksisitas yang sangat tinggi. Ambang batas atau dosis lethal seseorang menghirup atau menelan sianida sangat-sangat rendah. Artinya dengan konsentrasi sianida yang sangat rendah seseorang bisa saja mengalami keracunan bahkan kematian.

Zat sianida pernah digunakan dalam perang dunia pertama, World War 1, sebagai senjata kimia yang sangat menakutkan. Walaupun begitu tetapi harus diketahui bahwa sianida pada awalnya memang sudah terdapat di alam, jadi bukan hanya buatan manusia (senyawa sintetis). Zat ini terdapat pada biji apel, biji peach, kacang almond dan diproduksi oleh beberapa bakteri dan algae.

Sejarah Penggunaan Sianida

Mungkin tidak seperti yang kalian bayangkan bahwa sianida adalah zat kimia pembunuh, maka diproduksi dengan tujuan untuk membunuh, tetapi kenyataanya zat ini pada awalnya digunakan dalam dunia pertambangan. Sianida digunakan sebagai pengikat logam mulia emas. Menggunakan teknik amalgamasi dengan sianida, kadar emas yang dapat diperoleh bisa mencapai 89-95% jauh lebih baik dari metode lainnya yang hanya mencapai 40-50%.

Namun setelah perang pecah, penggunaan sianida dialihkan kepada fungsinya sebagai zat kimia yang berbahaya. Sianida mulai diaplikasikan untuk genosida dan racun bunuh diri.

Penggunaan lainnya dari racun sianida ini adalah untuk membunuh tikus, curut dan tikus tanah untuk melindungi panen tanaman pangan.

Kenapa Sianida Berbahaya?

Secara kimia, formula dari sianida adalah CN-, merupakan gabungan antara atom Karbon dan Nitrogen yang berikatan secara kovalen. Bentuk molekulnya dapat digambarkan seperti ini:
sianida
1. struktur lewis, 2. proyeksi area molekul, 3. Proyeksi persebaran elektron molekul, 4. Karbon lone-pair struktur

Anion sianida ini memiliki sifat yang sangat reaktif pada logam-logam bermuatan positif, kation. Dalam sistem pernafasan kita, darah merupakan alat transportasi yang akan membawa oksigen ke seluruh bagian sel tubuh untuk memproduksi energi. Dalam darah senyawa aktif yang berperan dalam mengikat oksigen adalah hemoglobin. Bagian yang aktif mengikat oksigen ini adalah ion  Fe2+  pada hemoglobin.
hemoglobin
Ion Fe pada Hemoglobin (Heme b)
Ketika seseorang terekpos racun sianida, maka ion CNakan berikatan dengan ion logam Fe2+ . Ketika Fe2+ dalam hemoglobin telah berikatan dengan CN-  maka oksigen tidak lagi bisa berikatan dengan Fe2+ , akibatnya darah tidak lagi mengangkut oksigen, dan seluruh sel dalam tubuh tidak mampu memproduksi energi.

Itulah yang menyebabkan racun sianida begitu berbahaya bagi tubuh.

Ciri-ciri Tubuh Terekpos Sianida

Beberapa hal dibawah ini merupakan ciri-ciri ketika tubuh terekpos racun sianida secara berlebihan:
  • Tubuh lemas
  • Sakit kepala dan pusing 
  • Mual dan sakit perut
  • Kejang-Kejang
  • Sesak nafas/ Sulit bernafas

Sumber:

  • http://study.com/academy/lesson/what-is-cyanide-definition-formula-effects.html
  • https://www.health.ny.gov/environmental/emergency/chemical_terrorism/cyanide_general.htm
  • http://www.infomine.com/library/publications/docs/SummaryFactSheetCyanide.pdf
  • http://www.cyanidecode.org/cyanide-facts/environmental-health-effects
  • fakg;ja;
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Cyanide#Chemical_tests_for_cyanide

Gambar:

  • https://media.licdn.com/mpr/mpr/p/3/005/074/2c2/0e45a87.jpg

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top