Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata? - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata?


Apa yang akan kalian katakan kalau ternyata ada teman kalian yang menyatakan teori bahwa bumi itu datar? Shock? Kaget? atau langsung mengatakan kalau dia idiot dan gila? Aku sendiri merasa wajar, saat mendengarnya.

Kenapa? Karena aku sudah dengar tentang pergerakan Flat Earther ini di Flat Earth Society beberapa tahun silam. Teman kontrakanku yang kasih tahu, kemudian saat itu aku browsing dan mendapati bahwa ternyata banyak ilmuwan yang juga mengikuti gerakan ini. Artinya apa? Flat Earth ialah sebuah teori konspirasi yang digagas dengan serius dan cukup cerdas!

Ketika tahun 2015 yang lalu gerakan ini kembali muncul di Amerika, seorang saintis Neil de Grease Tyson langsung maju dan menjelaskan (pada sebuah reality show). Kebetulan aku nonton di Youtube, dan dia mengatakan bahwasanya pemahaman ini tidaklah berdasar. 

Akhirnya, karena aku kurang kerjaan, aku tonton videonya dan mencoba menyampaikan beberapa kritik hal yang perlu untuk kalian ketahui. Tulisan ini merupakan respon dari video 1:
https://www.youtube.com/watch?v=E9tL-lPsDZM&list=PLQt5a4m_Y05VI4WwgOLKxWXIw655PlHH2&index=1

Foto Bumi Bulat ialah Rekayasa CGI

Kalau kalian mencari gambar bumi di google, maka semua gambar bumi berbentuk bulat ialah CGI (computer generated imaginary/buatan komputer). Ini benar, bahkan semua foto bumi bulat yang dipublikasikan NASA juga CGI. 

Tapi, darimana gambar CGI ini dibuat? Ternyata gambar-gambar CGI ini dibuat dari fotografi satelit NASA. Jadi gambar CGI ini dibuat berdasarkan sekumpulan gambar-gambar yang diperoleh oleh satelit luar angkasa yang dimiliki NASA yang kemudian digabungkan menjadi satu.

Kenapa perlu menggabungkan banyak foto untuk jadi satu foto bumi bulat? Karena bumi berukuran sangat besar dan satelit yang ada tidak cukup jauh untuk mengambil gambar satu bumi penuh (bumi bulat).

Misalkan saja kalian ingin memotret foto rumah, tetapi posisi kalian hanya satu meter di depan rumah, apa kalian bisa mengambil foto rumah kalian secara penuh? Tentu saja tidak, sekarang permasalahannya, kalian tidak bisa mundur, hanya bisa mengitari dalam jarak satu meter itu saja, bagaimana cara agar bisa dapat seluruh gambar rumah? Tentu saja dengan mengambil banyak foto dan kemudian menggabungkannya. 

Buktinya NASA menampilkan potongan gambar bumi ini di homepage-nya:

Ini adalah bagian dari bumi yang dipotret oleh salah satu satelit nasa. Terlihat disini kalau ada lengkungan dibagian pinggiran bumi.

Banyak Satelite di Angkasa

Setidaknya ada 1381 satelit di angkasa. Tidak semua foto satelite ini merupakan CGI, kalian bisa cari sendiri foto real satelit. Tetapi tetap saja kalau sudah nggak percaya akan susah urusannya. Di video dikatakan bahwa angkasa luar penuh sesak dengan satelite. Mari kita lihat dengan perspektif yang lebih baik.

Satelite yang paling dekat dengan permukaan bumi disebut sebagai LEO (Low Earth Orbit) yang beredar di bumi pada ketinggian 160-2000 km. Jumlah satelit LEO ini sekitar 500 satelit. Jika melihat luas permukaan bumi (bulat), maka ada 500 satelit yang beroperasi di luasan  510,072,000 km2. Jika kita bagikan  ialah 510,072,000 km: 500=  +-1.000.000 km2. Jadi hanya akan ada 1 satelit setiap 1.000.000 km2.

Selain jumlahnya yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan bumi, ternyata ukuran satelit juga sangat kecil, terlalu kecil untuk bisa teramati di teleskop. Ukuran dari ISS (International Space Station) ialah sebesar lapangan American Football (0.0055km^2) sedangkan bulan ialah 9.476.927 km^2, perbandingannya 1:1.723.077.636,3636. Satelit yang ukurannya 1/1.723.077.636,3636 kali ukuran bulan ini bergerak dengan kecepatan 28.000 km/jam (ket: kita bahas di Final Part). Sudah kecil, bergeraknya sangat cepat lagi, fakta-fakta inilah yang menyebabkan sangat sulit untuk melihat satelit melalui teleskop.

Maka menemukan sebuah satelit tidaklah semudah yang pembuat video ini katakan. Walapun begitu, tetap masuk akal sekali kalau kita seharusnya bisa melihat satelit di langit dengan teleskop. Oleh karena itu ada orang yang membuktikannya, ini sebuah video dimana seseorang mengamati satelit menggunakan teleskop:
https://www.youtube.com/watch?v=rIesWBTUeiI
Pasti akan muncul pertanyaan seperti ini "teleskop bisa menampilkan gambar planet-planet lain, tetapi satelit yang dekat nggak bisa dilihat dengan jelas?"

Itu karena ukuran satelit memang sangat kecil jika dibandingkan dengan planet. Seperti venus misalnya, kita bisa mengamati bahkan dengan mata telanjang. Jadi wajar kalau teramati dengan lebih jelas menggunakan teleskop, sedangkan satelit ukurannya sangat-sangat kecil bila dibandingkan dengan planet.

Baca Juga: Kecepatan Satelit 28.000 km/jam sangat masuk akal!

Kesimpulan

Video ini berisi informasi yang kurang lengkap. Karena hanya memuat informasi-informasi yang mendukung pendapat bahwa bumi itu tidaklah bulat. Seperti diberitahukannya bahwa gambar bumi bulat merupakan gambar CGI dari NASA, tetapi tidak pernah diberitahukan bagaimana gambar itu dibuat. (Sebagian besar orang akan mengira NASA 100% mengarang foto bumi tersebut).

Dipaparkan informasi kalau tidak pernah ada orang yang melihat satelite dari teleskop. Tetapi tidak pernah diberitahukan seberapa kecil satelite tersebut jika dibandingkan dengan bulan ataupun planet-planet di tata surya kita. Fakta bahwa satelite berukuran sangat kecil jika dibandingkan planet, membuat kemungkinan satelite terlihat oleh teleskop sangatlah kecil, dan ini hal yang wajar.

Itu adalah dua penjelasan dan fakta yang bisa aku jabarkan. Berikutnya kalian bisa membaca lanjutan dari ulasanku mengenai Flat Earth Ini:
  1. Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata? #part1
  2. Flat Earth Theory - Pembantaian Sains dan Logika #part2 
  3. Flat Earth Theory - Keping-Keping Sains #part3
  4. Teori Bumi Datar - Let's do The Math #part4
  5. Teori Bumi Datar - Apa yang Dilakukan Habibie? #part5
  6. Teori Bumi Datar - Matematika Angkasa Dalam Narasi #part6
  7. Final Part - Not Rocket Science
Silahkan membaca.. :)
 Jika belajar sains itu logis dan menyenangkan, silahkan share tulisan ini. Biar teman kalian juga memiliki wawasan sains yang luas. :)

Jika ada komentar silahkan sampaikan dengan sopan, saya akan tampilkan semua komentar baik itu pro atau kontra. :)


Sumber:
wikipedia.org
Universetoday.com
Physicscentral.com
http://curious.astro.cornell.edu/about-us/41-our-solar-system/the-earth/orbit/87-how-do-you-measure-the-distance-between-earth-and-the-sun-intermediate
http://eaae-astronomy.org/WG3-SS/WorkShops/Triangulation.html
http://www.space.com/17683-earth-atmosphere.html
http://ds9.ssl.berkeley.edu/solarweek/THURSDAY/history.html
https://www.quantamagazine.org/20150113-a-proof-that-some-spaces-cant-be-cut/

Gambar:
http://peacefreedomprosperity.com/wp-content/uploads/2015/11/000044.jpg
http://photojournal.jpl.nasa.gov/jpegMod/PIA20591_modest.jpg

547 comments

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 547   Lebih baru›   Terbaru»

Nice article. Pembahasannya terhitung komplit. Tapi saya agak merasa janggal soal satelit. Benar ukuran satelit lebih kecil dari planet, tapi bukankah jaraknya dengan bumi jauh lebih dekat? Benda kecil yang dekat bisa terlihat lebih besar atau setidaknya sama besar dengan benda besar di kejauhan. Atau bagaimana? Terima kasih.

Terimakasih sudah mampir Mas Eko. Iya, satelit itu memang dekat, tetapi dekatnya itu 200km, kalau kita ingin membandingkan dengan bulan saja, jarak bulan ialah 384.400 km. Perbandingannya jaraknya ialah 1: 1.922. Sekarang perbandingan ukurannya, diameter bulan ialah 3,474 km, sedangkan satelit itu hanya sebesar tubuh manusia (kalau lihat video-video dari space station terlihat sekali ruangan tabungnya sangat sempit) diameter tabung maksimal 3meter (0.003km) maka perbandingannya ialah 1:115.800. Jadi kalaupun satelit terlihat dari teleskop, ukurannya ialah 100 kali lebih kecil dari bulan. Nah diatas itu ada saya berikan link Youtube dimana orang mengamati satelit dari teleskop, ukurannya terlihat sangat kecil, hanya seperti kunang2 yang bergerak.

Keren nih penjelasannya, kenapa tidak dijembrengin aja di Fan Page Flat Earth Indonesia ? Biar pada nyaho.

Silahkan Mas kalau mau di-share.
Buat saya sih ini ditulis di blog pribadi biar kalau ada yang penasaran dan bertanya2 bisa menemukan jawabannya. Kalau di share di FP mereka pasti cuma debat ujungnya.. Malas lahh.. :D

Keren pak penjelasannya, kenapa tidak dijembrengin di Fan Page Flat Earth ? Niar pada nyaho.

iya banyak data di video itu yang emang dikurangi. tidak disajikan secara lengkap.

Bagus ini untuk membukakan mata para penganut 'bumi datar'.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Monggo ditonton dulu sampai habis... Kalau perlu keseluruhan episodenya (ada 7 episode), setelah itu terserah deh kalian mau komentar apa... Tapi ya tadi itu... Tolong ditonton dulu sampai habis

https://youtu.be/E9tL-lPsDZM

1. Bisa, tetapi fotonya tidak akan detail, makanya NASA selalu menggabungkan dua atau lebih satelit untuk menghasilkan satu foto. Itulah yang disebut oleh NASA CGI.
2. Bisa, itu yg selama ini dilakukan NASA dan sudah saya jelaskan di atas.

3. Saya nggak tahu guru kamu yg ngaco atau kamu yg lagi bingung. Teropong dan Teleskop itu sama fungsinya untuk melihat benda-benda yang jauh sehingga lebih jelas. Hanya saja teleskop itu dalam bahasa indonesia lebih populer dengan nama Teropong-bintang. Asal dari kata teleskop sendiri dari bahasa inggris "telescope" bahasa inggris mengambil dari bahasa latin modern "telescopium" dengan "tele" berarti "pada suatu jarak" dan "scopium" yang berati "mengintai/mengamati"

4. Sekali lagi saya tekankan, bisa. Itu saya sudah kasih link dimana orang mengamati satelit dengan teleskop.

Saya sudah tonton kali.. Tuh link-nya masih nempel di atas.. Tinggal no 6 dan 7 saja yg belum. Maklum mahasiswa.

Santai saja, komentarnya tidak perlu dihapus... Di cek ulang dan pikirkan saja dulu sebelum tekan enter. :)

Gunawan Tirtawidjaja
Whkwkwkwkwk... Kalau cuma masalah sudut lensa yg katanya kurang lebar, gampang bro... Kan katanya manusia bisa ke bulan... Masak gak bisa foto bumi dari bulan ? πŸ˜… Kalau perlu kupinjamin hp ku deh buat para astronot foto bumi dari bulan πŸ˜™ Dan asumsi mau tetep keukeuh foto dari satelit (jika benar ada), Google aja cuma bermodalkan drone bisa foto peta permukaan bumi, mreka satukan foto2 yg terkumpul dan kemudian jadi peta... Dan itupun bukan digambar ulang... Hanya tempel/ menyatukan foto2 yg terkumpul... Masak satelit yg harganya katanya trilyunan gak bisa menyatukan foto2... 😘

Seingat gw pas SMP diajarin ama guru fisika (jangan2 guru gw ngaco.. πŸ˜…), bahwa teropong/ teleskop fungsingnya untuk mendekatkan pengelihatan pada object (seolah2 object menjadi tampak dekat)... Sedangkan mikroskop fungsinya utk memperbesar pengelihatan pada object (seolah2 object menjadi tampak besar)... Salah gak guru SMP gw ngajarinnya.. ??. πŸ˜… apa jangan2 gw kebalik jelasin fungsi kedua alat ini ?? πŸ˜…πŸ˜™ krn klo penjelasan gw benar, maka kudu dipertanyakan lagi apakah benar satelit ada... Dan seberapa kecilnya sampai tidak bisa dilihat oleh teropong... πŸ˜…

:) Iya mas. Sepakat deh.

Hahaha.. Saya sendiri kalau untuk membuka mata biasnya minum kopi item mas. :D
Thanks.. Salam kenal. :)

Tadi gw hapus krn ada salah ketik... (Gw mau ketik mikroskop... Tapi malah ketiknya teleskop... Bisa fatal penjelasannya 😱) Dan klo dah terlanjur send, gak bisa diedit... Ya mau gak mau dihapus... πŸ˜™

Dikasih menu edit duonk... Biar gak perlu posting berkali2.. Gak enak jadi kesannya nyampah di tempat orang... πŸ˜…

Udah di jawab yah di atas itu, yg komen terhapus. :)
1. Bisa, tetapi fotonya tidak akan detail, makanya NASA selalu menggabungkan dua atau lebih satelit untuk menghasilkan satu foto. Itulah yang disebut oleh NASA CGI.
2. Bisa, itu yg selama ini dilakukan NASA dan sudah saya jelaskan di atas.

3. Saya nggak tahu guru kamu yg ngaco atau kamu yg lagi bingung. Teropong dan Teleskop itu sama fungsinya untuk melihat benda-benda yang jauh sehingga lebih jelas. Hanya saja teleskop itu digunakan untuk melihat bintang yang dalam bahasa indonesia lebih populer dengan nama Teropong-bintang. Asal dari kata teleskop sendiri dari bahasa inggris "telescope" bahasa inggris mengambil dari bahasa latin modern "telescopium" dengan "tele" berarti "pada suatu jarak" dan "scopium" yang berati "mengintai/mengamati". Artinya teleskop itu adalah alat untuk melihat/mengamati sesuatu yang jauh sehingga terlihat dekat dan jelas.

4. Sekali lagi saya tekankan, bisa. Itu saya sudah kasih link dimana orang mengamati satelit dengan teleskop.

Tuh kan... Krn terjadi delay dan gak bisa edit postingan, akhirnya jadi miskom... 😰
Maksud gw tadi mau ketik mikroskop... Bukan teleskop...
Krn teleskop dan teropong itu sama...

Ohh.. Mikroskop buat apa? Mikroskop tidak ada hubungannya dengan pengamatan bintang dan luar angkasa. :)

Iya... Kan tadi bro bilang satelit terlalu kecil utk dilihat oleh teleskop... Sedangkan teleskop itu fungsinya utk mendekatkan penampakan object...
Kalau bro bilang satelit terlalu kecil utk dilihat teleskop... Berarti satelit yg dimaksud juga tidak dapat dilihat oleh mata telanjang meskipun dalam jarak dekat... Alias dilihatnya kudu pake mikroskop... Whkwkwkwk.. πŸ˜™
Sejak kapan teropong tidak dapat melihat object besar bro... Satelit kan katanya "besar" dan kalau memang "misalnya" teropong bintang yg super canggih gak mampu lihat satelit... Ya bisa donk teropong2para amatiran melihat satelit2 yg "katanya" ada belasan ribu jumlahnya... πŸ˜™

Mampu, itu banyak videonya di youtube.

13.000 memang jumlah yang banyak, tetapi kalau disebarkan diatas permukaan bumi, itu nggak lagi banyak kok. Diatas sudah saya kasih logika matematisnya.

pertanyaan kenapa NASA tidak memotret dari bulan belum terjawab.

Sudah Mas, NASA memotret banyak gambar dari bulan.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

ini kesalahan maping antara peta datar google map dan google earth, https://www.youtube.com/watch?v=l3QvyNxnKtw

Biarin aja video nggak jelas gitu. rugi saya buang waktu.

Ts nya ampas wkwkwkw...
Baru jelasin satelit aja udah kewalahan, blm operation highjump dan deepfreeze...

Pfft... Really? Sudah di jelaskan dengan lengkap, jika ada pertanyaan dipersilahkan bertanya dengan sopan, dan komentar semacam ini yang muncul? :)

Belom lengkap mas, coba yang katanya anda sudah nonton semua video cuma 6&7 yg belum dtonton. Kami tunggu penjelasan ilmiah dari pernyataan flat earth society dari video 1-5. Terimakasih semoga sukses selalu gan

itu sudah sampai 5. :3

Terima kasih banyak atas pencerahannya, mas Mahfuzh Huda. Artikel Anda benar-benar mencerminkan arti nama Anda, Yang menjaga petunjuk, semoga Allah jaga itu.

hahaha....sebentar lagi ada teori bumi ini persegi empat......

Jangan gitu Mas.. Eh bumi ketupat aja ada? Kangen ketupat saya.. :)

Terimakasih.. Bahasa Arabnya jago ini, langsung tahu arti nama saya. :) Sekali lagi Terimakasih.

Ini yang postin sepertinya cuma copas ajah, opini pribadi
Coba buktikan secara ilmiah foto bumi yang posting
Dari ketinggian berapa foto di ambil, kapan, nama satelit apa?
Mohon jangan hanya copas

Hahaha.. Copas? Saya kopas? :D

Salut dengan pemahaman dan ulasan Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu!

Seharusnya sangat mudah, bahkan terlalu mudah untuk meruntuhkan pemahaman FET, tanpa harus berdebat ilmu dan agama karena tinggal angkat mereka ke titik ketinggian tertentu yang bisa membuka
mata mereka bahwa inilah bukti dan faktanya bahwa bumi itu BULAT.

saat ini sudah cukup banyak pengikut FET, dan herannya kenapa mereka tidak bisa berkolaborasi bersama agar mampu untuk menunjuk salah satu dari mereka yang paling mereka percaya untuk bisa terbang karena teknologi yang ada sekarang seharusnya cukup untuk sekedar terbang tinggi ke posisi dimana bumi bisa terlihat BULAT, kalau tidak terbukti barulah mereka bisa bicara tentang FLAT EARTH


hmmmm...

FET memang sebuah pola pikir yang aneh, tapi saya salut akan pendirian dan kegigihan mereka bahwa mereka, setidaknya mereka berpikir berani untuk tidak begitu saja menerima namun sayangnya mereka berkomentar tanpa berpikir sedikit berpikir lebih panjang

Like Elephant on the box,

gajah itu pipih.........
gajah itu panjang.....

just open the box, it's simple to do





Lihat satelit pakai teleskop itu bisa, tp emg bener g bs detail. Pergerakan satelit cukup cepat jika dilihat pake teleskop dengan mounting tanpa motor, biasanya temen2 saya di Surabaya Astronomi Club pake metode mencegat/menghalau jalur lintasan satelit yg akan diamati, dan hasilnya kadang yg terlihat di teleskop cuma kilatan cahaya tipis dr pantulan badan/solar panel satelit tsb, biasanya diberi istilah "flare". Itu setahu saya, maaf klo ada salah info. Tp tulisan mas Mahfudz logis sekali, salut

WOW! Awesome.. Thanks banget Mas Info tambahan dan konfirmasinya.. Hebat bgt dahh Titisan Neil Amstrong. :)

Hehe.. Thanks komentarnya bro..
Alhamdulilah.. Sudah kelar bahasan saya..

Waow amazing pola pikir yg aneh tpi logis difikir, perlu saya fikur ulang nih :D

manusia cenderung harus lihat dengan mata kepala sendiri. jd kita doakan semoga organisasi ini punya dana untuk beli roket dan lihat langsung bentuk bumi dari atas. dan semoga mereka jujur gak kaya nasa bikin video di hlywd n mudah2an gw jg bisa ikut liat dr bulan tar gw selfie disana terus gw bawa pilox tar gw tulis denis was hir n denis lope caca...

satu lg klo mikirin flat earth kayanya ga usah pada sekolah lg. mending libur dulu sampe nemuin teori2 yg baru n terpercaya. soalnya sekolah umum di kita kebanyakan pake ilmu2 yg ditentang sm pendukung fet

sekian

"Kalau kalian mencari gambar bumi di google, maka semua gambar bumi berbentuk bulat ialah CGI"

Tapi gambar bumi yang diambil oleh satelit ATS-3 dari jarak sekitar 34.047 KM (http://goo.gl/SLVgRj), foto bumi yang dikenal dengan The Blue Marble dari wahana Apollo 17 (https://goo.gl/6rYRbX) atau foto bumi dari orbit mars (http://goo.gl/FTTaOD) asli kan mas? bukan CGI.

bagaimna dgn rute penerbangan pesawat ? kan sudah ada bukti nyata saat pesawat dari bali menuju LA ada seorang wanita melahirkan kemudian mendarat di alaska ? bisa anda beri penjelasan ?

Sudah saya bahas dengan jelas di 6 postingan, silahkan diikuti..

Wew.. Keren! Kayaknya asli (nggak ngerti jg)
Ini asli bro, kelihatan sampai rotasinya: http://www.jpl.nasa.gov/video/details.php?id=1260

Coba anda jelaskan arti dari QS : Al Kahfi (18) - 47
..-Qur’an surat Al-Hijr: 19 ...surat Al-Baqarah: 22,...surat Qaf:7,An-Naba 78: 6-7 ... surat Al-Ghasyiyah : 20.... ?

Saya bukkan orang yang mengerti itu.
Pemahaman agama saya cetek, bahasa arab saya nggak ngerti, kitab-kitab arab saya nggak pernah baca. Dan memang saya tidak membahas kajian Al-Qur'an dalam penjelasan saya ini.

Salam kenal. Izin komentar. Sebenarnya sih sudah banyak pertanyaan seperti itu, tapi kok gak dipublish secara umum ya? pastinya kan tiap satelit ada kameranya? atau memang gak ada ya? maksudnya, minimal sebagai pembuktian bahwa satelit itu eksis.

Ujung-ujungnya, kekuasaan yang berbicara mas. :)

Mas Neil Amstrong sebagai penggemar Astronomi, sebenernya penggerak satelit itu apa sih?

Layaknya warga, sudah ijin sana sini, RT RW, Kelurahan, eh ternyata gak dapat teken dari Camat. Hamsyong deh.

Saya bahas di final part. silahkan baca. :)

Sudah banyak Mas. Ribuan data riset dan gambar. Silahkan dicari sendiri di web NASA.

Jazakallahu khairan, berguna sekali untuk saya.
Izin copas & share, mas Mahfuzh Huda.

Jangan pernah mudah percaya pada sesuatu, sampai kau benar-benar melihat secara langsung dengan mata kepalamu sendiri.

katanya udah punya hubble.. tapi kok gabisa nyorot bumi sebulet2nya? hubble itu GAK PERNAH ADA! WKWKKWKW

Silahkan baca lagi. Baru kita mulai diskusinya.

Iya, silahkan berpendapat seperti itu.

Terimakasih Mas Hendra. Silahkan, ini kalau perlu versi WA-nya:
EARTH WAS NEVER FLAT
Bantahan terhadap Teori Bumi Datar. [saintifik]

1. Ada banyak foto bumi bulat —> CGI —> Iya, tetapi CGI ini berasal dari potongan-potongan foto bumi asli dari satelit di beberapa sisi. Letak satelit tidak terlalu dekat terhadap bumi sehingga perlu menggabungkan beberapa foto untuk membentuk satu foto utuh | http://goo.gl/gfYZ6b

2. Banyak satelit di angkasa —> tak terdeteksi teleskop —> Terdeteksi, tetapi sangat sulit. Ukuran satelit teralalu kecil dan satelit bergerak sangat cepat (8km/s). Banyangkan saja ukuran satelit ialah seukuran lapangan American Football (0.0055km^2) sedangkan bulan ialah 9.476.927 km^2, perbandingannya 1:1.723.077.636,3636

3. Ada GPS & Google Map —> Gunakan Menara —> Ini hanya untuk fitur My Location pada Google Map, tetapi untuk fitur lengkap seluruhnya, harus menggunakan GPS (Silahkan cek “how does google map works”. | http://goo.gl/DpejsU

4. Gerhana Bisa Dihitung Secara Akurat —> Gunakan Siklus Saros —> Benar. Tetapi siklus saros dibuat oleh ilmuwan Inggris, siklus ini hanya bisa menentukan waktunya, sedangkan ilmuwan bisa menentukan poisisi gerhana dengan tepat. | http://goo.gl/Grs0tx

5. Newton Membuktikan Gravitasi —> Elektromagnetik & Berat Jenis —> Gravitasi berbeda dengan konsep perbedaan berat jenis Archimedes, Gravitasi tidak hanya bekerja dari atas ke bawah tetapi juga dari kanan ke kiri, ini telah dijelaskan dalam eksperiment Cavendish. | http://goo.gl/q0aWQe

selengkapnya: www.mystupidtheory.com

Silahkan di share kepada teman jika mereka terhasut oleh video Flat Earth.

Peta penerbangan saat ini berbasis pada peta bumi datar. (Keyword : flight plane proof flat earth)

Rasi bintang disebelah Utara bumi kenapa juga terlihat sama di sebelah kutub selatan. Apabila bumi benar seperti bola, maka rasi bintang di kutub Utara akan berbeda dengan kutub Selatan bumi.

Rasi bintang di kutub utara bisa dilihat dikutub Selatan.

https://youtu.be/ahNfU7zYlmY

Itu yg meyakinkan saya bahwa bumi tidak berbentuk bola ⚽, tetapi hanya ada sisi atas saja (bisa flat seperti koin atau setengah bola bagian atas atau kaya wajan tengkurap atau kaya captain america)

saya pernah menyaksikan secara lansgung ketika gerakan awan melewati bulan, sedangkan posisi bulan berada di depan awan. awan tidak menutupi bulan. yang kedua saya tidak tahu apakah bumi ini datar atau bentuknya seprti apa. tapi yang jelas. secara logika kenapa gerakan bumi yang kalau bumi itu berputar pada poros nya dengan kecepatan 1600 Km/jam tidak mengakibatkan pohon2 tertiup angin, padahal jika kita mengambil sebatang pohon kecil saja dan kita bergerak menggunakan kendaraan dengan kcpatan 50 Km / jam batang pohon yang dalam keadaan tegak bisa menjadi miring karena efek terkena angin

terus gimana tuh mas ? Penjelasan di Alkitab Taurat , Injil dan Al-Qur'an , bahwa di tuliskan banyak ayat disebutkan bahwa Matahari lah Yang mengelilingi Bumi dan bumi itu berbentuk datar , dan Bumi dalah Pusat Alam Semesta ,,, :o

kata adminya "satelit bergerak sangat cepat (8km/s)" haha ternyata Selama ini Satelitlah yang mengelilingi bumi dengan 13.000 satelitnya :D CGI CGI CGI

Untuk menjelaskan satelit tuh menurut pengalam ane simpel aja. Klo menurut FET gelombang sinyal radio(ane ambil contoh HP) dipancarkan ke langit yang dipantulkan ke kubah bumi dengan memanfaatkan BTS. ane pernah tugas di pedalaman papua tepatnya di distrik agandugume kab. Puncak papua (monggo dicek lokasinya di mbah google) yg samasekali tidak ada BTS, pernah menggunakan telpon satelit. Nah, klo menurut FET ama pengalaman ane sendiri kelihatannya tidak pas deh. Ane tidak tau bgmn teori saintnya, yg jelas klo hanya memanfaatkan BTS saja untuk memancarkan low frekuensi dengan jarak 200km kelihatannya terlalu canggih untuk teknologi telpon satelit yang ane gunakan. Asumsi ane nih, satelit itu ada, dan apa yang dikatakan ama FET tuh kurang pas deh.
Gimana menurut agan? Monggo dikoment.

Pertanyaan tentang satelit. Seperti yang ente katakan, satelit itu kecil, nah gini ex:satelit punya google dg teknologinya entah apa bs memotret permukaan bumi rumah, pohon bs di zoom sebegitu dekat. Sekarang klo d balik dg teknologi sama entah teleskop super ato apa harusnya bs juga melihat satelit dong. Tidak sebesat kunang2 jg harusnya.
Sampai saat ini apakah ada foto2 satelit yg d ambil dr permukaan bumi?

Sudah saya jelaskan dengan lengkap. Tapi yang dicari bukan fakta yg masuk akal, tapi kepercayaan kan? kalau mencari percaya atau tidak itu yg sulit. Sepanjang membaca tulisan saya, mungkin Mas bukan sedang mencari pengetahuan tetapi mencari bantahan "pasti ada yang salah disini".

Silahkan cari teori lengkap FET yang menjelaskan semua fenomena alam. Gerhana, jarak bulan, jarak matahari dan intensitas cahayanya, perubahan posisi bumi terhadap matahari dalam 18 tahun 11 hari dan 8 jam, perubahan posisi bulan dalam satu bulan, gravitasi, semua kalkulasi gravitasi, pasang surut air laut, dan perubahan musim, pergeseran kalender hijriyah dan masehi. Jika FET bisa menjelaskan itu dengan baik, barulah koreksi lagi tentang bumi bulat.

cek lagi, dan tanyakan kembali ke ustadz-nya. Saya bukan ustadz. :)

Mas Huda yang sabar ya, saya lihat banyak sekali komen tanpa membaca pembahasan Anda seluruhnya. Btw terimakasih pembahasannya yang sangat simpel dan logis

Aman.. Saya baca semua komentarnya kok. :)

CGI yang mereka pikir itu mungkin CGI yang dipake untuk film2 hollywood kalii... sekelas NASA kayaknya CGI nya lebih canggih.

dan ada yang mengatakan kenapa gak gunakan cara terbalik satelit milik google yg bisa zoom sampe rumah dan pohon itu. pertanyaannya, buat apa google melakukan itu ? hanya untuk membuktikan kalo di angkasa itu ada satelit gitu ? biar foto satelitnya jelas dan tajam gitu ? penting bagi google untuk melakukan itu ? emangnya foto google map yg bisa sampe rumah dan pohon itu difotonya pake apaan kalo bukan dari satelit ?

mencoba menganalogikan, maaf kalo salah...

coba liat tangan anda yang berbulu, kemudian gerak-gerakkan tangan anda, apakah bulu-bulu itu bergerak tertiup angin ? tidak. atau gak gunakan rambut dikepala, tapi rambutnya dipotong hampir gundul,,sisakan sedikit, lalu gerak-gerakkan kepala, apakah rambutnya tertiup angin ?

berbeda ketika rambutnya panjang, kepala digerakkan, pasti tertiup angin. sama halnya dengan bumi, jika ada pohon dibumi yang tingginya mencapai ribuan meter, pasti akan tertiup angin. tapi apakah ada pohon dengan tinggi mencapai ribuan meter ?

atau lebih gampang lihat pepatah,,,semakin tinggi pohon maka semakin mudah tertiup angin. (maaf kalo salah kata pepatahnya hehe, tapi sy yakin pasti anda paham maksut saya)

jadi tinggi pohon di bumi jika dibandingkan dengan luas bumi, ibarat bulu-bulu pendek yg menempel di tubuh kita. itulah mengapa meski kecepatannya 1600 km/jam, pohon tidak tertiup angin.
kan beda kalo kita mengambil sebatang pohon, mungkin emang sebatang, tapi kan perbandingannya kecil.

datarannya seluas 1 m2, tinggi pohon 20 cm, kecepatan 40km/jam. sudah pasti akan tertiup angin.

bedakan jika datarannya 1 m2, tinggi pohon hanya 0,01 cm, kecepatan 40 km/jam. apakah akan tertiup angin ?

bumi kita itu luasssss banget. stadium aja menurut kita udah luas,,tapi ketika diliat dari langit, cuma seiprit. apalagi pohon.

ini hanya analogi saya aja sih, maaf kalo salah. hehe.

Hehe.. Maaf Mas Candra, pemahamannya sudah benar, tetapi Einstein sudah menjelaskan hal ini dengan lebih cemerlang (yaiyalah, Einstein gitu loh).

Gini Mas Fadli, coba pergi beli pohon kemangi, terus dibawa pulang naik bis atau kereta(asumsi kereta/bis tertutup). Dengan kecepatan bus 80km/jam perhatikan pohonnya, apakah batang pohon akan miring? Pohon tidak akan miring, alasannya karena materi (dan udara) yang ada dalam bus semuanya dalam keadaan bergerak (sesuai kecepatan bus).

Nahh.. Beda ceritanya kalau kita membawa pohon kemangi tersebut naik motor. Maka kecepatan gerak kita ialah 80km/jam(sama dg kecepatan motor) tetapi udara di sekitar kita (angin) tidak bergerak dengan kecepatan yang sama. Akibatnya pohon kemangi yang kita bawa di atas motor akan patah karena mengalami tekanan dari kecepatan 80km/jam tersebut.

Di dalam bumi kita seperti dalam bis. Ada yang namanya atmosfer, nah atmosfer ini melindungi kita dari dunia luar (seperti dinding pada bus), semua yang ada di dalam atmosfer ini akan bergerak dengan kecepatan 1600 km/jam mengikuti rotasi bumi.

Saya mau tanya , kalau bumi itu datar berarti tidak ada perbedaan waktu dong di seluruh dunia? Misalkan di Indonesia malam berarti di Inggris atau Amerika juka malam dong? Mohon penjelasannya

Untuk yang membawa ayat al-Quran, munkin bisa dilihat disini : https://muslim.or.id/28368-apakah-bumi-bulat-bola-atau-datar-menurut-pandangan-syariat.html

Saya kutip kesimpulannya saja dari link di atas :
"Apakah bumi itu bulat atau datar maka dikembalikan kepada penelitian dan fakta ilmiah dan tentunya oleh para ahlinya dalam masalah ini"

"Dalil Al-Quran dan Sunnah yang sudah pasti dan tegas (dalil qath’i) tidak akan bertentangan dengan fakta ilmiah dan akal manusia yang sehat. Sebagaimana dijelaskan bahwa tidak ada dalil tegas apakah bumi itu bulat atau datar"

Nah, para ulama aja bilang gak ada dalil tegas yang mengatakan bahwa bumi itu bulat atau datar.

haha, faktor udara ya atau angin ya? kita ini kan berada di tempat terbuka mas bukan tempat tertutup. kalau di dalam bus emang nggak terkena angin tapi bagaimana dengan bis nya sendiri pasti dapat efek nya kan. begini aja buka aja jendela nya sdikit kain di baju kita kan pasti berkibar2 kan. rumus matematika mana yang akan kita pakai jika gerakan kendaraannya bergerak tidak beraturan?

kalau kita di dalam bus kan nggak mungkin anda menutup semua ventilasi udara.. pasti akan tetap di buka bukan?nah, walau pohon ranting tidak bergerak tapi tetap ada udara yang masuk yang berefek pda kibaran baju kain atau hal lainnya. nah rumus matematika mana yang akan kita pakai kalo gerakan kendaraannya tidak beraturan. apakah akan menggunakan rumus baru? cb saja lakukan percobaan ketika sebuah tisu yang panjang, di pegang kemudian kita berkendara mutar2 kota. maka kita akan lihat gerakan tisu nya selalu berlawanan dengan arah kendaraan kita. contoh kalo kita ke arah barat terpaan angin tisunya ke timur, kalo ke seletan tisunya ke utara. kmnapun arahnya selalu berlawanan. pdahal ktanya bumi berputar ke 1 arah saja

Ya elah kan udah saya bilang kalau asumsinya ialah tertutup rapat. Dan sangat mungkin tertutup semua, sengaja saya misalkan bus biar mudah aja. Di pesawat aja kita tutup semua kok. Kalau sulit membayangkan bus yang tertutup rapat silahkan gunakan pesawat, pesawat tertutup rapat.

Percobaan tisu itu lakukan di pesawat, nggak akan ada gerakan berlawanan arah (sekali lagi saya paparkan ini kondisinya tertutup rapat). Nah bumi sendiri terisolasi (tertutup rapat) oleh atmosfer bumi. Itulah yang dikemukakan dalam General Theory of Relativity.

anda cuma berasumsi dan berteori hal itulah yang nggak bisa saya terima ahahahaha

sedangkan yang saya perlukan adalah fakta.

kalau pesawat tertutup rapat nggak ada udara donk terus bernafasnya bagaimana? pasti didalamnya panas donk? kalau bisa bernafas berrti tetap ada udara donk? msalahnya udaranya dalam keadaan tenang atau angin kencang? hayo?

+candra TP bagaimana penjelasan tentang angin ribut atau badai?

Pfffft.. Ya deh.. Teruskan aja. :)

Bener mas.. Jangan percaya kalo kita punya otak sebelum melihatnya dengan mata kepala kita sendiri..

Mas mahfuzh, ngapain ditanggapi si Fadli, ngomongnya lucu, kaya anak TK yang lagi bingung.. :D

+gagah robbani anda aja kalau ditanyakan seperti itu bisa menjawab nggak? jangan cuma bisa berteori, coba anda pikirkan hal ini baik2. NASA sering meluncurkan roket ke ruang angkasa bukan? kenapa ketika roket di luncurkan ketika sudah di angksa sudah berubah bentuk menjadi satelit yang ukurannya bisa sampai sebesar 10 - 12 kali ukuran roket? sedangkan melakukan peluncuran roket itu saja tidak setiap minggu? sedangkan di katakan kita punya ribuan satelit? pdahal coba anda pikirkan lagi dalam setahun ada brpa kali peluncuran roket? jika meluncurkan sebuah roket hanya bisa membawa sebagian kecil bahan untuk membuat satelit perlu berapa ratus kali peluncuran untuk menjadikan itu sebagai sebuah satelit

+mahuzh huda jangan cma bsa tertawa itu membuktikan anda juga tidak bisa menjelaskan

saya bisa membuktikan kebohongan nasa, coba anda tonton video ini dan perhatikan menit 0:58 terlihat bahwa astronot nya tembus pandang kalau ini memang benar berada di bulan kenapa hal tersebut bisa terjadi


https://www.youtube.com/watch?v=RMINSD7MmT4

pas peluncuran seperti ini

https://www.youtube.com/watch?v=zGNryrsT7OI

tapi ketika mendarat di bulan menjadi seperti ini

https://www.youtube.com/watch?v=RMINSD7MmT4

masuk akal nggak?

Makasih Mas buat informasinya,membaca penjelasan secara detail dan tdk memperhatikan ego,itulah hal yg diperlukan, informasi tentang bumi itu datar ataupun bulat {entahlah klu bumi itu bulat sempurna, tapi menurut saya tdk) memperlukan bukti yg akurat mungkin banyak orang mengatakan klu foto dari nasa itu kebanyakan hasil cgi atau buatan animasi gitu, iya memang itu hasil cgi, tapi apa mungkin mereka bisa foto secara dekat klu bumi itu bulat? tentu tidak pasti ada potongan gambar yg tak terlihat, maka dari itu mereka membuat animasinya,yg masih saya bingung apakah iya ada sebuah dinding es yg katanya setinggi 42m kurang lebih gitu, di jaga oleh para tentara agar manusia tdk mengetahui apa yg di luar sana? suatu hal yg sangat di masuk di nalar begitu, mungkin itu saja mas, thanks buat wawasan msalah bumi itu datar atau bulat, saya sbnrnya tdk terlalu peduli dgn hal ini, tapi saya meyakini kita harus mencari lebih lagi bukti bukan hanya dari video yang mengatakan bumi itu datar, cari lah lagi refrensi lainnya, saya sempat menonton video itu, karna saya merasa masih kurang jawaban dari video tsb maka saya cari lagi informasi" lainnya, itu saja mungkin, thanks masbro

"msalah bumi itu datar atau bulat, saya sbnrnya tdk terlalu peduli dgn hal ini"
Awalnya saya punya pikiran yang sama mas. Setelah teman saya memberikan link (share berkali2), akhirnya saya tonton. Tetapi ketika menonton videonya, ternyata banyak kesalahan sains yang dimuat dalam video tersebut. Dari situ saya terfikirkan untuk menuliskan sedikit pemahaman saya tentang sains.

entah saya harus menjawab bagaimana sampai kenapa pesawat itu harus di tutup rapat sampe katanya gak ada udara di dalamnya? baru anda terus darimana anda bernafas ? di dalam pesawat tentu masih ada udara tapi kita jgn langsung mengatakan klu udara yg di maksud ini ada udara yg bisa menerbangkan begitu, udara yg di maksud ini lebih ke O2, jadi untuk masalah kenapa masih bisa bernafas dalam udara? pelajari lah lagi masalah mekanisme pesawat itu sendiri dari mana udara atau o2 itu ada di dalam pesawat, tentu para enginer pesawat itu sendiri tdk sebodoh itu membuat pesawat tenpa ada udara di dalamnya, untuk sarannya coba searcing lah bagaimana ada udara di dalam pesawat itu, makasih

Ikut gabung gan.
Saya dah baca semua artike anda. Dan logis, saya cuman blm ambil sikap memihak yang mana. Anggap netral.
Ada pertanyaan buat agan, untuk memperkaya pengetahuan bersama.
1. Ketika bumi melakukan rotasi mengelilingi tatasurya dng kecepatan nya. Selubung apakah yang menyelimuti bumi?
Selubung tersebut terkena gaya gesek apa tidak?
Bagaimana perhitungan gaya gesek selubung bumi dengan angkasa?
Pertanyaan ke dua nanti saya lanjut. Mohon pencerahannya untuk pertanyaan pertama.
Trims

1. Selubung yg menyelimuti bumi ini namanya Atmosfer gan, karena atmosfer bumi dibagi menjadi 8, maka yg lebih tepatny bagian terluar atmosfer bumi(exosfer)
Selubung terkena gaya gesek apa tidak? Emm.. Selubung ini jangan dibayangkan suatu batas(yg fix) antara luar angkasa dan bumi, jadi bukan seperti batas kaca, tetapi lapisan dimana perlahan2 kerapatan atomnya semakin sedikit dan berkurang, hingga akhirnya kerapatan atomnya sangat kecil (sama dengan luar angkasa). Jadi dalam rotasi bumi, sebagian exosfer rotasinya lebih lambat dan sebagian lainnya tidak berotasi sama sekali(angkasa). Artinya untuk melihat efek gaya gesekan akan bergantung pada seberapa jauhnya dari bumi. Ini sepengetahuan saya, silahkan cari infonya lebih lanjut. :)

Trims gan mau berbagi info.
Nice info

Oh ya, Jangan dianggap saya menulis ini biar banyak yg memihak. Saya cuma berusaha meluruskan beberapa pandangan sains yang keliru dalam video yg populer itu. Ketika ada yg semakin penasaran dan mencari tahu lebih dalam, saya malah lebih senang. :) Keep learning aja lah.

Pertanyaan ke 2. Masih tentang gesek -gesekan. Asik sihhh. Dan geser menggeser.
Melihat jawaban 1.2, saya msh blm "puas". Dan 1.3, saya harus ikut mencari ilmu juga.
2. Pergesekan di hampa udara di angkasa mengakibatkan seolah olah bumi mengambang, tapi masih tertarik oleh gravitasi matahari. Sama seperti mars dan venus, mengelilingi matahari sesuai orbitnya. Karena lebih dekat dengan matahri, harusnya mars dan venus juga bisa mengakibatkan gerhana. Kapan gerhana mars atau venus terjadi?

1. Merkurius, 2. Venus, 3. Bumi, 4. Mars
Melihat posisi kita di Bumi yang nomor 3, maka gerhana Mars tidak mungkin (terjadi) kita amati Mas.
Gerhana Merkurius dan Venus disebut sebagai Transit Merkurius dan Transit Venus. Nah ini persis seperti yang Mas Wisma Bayangkan, Merkurius atau Venus posisinya sejajar dengan Matahari dan Bumi. Ini dapat diamati tetapi karena jarak venus yang sangat-sangat jauh dari bumi dan ukuran matahari yang sangat besar, maka venus dan merkurius hanya terlihat sebagai titik kecil yang menutupi matahari.

Silahkan cek di youtube: "Transit of venus" atau "transit of mercury"

Ok. Iya betul urutannya salah. Jawaban yang bagus. Trims

Jarak bumi ke matahari 150 juta km, ukuran dari nasa atau yunani kuno? Kenapa dengan jarak sejauh itu ukuran matahari tampak lebih besar di siang hari drpd di pagi atau sore hari? Semua kitab suci agama samawi, bahkan hindu menyatakan dengan tegas bahwa bumi adalah hamparan rata, matahari mengelilingi bumi,lalu lebih percaya kepada siapa kita? Kepada Tuhan atau manusia yang ilmunya sangat sedikit, bahkan tidak mengetahui yang ghaib kecuali atas izin-Nya?

Kl dicrmati pndaratan mndadak di alaska tidak aneh.krn psawat yg dimaksud dlm brita trsbut china airlines tdk mlakukn pnerbngan lngsung dri bali to LA, tp dari bali to taoyuan Taipe to LA. Diberitakn proses prsalinan tjd 6 jam stelh take off dr taoyuan. pilot mngajukn prmohonan pndaratn darurat di anchorage airport alaska.krn mrupkn airport trdekat dri lokasi psawt saat pnumpng mlai mlahirkn. kl dr prhitungn kalkulator online yg mngacu pd google map, jark taoyuan ke anchorage lbih dekat drpd jark taoyuan ke LA.

"Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam perjalanan dari Taiwan menuju Los Angeles, sebuah peristiwa tidak disangka-sangka terjadi di dalam sebuah maskapai penerbangan China. Seorang penumpang mengalami pecah ketuban, dan terpaksa harus melahirkan di atas pesawat. Ketika tepat berada di atas Samudra Pasifik, pilot terpaksa MEMBELOKAN pesawat menuju ke Anchorage, Alaska."

Kl mgacu pd peta kutub utara sbgai pusat,pilot tdk prlu belok (klaupun belok hanya sdikit) karena dikatakan rutenya satu garis lurus. Dan gris lrus tsb tdk smpai ke tengah Samudra Pasifik. Pdahal pd knyataannya,psawat brada di atas Samudra Pasifik dan utk mnuju Alaska pilot benar2 mmbelokan pesawatnya. Kl mgacu pd google map, memg berada di atas Samudra Pasifik dan perlu memblok.

Knyataan sehari2, dalm prjalnan ke suatu lokasi kita srg mnt btuan Google Map. Apakah Google Map mngacu pada bntuk bumi datar dgn kutub utara sbg pusatnya? Sya katakn tidak. Google Map itu spt PETA PD UMUMNYA yg kita pakai dan peljari SLAMA INI (BUMI BULAT). Misal, saat rute pd map ditunjukkn belok ke kiri/kanan, ke arah brat/timur, utara atw slatan, pd knyataan memg benar.

Dalam video FET 101 peristiwa pesawat jurusan Los Angeles belok ke Alaska, dikatakan sebagai pembuktian TELAK..menurut saya pembuat video TELAK NGAWURNYA. Perlu blajr lg ttg peta. Khususnya trkait Metode AEP.

Peristiwa tersebut malah jd bukti telak...TEORI BUMI DATAR DG KUTUB UTARA SBG PUSATNYA HANYALAH TEORI YG TDK SSUAI KNYATAAN.

Beberapa ilmuwan Yunani kuno melakukan perhitungan, tetapi salah. Jarak Matahari Bumi yang digunakan saat ini itu diukur oleh ilmuwan modern.

Itu hanya ilusi optik, namanya ponzo illusion. Sebenarnya keduanya sama besarnya. Tapi karena di horizon kemunculan matahari dapat dibandingkan dengan benda-benda lain yang dekat maka otak kita berfikir matahari lebih besar. Aslinya nggak.

Jangan menabrakkan sains dengan kitab suci, seolah2 pemahaman kita tentang kitab suci telah sempurna. Justeru karena ilmu manusia sangat sedikit itu makanya kemungkinan kita salah menafsirkan isi kitab semakin besar.

Coba mas rusli open boxnya...kan gampang katanya..saya kepo jdnya datar atw bulet..talk less do more ya mas :D

Tadinya niat cari info kesana kesini tentang flat earth, eh begitu tau kenapa Antartika gak boleh dikunjungi lagi malah jadi keponya ke Antartika bukan ke soal flat earth lagi lawl

Gabung lg gan.
Kembali ke pertanyaan 1.
Satelit berada di ruang hampa udara.
Agak ngeganjel nih gan.
Berarti ada lapisan lagi yah gan di atas exosfer. Ketika satelit buatan manusia mengambang di ruang hampa udara dan mengitari bumi, namun di saat bersamaan, bumi mengitari matahari, dan matahari mengitari galaxi.
Kok lebih logis jika satelit milik manusia hanya diam tak bergerak di ruang hampa udara tersebut dalam pengertian. Satelit tidak berputar mengeliling bumi. Karena buminya diam. Karena jelas, lapis terluar bumi akan terkena gaya gesek ketika bumi berotasi terhadap matahari, dan apapun yang terkena gaya gesek akan mengakibatkan energi lain.Lintasan satelit JUNO jadi tambah tidak masuk akal.
Pertanyaannya. Exosfer terkena gaya gesek tidak ketika mengelilingi matahari?

Silahkan cari sendiri informasinya. Aku udah cukup menjawab pertanyaan. Urusan km percaya atau nggak bukan masalah buatku. Silahkan cek cara kerja satelit, cari disemua sumber, pahami.

Silahkan lihat di part6, ada saya tempel link2 blog orang yang jalan2 di antartika. :)

sekilas mengenai satelit,apakah maksudnya ga bisa dilihat karna kecilnya? ato kecepatannya yang 28.000 km/jam.bisa jadi karna ukurannya.sebab sebagian besar satelit ada lokasinya,makanya tv parabola gampang diarahkan,sekalipun kecepatannya 28.000 itu.
nah yang saya bingung mas,katanya rotasi bumi berputar bervariasi antara 150 sampai 1.050 mil per jam.(241,402 sampai 1689,811 km/jam.
(http://global.liputan6.com/read/812293/tebak-seberapa-cepat-kita-berputar-pada-poros-bumi)
sedangkan satelit diklaim 28.000/jam apa bisa tetap di orbitnya? contohnya palapa d(113°east)

Buat mas fadli, dan flatter lainnya, sila belajar lagi tentang vektor, kecepatan, percepatan, dan hukum newton tentang gerak supaya bisa paham. Kalau tetep ndak paham sila bertanya.

Mau meluruskan saja mas bahwa bumi dan atmosfer itu satu kesatuan planet yang bergerak dengan kecepatan yg sama thdp matahari pada ruang hampa. Jadi pergerakan planet ini tidak mengalami gaya gesek, sehingga konstan mengitari matahari dalam waktu setahun.

DISKUSI INI TETAP GAK AKAN KETEMU ,.... KARENA SETIAP ORANG PUNYA PEMIKIRANNYA MASING2 JANGAN - JANGAN NANTI ADA KONSPIRASI BUMI LONJONG ATAU SEGITIGA, TRAPESIUM JAJARAN GENJANG, PENGOK DSB, SILAHKAN AGAMAMU UNTUKMU AGAMAKU UNTUKU....

Silahkan.. Pembahasan sy titik beratnya pada "kesalahan sains" yang dibahas dalam video.

Penjelasannya logis, tp tetep aja ga bs ngebuktikan klo bumi itu bulat. Fto trlihat lengkung, mngkin bs aja ditambahin lensa cembung.

Loh sya liat ini uma perhitungan matematika, jd luas bumi dibagi2 sama jumlah satelit wkwkw ngakak, 1 satelit/ 1.000.000 km2 ???? �������������������������������� kecepatan 28rb km/jam dalam ukuran satelit yg kecil, bahan bakar nya gmn? Semakin besar mesin semakin besar pembakaran, dan lagipula sudah adakah kecepatan berkali2 lipat kecepatan cahaya itu?
sulit di cerna dengan logika wajar

Itu semuanya mas cari via googling yah? Owh saya kira mas paham dan bikin sumber sendiri dengan melakukan riset

Intinya sih ga perlu bertele2, NASA kan tau banyak yg menhujat karna paham konspirasi flat earth, kenapa g dibawa aja tuh berkunjung ke bulan sana bagi yg paham flat earth, biar bukti dimata kepala mereka sendiri, malah meberikan bukti2 teori apalah foto apalah, kan dah sering kesono, tingga angkut! Kelar, selesai, itu aja kok repot! Malah di jawan dengan bukti2 yg bikin antara percaya g percaya

Oh ya sekalian bikin lambang SOS dibulan biar bisa d teropong dari bumi πŸ˜‚ Dan disaksikan berjuta2 umat, fix debat selesai 🍺🍺🍺

Perhitungan matematika tsb ngakaknya dibagian mana mas?ga logisnya dibagian mana?jujur saya agak geli ngeliat komen mas.
Mas waktu sekolah pelajaran fisika ketiduran apa gimana sih?belajarnya kaga bener ya?makanya belajar dulu,baru argumennya logis.

Mas belajar hukum 1 newton ga?hukum inersia?
Benda yang bergerak,akan terus bergerak dengan kecepatan yang sama atau tidak berubah,kecuali ada gaya yang bekerja pada benda tsb,contoh,gaya gesek.mobil di bumi kalau sedang dalam keadaan digas lalu lepas gas tanpa menginjak rem pun sebenarnya akan berhenti dengan sendirinya,karena ada gaya gesek dari udara dan aspal yang menghambat laju mobil.
Mas udah tau kan diluar angkasa hampa udara?(semoga tau)
Jadi menurut mas disana ada gaya gesek ga?
Artinya kalo mas nembak peluru dengan kecepatan 500 km/ jam,peluru itu ga akan berhenti atau akan terus tetap berjalan dengan kecepatan yang sama selama itu tidak terhambat atau menabrak sesuatu.jadi satelit itu nggak perlu terus terusan didorong jet kayak pesawat pesawat di bumi,jadi hanya perlu dorongan awal untuk memulai kecepatan 28000 km/jam.setelahnya?tidak perlu didorong oleh alat lagi karena akan melaju dengan kecepatan konstan karena tidak ada gaya gesek sama sekali.ngeliat komen mas yang tentang kecepatan cahaya,justru malah ngebuat saya ketawa.mas sendiri tau ga sih kecepatan cahaya itu berapa?
300.000 km per DETIK
INGET!PER DETIK!
Terus mas nanya MEMANG ADA KECEPATAN BERKALI KALI KECEPATAN CAHAYA?YA MEMANG GA ADA,MAS AJA YANG KURANG BELAJAR.mungkin ini hanya sulit dicerna oleh logika mas sendiri aja kali ya.terus mas nanya lagi INI CARI VIA GOOGLING YA?JUSTRU MAS YANG HARUS GOOGLING TENTANG BERAPA KECEPATAN CAHAYA.terus mas bilang ga perlu bertele tele???!!
Pendapat mas aja udah salah dan harus dijelaskan secara "bertele tele".jadi yang mancing orang bertele tele siapa?

Jadi maksud mas,hubungan antara rotasi bumi dan satelit berada pada orbitnya apa?tolong jelaskan

Owh begitu ya, thanks buat penjelasan nya, ya meskipun jawaban nya sangat angkuh dan sombong dan menghina gpp lah biasa orang pinter emang atittude nya banyak yg kurang ya mas πŸ˜‚,
Cepat tamat kuliah dan jadi prof atau doctor,
Masing2 orang punya keahlian atau bidang masing2, berpendapat dari berbagai nalar itu soal biasa, cuma cara orang saja menanggapinya layak nya km mengajar murid yg sama sekali tidak mengerti dan km memberintahu dengan cara sperti itu, miris

Jangan sombong bung!

Pikar pikar pahami baik2 perkataan saya, baru emosional! Maksud bertele2 itu gw ngarahin pada kalian yg saling debat. Km bole tau lebih dari sya dalam bidang ini, tp blum tentu di bidang lain! Jd lain ke depan pakai kata2 sopan untuk menjawab argument orang! Jangan angkuh seolah ilmu mu melebihi tuhan sob

logikanya begini,kamu putar bola di telunjuk kirimu(mewakili bumi) trus kelilingi benda lain pake tangan kanan(mewakili satelit)
apa bisa parabola nangkap siaran palapa(jika kecepatan bumi tidak sama dengan satelit)
belum lagi bumi mengitari matahari.
maaf mas jika salah,saya hanya ber andai andai saja,artinya ini bukan penjelasan ilmih...peace.....

ato begini,satelit yang jadi rongsokan di daratkan di bulan,mana tau ada yang berguna...untuk cikal bakal stasiun di sana,ga mungkin setelah masa orbit habis ga ada yang bisa di pake(bautnya mungkin?)nyeretnya gampang kok,tinggal dorong dikit ke arah bulan,selanjutnya ga butuh pendorong,kan ga ada gesekan fluida?

Anda bilang saya angkuh... Anda meminta saya untuk memahami pertanyaan anda dulu baru emosional?justru karena pertanyaan sendiri saya menjelaskan seperti itu.anda mengatakan attitude banyak yang kurang... Kalau mengutip dari anda,anda mengatakan sendiri bahwa jangan sombong seolah melebihi tuhan... Justru dari kalimat pertama anda di komentar saja,dengan menertawakan dengan mengatakan kata"ngakak" pada pendapat orang lain saja sudah sangat sombong seolah pendapat penulis adalah konyol dan pendapatmu melebihi pendapat penulis,padahal setelah dibukti kan sama sekali tidak.. Jadi justru yang sombong dengan menertawakan argumen orang tanpa bukti dan ternyata salah siapa?yang sombong duluan siapa?
Anda memberi tahu orang jangan sombong tapi anda yang ternyata duluan sombong sgn menertawakan pendapat orang lain...
Kalau kata mas,saya sombong karena lebih paham,lalu mas,yang belum paham tapi sombong dengan menertawakan pendapat orang lain lebih buruk kan?
Kalaupun anda bilang saya sombong,setidaknya saya tidak duluan mengatakan orang lain sombong terlebih dahulu,tanpa memikirkan diri sendiri,padahal etika anda berbicara atau menanggapi pendapat orang dengan menggunakan kata "ngakak" sudah salah etika,yang memancing orang menjadi emosi.
Berarti,sebenarnya yang terlebih dahulu sombong dan seolah olah melebihi kemampuan tuhan siapa?
Setidaknya walaupun saya terkesan dan dianggap sombong,saya tidak langsung menilai orang lain sombong tanpa memikirkan diri sendiri,seharusnya kalau orang ingin mengkoreksi orang lain,harus ngaca pada diri sendiri,agar bisa memberi contoh,tapi kenyataannya kan berbanding terbalik,justru mas men"judge" saya sombong terlebih dahulu.setidaknya walaupun saya dianggap sombong saya tidak men"judge" orang duluan tanpa memikirkan kesalahan diri sendiri

Lu ga cape nulis panjang2? Hidup lu rumit amat bro πŸ˜‚, udah sukses dalam hidup blum? Brapa royalti yg anda punya skrang? Sya mungkin g paham sains dibanding anda, cuma hidup saya di sebagai pengusaha muda saat skrang jauh lebih baik dari anda yg paham sains! Hidup jangan kebanyakan teori bro! Bawa santai πŸ‘ŽπŸ» payah guru fisika πŸ˜‚πŸ˜‚

Yaelah bahas bumi aja pada ribet, buang2 waktu aja, mending urusin hidup aja deh gw mah! Mau datar kek bulet kek ga ada pengaruhnya buat negri kita :D

Keren nih penjelasannya. Baru nemu artikel yang membahas semua video di youtube itu. Thank's atas informasinya (y) ..

apa hubungan pengusaha muda ama flat earth/globe?
bah inilah debat kusir....
senyum ajalah............

Anda kan sudah menghubung hubungkan pendapat dengan tuhan,berarti anda percaya tuhan kan,Padahal tuhan bilang ilmu itu sangat penting,dan materi tanpa ilmu itu percuma..,oke lah saya terima nasihat mas yang sudah sukses dan mengakui dirinya lebih sukses dari orang lain.mungkin mas menertawakan pendapat orang lain dan mengatakan orang lain payah tandanya mas orang yang lebih baik?

https://m.youtube.com/watch?v=laSo-fJGUX0 M nah sedikit sumber nih menurut pandangan dan penjelajah muslim

Kalau untuk masalah kecil spt baut mungkin ga usah susah susah ngirim satelit bekas untuk dipake ke yang lain,ga perlu hal susah kayak gitu,walaupun tenaganya hanya butuh dorongan awal,tapi mungkin pengarahannya,perhitungannya ribet,lagian baut baut gitu ga terlalu penting kali?

Kalo dari pandangan saya,orang kaya gitu memang susah diajak debat cerdas,yang ada melenceng keluar dari topik,sangat jauh,malahan sampe sampe ke harta materi,kerjaan,apalagi merendahkan sains,ga bisa ada pointnya kalau debat dengan orang yang melenceng gitu kalo menurut saya

Bang admin yang terhormat dan komentator yang lain yang sok tau segalanya dari pengetahuan text book. Cobalah berfikir terbuka tanpa memihak pada flat earth atau pihak NASA. Buktikan keduanya, dengan uji coba yang sama. Mana yang mendekati fakta?

Jika ternyata NASA salah ya harus diakui salah, kalo flat earth salah ya sama. Tapi saya harus minta maaf dengan berat hati, bahwa NASA banyak melakukan KESALAHAN. Bahkan di video2 resmi mereka, mulai wawancara di ruang angkasa, foto2 yang diatas menjadi perbincangan. Cobalah lebih objektif dalam menilai... Apakaha tuduhan oleh FET itu tidak layak di nilai seccara objektif. Masalah ini saja kalian semua tidak bisa berfikir secara logis. Bagaimana kalian berfikir masalah pergerakan kaum Iluminati???

WAKE UP GUYS.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Korban brainwash, mengabaikan banyak fakta hanya bermodal Youtube...
Yang teknologinya juga berasal dari Teori sains,
Posting dan Koment Menggunakan internet yang menggunakan satelit yang katanya tidak ada...
dll...
Para Insinyur memikirkan banyak hal rumit untuk menciptakan produk yang dicela, padahal mereka juga memanfaatkan penemuan itu...?

Gini deh. Mau bumi itu bulat, datar, Ketupat atau Piramida ya tetep dunia ini cuma sementara. Gitu2 aja. Yang penting gimana caranya selama di bumi yang entah datar atau pun bulat itu kita bisa jadi Hamba Allah yang Shalih/Shalihah dan jadi manusia yang paling banyak manfaatnya bagi manusia lain. Yang penting kalau kita BAB, si tokai nya tetep ke bawah kan? Aman. Case closed!

Sepakat. Tapi buat saya, Mengerti bagaimana bentuk bumi dan bagaimana alam bekerja itu penting.

Sekarang gini,FET menuduh sangat banyak hal yang ilmiah dari nasa,berarti kita asumsikan mereka bersandar kepada yang ilmiah kan?
Sekarang sudah banyak tuduhan ilmiah(walaupun ada tuduhan ilmiah FE menuduh tanpa penjelasan ilmiah yang jelas) sudah dijawab dengan pengertian sains logis,matematis.sekarang,saya meminta tuduhan tuduhannya dijelaskan secara ilmiah ,tapi mereka menyandarkan tuduhan mereka kepada iluminati yang masih samar samar??
Kita gak bisa memperdebatkan hal yang masih samar samar,kalau mereka menyandarkan sesuatu kepada yang samar samar gimana kita bisa diskusi ilmiah,nanti kalau udah mentok mereka beralasan kepada hal yang tidak bisa diperdebatkan karena tidak ada bukti jelas

Justru kalau anda bilang untuk lebih objektif dalam menilai,apakah iluminati obyektif dalam hal hal yang ditudukan?
Karena tidak ada bukti sangat jelas,hal yang ambigu bisa dikatakan benar,ataupun salah..
Tapi untuk apa membicarakan yang ambigu,makanya disini dijelaskan bahwa tuduhan tuduhan FET tidak ilmiah,kalau FET ingin membuktikan mereka ilmiah,buktikan bahwa hal ilmiah yang dijawab di sini adalah salah.. Tapi kenyataannya tuduhan mereka bisa di jawab dengan ilmiah kan.. Dan kenyataannya saat tuduhan mereka bisa dibantah,mereka menghubungkannya dengan iluminati yang masih ambigu.. Apakah ini menunjukan mereka dapat dinilai objektif...

Benar,saya bingung mereka menyandarkan kepada tuduhan ilmiah yang sudah bisa terjawab.. Anggaplah ada pertanyaan yang belum terjawab secara ilmiah karena kita belum sampai kepada ilmu itu,tapi itu sama sekali tidak sebanding dengan fakta dan banyak tuduhan yang bisa terjawab..
Justru itu,logika saya,kalau insinyur mempelajari selama bertahun tahun tentang satelit,dan insinyur juga bukan ratusan orang,tapi jutaan,tapi apakah ada yang mengatakan bahwa satelit itu tidak masuk akal?kenapa demikian?karena mereka tau mekanisme kerjanya,hukum fisika dan hal lain yang ilmiah,coba bandingkan dengan tuduhan FET,saya ambil contoh dari tuduhan FET indonesia di youtube tentang mengapa saat astronot keluar dari satelit untuk membenarkan satelit,mereka tidak terbang kebelakang tertinggal oleh satelit yang kecepatannya 28000 km/jam.kalau anda orang awam yang tidak belajar fisika,anda mudah tertipu dengan teori FET ini,tapi kalau anda belajar fisika dengan baik dan benar,anda sangat sangat mudah dan mengerti dan dengan mudah menjawab tuduhan tsb.. Dari tuduhan pada video FET indonesia saja,sudah terlihat sang pembuat video tidak dengan benar menguasai fisika.. Kalau orang yang tidak mengerti,pasti akan langsung terjerumus.tapi kalau mereka sudah terdesak dengan tuduhan ilmiah mereka yang sudah terbantahkan,apa yang mereka lakukan?mereka menghindar dengan menghubung hubungkan teori mereka dengan elit global lah,iluminati lah,yang tidak bisa dibuktikan secara sangat jelas,dan masih ambigu.. Gimana kita bisa berdiskusi secara ilmiah kalau gitu?

Allah juga ga nyuruh kita hanya shalat dan ibadah saja kan?justru itu,allah menyuruh kita untuk mencari kebenaran,dan berpikir juga.kalau dibilang kita harus menaati allah,justru dengan tidak memikirkan ilmu seperti ini kita tidak taat kpd allah,karena allah memerintahkan kita untuk juga berpikir dan bernalar.jadi berpikir seperti ini termasuk menaati allah.

tadi diatas ada yg ngasih link video malah dibilang rugi kalo nonton :(
saran aja sih jangan dikotak-kotakin kalo emang yakin sama bumi itu bulat jangan takut karena nonton video baru itu jadi goyah, kesannya kayak pake kaca mata kuda
kalo gua sih belum yakin sama keduanya, kalo bicara logis dua2nya logis soalnya

Kalo kecepatannya 28.000/jam brarti melebihi kecepatan pesawat yang tercepat di dunia...pesawat bentuknya aerodinamis kalo satelit?.....kalo kecepatan secepat itu butuh bahan bakar brapa mas? Trus kapan ngisi bahannya? Dan dimana pom bensinnya?

Sudah saya bahas, silahkan baca sampai selesai. :)

Saya nonton videonya beberapa detik, dan saya merasa rugi dan buang-buang waktu saya ketika menontonnya. Karena tidak mendapatkan sedikitpun manfaat dari videonya. Ada yg salah?

google sendiri sudah mengakui kalau itu difotonya pake drone....

Bisa jelaskan tentang dokumen report NASA sendiri tahun 1988 yang menyebutkan kata "a flat, non-rotating earth". Perlu diketahui ini dokumen research asli NASA.
Dan juga saya kurang setuju dengan adanya satelit berkecepatan 28.000 km/jam. Sepertinya belum ada suatu aircraft yg diciptakan melebihi kecepatan suara. Bagaimana pendapat Anda?
Saya menyertakan link report NASA 1207 thn 1988 di bawah. Terimakasih.
Link : https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.nasa.gov/centers/dryden/pdf/88104main_H-1391.pdf&ved=0ahUKEwjYjcnbmJrOAhUBro8KHVg2DkcQFggeMAE&usg=AFQjCNHLWRuGflX5CAmtMdF5Y-qx2xW3og&sig2=PkLmTYN1qlKtjT3QQ5cDvg

haha, yg komen kayaknya kurang ngerti fisika ya? memangnya tidak bisa ya, satelit mengorbit bumi dgn kecepatan 28.000 km/jam? Setau saya satelit masih berada dalam pengaruh gravitasi bumi, artinya sama seperti kita naik kereta dengan kecepatan 100 km/jam, penumpangnya nggak akan amburadul di dalam kereta, tapi anteng2 aja. Begitu juga dengan satelit, serta astronot yg bekerja didekat satelit.

maaf jika kurang sopan, sy hendak ikut berkomentar.. saya ingin tahu juga klo kecepatan satelite itu adl 28.000km/jam (hebat bener yaa, klo di cari di google saya tidak menemukan tuh, pesawat buatan manusia yg bisa sampai menembus kecepatan 28.000km/jam)
*nah yg ingin saya tanyakan adl, kenapa ada video NASA yg sedang oprak-oprek satelite tp orangnya terlihat santai saja ya..?
*terus, itu satelite isi bahan bakarnya kapan? apakah ada dokumentasi saat satelite isi bahan bakar?
*satu lagi, itu satelite jalurnya(path) mengelilingi bumi ya? klo begitu, kenapa satelite tidak terkena efek "grafitasi"?
atau ada teknologi canggih yg bisa membuat sabuah benda tidak terkena efek grafitasi?

Seriously? NASA mengatakan dan menyajikan ribuan kalau nggak jutaan data bahwa bumi bulat, tapi yg km ambil cuma pernyataan ketika NASA bilang Flat bon rotating earth satu kali?

Oh ya, emang satelit itu bukan aircraft, tp spacecraft. Silahkan baca sampai selesai

Mas maaf nanya, gara-gara nonton video tentang flat earth logika saya mulai bermain dengan banyak pertanyaan, ada satu semoga mas atau kawan disini bisa menjawab
kenapa disaat sudah banyak satelit yang ada di langit, perusahaan telekomunikasi dan google sendiri pun masih membangun BTS serta kabel bawah laut yang katanya untuk kecepatan transmisi lebih cepat, dan menurut link http://www.spaceacademy.net.au/spacelink/commdly.htm saya baca kok delaynya kecil sekali bahkan untuk jarak ke bulan yang lebih jauh dari jarak satelit ke bumi

KALO KECEPATAN SATELIT ITU 28.000KM/JAM MANA MUNGKIN? INGAT, JET DARAT AJA YANG BERKECEPATAN 2500KM/JAM SAJA HARUS DIDESAIN SEBAIK MUNGKIN, SE AERODINAMIS MUNGKIN AGAR BISA MELESAT DENGAN KECEPATAN PENUH, INGAT MAS BENTUK SATELIT APA YANG SEAERODINAMIS JET DARAT?? TIDAK ADA. SEMUA BENTUK SATELIT ALAY GITU DEH KAYAKNYA.. SORI CUMAN NUMPANG NYAMPAH...

KALO KECEPATAN SATELIT ITU 28.000KM/JAM MANA MUNGKIN? INGAT, JET DARAT AJA YANG BERKECEPATAN 2500KM/JAM SAJA HARUS DIDESAIN SEBAIK MUNGKIN, SE AERODINAMIS MUNGKIN AGAR BISA MELESAT DENGAN KECEPATAN PENUH, INGAT MAS BENTUK SATELIT APA YANG SEAERODINAMIS JET DARAT?? TIDAK ADA. SEMUA BENTUK SATELIT ALAY GITU DEH KAYAKNYA.. SORI CUMAN NUMPANG NYAMPAH...

Ceuleuno pisan maneh

om om sekalian, sy mau cari penjelasan kira2 bgimana para astronot bisa berlengak lenggok di luar satelite, sedangkan menurut penjelasan om om td, kecepatan satelite sampai ribuan kilometer per jam,, mohon pencerahannya om, admin

Penggunaanya mungkin berbeda, silahkan dicari sendiri.

sudah saya bahas. silahkan baca sampai selesai

thanks infonya gan...

Secara teori satelit memang memungkinkan bergerak 28.000km/jam, dan sekali sudah mengorbit kecepatannya akan tetap sama seperti halnya bulan mengelilingi bumi. Cuma sekarang yang menjadi masalah apa itu benar ada atau tidak? FET mengklaim NASA bohong, berarti tantangannya disini adalah membandingkan teori antara FET dan Globe.

Silahkan dibaca, sejarah sains (terutama dalam geologi) sejak Eratosthenes (Yunani) - Al-Biruni (Islam) - Galileo Galilei (Eropa) hingga Newton. Itu sebenarnya sudah selesai dibahas oleh saintis baik secara teori matematis maupun eksperimental.

Gan tapi koq aneh ya . .
Masa lampu dibumi yg buatan manusia jauh lebih terang dari benda angkasa yg terlihat lebih terang dibumi?? Satelit diangkasa? kira-kira berapa kali isi bahan bakar? Koq satelit gak pernah kena hanteman meteor & benda langit .. padahal kata NASA meteor & beda langit setiap detiknya saja selalu menabrak atmosfir bumi .. logika kah??

Mas M Huda yg sabar bngt, ikut nimbrung ya. Bukan pendukung flat earth, cm ada beberapa hal yg bikin sy penasaran. Gerhana matahari, krn penasran aq cr eksperimen dg skala yg sebenarnya, tp kok blm nemu ya. Mas Huda punya rekom link?

Maksudnya? Eksperiment dengan skala yg sebenarnya gimana ya?

Yg masalah lampu, aku bingung dengan kalimatmu. Coba strukturnya dirubah biar aku ngerti.

Satelit didesain tahan terhadap benturan. Dikatakan Nasa setiap harinya atmosfer bumi dihantam oleh meteorite hampir 100 ton perhari, tapi ukuran meteorite ini kecil2 (ukurannya sebesar kacang atau lebih kecil). Satelit tahan terhadap benturan ini.

Tetapi hingga saat ini sudah ada satu satelit yg terkena Asteroid dan rusak, yaitu Olympus baca: http://science.nasa.gov/science-news/science-at-nasa/1999/ast10nov99_1/

Banyak yg mengira 13.000 satelit itu banyak, padahal kalau melihat luas permukaan atmosfer bumi, 13.000 satelit itu sama sekali nggak banyak. Logika kah? Sangat logis!

Nice artikel browπŸ‘
Nice komen juga buwat yang komen ,selamat berdebat ya browπŸ˜„

Misalnya, bulan diameter 1cm, buminya sekian kali dr bulan, matahari sekian kalinya, dst. Begitu jg dg jaraknya, sesuai dg skala perbandingan yg sebenarnya..

Hehehe..., mas Huda, saya juga org science loh :), sebagai org science kita gak bisa langsung membantah suatu teori, terkadang butuh waktu lama untuk membuktikannya, atau sebaliknya teori yang dianggap benar seiring waktu ternyata ada teori yang lebih benar. Jangan dibantah, beri kesempatan mereka mengembangkan dan membuktikan teori-teorinya, cermati teori mereka. Diantara mereka yang pro FET banyak pakar dan ahli dgn teori intelektual, tetapi juga banyak yang awam dan memberikan teori tidak relevan. Carilah sumber-sumber FET yang ilmiah. Tidak bisa kita bantah begitu saja, ada jutaan penghuni bumi yang meyakininya, tentu menjadi pertanyaan besar "Ada apa?"

Oh iya. Tp saya terlanjur membantah.. yaaah maaf.

okelah kalau bener bumi ini bulat, tapi kita juga tahu bahwa air itu selalu dalam keadaan datar? bisakah ada yang memberi penjelasan kenapa air di laut bisa melengkung?

Sepengetahuan saya satelit di luar angkasa itu diam pada orbitnya, spt satelit palapa ato satelit BRI stelah diluncurkan pake roket, dia akan bergerak munuju koordinat orbitnya dan kemudian diam di orbitnya. Seharusnya klo diam meskipun kecil tdk akan sulit dilihat pake teleskop?? Tp mengapa mjd sulit?

Nggak ada satelit yg diam Mas, Semuanya bergerak sesuai orbitnya.

Klo anda melihat satelit dari luar angkasa maka satelit bergerak mengikuti rotasi bumi, tapi klo anda melihat dari bumi maka satelit dikatakan diam sesuai orbitnya, jadi satelit palapa ato satelit BRI akan di atas Indonesia terus dan tidak akan keluar dari orbitnya menuju negara lain....itu maksud sy satelit itu diam sesuai orbitnya....

Kalau satelit tahan banting dari meteor & benda langit, berarti hebat banget dong yg bikinnya. Mau saingan sama sang pencipta? saking pinternya mereka, mereka bisa luncurkan bom nuklir untuk meteor yg akan jatuh ke bumi karena mereka khawatir atmosfer yg merupakan ciptakan Tuhan tidak akan bisa menghancurkan meteor yg besar itu. Padahal dampak nuklir juah lebih banyak bahahanya. Astagfirullah .. saya tidak tahu bumi ini bulat atau datar. Tapi saya jadi tahu bahwa kecerdasan manusia membuat mereka angkuh & meremehkan kebesaran Tuhannya, seakan-akan dunia bisa mereka selamatkan dg kecerdasan manusia & melawan takdir Tuhan. Tinggal tonton saja cicit-cicit kita yg akan tau kebenarannya di akhir zaman.

Hey mas anggi, ayat alquran mana yang menyebutkan bumi itu datar? Ati ati kalau ngomong bawa agama.

Maksud saya asteroid yg mau dibom nuklir bukan meteor gan 😁😁

sipp... ini pembahasan yang keren pak.

Lucu2 yang komentar, kadang sedih juga melihat komentar yang ingin dianggap cerdas alias ngetes si TS sama yg beneran nanya. Btw flat earth harusnya sgt mudah dibantah apalagi di zaman modern saat ini, krn di zaman dahulu org masi takut bereksplorasi, sdangkan skg jangankan antartika planet mars sudah dijamah. Sangat buanyak artikel maupun jurnal eksplorasi menuju antartika, bahkan ada cuplikan videonya. Tambahan bagi yg skeptis tentang satelit, apalagi yg kecepatannya sampe 28000 km/jam coba buka di google kecepatan ikan tercepat di dunia ada "fastest fish speed" Anda bakal nemuin hiu putih dengan kecepatan maksimum 40km/jam! Padahal itu dlm aer logika cb kalo diluar angkasa yg hampa udara, masalah bahan bakar buat satelit itu gak relevan, karena satelit bukan pesawat,satelit didesain untuk misi jangka waktu yg lama. Artinya, kalaupun ada bahan bakar fungsi utamanya bukan untuk berjalan di luar angkasa terus menerus. Apalagi bahan bakar di luar angkasa veda sama yg biasa utk kendaraan (cari: cryogenic) yang pasti mahal dan inefisien kalo ngisi ulang bahan bakar buat satelit. SEKIAN JAWABAN HASIL GOOGLING DAN LOGIKA SENDIRI SEMOGA BISA DITERIMA. FAKTANYA FLAT EARTH THEORY MASIH JAUH DARI REALITA, KARENA ALAM SEMESTA YANG TERDIRI DARI PLANET2 DAN BENDA LANGIT HANYA BERUPA LEMPENG BISA DIBAYANGKAN BGMN MENGORBITNYA, BAGAIMANA BISA TDK SALING BERTABRAKAN KALO HANYA BENTUK 2 DIMENSI? INGAT ANDA PERCAYA FLAT EARTH. TAPI JUGA PASTI PERCAYA ALAM SEMESTA BUKAN HANYA BUMI KAN? THINK BOUT IT

rasi bintang utara yg tidak berubah itu malah membuktikan bumi itu berotasi. pernah nonton timelapse2 stargaze yg akhir2 ini digandrungi para fotografer? videografer?

Sudahkah anda mengetahui misi US & Soviet thn 1958-1962?
Kalo memang satelit bnr ada dan ribuan jumlahnya,knp tdk ada 1 pun yg tertangkap teleskop?
Bknkah teleskop mampu melihat bintang bahkan planet yg kata nasa ribuan thn jaraknya?
Hanya satelit sputnik milik sovietlah satelit satu"nya yg diterbangkan..
Mslh neil amstrong saja adlh bohong dan semua org tahu itu,mengapa anda msh mempercayai nasa yg jelas" sudah berbohong?
Satu lg mslh gerhana matahari adl ilmu bangsa babylonia yg hanya diikuti oleh nasa,bkn dari rumus jarak matahari ke bumi dan jarak bulan ke bumi
Tdk ada satuoun ilmuwan yg mampu menghitung terjadi gerhana matahari dari jarak bulan - bumi - matahari

Trims, Infonya keren gan, tp sayang ada beberapa komentar yg bikin sedih.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Baca dulu keles dari part 1 sampe 7

Bantu jawab, tp pemikiran sendiri, maap klo ngawur.

Knp tidak beralih dari bts ke satelit
1. Dari sisi kemanusiaan, bakalan banyak jd pengangguran contohnya teknisi jaringan, perusahaan konstruksi & vendor bakalan bangkrut, mungkin jg ada faktor politik.
2. Dari sisi pelanggan, klo dipilih hp gsm sama hp satelit saya milih hp gsm, soalnya hp satelit berat, tarif mahal, ga bisa nelpon didalam rumah.
3. Dari sisi perusahaan telekom, mungkin ribet harus 2-5tahun sekali meluncurkan satelit untuk memperbarui teknologi, klo melalui bts kan mudah, tinggal ganti bts contohnya ada 2g, trus 3g, baru tahun kmrn launcing 4g, skrg udh denger" mau ada 5g.

Itu aja kali ya, klo kebanyakan nanti malah tambah ngawur, wkwkwk

Gunawan Tirtawidjadja : Google aja cuma bermodalkan drone bisa foto peta permukaan bumi, mreka satukan foto2 yg terkumpul dan kemudian jadi peta. Eh mas sejak kapan drone nya google lewat di atas rumah lo klo memang google cuma memanfaatkan drone untuk mendapatkan foto permukaan bumi ? πŸ˜‚

Maaf sebelum nya awalnya saya tidak ingin berkomentar, namun melihat komentar dari admin mahfuz huda.. saya tidak kuat untuk menahan rasa untuk berkomentar..
saya tidak membela bumi bulat (globe) maupun bumi datar (hamparan), karena saya yakin kebenaran hanyalah milik ALLAH SWT , manusia hanyalah bisa berasumsi saja dan baru percaya bila di lihat oleh mata kepala sendiri..
namun saya heran ketika admin bilang

Mahfuzh Huda delete
Juli 13, 2016

"Biarin aja video nggak jelas gitu. rugi saya buang waktu. "

nah kalo rugi buang waktu buat liat video bumi datar, ngapain artikel ini di buat.. ngapain juga di posting? berarti kita semua hanya buang waktu..

yang kedua


Mahfuzh Huda delete
Juli 17, 2016

Saya bukkan orang yang mengerti itu.
Pemahaman agama saya cetek, bahasa arab saya nggak ngerti, kitab-kitab arab saya nggak pernah baca. Dan memang saya tidak membahas kajian Al-Qur'an dalam penjelasan saya ini.


itu yg sangat astagfiruloh, seorang muslim secara terang terangan berkata demikian.. apa tidak malu dengan nama?
sesungguhnya kecerdasan tanpa di barengi akidah sama sekali bohong dan akan menjurus kepada ke kafiran dan kesesatan..
untuk mengkaji kitab suci saja belum pernah.. lah ini so so an mau mengkaji planet bumi yang belum pernah dilihat..
sungguh hidup anda hanya di buang percuma..

Iya nihh.. Astagfirullah.. Admin pasti jahat dan keji banget ingin menghancurkan dunia.. :D

Ternyata masih banyak orang bodoh yaa disini hahaa :-):-)

saya tonton video nggak jelas karena ada komentar dari mas haday, tapi emang bener loh, ada banyak kekurangan dalam video itu, makannya admin menanggapinya seperti itu.
coba deh tonton sendiri..

tanggapan yang kedua,
saya ga akan bilang klo admin so soan dalam mengkaji planet bumi,
klo saya akan menyebutnya keterbatasan, admin mempunyai keterbatasan dalam ilmu agama dan admin menjawab komentar sesuai dengan kemampuannya dia, bisa dilihat disemua komentar, ada yang dijawab ada yang tidak, klo tidak dijawab berarti diluar kemampuan dia. kesimpulannya admin sangat berhati - hati dalam membalas komentar, bukan so soan.

klo orang yang selalu berfikiran negatif, pasti akan mencari - cari kesalahan seseorang, tanpa memandang sisi positifnya.
klo saya? saya melihat admin sebagai seseorang memiliki kelebihan dalam sains, senang berbagi ilmu, itu keuntungan buat saya, menambah wawasan saya.
keterbatasannya dalam ilmu agama? ga akan saya cela, saya dengan senang hati mengajak admin berdiskusi dan berbagi wawasan agama.
bagaimana jika admin tidak mau? ya itu sih haknya dia, akhlaknya dia, saya sudah berusaha mengajak, tapi saya ga akan mengatur akhlak seseorang apa lagi mencela.

mau tanya kenapa di kutub utara yang dikelilingi oleh tentara, tidak bisa lewat kesana, hanya itu yang bisa membutikan bumi ini bulat atau datar,, kenapa tidak bisa lewat kesana???

kutub selatan mungkin yang dimaksud ya mba'?

Siapa yang bilang kutub selatan dijaga keliling oleh tentara?

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 547   Lebih baru›   Terbaru»

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top