Teori Bumi Datar - Apa yang Dilakukan Habibie? #part5 - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Teori Bumi Datar - Apa yang Dilakukan Habibie? #part5


Thanks buat komentar dan diskusinya guys! Aku sendiri nggak nyangka kalau sebanyak ini yang bakalan datang cuma buat baca Flat Earth Theory (FET). Maklum blog kasta sudra, yang nggak pernah rame. XD

Kali ini aku sengaja menuliskan sub pokok bahasan "Apa yang Dilakukan Habibie?". Aku sengaja mencantumkan seorang saintis(engineer) terbaik bangsa ini, Bacharuddin Jusuf Habibie. Biar teman-teman (dan saya) bisa mengukur, seberapa jauhkah pengetahuan kita dibandingkan mantan presiden Indonesia ini. 
Oke. Kita mulai diskusinya, pertama-tama kalau kalian belum baca ulasanku, silahkan klik part1, part2, part3 dan part4, kemudian kali ini kita akan membahas tentang video 5 yang kurang lebih memuat tentang peta penerbangan menurut flat earth dan usaha bombardir kubah bumi. Link video 5:
https://www.youtube.com/watch?v=8UKLHNs5WT8&index=5&list=PLQt5a4m_Y05VI4WwgOLKxWXIw655PlHH2

USGS Lembaga Survey Geologi Paling Kredibel

Seharusnya sampai disini kalian sudah baca pembahasanku pada tulisan sebelumnya tentang USGS di Keping-Keping Sains (part3). Mari ulangi bahwa USGS ialah lembaga milik Amerika Serikat, berisi saintis-saintis dan menggunakan satelit untuk mengumpulkan data. Ya! Kuulangi lagi biar jelas, USGS menggunakan satelit untuk mengumpulkan data! (ada ulasannya di part3).

Sekarang pertanyaanya, apa bedanya USGS dengan NASA? Kenapa USGS kredibel dan NASA adalah Holywood?

Peta Bumi Datar

Oke. Kalau memang pertanyaan itu terlalu sulit, mungkin akan ada yang menuduhku terkesan tidak saintifik sekali kalau menilai suatu fakta berdasarkan siapa yang menyampaikan.

Oleh karena itu aku akan coba memaklumi bagiamanapun logika bahwa USGS ialah kredibel dan NASA tidak.

Kalian tahu nggak kalau karena perkara FET ini aku jadi mendownload peta dunia zaman dahulu yang resolusinya sangat tinggi (kalau kalian mau message aja di FB:) Cuma demi memahami Azimuthal Equidistance Projection.

Oke sekarang aku harus mengakui sesuatu yang awesome dan sangat mengagumkan, ini adalah fakta yang akan membuat semua penggemar Flat Earth senang riang gembira. Faktanya ialah peta bumi datar yang dibuat oleh USGS menggunakan Azimuthal Equidistance ialah benar 100%.

Permasalahannya ialah bagiamana cara menggunakan Azimuthal Equidistance Projection Map ini? Oh ya, Azimuthal Equidistance Projection (AEP)ini pertama kali dikemukakan oleh saintis muslim Al Biruni, biar pada tahu aja deh, tetapi ini tidak ada hubunganya dengan bumi datar ataupun bola.

Pertama kali aku mencari tahu tentang ini, aku agak bingung karena ternyata ada banyak sekali peta Azimuthal Equidistance Projection. Bahkan kita bisa membuat AEP secara online (ada generatornya). Ini salah satu contoh AEP london:
 https://www.jasondavies.com/maps/azimuth-distance/.

Dalam peta tsb, posisi tengahnya ialah kota london sehingga seperti kita melihat dunia dengan titik pusat London. Hasil map-nya benar karena pakai AEP, tetapi bentuknya berbeda dengan Map dunia yang ditampilkan oleh FET. Kenapa beda? Karena titik pusatnya berbeda. FET menggunakan AEP dengan titik pusat kutub utara sedangkan di web diatas menggunakan pusat kota London.

Cara Menggunakan AEP

Definisi Azimuthal Equidistance sudah aku jelaskan, sekarang kita bahas aturan penggunaanya. Langsung aku kutip dari web USGS yang menjadi acuan utama dari FET, dikatakan:
Distances and directions to all places true only from center point of projection. Distances correct between points along straight lines through center. All other distances incorrect . Any straight line drawn through center point is on a great circle. Distortion of areas and shapes increases away from center point. 
Aturan ini juga ada disampaikan dalam video 5, tapi disana dijelaskan dengan ngawur dan serampangan. Ini coba aku terjemahkan:
Jarak dan arah menuju ke semua tempat ialah benar hanya jika dari titik pusat proyeksi. Jarak benar antara dua titik selama melalui titik pusat. Semua jarak lainnya salah. Semua garis lurus yang melalui titik pusat merupakan jarak terpendek dalam lintasan melengkung bumi. Penyimpangan(ketidaksesuaian) luas dan bentuk akan meningkat dengan semakin jauhnya dari titik pusat
*yang lebih ngerti bahasa inggris, mohon eiditingnya kalau ada yang salah*

Jika kita berbicara mengenai peta AEP yang digunakan FET, maka kita akan melihat peta dengan kutub utara sebagai titik tengah. Jadi:
  1. Jarak dan arah menuju ke semua tempat ialah benar hanya jika dari kutub utara (titik pusat).
  2. Jarak benar antara dua titik selama segaris dengan kutub utara (titik pusat). (arah tidak benar)
  3. Semua garis lurus yang melalui kutub utara(titik pusat) merupakan jarak terpendek dalam lintasan melengkung bumi.
  4. Penyimpangan luas dan bentuk meningkat dengan semakin jauhnya jarak dari kutub utara.
Berdasarkan aturan tersebut maka berikut ini arah  dan lintasan yang benar:

Ket:
  1. Jarak dan arah dari kutub utara menuju ke semua tempat ialah benar
  2. Jarak antara dua titik ialah benar jika segaris dengan kutub utara. (arahnya tidak benar)
  3. Jarak terpendek dari kutub utara ke kutub selatan
  4. Garis putus-putus ini menunjukkan bentuk kutub selatan yang telah terdistorsi maksimal bentuk dan luasannya karena letaknya yang sangat jauh dari kutub utara. (bentuk kutub selatan ini salah kaprah)

Cara Flat Earth Theory Menggunakan AEP

Sekarang mari kita lihat semua rute penerbangan yang dijadikan contoh dalam video 5, sudah aku gambarkan ulang:
Sekilas, kita pasti langsung mengatakan "Wow! benar ini! kalau pakai peta bumi datar semuanya jadi jarak terdekat karena lintasannya garis lurus" Yap sama persis, Aku juga berfikir seperti itu awalnya.

Tetapi karena kita sudah mengerti aturan penggunaan peta AEP, segera lihat yang mana dari garis-garis itu yang melintasi kutub utara(titik pusat)? Bahkan apakah ada dua titik yang segaris dengan kutub utara? Tidak ada! Sehingga berdasarkan aturan pertama AEP, "Jarak dan arah menuju ke semua tempat adalah benar hanya jika dari kutub utara", ada kata "hanya jika" disitu artinya kalau bukan dari kutub utara, maka semua jarak dan arah menuju tempat lain ialah salah baik arah maupun jaraknya.

Jadi cara menggunakan AEP ini dalam penerbangan ialah spesifik untuk setiap bandara. Jadi misalkan kamu di bandara Sukarno Hatta mau ke Santiago, maka kamu akan menggunakan peta AEP dengan pusat Sukarno Hatta. Ketika kamu berangkat dari Santiago ke Tokyo, maka kamu akan menggunakan peta AEP dengan pusat kota Santiago. Itulah sebabnya ada generator AEP online, karena setiap tempat akan menghasilkan proyeksi yang berbeda-beda.

Jelas kan? :)

Antartika Sebagai Daerah Terlarang

Aku sedikit malas mencari informasi tentang Admiral Berd (atau gimana lah mengejanya). Ulangi beberapa kali di bagian tersebut, kalian akan merasakan betapa spekulatif dan kebanyakan mengira-ngira. 

Salah satu alasan aku malas mencari tahu tentang ekspedisi berd ini adalah karena semuanya hanya 'pendapat', 'pernyataan', dan beragam informasi yang mudah sekali dibelokkan. Aku nggak terlalu suka ngebahas ini karena nggak bisa dibuktikan. Yah, kalau NASA yang punya ribuan foto dari luar angkasa saja nggak bisa dipercaya apalagi hanya pernyataan seorang admiral yang tanpa foto dan persamaan matematis?

Tapi satu hal yang aku cari tahu. Saat ini, tidak ada larangan untuk masuk ke wilayah Antartika. Hanya perlu izin standard saja.

Aku cuma sekali cari dan menemukan sebuah forum di redit.com. Nah disitu diberikan link-link orang-orang yang menuliskan perjalanannya ke Antartika secara private:

http://southpolestation.com/trivia/00s/ford.html
http://southpolestation.com/trivia/90s/kazama.html
http://iaato.org/yachts
http://www.syquijote.com/photos/
http://www.syquijote.com/wp-content/gallery/antarctica/Quijote-en-Antartida-192.JPG

Itu semua perjalanan pribadi ke Antartika. Mereka melakukan banyak hal disana. Bahkan katanya banyak orang yang kesana untuk tujuan wisata, katanya seru! Aku jadi pengen! XD

HANE (High-Altitude Nuclear Explosions)

Aku nggak terlalu paham tentang sejarah HANE ini, tetapi dulu pernah aku baca buku semacam diari seorang saintis amerika Dick Feynman. Dia salah satu tokoh kunci dalam membuat bom atom, salah satu ceritanya ialah menyaksikan langsung uji ledakan nuklir pertama.

Dari ceritanya itu, maka HANE ialah sebuah percobaan dimana militer(yang didukung saintis) berusaha mengukur seberapa jauh dampak dari nuklir yang sudah mereka buat. Uji ledakan nuklir ini berada pada ketinggian 23-540 km. Selain saintis dapat menguji seberapa besar dampak ledakannya, ini juga sebagai ajang show off bagi amerika terhadap Rusia dan sebaliknya.

Sama sekali tidak ada bukti ilmiah bahwa ini adalah usaha-usaha untuk menembus kubah calestial bumi. Bom nuklir ini meledak di ketinggian 23-540km agar dapat dipelajari dampaknya. Kalau HANE ini menabrak kubah Calestial, maka logikanya semua roket akan meledak pada ketinggian yang sama. Tetapi kenyataanya HANE meledak pada ketinggian berbeda.

Maka bisa disimpulkan bahwa ide tentang roket HANE ini menabrak kubah salestial, firmament (atau apapun lah itu) tidak terbukti sama sekali.

Apa yang Dilakukan Habibie?

Adakah diantara pembaca blog ini yang lebih pintar dari BJ Habibie? Atau adakah yang mengira kalau pembuat video 5 tersebut lebih pintar dari BJ Habibie?

Mantan Presiden Indonesia itu adalah ilmuwan terhebat sepanjang sejarah Indonesia, beliau bekerja di bidang aeronautics, penerbangan selama separuh umurnya. Ia telah memiliki patent di bidang pembuatan pesawat terbang. Gravitasi, kemiringan bumi, lintasan pesawat, dan semua yang kita bahas hingga part 5 ini adalah kerjaan beliau sehari-harinya.

Dengan semua pengetahuan, kecerdasan dan aksesnya pada dunia luar apa kalian berfikir kalau beliau ini tidak akan menyadari bahwa selama ini NASA dan Ilmuwan berbohong mengenai bentuk bumi yang bulat? Sebuah fakta dasar dari semua perhitungan yang pernah beliau lakukan?

Artinya, kalau bumi datar ini adalah sesuatu yang ilmiah maka orang Indonesia pertama yang akan menyadarinya tentu saja Prof. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Pendapat Saya

Pada dasarnya permasalahan Freemason, Elite Global ini hanyalah sebuah pengalihan pandangan yang dilakukan oleh pembuat video untuk mengelabuhi kita. Kalau diulang lagi video 1-5, kalian pasti sadar kalau tidak ada konsep sains dalam video-video tersebut.

Isinya hanya kata-kata indah seperti "tidak usah debat pendapat, tidak perlu mengarang ataupun debat kusir" dan beberapa paragraf lainnya tentang "keuntungan elite global". Tidak ada point penting pada pendapat Teori Bumi Datar.

Gini deh. Setelah menonton 5 video tersebut, apakah ada satu saja penjelasan tentang hukum-hukum ilmiah yang berlaku dalam teori bumi datar? Adakah perhitungan ilmiah yang dilakukan di video? Adakah penjelasan bagaimana cara mereka mengukur jarak matahari yang katanya dekat itu? Adakah pembuktian bahwa  kubah salestial atau firmament itu nyata? Tidak ada! Nol besar. Omong kosong. Nggak ada sains dalam video tersebut, pembuat video-pun tidak mengerti sains, karena itulah di dalam video dibumbui oleh konspirasi dan bahasan nggak jelas lainnya. Bahkan pembuat video menyelipkan cuplikan film-film dalam setiap videonya. Itukah yang fakta-fakta saintifik?

Itulah beberapa penjelasan dan fakta yang bisa aku jabarkan. Berikutnya silahkan membaca lanjutan dari ulasanku mengenai Flat Earth Ini:
  1. Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata? #part1
  2. Flat Earth Theory - Pembantaian Sains dan Logika #part2 
  3. Flat Earth Theory - Keping-Keping Sains #part3
  4. Teori Bumi Datar - Let's do The Math #part4
  5. Teori Bumi Datar - Apa yang Dilakukan Habibie? #part5
  6. Teori Bumi Datar - Matematika Angkasa Dalam Narasi #part6
  7. Final Part - Not Rocket Science
Silahkan membaca.. :)
Jika belajar sains itu logis dan menyenangkan, silahkan share tulisan ini. Biar teman kalian juga memiliki wawasan sains yang luas. :)

Jika ada komentar silahkan sampaikan dengan sopan, saya akan tampilkan semua komentar baik itu pro atau kontra. :)

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/High-altitude_nuclear_explosion
http://egsc.usgs.gov/isb//pubs/MapProjections/projections.html
http://www.nasa.gov/mission_pages/sunearth/science/atmosphere-layers2.html
http://broom02.revolvy.com/main/index.php?s=Azimuthal%20equidistant%20projection&item_type=topic
https://worldview.earthdata.nasa.gov/?p=antarctic&l=MODIS_Aqua_CorrectedReflectance_TrueColor(hidden),MODIS_Terra_CorrectedReflectance_TrueColor,Coastlines&t=2015-01-11&v=-2879007.999999998,-1227200.0000000019,-1514015.9999999981,-611776.0000000019
http://www.geo.hunter.cuny.edu/~jochen/gtech201/lectures/lec6concepts/map%20coordinate%20systems/how%20to%20choose%20a%20projection.htm
https://en.wikipedia.org/wiki/B._J._Habibie
https://en.wikipedia.org/wiki/Azimuthal_equidistant_projection

Sumber Gambar:
s1083.photobucket.com/user/The-Final-Paradigm/library/F E Maps?sort=4&page=1
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ec/Azimuthal_equidistant_projection_SW.jpg
http://statis.dakwatuna.com/wp-content/uploads/2015/07/bj-habibie-dan-replika-r80.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-pw7gSu-MfNg/U9veBYDoBGI/AAAAAAAADBc/Qg0TnVeOIAE/s1600/World-airline-routemap-2009.png

AEP Generator:http://ns6t.net/azimuth/azimuth.html

329 comments

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 329   Lebih baru›   Terbaru»

kalau ini gimana kang https://www.youtube.com/watch?v=l3QvyNxnKtw

Saya terkesan dengan paparan anda yang saya rasa cukup jelas walaupun masih ada beberapa hal yang belum dibahas seperti pantulan matahari di atas awan yang mengindikasikan bahwa matahari itu dekat dan juga cahaya lokal matahari, -saya berharap akan adanya pembahasan itu-

Satu lagi, semua pembahasan yang anda paparkan merupakan pembahasan sains atau bersifat teori dan keilmuan, bagaimana dengan poin yang berkaitan dengan kepercayaan/keyakinan, banyak dalil yang mendukung kebenaran flatearth ini baik di al quran maupun al kitab yang tentunya banyak orang akan lebih memilih percaya dengan apa yg di jelaskan di kitab2 suci mereka, bagaimana anda melihat dan menyikapi poin yang satu ini? akankah anda buat pembahasan khusus?

-terimakasih

Pembahasan untuk pantulan sinar matahari sudah saya jelaskan dengan tuntas di Part4 Lets do the Math.

Semua pembahasan sengaja saya gunakan paparan logika dan sains tanpa menempelkan sedikitpun poin keagamaan.

Saya tidak terlalu paham dengan tafsir kitab suci, yang saya khawatirkan jika poin kitab suci saya masukkan ke dalam pembahasan, maka yang terjadi ialah perdebatan tentang persepsi masing-masing orang terhadap terjemahan kitab suci tersebut. Saya sendiri juga tidak siap untuk menjawab pertanyaan seputar dalil-dalil agama.

Saya sadar sekali kalau banyak orang akan percaya jika dijelaskan di kitab suci. Tapi pada dasarnya saya tidak sedang mengajak percaya kalau bumi itu bulat, saya hanya mengajak teman-teman melihat fenomena alam yang terjadi dilihat berdasarkan logika dan ilmu pengetahuan.

Sejujurnya boomingnya kasus Flat Earth ini buat saya adalah sebuah sindirian dan tamparan. Karena sebelumnya saya tidak pernah tahu bagaiamana posisi pesawat, satellite, bulan, matahari terhadap bumi. Saya percaya-percaya saja pada pengetahuan dari guru SD bahwa bumi bulat tanpa pernah berfikir dan mengkaji kembali. Tapi karena isu ini, saya jadi belajar ulang dan bisa melihat lebih baik betapa luar biasanya rangkaian alam semesta ini.

Kalau saya memanfaatkan dogma agama pada tulisan saya untuk membuat orang percaya lagi dengan bahwa bumi itu bulat, maka tidak ada bedanya apa yg saya lakukan dengan yang dilakukan oleh pembuat FET. Dan pembaca tetap hanya mendapatkan dogma, bukan penjelasan yang logis.

Awalnya saya berencana membuat pembahasan khusus tentang bentuk bumi dalam paradigma agama (khususnya islam), tetapi saya pikir-pikir, sebaiknya tidak usah. Saya tidak punya ilmu yang cukup dalam bidang tafsir Al-Qur'an(bahkan tak mengerti bahasa arab).

Untuk pandangan terhadap kitab Al-Qur'an saya 100% yakin dengan Al-Baqoroh ayat 2.

:) Terimakasih diskusinya :)

ulama islam sepakat bumi itu bulat

Bener bro kalo emang gak mampu untuk menafsirkan al quran mending gak usah di coba, biar para ulama sekelas imam syafi'i saja yg sudah terbukti ke hebatannya. Dibanding yg sono, berpendapat seolah pinter dibidang agama sma sains, asal tafsir aja makna al quran, kyk teroris aja, asal tafsir malah ngebom, kalo mrka ngapain yah

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Pembahasan yang tentang horizon bumi mana min

bener bener keterlaluan ini para flatearthers indonesia..gag mandang mantan presiden indonesia yang paling jenius...ck ..ck..ck

Part4 ttg bedford level experiment. :)

Kalau anda tidak berani membahas dogma agama karena tidak faham tafsir, lalu kenapa berani membahas sains?? Apakah anda seorang ilmuwan atau fisikawan yang sudah benar2 faham tentang sains?? Kiblat sains anda pada sains modern atau sains kuno??

luar biasa...mencerahkan...mudah2an berkah dan jadi ilmu yang berhala buat anda mas Huda.

Saya sih cuma mahasiswa yang suka menulis.

Saya pribadi hanya mengerti bahasa inggris dan bahasa indonesia. Ketika ada kebingungan akan masalah sains, saya cari dari google dan sumber2 lain. Saya coba pahami berdasarkan sains dasar yang telah saya pelajari hingga sekarang. Permasalahannya akan lain jika urusan Tafsir Al-Quran, disamping saya tidak cukup ilmu agama, saya juga tidak mengerti bahasa arab. Imam Malik saja menjawab tidak tahu pada pertanyaan orang padanya, apalagi saya yang cuma muslim kasta ma'mum.

Bagi saya sains adalah sains, berkembang dari kuno hingga modern. Semua pendekatan sains modern merupakan perkembangan sains kuno. Tak ada perbedaan.

Terimakasih.

BUAGUSS .. JUOSS SEMOGA BERMANFAAT...
Yang pesawat kejar-kejaran sama rotasi bumi belum mas

itu berhala atau berpahala yah Mas? Saya udah buruk sangka loh, saya kira Mas Budi mengolok2 saya.. Maafin lahir batin Mas.

Iya, Mas.. Mudah2han hari sabtu bisa saya posting.

Iya Mas Bro.. Saya mah apaan juga, cuma muslim kasta Ma'mum. :)

Penampakan permukaan bumi kalau tidak menggunakan AEP sebenarnya seperti apa? Kenapa harus menggunakan AEP?

AEP hanyalah teknik untuk memproyeksikan sebuah bidang dua dimensi menjadi tiga dimensi. Jadi awalnya ialah map datar, kemudian dengna AEP bisa dibuat versi globe-nya.

Mencermati langit dan bumi serta keagungannya, demikian juga aturan yang berlaku pada unsur-unsur alam natural, merupakan salah satu jalan terbaik untuk memahami keagungan Peciptanya. Allah Swt dengan menyeru manusia untuk memperhatikan dan mencermati fenomena makhluk, sejatinya mengajak mereka untuk berpikir tentang Pencipta makhluk-makhluk tersebut. Misalnya pada ayat, “Dia-lah yang menciptakan segala yang ada di bumi untuk kamu. Kemudian Dia (berkehendak) menciptakan langit, lalu Dia menjadikannya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Qs. Al-Baqarah [2]:29)[12] dan “Apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana dia diciptakan.” (Qs. Al-Ghasiyah [88]:17)

Maaf mau nanya lagi yg ttg HANE. Di tulisan mas Huda menyebut sumbernya dari Diari Dick Feynman saintis America. Tapi di footnote mas Huda menulis sumber HANE dari Wikipedia. Saya cek Wikipedia dan menemukan ada 2 data yg bertentangan :
1. Mas Huda menyebut ketinggian HANE cuma 50km, tapi di Wikipedia sampai ratusan km, bahkan yg paling tinggi 540km.
2. Di Wikipedia, Cina tidak pernah ikut HANE.
Oya, kalo disebut HANE, maka periodenya cuman 1958-1962 (di Wikipedia juga). Kalo ada percobaan nuklir di luar rentang tahun itu maka bukan HANE namanya dan kemungkinan besar lebih rendah ketinggiannya.

Oh iya.. Terimakasih koreksinya..
1. Saat mendengar HANE saya teringat kisah Dick Feynman dalam diari-nya yang pernah saya baca. Tetapi untuk menulis pembahasan ini saya cek di wikipedia. itulah kenapa saya tulis di footnote wiki bukan diari Feynman

2. Maaf, pembahasan saya tercampur dengan data dari Operation Bluegill ketika saya menbaca 'perbedaan altitude test dan atmospheric test. Akan saya perbaiki..

Sekali lagi terimakasih.

Maaf Mas mau bales lagi.
Yg ttg HANE koq masih belum consistent ya ketinggiannya. Terutama paragraf keempat dan kelima, yg tidak consistent dg paragraf 1-3.
Kalo ketinggian roket 200km, brati ada 5 HANE (menurut Wikipedia) yg ketinggiannya melebihi roket.
Kecuali kalo datanya diubah yaitu roket bisa mencapai ketinggian 600km, yg artinya melebihi semua HANE yg ada.

Oh yap.. Oke.. Make a sense.. Argumen saya untuk hal ini tidak kuat. Saya hapus. :)

Oh ya, ketinggian roket itu bisa lebih 200km, 200km saya gunakan karena itu LEO.

Oyaya...yg GEO ketinggiannya sampai 36ribu km.

Aneh perasaan kmu kekny yg g paham sains

Aneh perasaan kmu kekny yg g paham sains

Iya.. Aku gak paham sains.. Aku.. Aku.. Aku harus bagaimana? Apa yang terjadi? Ini semua salah siapa? Aaargh.. :D

Maksud saya penampakan permukaan bumi globe sebenarnya seperti apa? Sebab dari penjelasan mas, peta globe yang ada sekarang berasal dari peta bumi datar. Kenapa harus membuat peta bumi globe menggunakan peta bumi datar?
*saya bukan orang fe

Iya Mas Inggih, Saya paham kalau Mas bertanya karena memang bingung dan ingin tahu.

Jadi sejak dahulu kala manusia sudah menjelajahi dunia dan membuat peta. Nah peta itu digambarlah dalam bidang datar. Karena memang belum ada yang menyadari kalau bumi ini bola. Kemudian setelah banyak peta yang tergambarkan hasil penjelajahan manusia, diketahui-lah kalau ternyata bumi itu bola. (ini sebelum adanya satelit dan penginderaan jauh). Setelah itu dibuatlah globe dari peta bumi datar dengan (salah satunya) menggunakan proyeksi AEP. Diperoleh lah peta bumi bundar. :)

Peta bumi bundar= globe.

Harusnya dikasi Pokemon super rare yg banyak di Antartika, biar banyak yg kesana :)

Mahasiswa yang belum lulus, sudah seperti ilmuan? Kayaknya masih mentingin ego saja. Baca buku yang banyak kawan, pahami. Bukanya malah sombong dengan pendapat sendiri yang diberi embel embel sains yang bisa jadi menyesatka orang banyak. Semoga bisa lebih sadar dan hati hati dalam berargumen jelas jelas anda bukan ahlinya. Bisa dibilang cuma modal PD saja.

Ketawa melihat semua postingan mu kawan. Semua itu memperlihatkan sedalam mana ilmu mu

Iya, saya akan banyak baca buku. :)

bagaimana penjelasan rute pesawat bali-LA yang mendarat darurat di alaska?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Terus kalau bumi bergerak pesawat diam aja nytar juga BUMINNYA bergerak gak usah jalan pesawatnya ngapain capek capek ngejar rotasi bumi

Yang ngebuat semua ini kebohongan luar angkasa iluminati bumi ini datar jadi kalau bumi bulat kita shalat gak pernah mengarah Kiblat karena kiblatnnya kena LENGKUNGAN BUMI kalau BUMINNYA datar masuk akal shlat kena Kiblat Mulu soalnnya gak kena LENGKUNGAN BUMI

Yah kalau bumi bulat gimana shalat mas kiblatnnya kena LENGKUNGAN bumi jadi kita shalat gak pernah menghadap Kiblat soalnya ka'bah kena LENGKUNGAN bumi jadi kita shalat menghadap ke luar angkasa trus kalau bumi datar Ka'bah mah sejajar terus jadi Kiblat

Sama seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Cek saja posisi bali dan LA, tarik garis lurus. Jika garis mengenai titik pusat (kutub utara) benar, jika tidak maka salah. Dan sepertinya tidak mengenai.

Tanyakan ke ustadz ya.

Kl dicrmati pndaratan mndadak di alaska tidak aneh.krn psawat yg dimaksud dlm brita trsbut china airlines tdk mlakukn pnerbngan lngsung dri bali to LA, tp dari bali to taoyuan Taipe to LA. Diberitakn proses prsalinan tjd 6 jam stelh take off dr taoyuan. pilot mngajukn prmohonan pndaratn darurat di anchorage airport alaska.krn mrupkn airport trdekat dri lokasi psawt saat pnumpng mlai mlahirkn. kl dr prhitungn kalkulator online yg mngacu pd google map, jark taoyuan ke anchorage lbih dekat drpd jark taoyuan ke LA.

adminnya ga mau jawab yg adavhubungannya denganbagama,jadinya saya nyari2 sendiri, ternyata jawabannya adalah, peta nafigasi ya untuk nafigasi, kalo nyari arah kiblat pake saja peta orthograpic azimuthal, hasilnya memang berbeda dengan peta nafigasi dan peta bumi datar (flat earth)

Iya silahkan.. :)
Saya jawab kok, saya jawab nggak tahu.. :)

Terus hubungannya dengan habibie apa? Apa anda pernah mewawancari pak habibie?
Dan apa ada yg nanya ke pak habibie soal FE sehingga pak habibie harus menjelaskan tt FE?
.
Pencatutan nama habibie sepertinya kurang relevan untuk dijadikan tambahan bahan dukungan anda..
.
Penjelasan anda panjang lebar tt FE..terlepas soal bumi itu bulat atau datar, apa anda tidak bisa menangkap penjelasan tim FE bahwa bahaya tt elit global itu nyata..?
.
Sains tidak hanya sekedar memperkerjakan otak anda..tp bagaimana anda bisa menggunakan sains dengan hati

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Saya baru mulai belajar tentang FET.

Dari beberapa keterangan ada bagian yang saya bisa terima, dan ada beberapa yang belum bisa saya terima.

Tapi saya salut sudah ada pembantahan mengenai FET.

pertanyaan saya dibagian "Antartika Sebagai Daerah Terlarang"

FET bilang penerbangan "melintasi" kutub selatan yang dilarang, bukan berkunjung ke kutub selatan. Apakah benar bahwa melintasi kutub selatan itu memang dilarang, karena memang setahu saya belum ada penerbangan mengelilingi bumi dari utara ke selatan ataupun sebaliknya.

Tidak tahu. Yang saya tahu banyak orang yang melakukan eksplorasi secara private di kutub selatan.

Silahkan baca mengenai Habibie. Saya katakan bahwa beliau ialah orang yang bekerja dalam bidang aeronautika (penerbangan).

Dasar dari aeronautika itu ya gravitasi, navigasi pesawat, kemiringan bumi dan tekanan udara. Itu semua kerjaan beliau dulu. Jadi kalau bumi itu datar maka beliau pasti orang pertama yang menyadarinya karena karena konsep gravitasi, tekanan udara dan kemiringan bumi akan jauh berbeda.

Elit global itu nyata atau tidak itu tidak ada hubungannya dengan bentuk bumi itu datar atau bulat. Saya berbicara dalam logika sains. Bukan kira-kira dan tuduhan. Hanya karena seseorang tidak mengerti sains, bukan berarti semua saintis berbohong. :)

Sains adalah sains.

Waduh nulis blog banyak ga taunya, mencoba coba matahin teori bumi datar, wake up mas. Yg paham flat earth dulunya juga tahunya bumi itu bulat dan muter2. Dari lahirnya saja nasa buat propaganda, man to the moon?! Get real, kalo bulan bisa didaratin kenape kagak ada yg kesana lagi? Inget mas prinsip orang yg berbohong kedepannya akan terus berbohong untuk menutupi kebohongan berikutnya. Pikirkan dalam-dalam

Iya, banyak nggak tahunya, makanya saya belajar. :)

"Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam perjalanan dari Taiwan menuju Los Angeles, sebuah peristiwa tidak disangka-sangka terjadi di dalam sebuah maskapai penerbangan China. Seorang penumpang mengalami pecah ketuban, dan terpaksa harus melahirkan di atas pesawat. Ketika tepat berada di atas Samudra Pasifik, pilot terpaksa MEMBELOKAN pesawat menuju ke Anchorage, Alaska."

Kl mgacu pd peta kutub utara sbgai pusat,pilot tdk prlu belok (klaupun belok hanya sdikit) karena dikatakan rutenya satu garis lurus. Padahal pd knyataannya,utk mnuju alaska pilot benar2 mmbelokan pesawatnya. Kl mengacu pd google map memang membelok.

Dalam video FET ini peristiwa ini dikatakan sebagai pembuktian TELAK..menurut saya pembuat video TELAK NGAWURNYA. Perlu belajar peta.

Terima kasih .... ini yg aku cari ...

Saya sangat mendukung tentang kebenaran bumi datar

Peristiwa tersebut malah jd bukti telak...teori bumi datar dgn kutub utara sbgai pusatnya adalah hanya teori yang tdk sesuai kenyataan.

Wah, knp anda harus menjawab masih banyak belajar bro .. berarti anda sendiri tidak yakin dengan apa yang anda paparkan diatas dong ... pertanyaannya knp ketika jam 12 tepat didekat belahan antartika sinar mataharinya hanya kebagian sedikit dari sinarnya .. kalau bumi itu seperti bola ,bukankah sangat dan sangat menyinari itu ..? Tolong coba anda jelaskan dengan hasil yang anda paparkan di atas atau hanya sekedar memaparkan tp tidak dengan fakta .

Thx

Maa, saran aja nih, boleh diterima boleh nggak. Sebaiknya ga usah pake atau bawa2 tentang pak Habibi, karena para flat earther pasti bakal bilang "itu pak Habibi dibungkam elit global"... wkwkwkwk

Penulis mencoba rendah hati dan menerima semua saran masuk, malah dibilang gayakin wkwkwkwk.

Yahh.. Maklum, rakyat jelata. Memang harus banyak belajar.... :)

Alasan antartika kebagian dikit sinar matahari Itu sudah dijelaskan dalam pelajaran iPA di SD dan SMP. Silahkan googling, nannti dapat penjelasan lengkapnya.

Ide bagus.. Tp sudah terlanjur saya buat judul. :D

dalil di alquran tidak ada yang menyebutkan secara jelas bumi datar atau bulat. senjata menghamparkan dalam turunan kata arab juga bisa berarti telur burung onta. bahkan para ulama ada yang berbeda pendapat. jadi tidak pantas bawa2 ayat agama di diskusi ini karena agama hanya menjelaskan masalah aqidah bukan teori seprti ini

sebenarnya satelit itu ada atau tidak?

Baca kembali dari part1. :)

Wong Gendeng delete Juli 22, 2016

saya tertarik dengan judul apa yang dilakukan pakde bj.habibi, tapi begitu saya cari pendapat beliau di artikel atas kok malah nonsen ya ....

lha pendapat beliau itu tentang flat earth sebenarnya bagaimana sih?

saya yang agak miring atau bagaimana ya kang?... karena saya lihat di atas tidak condong ke jawaban pakde habibi, tapi jawaban anda sendiri...
bagaimana ini kangmas?

Bukan, saya yg miring kok. :)

Mas nyaa.. Saya tanya.. Jadi orbit satelit dibuat berdasarkan apa? Orbit bulan berdasarkan apa? Bentuk orbitnya bulat cespleng atau ovale? Apa yang menyebabkan satelit berputar seperti orbit padahal medianya hampa udara?

Nyimak gan...! lanjutkan perjuangan... cemunguuuuut...

Ntah mengapa orang indon dikit-dikit pasti berhubungan dengan dajjal atau illuminati (sejenisnnya) ntar makan bakso dajjal juga? nice artikel gan, walaupun ane sebenarnya netral tentang thread ini, bumi itu bulat atau segitiga yang penting ane tetap menjalani pekerjaan favorite ane dan bisa bahagiain keluarga :D salam damai dan sukses.

Hmmm... Pada awalnya saya senang dengan blog anda, karena anda menggunakan science dan bukti untuk menyangkal. Tetapi saya kecewa ketika anda berasumsi bahwa Secret Society atau global elite adalah sesuatu yg tidak penting. Menurut saya ini adalah issue yg sangat penting untuk mengetahui realita saat ini.Anda masih perlu belajar banyak tentang konspirasi ini. Karena anda membantah video dengan judul Konspirasi Bumi datar, bukan Fakta Bumi datar. Silahkan kunjungi NWOTRUTH.ORG dan theZeitgeistmovement.com

Semangat mas, terkadang memberikan orang ilmu itu susah kalo orangnya udah getol gk mau nerima.tulisannya bagus.saya juga masih banyak belajar. Di bidang saya (atmosfer dan kebumian) banyak sekali hal yg berhubungan degan tulisan di atas, banyak fenomena atmosfer terjadi karena bumi berotasi dan fenomena itu gak akan terjadi kalo bumi ini datar. FET juga membuka mata saya untuk terus belajar tentang bumi kita.

Hal ini berkaitan kuat dengan hukum fisika seperti gravitasi,kecepatan orbit dan gaya sentrifugal yg seimbang . Biar lebih ngerti dan memahami lebih baik masnya belajar lagi hukum-hukum fisika :)

Bisa bagi pin bb nya mas ataupun id line. Saya punya sedikit pendapat menurut yg saya lihat tadi sore terhadap matahari dan bumi

Silahkan kirim ke Message FB Fanspage blog ini. :)

Alangkah bgsny kajilah menurut Al Quran dlu baru dkuatkan dengan teori2 sains modern.
Masak soal sains modern yg bersumber dari manusia lbh diprioritaskan & anda mw bersusah payah mncari tau, sedangkan pedoman yg jelas paling kredibel (Al Quran) dan bersumber dr Pencipta agak diabaikan dgn alasan muslim kasta ma'mum.
Jgn tersinggung mas, cm sekedar masukan dari seorang yg jg muslim kasta ma'mum :D
Lanjutkan dgn artikel2 yg lbh bermanfaat.
"Jauhi perdepatan yg tidak menghasilkan amal nyata"

Silahkan.. Yg kecilnya besar di Pesantren, Bahasa Arabnya udah sangat fasih, pelajaran hadist dan tafsirnya udah manteb dari para alim ulama', silahkan mengkaji dari Al-Qur'an.

Saya pribadi nggak mampu untuk mempelajarinya karena dasar pendidikan saya bukan disitu.

Saya kurang sepakat kalau kajilah menurut Al-Qur'an dulu, menurut saya tidak ada salahnya mengkaji sains dahulu untuk perkara ini. Karena Al-Qur'an itu bukan text book sains. Tidak pernah saya temukan Ilmuwan2 muslim masa lalu mencari perhitungan diameter bumi bersumber langsung dari Al-Qur'an, tapi mereka mengambil dari kitab2 dan teknik2 matematikawan Yunani.
Saya kira tempatkanlah sesuatu pada tempatnya.

Tulisan ini InysaAllah bermanfaat dan menulis adalah amal nyata.

Hehehe.. Kalau anda merasa tertarik membahas Secret Society dan Global Elite, maka itu menjadi penting buat Anda. Seperti hal-nya saya ketika menyangkut Sains, saya akan bilang itu sangat penting.

Nah.. sekarang saya tidak tertarik dengan Secret Society dan Global Elite, Iluminati dan lain-lain.. Makanya saya menganggapnya tidak penting dalam pembahasan ini.

:) Yap.. sama-sama semangat belajarnya bro. :D

Lucu kamu bro.. habibi dijadikan patokan.. sedang kan ilmuwan sekelas galileo, einstein dll aja bsa di bungkam dan di propaganda apalagi pak habibie..
saya pro flatearth. Penjabaran dan penjelasan lebih masuk akal dibandingkan bumi bulat.. bkan kah allah udah blg apakah kamu tidak berfikir bagaimana bumi dihamparkan??
Jika kita berfikir dg logika lbih jelas bhwa bilumi itu diam.. yg mengililingi bumi ya matahari dan bulan.. klo bumi muter buat apa kita terbang pakr pesawat bisa smpe ke tujuan...hrusnya sama aja kaya hamster lari ditempat dirodanya

Dear wong gendeng, semoga gak beneran gendeng.

Pencatutan nama Pak Habibie itu cuma menegaskan kalo beliau pernah bekerja dan memang mendalami bidang aeronatic (atau apalah susah ejaannya). Dan jika benar bumi itu datar, maka Pak Habibie pasti sudah tau, dan......(ahsudahlah bacalagi aja ndeng artikelnya)

Oke sekarang aku harus mengakui sesuatu yang awesome dan sangat mengagumkan, ini adalah fakta yang akan membuat semua penggemar Flat Earth senang riang gembira. Faktanya ialah peta bumi datar yang dibuat oleh USGS menggunakan Azimuthal Equidistance ialah benar 100%. << kalau anda sudah mengakui buat apa harus buat artikel membantah kebenaran flat earth, pasti anda akan menjawab "Permasalahannya" Permasalahan nya anda yg buat semua jadi rumit.. Capek baca" buang waktu

Logikanya kalau bumi berbentuk bulat secara garis lurus umat muslim sholat menghadap kiblat sekaligus membelakangi kiblat.
Kalau seandainya bumi itu datar Lebih masuk akal mana satu arah kiblat atau kiblat yg berlawanan..
mohon pendapatnya mas.
Maklum saya masih orang belajar.

mas, sekarang kan sudah canggih ya, penasaran aja, kenapa nggak dibuat peta bulat (globe) yang jarak di peta sesuai dengan jarak sebenarnya (bukan hasil AEP). ketika sudah dibuat peta bentuk sesuai dengan bemtuk bumi (globe), yang pendukung bumi datar pasti nggak bisa komentar lagi.

kalo menurut ku pribadi sih judul flat earth itu cuma untuk marketing aja, tujuan utama dari video itu buat buka mata kita bahwa seperti ini lho realita dunia itu bekerja, banyak tipu muslihat yg sengaja diciptakan untuk keuntungan beberapa orang sementara yg lain harus bersusah payah bahkan hanya untuk menyambung hidup sehari2

Klo anda menganggap konspirasi global tidak penting, Aku cuman mengingatkan aja akan bahaya kebohongan science. Nwotruth.org

Penjelasan tentang AEP jg belum jelas.. Masih membingungkan.. Saya minta link sumber nya? Akan saya pelajari sendiri

Teory bumi bulat sudah ada di jaman aristoteles,,,,,sedangkan kaum FE mengatakan teory GE itu adalah konpirasi global ada motif bisnis didalamnya,,,,,trus apa motif aristoteles mengatakan bumi itu bulat,,,,,wkwkkwkwkwkwkwk

kalo bumi bulat umat islam punya 2 kiblat, kiblat yg ke-1 yg biasa arah barat plus +/- 30° sedikit ke utara. yg ke-2 arah timur yg mutar plus sekian derajat arah utara. dan sepertinya orang afrika kiblatnya arah timur karna itu lha yg terdekat ke mekah. klo kebarat muter dulu. ada juga yg mengatakan mekah adalah pusat bumi.. makin pusing dah.. :D

klo bumi bulat umat islam di indonesia punya dua kiblat pertama arah barat plus +/- 30° sedikit ke utara.. kedua arah timur plus bbrapa derajat ke utara (versi mutar dulu) klo kita tinggal di afrika kemana arah kiblat?? (saya belum pernah ke afrika) barat/timur? klo ke barat mutar dulu klo ke timur paling dekat. klo tinggal di itali kiblat tentu arah selatan yg paling dekat (gak pernah juga ke itali). konon ada juga yg mengatakan mekkah adalah pusat dunia yg dahulu berada di yerusalem dan saya percaya karna Allah Swt dan mencintai Rasul nya.. makin bingung dah.. :D

Ikutan nimbrung, komentarnya sangat banyak, sy tidak tau apakah pertanyaan saya ini sudah ada yg menyampaikannya sebelumnya. Pertanyaan saya adalah, jika helikopter terbang ke atas kemudian diam di atas (tidak melaju) selama 1 jam, misalnya, apakah bumi akan berputar meninggalkan helikopter, atau bumi tetap diam dan tidak berputar/berrotasi?

oh google yang kebanyakan hasil cgi.. boleh saya bilang mas bikin asumsi di atas asumsi? saya tidak terlalu paham sains ataupun paradigma tentang agama. bumi bulat atau datarpun tak jadi soal buat saya. hanya saja benar kata mas agung hartadi, dasarnya mas sudah sains (melogikakan) .. dan lucunya kalo teori bumi bulat mau ngga mau harus percaya teori bigbang (yang katana sebuah anomali kebetulan) juga si darwin manusia berevolusi.

jadi intinya kita ada karena kebetulankah? (mengenai terbentuknya bumi lewat big bang)

atau nenek moyang kita seekor manusia purba? sedikit seperti monyet?

saya ngga sepandai mas menganalisis cuman albaqoroh ayat 2 pun bunyinya masih tak menjelaskan dasarnya.

kalo kesimpulan saya sih mas hanya melihat dari sisi sains, akan lebih bijak jika menggabungkan dengan ilmu yang lebih tua dari sains, yaitu agama

maaf mas .. sukses terus buat analisisnya,

Ini pertanyaannya kyak jebakan batman, hheheheh...

hmhmhmh capek juga mulut..''? baca isi smuanya.heheheh.. gak apalah.. Bumi berputar pada porosnya

hubungannya dengan Habibie apa? Kok penjelasannya sedikit sekali? Adakah beliau memberi pernyataan atau pengumuman resmi?

Satelit kalau bener-bener ada sih harusnya hancur di termosphere. suhunya bisa ribuan derajat celsius. Ketika material yg dipake material superkonduktor dengan metode piping untuk mengalirkan panas.. Setelah mengorbit dalam waktu lama rasanya aneh kalau ga terbakar/ gangguan sinyal.. Biasanya satelit diganti 5 thn sekali..

Kedua kalau memakai konsep sains-agama.
Agama saya menyebutkan bahwa 1 hari di akhirat 1000 tahun di dunia. Kalau menyangkut teori relativitas sesuai teori bumi bulat.. Rentang waktu 1000 tahun bumi ada di tempat antara pluto dengan galaksi andromeda menurut perhitungan saya.. Apa iya akhirat sedekat itu?

Ketiga dari sisi culture.. Pernah melihat lambang yinyang?
Kita berpikir terinspirasi dari apakah itu? Sedangkan rasul bilang tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina..

Saya sendiri bukan pro FE atau GE. Saya hanya merasa FE lebih masuk akal jika dikorelasikan dengan kitab suci.. Walaupun ulama bilang bumi itu bulat, dalam berbagai hal agak kurang masuk akal. Di FE juga ada beberapa hal yg sulit untuk dibuktikan

karena skarang sudah ada teknologi pengindraan jarak jauh, knapa nggak ada yang buat PETA globe(bumi bulat) yang sesuai asliny (bukan hasil AEP). ketika belum ada peta bumi bulat yang jaraknya bener maka penjelasan penulis justru menunjukan kalo jarak yang benar itu kalo menggunakan peta bumi datar yang ketika dikonversi menggunakan AEP yang membuat jarak anatar suatu titik belum tentu benar...

Bumi datar ? Misalnya kita melakukan perjalanan ke sudut bumi apa yang terjadi ? Kita bisa melihat kebawah ? Atau gimana ? . maaf ane gabaca semua penjelasan agan. Cuma penasaran aja. Yg betul bumi bulat atau datar ? . kalo bumi datar. Bagaimana dengan planet lain ? Dan bagaimana dengan matahari dan bintang2 lain ? Datarkah ? Dan jika memang datar bagaimana kita berotasi dan berevolusi ? Terimakasih sebelumnya.

Admin nya goblok, elu sepintar apa untuk membuktikan dunia ini bulat..
Atau elu sepintar apa membantah dunia ini datar..
Para ilmuwan yg tergabung dalam konspirasi bumi datar, mereka sdh melakukan riset, penelitian sains, perbandingan sejarah, dan nilai agama, sudah bertahun tahun..

Bru nonton youtube, googling sebentar ehh sudah bisa menyimpulkan bahwa flath earth adalah bohong..

Kasian..

TERLAKU DIPAKSAKAN, ADMIN ANEH. UDAH BUAT ARTIKEL TAPI TAK BISA BERTANGGUNG JAWAB DENGAN APA YANG DIA TULIS SENDIRI.
SAYA SUDAH MEMBACA SEMUA ARTIKEL YANG ANDA TULIS, KESAN YANG SAYA DAPATKAN "TERLALU DIPAKSAKAN"

Pertanyaan buat mimin
1. Bagaimana cara perhitungan gerhana berdasar jarak matahari bulan dari bumi versi NASA, apakah bisa diperhitungkan dengan tepat seperti siklus saros?

2. Jika satelit benar2 ada, bagaimana bisa bertahan dalam jangka waktu yg lama dengan kecepatan tinggi??apakan material yg digunakan lebih kuat dan lebih canggih dari jet berkecepatan 3 kali kecepatan suara??

Itu saja dulu pertanyaan dari saya.

Kenapa operasi percobaan nuklir rusia dinamakan operasi FishBowl?

Kita semua mahkluk yang diberikan akal. Ini bagus karena ini adalah sebuah pemikiran yang mana klo kita tuju pasti ke agama,kita adalah makhluk yang sedang memikirkan tuhanya, bisa di lihat pada surat al-imran ayat 190. Seakan2 langit dan bumi yg kita pelajari ini adalah pemikiran kita kepada tuhan ( allah bagi muslim ).

Saya pribadi meskipun saya sudah melihat video fet dan experiment fet serta nassa, elite global, atau hal yg berhubungan tentang itu. Saya percaya bumi ini apa yg saya lihat oleh mata saya sendiri. Sederhananya saya itu tidak memilih mana bumi bulat atau datar.karena.........
Saya juga tidak tau apakah matahari dekat atau jauh, karena yg kita lihat matahari yaaaaa seperti apa yg kita lihat dengan mata kita sendiri kan ? Benar bukan. bukan mengada2 matahari itu bulat atau cuman lingkaran saja.
Sama seperti bulan, klo kita lihat dengan mata kita sendiri bulan itu seperti lingkaran, belum pasti bulan itu bulat karena ya emang kita blum tau bulan itu lingkaran atau bulat.

Jika ingin lebih mengenal bumi lebih jauh, lebih baik observasi dengan diri sendiri saja, masudnya klo pengin liat bumi itu datar/bulat, lebih baik kita pergi saja ke luar angkasa, kita lihat dengan mata kita sendri bagaimana bentuknya, jangan hanya dari ucapan saja atau video, itu semua bisa di bohongi, lebih baik buktikan sendiri, apapun itu klo ada orang indonesia jd astronot. Kalau dia berbicara bahwa bumi seperti ini Atau di foto, Atau kita buktikan sendiri dengan mata kita sendiri (tanpa omongan tanpa foto) ? Lebih percaya mana ? Foto, omongan atau mata kita ?

Terima kasih semua. Apa yang saya ucapan bukan untuk meruntuhkan bumi ini bulat atau bumi ini datar. Ini kyakinan kalian. Kalian bebas memiliki hak untuk beryakin.

Justru sharusnya kita bertanya2 dan merasa aneh kalo bumi ini bulat?? Kenapa ? Krna bila bumi bulat bgmana kondisi manusia, laut,dan benda2 lain yg berada d bawah bulat nya bumi, knp tdak jatuh. Kbanyakan org akan menjawab krna gaya gravitasi. Tp, carilah satu contoh nyata yg ada d muka bumi yg membuktikan akan adanya gaya gravitasi.

FE semakin menarik untuk dibahas,hmmmm....

ibarat lalat yang terjebak didalem mobil, lalatnya pasti bakal ikut sama pergerakan mobil, gak mungkin nempel dibagian belakang

teori mengenai kubah langit itu benar. karna diatas langit ke tujuh ada Arsy tuhan. dan dalam kitab suci dijelaskan tidak seorang pun bisa kesana. sebenarnya itu yang dikemukakan Al Biruni. seorang Astronom yang memeluk agama islam dan hidup ratusan tahun sebelum gallileo ada akan tetapi tidak diakui oleh ilmu sains. beliau bersumber dari al quran

Saya setuju dg teori bumi bulat. Tapi klo memang HANE untuk ajang Show Off, kenapa artikel atau informasi mengenai HANE baru dibuka setelah 50 tahun kemudian ?? Mohon dijawab

Maaf saya tidak tahu penyebab aslinya(belum saya baca dan cari tahu). Tetapi setahu saya hampir semua teknologi yang dimiliki oleh negara-negara maju akan dirahasiakan hingga batas waktu 50 tahun (atau 30 tahun), ini juga dilakukan untuk modul programming Apolo 11 yang dulunya rahasia, tetapi saat ini sudah bisa diakses umum.

Kalo mau balik ke indo titip hape Docomo ya. Nanti digantiin uangya :p

assalammualaikum wr wb semuanya,,, saya disini bukan pendukung FE atau GE,, saya disini hanya ingin bertanya kenapa bola itu bulat? kubus itu kotak? atau 1+1=2 kenapa bukan 3 atau 4
TERIMAKASIH

maaf sebelumnya saya disini bukan FE atau GE,, diini saya hanya ingin bertanya kenapa lingksrsn itu bulat? kubus itu kotak? atau 1+1=2 kenapa bukan 3 atau 4
terimakasih

kalo bumi datar, kita bisa melihat sisi bumi. klo sisi bumi adalah laut, kita bisa melihat ikan2 seliweran trus ada yg loncat ke planet, eh tp klo ada grafitasi gak akan loncat, ato ikannya gak bisa loncat krna ada efek kaca di sisi bumi. tp seru bisa lihat hhiu dari samping bumi.

Kuncinya ada di antartika, soal pendpat admiral byrd, yg mengatakan bahwa ada "serangan musuh" dari luar serta "kaya akan minyak bumi" yang dapat memenuhi kebutuhan bumi selama beberapa ratus tahun kedepan, serta larangan penerbangan yang melintasi antartika, belum lagi dibangun pertahanan militer disana, menurut saya kuncinya ya hrs melihat fakta ke antartika, baru semuanya bisa terjawab :D
Cuma iseng nulis aja, saya disini untuk belajar, jadi yang saya butuhkan itu diskusi bukan saling mencaci

Setahu saya, bumi bulat sudah dibuktikan baik secara asumsi maupun matematis, dan ada bukti fenomena alam. Kalau penganut bumi datar mau membantah, mesti ada bukti nyata dan perhitungan matematis juga. Saya pribadi masih sangat percaya bumi bulat, apa lagi kata dr.Zakir Naik, dalam Al Quran ada ayat yg menyatakan bumi itu bentuknya seperti telur burung unta, gak bulat sempurna tapi juga gak terlalu lonjong.

Saya mungkin belum nonton semua video dari flat Earth society, tapi sejauh ini saya setuju sama penulis blog ini. Saya belum menemukan bukti dari mereka kalau bumi datar. Saya justru lucu saat video itu, mereka mengatakan "jika tidak percaya silahkan melakukan perjalanan dari utara ke selatan, karena selama ini dari barat dan timur (atau sebaliknya?". Kok nyuruh orang lain? Sok mereka dulu yg melakukan perjalanan itu. Hehe.

Tapi ada pertanyaan yang mengganjal. Kabarnya misi pendaratan Nasa ke bulan itu bohong ya? Yg Neil Amstrong dkk itu. Mendarat di bulan beneran apa ga? Kalau itu bohong, gimana mereka pasang cermin di bulan untuk keperluan mengukur jarak dengab metode gelombang cahaya?

Semoga anda berkenan menjawab. Tetima kasih.

sama seperti teori darwin, semua orang yang penah sekolah kalo di kasi pertanyaan manusia berasal dari apa, jawabnya pasti dari kera, kalo ditanya bumi datar atau bulat, jawabnya bulat,..
itu kan di sekolah, emang begitu jawabanya, mau dibantah kaya apapun pasti ada "PENJELASAN ILMIAHNYA"
jadi biarkan saja, masing2 dengan apa yang dia yakini, ga ada yang maksa untuk percaya bahwa bumi itu datar,
dan kalo ada yang percaya nenek moyangnya adalah kera ya silahkan saja

Kesalahan umum kita adalah bertanya pada orang-orang yang mengacu pada internet.
Kalau mau bukti, jadilah ilmuwan, pergilah ke NASA, pergilah ke Antartika, masukilah lingkaran elite global. Buktikan sendiri.
Kasian mas admin yang punya rumah kalau sampai dipojokkan oleh tamu yang mampir, padahal ia masih sebatas "menyampaikan pendapat". :v
Adalah kesalahan masing-masing yang mudah percaya omongan orang lain senyata apapun kelihatannya. Termasuk omongan saya ini. Eheheh...
Saya pikir yang percaya RE tidak harus percaya big bang, apalagi evolusi Darwin yang truly bullsh*t. Masing2 "segmen cerita" punya teori sendiri yang bisa saling tidak berhubungan.
Btw, banyak yang menyinggung big bang, tapi tidak ada (atau saya yg gktau) yang menyinggung doomsday baik FE-er maupun RE-er.
Min, min?

Yah, kalau untuk teori Darwin, ini juga udah banyak bantahan.

Ga ngerasa juga maksa buat percaya bumi bulat. Silahkan percaya bumi datar. Hehe

Sama kayak teori heliosentris yg menggantikan geosentris. Ini bertahun2 lamanya, meskipun masih ada yg percaya geosentris.

Bisa jadi kalau memang FE yg benar, siapa tahu FE terbukti nantinya.

Keren,salut sama yang berani buat blog ini...

Min mau nanya sebelumnya kalau satelite berotasi dengan kecepatanya,gimana cara dia menangkap suatu objek,apa dia berhenti dulu? Kalau memang berhenti berarti dia nanti terkena gravitasi bumi dong? Makasih .....

Habibi memang pintar, tapi tidak bisa dijadikan alasan bahwa teori bumi datar itu salah.

Terlepas dari adanya Flat Earther Theory, sebagai orang Islam saya yakin bahwa bumi ini datar, setidaknya bertentangan dengan teori solar system yang katanya berdasar kepada SAINS MODERN, mengapa?

Solar system mengatakan bumi ini adalah salah satu benda (planer) yang berenang/melayang di ruang (space) berputar dan mengelilingi matahari.

Al-Quran, yang saya tau bible juga, mengatakan bahwa bumi ini datar atau setidaknyaa banyak bertentangan dengan apa yg diyakini oleh penganut Solar System.

Menurut Al-Quran : Ruang itu ada karena ada pemisahan langit dan bumi. Dengan kata lain tidak ada ruang jika tidak ada pemisahan langit dan bumi. Ingat Langit dan Bumi dulunya adalah satu yang padu. Kemudian Allah memisahkan keduanya. Apa dampak dari pemisahan keduanya? Adanya Ruang.

Dimana matahari, bulan dan bintang berada? Jawabnya adalah diantara (Ruang) langit dan bumi.

Jadi menurut Al-Quran Bumi tidak berenang/melayang di ruang.

Kesimpulanya SAINS MODERN tidak sejalan dengan Al-Quran. Dan Sebagai orang Islam, maka SAINS MODERN tidak benar, karena tidak mungkin AL-Quran yang salah.

Mau lebih lengkap, silahkan baca ini.

http://bakingbrain.blogspot.co.id/2016/08/benarkah-bumi-mengelilingi-matahari.html

Kalo memang ga ada firmament ataupun celestial, Nasa dengan space programnya sudah pasti bisa memotret atau video secara utuh bumi bulat atau datar,,justru karena Nasa mengumpulkan kepingan foto foto menjadi 1 bumi karena memang masih dibawah firmament sih..jd outer space is fake..ga perlu pake sains lihat pake mata kita jg langsung paham.Nasa observe bumi pake dana trilyunan cuma dapet obyek kaya gitu aja, sedangkan FE modal cuma camera go pro ditaro balon cuma 5 juta udah bisa dapet obyek yg sama dgn Nasa..berpikir secra sains itu mumet ga berujung dan menimbulkan asumsi asumsi diluar nalar..berpikir secara manusia dan jangan berpikir secara Tuhan.keblingerrrr!!hehehe

maaf sebelumnya,yang dimaksud terlarang itu adalah melewati tembok antartika,bukan untuk berkunjung disana mungkin.
bagaimana dengan sudut pandang mata kita yang memang pendek ketika melihat kapal laut?karna jika menggunakan kamera kapal tsb akan kelihatan.
terima kasih,maaf saya masih awamm

Gw juga ketawa ngakak saat baca teori bumi itu datar.... Lucu banget ...

Anda tau kenapa dlm Al Qur'an bumi itu datar ? Itu krn memang ilmu Alloh tidak logis.
Itu supaya kita percaya bhwa Alloh benar2 ada.
Jika Alloh logis dlm penciptaan bumi dan langit, maka Alloh itu tidak benar2 ada.
Krn semuanya terjadi secara alamiah ( Big Bang, Evolusi, Bumi Bulat ) dan tdk ada campur tangan Tuhan.
Saya seorg scientist, programmer, analog_digital circuit engineer.

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. "
--QS Ali Imran : 190-191

Km tau kenapa ada hadits Bukhari-Muslim yg menyatakan bhwa dr 1.000 orang, 999 masuk neraka, dan 1 org masuk sorga ?
Itu krn ada Tuhan baru di zaman modern ini : Science.
Science itu logika. Tp ketika dasar logika pertama salah, maka seterusnya jadi salah.
Dasar logika pertama adl bumi itu bulat ( dari NASA ), lalu dasar2 setelahnya mengikuti.

Bukan ulama islam yg sepakat bahwa bumi itu bulat.
Tp ulama2 di luar Arab Saudi ( Mesir, Turki, Syria, Yaman, dll ) yg sepakat bhwa bumi itu bulat.
Ulama Arab Saudi membaca Al Qur'an secara dzahir, sedangkan ulama2 di luar Arab Saudi senang sekali membuat tambahan2 penafsiran sesuai pemikiran mereka.

https://www.youtube.com/watch?v=RqGt0YV1AMQ

Itu krn sains diciptakan untuk menyembunyikan Tuhan.
Krn penciptaan bumi n langit itu tdk masuk akal, dan org kafir tau bahwa itu tdk masuk akal, mereka tau bahwa bumi itu datar... tp karena kesombongannya n menolak keberadaan Tuhan, mereka tetap melogika-kan proses terbentuknya bumi secara alamiah ( Bumi Bulat, Evolusi Darwin, Big Bang ).

Di Al Qur'an jelas dikatakan : diratakan = flatened.

Dan ulama2 Arab Saudi mengajakan pada para mahasiswanya bhwa bumi itu datar, krn mereka perpegang pada makna dzahir Al Qur'an... sedangkan ulama2 di luar Arab Saudi suka sekali menggunakan pikiran2 mereka sendiri, seperti kata "telur burung onta".

Mobil itu ada dindingnya, jadi gaya sentripetal berlaku dan lalat ga nempel.
Tp coba semua dinding mobil dihilangkan, bangku diratakan, n disisakan kaca belakang... maka lalat akan nempel di kaca belakang.

Setuju, bumi memang harus datar supaya kiblatnya tepat.

Org yg paham sains akan melihat sains secara keseluruhan, bukan sepotong2.

Pendaratan darurat itu mencari bandara dg jarak terdekat.
Jarak Bali-Alaska itu lbh dekat daripada Bali-LA dalam peta bumi datar, tp dalam peta globe justru lebih jauh.

Ini justru pukulan telak pada teori bumi bulat.

Tidak ada org yg mengeksplorasi kutub selatan selain Captain Cook, yg dia jg akhirnya balik lagi krn tdk menemukan ujung kutub selatan... yg memang tdk berujung.

Kalo tdk percaya cari pulau2 di Antartika di Google, lalu hubungkan dari satu pulau ke pulau lainnya dg find direction Google Map... maka hasilnya No Direction.
Itulah Treaty Antartika.

Kalo ilmu km sekelas SD, SMP, SMA... maka berhati2 lah dlm menulis.
Krn mungkin ada anak TK yang sekarang sudah mulai pegang gadget n tersesat dg info blog ini.

Setuju 100%.

Bahkan Majelis Fatwa Arab Saudi pernah membuat fatwa "Barang siapa yg percaya bahwa bumi itu bulat, maka dia kafir."

Orbit itu dibuat berdasarkan imajinasi science fiction.

Sesuatu itu bergerak kedepan karena ada yg didorong dibelakangnya.
Pesawat bs melaju itu krn mendorong udara di belakangnya.
Dlm keadaan hampa udara, tdk ada yg didorong, maka satelit tdk bs bergerak sama sekali, hanya mengeluarkan api pembakaran.

Betul 100%.
Kebodohan science jaman sekarang adl mereka tdk melihat realita, tp hanya konsep di atas konsep diatas konsep.

Klo petanya menggunakan peta globe ya mesti pesawat Garuda Indonesia nyemplung ke luar angkasa :P

Dlm bumi datar itu ada 3 kemungkinan ujung bumi :
1.) Bumi tdk berujung ( seperti perjalanan Captain Cook )
2.) Bumi memiliki ujung, tp kaum iluminati menyembunyikannya dg Treaty Antartica... supaya org2 tdk percaya pd Tuhan, tp pd science bodoh NASA.
3.)Ada dinding yg tdk terlihat yg membuat manusia terasa tdk sampai2 ke ujung, dan hanya berjalan ditempat.

Menurut logika bodoh manusia, bumi seharusnya memiliki ujung... tp jika bumi memiliki ujung maka konsekuensinya Tuhan itu tidak ada... krn logika manusia benar ttg terjadinya alam secara natural, dan Tuhan salah.

Setuju 100%.
Org2 seperti admin ini yg bakal masuk golongan 999 yg masuk neraka krn menjadikan Science sbg Tuhannya... dan menolak kebenaran Al Qur'an.

Flat earth secara ilmu pengetahuan adl 100% benar.

Krn si Admin itu bodoh.

Kubah langit itu memang benar2 ada.
Alloh menciptakannya tdk tertembus n jg tdk retak2. ( dlm Al Qur'an )

Itu karena photoshop n video editing canggih baru ditemukan 50th kemudian.

Bola = bulat, kubus = kotak, 1+1=2... itu cuma penamaan/simbol.
Klo misal urutan angka itu : 1 5 4 2 3... maka 1 + 1 = 5.

Sama seperti gravitasi. Gravitasi juga penamaan dr imajinasi seseorg.

mungkin sebaiknya, jika kita mengkaji sians, kita juga harus mengkaji agama. Karna bumi ini yang punya adalah pemiliknya. jadi terlalu sombong kita kalau membicarakan punya YME tapi ga masukin2 Tuhan.

Dari sudut pandang saya, sepertinya si pembuat video tidak terlalu mempermasalahkan bumi datar atau tidak. tapi terlihat mempermasalahkan rahasia yang telah di sembunyikan oleh elit global yang katanya pendiri new world older.


Yang jelas Allah berfirman dalam Alquran bahwa matahari dan bulan bersujud kepada Allah mengitari bumi dan Allah tiada menghadirkan iblis,syaitan, apalagi manusia dalam penciptaan langit dan bumi Alquran dengan jelas memaparkan Allah lah yang maha mengetahui rahasia langit dan bumi bukan Nasa apalagi Nasa sering mengklaim dan memprediksi hari kiyamat Astagfirullah ini sebagai bentuk apa Nasa ingin mendahului kehendak Allah . dan jelas Rasulullah membenarkan peta bumi datar sebelum Galileo meningkarinya. dan Sekali lagi Allah tidak menghadirkan manusia dalam penciptaan langit dan bumi jadi Manusia seperti stepen hawkins itu tidak punya hak mencetuskan teori Big Bang seakan akan bumi dan langit tercipta sendirinya. Hanya Allah yang tahu Rahasia Penciptaan Langit dan Bumi dan terakhir jika saya dulu masih mempercayai teori sains modern maka jika ditanya mengapa terjadi hujan? maka dengan mantap dan sombongnya saya menjawab fotosintesis tanpa tersirat sedikitpun mengingat kehendak & kekuasaan Allah (Maafkan Hamba dulu Ya ALLAH) jadi kita mendahulukan kata kata tersebut daripada Kesyukuran . Itulah tipu daya yang membuat kita lupa dan kufur nikmat dan begitu pula reaksi saya jika ditanya gravitasi. Begitu bahayanya Tipu daya Ilusi Visual ini sehingga dapat merusak Iman seseorang.

Gets better and better...sy pribadi pernah bekerja dikapal. Pada saat kontrak berakhir posisi sy di Vancouver, Canada. Dengan rute kepulangan YVR-ANC-HKG-CGK. Dengan GE rute ini terkesan mondar mandir dengan berbagai alasan. Namun dengan FE rute ini is a straigt line. So you tell me? GE or FE? Ini cuma salah satu rute dari puluhan jam terbang selama 12 tahun.

Just for sharing
Thanks

Saya mau nanya TS yg selalu berfikir berdasarkan logika,soal desain dan kecepatan satelit.Mungkin g satelit MACH 23 yg diklaim melaju lebih kencang dari MACH 3 yg kecepatannya hanya 3x kecepatan cahaya .Pesawat Mach 3 memiliki desain super aerodinamis sedang MACH 23 desainnya mirip keramba Pf goceng,,mungkin g?kalo mungkin berarti enginering tim F1 musti ganti model jet daratnnya

bantu jawab..
diluar angkasa hampa udara, jalannya satelit sangat mulus tanpa gesekan,
pessawat berbeda dengan satelit di pesawat ada gaya gesek bodi pesawat dan udara.
kalo f1 ada gaya gesek di bodi mobil dengan udara trus di ban ada gaya gesek antara ban dan aspal,
kurang lebih begitulah penjelasan si admin mengenai bentuk satelit

kalo diskusi gunakan bahasa yang santun, kalo dia bodoh ga mungkin si admin bisa sekolah sampe di jepang, beda pendapat itu boleh tapi harus menghargai, toh hal ini tidak akan membuat kalian mati kelaparan jika ada yang berbeda pendapan dengan kalian

kamu berbicara seakan-akan kamu suda di beri tahu oleh Pemilik surga, kita ga tau apa yang ada didalam hati sesorang jangan menfonis sesuatu yang menjadi hak tuhan..
istigfarlah.. bumi datar atau bulat bukan masalah akidah jadi jangan di jadikan maslah besar para ulama pun berbeda pendapat dalam hal ini. semoga Allah memberikan petunjukan kepada kita semua kepada kebenaran.. amin..

Kamu yg harusnya istighfar.
Pemilik surga sudah memberitahu dlm Al Qur'an, tp km tdk percaya... dan menyekutukan dg selain Alloh.

Bukan masalah akidah gimana?!
Justru itu masalah akidah.
Km percaya bahwa Alloh itu ada ?
Klo km percaya maka tinggalkan kelompok Bumi Bulat ( yg mengelilingi matahari ).

Klo km msh percaya bhwa bumi itu bulat n mengelilingi matahari, maka km percaya bhawa Alloh itu tidak ada, dan kamu kafir.
Krn km menyekutukan Alloh dg Tuhan Moderen, yaitu Science.
Science yg menciptakanmu dr hewan melata, dr kera.
Dan science pula yg menciptakan alam semesta ini dr big bang, lalu mjd bumi bulat yg mengelilingi matahari.
Itulah Tuhanmu... Science.

OK bro almanbasir,masuk akal..
Terus knp astronot melayang2 didalam satelit..?.
harusnya dalam satellit msh ada grafitasi,dan astronot tidak terlempar karena satelit bergerak dengan kecepatan tinggii(aksi -reaksi "Newton III" )? dan disitu ada udara.

Soal kiblat yg lurus kedepan
Admin angkat tangan
Gimana nih....
Ente muslim kan?

sory, kalo yang itu saya ga tau, nanti admin atau yang lainnya yang jawab,..

Saya muslim.
saya sholat di Masjid menghadap kiblat.

Yang mengatakan bumi itu bulat ataupun datar, tidak ada yg salah, yg salah adalah apakah mereka mengatakan itu semua benar2 pernah pergi ke luar angkasa untuk mengetahui seluruh keadaan di luar sana..???

Jangan pernah mengatakan ini jika tdk pernah keluar angkasa untuk melihat seluruhnya.

Ok bro,,skalian nanya lagi mumpung ada orang fisika dsni,
ane jadi mikir,apa bener gerhana matahari itu karena ketutup bulan,knp sebelumny si bulan g kliatn datang dari kanan kiri atau samping. Padahal kadang kita msh bz liat bulan mski masih siang.Ane jadi nyesel knp pas gerhana kemaren ane g merhatiin posisi bulan mlm sbelumnya.hadeeh

Video Grand Mufti Arab Saudi Abdul-Aziz ibn Abdullah Al ash-Sheikh.
Sun revolves around the earth says top Saudi Arabian cleric because Quran says so Koran Science.
https://www.youtube.com/watch?v=kh6jqJsq_GU

pertanyaan yang di ajukan kepada syekh fauzan hafizahullah adalah, apakah matahari mengelilingi bumi atau bumi mengelilingi matahari berdasarkan ayat, "wassamsi tajri limustaqarrillaha"
jadi jangan bilang beliau mengatakan bumi datar, coba tunjukan kalimat beliau yang mengatakan bumi datar, dimenit ke berapa?
si admin sudah berulang2 kali mengatakan dia tidak mau membahas masalah agama disini, jadi biarlah disini kita diskusi diluar pembahasan agama, silahkan bertanya dengan sopan jika si adminya bisa jawab atau yang lainnya kemungkinan akan di jawab

baik bulat ataupun datar bumi ini,semua yang kita dapatkan ini sebatas informasi,..tapi tentunya tidak sampai disitu kita diberi akal untuk mencari reprensi untuk membantu menemukan kebenarannya...salah satunya dengan kitab suci (alquran dalam hal ini sebagai imam seorang muslim)agar valid,,,saint tentunya tidak akan bertentangan dengan agama...jika saintnya benar,karena saint bisa menjadi pembukti juga bahwa keyakinan kita berdasarkan agama itu kemudian terbukti benar ada nya,...saint tidak bisa bertentangan dengan agama dalam hal ini agama dan saint itu harus seiring sejalan dan saling menguatkan....saya setuju dengan pendapat saudara oktar ahmad diatas,..silahkan disimak saja,...jadi kesimpulannya,semua informasi yang kita daptkan selama ini belum tentu kebenarannya,adakalnya info yang dapatkan juga malah menyesatkan,,,,maka dalam alquran diterangkan kurang lebih"jika diantara kalian ada bersilang pendapat tentang suatu perkara,maka kembalilah kepada firman tuhan...kan jelas sudah?...apa jawaban yang valid menurut alquran,tentang semua ini,..saya tidak akan mengulasnya,tapi BANYAK ayat suci alquran yang menerangkan bentuk bumi yang sebenarnya,tidak hanya di satu surah loh,banyak.....dan ketika anda mendapatinya nanti?....maka itu kembali kepada anda,...dan bagi saya pribadi ketika mendapatinya?maka skak mat!...

Bagaimana kondisi di bumi datar atau bulat, kita gak bisa pastiin kalo kita belom bisa melihat dengan jelas secara keseluruhan bentuk bumi, kita hanya bisa mengada2, alquran pun sudah bnyak yang di tambah2 , jika mau kebenaran silahkan bikin mesin waktu dan kembali ke jaman rasulullah, bumi itu besar, jadi kita gak bisa merasakan kalo bumi itu datar ato bulat, dan saya mau tau sebelum nya, di mekkah org mengitari kabbah, untuk apa mengitari kabbah?

Asumsi admin sangatlah bagus,
Saya orang non muslim tapi agama saya mengajarkan bahwa ilmu tanpa agama sama saja dengan orang buta. Dari sudut pandang saya melihat realita kehidupan sekarang kebanyakan orang hidup di kotak-kotakan. Saya tidak pernah menyalahkan adanya ilmu pengetahuan tapi pernahkan anda berpikir bahwa ego manusia sekarang terjadi karena menganggap pengetahuannya paling benar dan mengabaikan adanya Tuhan Yang Maha Esa.

Orang yang tidak percaya pd Al Qur'an pada dasarnya tetap tdk akan percaya... itulah kesombongan.
Bahkan jika tdk ada bukti sekalipun, bahkan jika seluruh dunia menyelisihi Al Qur'an, muslim haruslah percaya pd Al Qur'an.
Bacalah fatwa2 Saudi Arabia dg baik2, terutama dr Grand Mufti Abdul-Aziz ibn Abdullah Al ash-Sheikh... dan bacalah Al Qur'an.

Top Islamic Scholar Says The World Was Created Flat.
https://www.youtube.com/watch?v=g84g2KJcUV0

Muslim scientist says world is flat and the sun revolves around the earth because Quran says so.
https://www.youtube.com/watch?v=zseOtQscFMA

Kalau menurut saya orang yang menulis blog ini sebenarnya hanya menginginkan blog ini rame pengunjung disebabkan oleh kehebohan tentang flat earth dan berusaha menyangkal fakta" yang ada di video FET dengan asumsi dan opini nya sendiri,bahkan dia sendiri mengaku dia hanyalah mahasiswa yang hanya tahu b.inggris dan b.indonesia dia hanya mencari sangkalan tersebut dari google dan tak lebih dari seorang yg menginginkan debat kusir yg dijelaskan di FET .dia hanya menginginkan blog ini rame,ya kalo tidak percaya ya terserah itu hak anda tapi tolong jangan memberi tanggapan tentang apa yang tidak anda mengerti,kalo cuma modal searching saja anak tk juga bisa

Tolong jangan memberi pembodohan hanya karena ingin popularitas,itu sama saja menjerumuskan manusia ke dalam lubang yang lebih dalam lagi

anda sudah belajar berapa tafsir AlQuran? sudah setinggi apa ilmu anda menerjemahkan AlQuran? sudah belajar sejauh apa tentang AlQuran, Ayat2 AlQuran itu hanya untuk orang2 yang berfikir, menelaah, nggak mengambil mentah2 saja, asal nelan apa yang dimakan, memang beberapa ayat di AlQuran ada yang hanya milik Allah SWT lah ilmu nya, tapi AlQuran juga meminta kita untuk berfikir, mencari, meneliti.
Sudah tahu apa anda tentang hadist? ada hadist yang mengatakan kalau ada satu orang yang nggak ikut shalat jamaah di masjid, rumahnya harus dibakar, apakah itu memang maksud dari hadist tsb? dan banyak lagi, kalau memang semudah itu menerjemahkan ayat2 AlQuran, hadist, dsb, nggak akan ada ilmu tafsir, mustholah hadist, balaghoh, nahwu dsb. jadilah muslim yang berfikir

bumi itu bulat tapi seolah kita rasakan datar seperti diatas hamparan dan tidak ada yg jatuh ke luar angkasa karena gravitasi bumi yg diciptakan Allah dan itulah tanda kuasa Allah. Makanya kita disuruh mikir " dan bumi bagaimanakah ia dihamparkan? " Al-gatsiyah :20 .

Seolah olah Allah bilang " coba kalian pikir kekuasaan-Ku, kalian diatas/dibawah benda bulat tapi gk ada yg tergelincir gak ada yg jatoh kan? rasanya kaya jalan diatas karpet kan? "

Video terbaik yg ( dulu ) pernah kutonton ttg flat earth.
( durasi video 6 jam -- aku nonton sampe selesai )
https://www.youtube.com/watch?v=GhRiLP32qfs
http://www.atlanteanconspiracy.com/2016/08/the-best-flat-earth-documentary.html

kalo bumi datar....., maka logikanya kalau sekarang siang di belahan bumi lain juga siang. Tapi kita tahu di Turki itu sekarang masih malem brooo... coba deh lo pikir brooohhh

ada 2 pembahasan dalam tulisan Anda yang pertama mengenai kepercayaan kepada al-quran, yang ke 2 fatwa dr Grand Mufti Abdul-Aziz ibn Abdullah Al ash-Sheikh,
saya jawab. yang pertama, semua muslim yang meyakini bumi bola tidak ada yang meragukan kebenaran Alquran, ulama besar seperti syekhulislam ibnu taymiyah, dan syekh nasrudin al-albani berpendapat bumi bulat, silahkan lihat pembahasannya disini
https://muslim.or.id/28368-apakah-bumi-bulat-bola-atau-datar-menurut-pandangan-syariat.html

yang ke dua Anda mengatakan lihat pendapat/fatwa dari Grand Mufti Abdul-Aziz ibn Abdullah Al ash-Sheikh dan anda memberikan link, tapi link vidio yang Anda berikan tidak menunjukan pendapat atau suara atau tulisan dari Grand Mufti Abdul-Aziz ibn Abdullah Al ash-Sheikh, silahkan periksa kembali vidio yang Anda berikan, dan perhatikan siapa yang berbicara didalmnya.
masalah bumi datar atau bumi bulat adalah beda pendapat diantara ulama,
saya juga berpendapat bumi datar tapi saya tidak memaksakan pendapat saya yang kebenarannya masi diperdebatkan diantara ulama dan ilmuan, jadi mari kita bediskusi untuk menambah wawasan tanpa harus melontarkan kata2 kasar, karna kata2 menunjukan karakter dan kecerdasan sesorang
demikian, wallahu a'lam

Bumi itu kayak telor burung onta bentuknya. Gue udah mengelilinginya dan ternyata emang bener telor onta itu lonjong.

Kok anda tau ada anak tk nyasar?

Pa Habiebie kan ilmuan mampu membuat pesawat. Ilmuan artinya luas tergantung bidangnya. Pa habibie bukan peneliti bumi apalagi antariksa. Jangan hanya karena beliau bisa buat pesawat langsung dibilang ilmuan yg bisa mengerti semua teori antariksa. Beliau saja belum pernah melakukan penelitian bersama NASA koq bisanya dibawa-bawa.

Quote kata3 anda :Menurut logika bodoh manusia, bumi seharusnya memiliki ujung... tp jika bumi memiliki ujung maka konsekuensinya Tuhan itu tidak ada... krn logika manusia benar ttg terjadinya alam secara natural, dan Tuhan salah.

Pertanyaan saya: bumi yg memliki ujung itu apakah yg bulat atau flat? Seperti kontradiksi pernyataannya dgn yg sy qoute.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

@mubarak21, kesimpulan kamu 100% salah, karna:
1. kamu sangat bersemangat sekali sampe lupa, kalo setiap muslim meyakini alam semsta tercipta karna ada kehendak tuhan, sama seperti Proses pembuahan di dlm rahim wanita, apakah tuhan yang menciptakan janin atau sperma dan ovum yang menyebabkan tejadi penciptaan manusia. begitu juga dgn peristiwa big bang.
2. setiap muslim meyakini adanya campurtangan tuhan dalam segala hal, termasuk peristiwa bigbang, jika kamu tidak sependapat dengan itu maka coba cari dan buktikan 1 saja ucapan atau tulisan seorang muslim yang meyakini bumi bola bahwa bigbang tidak ada campur tangan tuhan? jika tidak ada maka kesimpulan kamu SALAH LAGI,
3. teori bigbang adalah teori dari org non muslim, ketika teori ini di ajarkan dikalangan muslim tetap diterima namun tidak melepaskan campurtangan tuhan disana
sy bukan membela pendukung bumi bola tetapi sy membela muslim yang kamu tuduh dengan tuduhan yang tdk benar. sy juga mencoba nengerem semangat kamu yang menggebu2 yang telah melabrak logika sehat mu. sy meyakini bumi datar tp menghormati aliran bumi bola, tidak mengkafirkan mereka yang muslim, karna ini bukan maslah akidah. mau buminya bulat atau datar tuhannya hanya Allah yang maha segalanya

@mubarak 21
wao... semudah itukah majelis fatwa (lajnah daimah) mengkafirkan?? atau jangan2 arab saudi yang anda maksud bukan arab saudi yg sy tau, ini arab saudi di bumi datar atau di bumi bulat, atau jangan2 arab saudi yang ada d mars, kok sy tidak pernah mendengar fatwa seperti itu, hati2 jika membawa2 nama pihak lain, karna bisa mencemarkan kredibilitas mereka, jika apa yang kamu katakan itu benar bisa minta linknya atau rekamannya atau kopiannya, jika kamu tidak bisa tunjukan maka kamu telah BERBOHONG atas nama lajnah daimah arab saudi, dan kamu telah MEMFITNAH mereka dengan TUDUHAN YANG DUSTA, wal iyaujubillah..

@mubarak21, orang yang meyakini bumi bulat masi sholat puasa bayar zakat ada yang suda naik haji,mereka mayakini rukun iman, ada yang hafiz quran ada yang jadi ustat kiyai ulama dan ada yang syekh tekenal ahli hadis, apakah karena mereka meyakini bumi bulat kemudian mereka menjadi kafir?? sangat dangkal sekali pemahaman agama kamu, betapa mudahnya kamu mengkafirkan seorang muslim, bahkan ulama besar sekalipun kamu sebut kafir hanya karena berkeyakinan bumi bulat, istigfarlah sebelum semuanya terlambat..

“Kemudian jika kalian berlainan pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian” (QS. An-Nisa: 59)


Wallahualam

gmn kalo kita patungan buat sewa pesawat untuk cabut ke antartika!
kayaknya asyik tuh....siapa tau bisa bawa pulang anak beruang kutub buat oleh2......

dari dulu saya yakin bahwa bumi itu datar .. gravitasi itu tidak ada rotasi tidak ada.. apalgi revolusi.. gravitasi itu tidak ada .. yang ada berat massa jenis.. jadi yng membuat benda jatuh di udara karena berat benda lebih berat dari berat udara.. jika garavitasi ada maka udara yang nyatanya mempunyai berat massa tapi tidak jatuh tertarik daya tarik bumi.. bisa dijelaskan/?? saya baca hampir buku tentang gravitasi di perpustakaan purwakarta tapi belum ketemu kalo ada yng tau tolong jelaskan.. lalu angin?? angin ada karena rotasi bumi atau perbedaaan suhu di suatu tempat?? jika angin akibat rotasi lalu kenpa ketika malam angin mengarah laut sedagkan siang mengarah daratan yang selalu dimaanfaatkan perahu layar(buku pelajaran SMP) jika rotasi bumi stabil selama ribuan tahun kenapa kecepatan angin selalu berubah ubah.. lalu jika angkasa adalah ruang hampa lah terus roket kebulan geraknya pake apa?? toh api langsung mati.. yang menembusnya cuma cahaya..jangan bilang pake kecepatan cahaya.. ataw daya tarik bulan ataw matahari..itu fakta.. jika tidak ada udara(oksigen salah satunya) yang bisa dibakar jangan harap bisa ada api hidup...

Bagai mana pendapat anda tentang laser test

Itu krn sains diciptakan untuk menyembunyikan Tuhan.

itu jelas salah besar mas,justru ilmu (sains) itu ada untuk membenarkan dan membimbing kita dalam memahami ilmu agama

perlu di ketahui kalau banyak ayat di al-qur'an yang gantung / punya banyak tafsir jadi perlu ilmu pengetahuan untuk memilih mana tafsir yang benar dan yang salah

agama tanpa ilmu itu buta seperti teroris yang mengatasnamakan jihad di jalan Allah padahal tidak begitu

Kalau untuk sekarang ini belum ada kamera untuk mengambil gambar 3d spt bumi,maka dari foto2 yg sdh di ambil satelit2 itu di gabungkan menjadi 1

kalau bingung cara nyatuinnya itu sama kayak fitur panorama pada hp atau yang lebih nyata bulat nya itu pakai app google camera

Menurut saya justru lebih baik spt mas huda

mas huda masih mahasiswa tapi sudahberani untuk mengumpulkan bukti bukti sebenarnya di balik bumi bulat dan bumi datar
di bandingkan orang yang komen tanpa mikir terlebih dahulu

Kita berpikir relevan aja ya, apa ada orang yang mau terbang dari kutub utara ke kutub selatan yang notabene itu adalah jarak diameter bumi belum lagi banyak halangan yang mungkin terjadi nanti nya spt badai atau cuaca buruk belum lagi rute yang di leawti itu diatas samudra luas

Rasa nya tetap gk masuk akal bagi orang yang mau mencobanya apa pun alasannya

Sekarang udah enggak ada lagi orang kesana
memang saat ini nasa lagi ngembangi proyek pesawat hipersonik dan pesawat kecepatan cahaya yang pastinya biayanya enggak bisa di bayangi berapa gede nya itu alasan enggak ada lagi orang yang pergi ke bulan lagi

lalu bagaimana dengan kosmonot muslim yg ke luar angkasa pakai sputnik,mereka bilang bumi ini bulat kok bahkan ada buktinya lagi ?
berarti secara enggak langsung kalian mengatakan kalau bukti tsb bohong dan kosmonot tsb juga berbohong?

Menurut saya jawabannya pasti ada
karena kalau gps hanya menggunakan tower aja itu gk mungkin karena data seluler itu hanya mengandung alamat ip saja spt penelusuran di google yang kadang kadang menyertakan alamat misalnya
bangka belitung dari alamat ip anda yang arti nya kalau menggunakan tower itu arti nya gps hanya bisa mengetahui lokasi besar kita saja dan gps gk akan bisa menentukan lokasi dgn tepat

No 1 sudah di jawab di episode sebelumnya

No 2 jawabannya iya material satelit harus lah sangat kuat karena satelit itu terus terpapar oleh radiasi sinar mathari dan terus terpapar angin surya

Memang benar langit ada 7 lapis sesuai dengan firman Allh SWT tapi mungkin tidak spt itu tafsirannya
karena nyata nya voyager saat ini telah mencapai ujung tata surya (batas terjauh cahaya matahari)dan hampir di pastikan tidak dapat lebih jauh dari itu lagi karena seperti ada medan pelindung yang harus di lewati untuk lebih jauh dari itu mungin inilah yang disebut sebagai Arsy

yang saya kemukakan tadi dapat di lihat di wikipedia dengan k.kunci "tata surya"

Berfikirlah sebelum berbicara, semua yg ada di alam semesta ini adalah milik Allah, dan Allah lah yg mengetahuinya, jd pertimbangkanlah setiap kata-kata yang akan anda pakai dalam menanggapi suatu hal, sebagai hambaNyA hanya sedikit yang kita ketahui, jd janganlah sekali-kali menghakimi satu pendapat demi pendapat yang lain, pertimbangkan lah.

Mereka yg terlalu yakin dengan suatu hal (kecuali agama) pdhal sendirinya jg tidak tau pasti nya. Saya hanya bisa menghela nafas panjang, bak katak dalam tempurung. Kasian sekali, sungguh kecil dunia mereka. Memfonis pihak yg tak sejalan, seakan di beri wahyu oleh sang pencipta.
Terlepas saya flater atau tidak. Sebenar nya saya hanya ragu pada semua hal yg ada bersangkutn dengan elit global, hollywood dan para organisasi bawah tanah yg mengendalikan politik serta ekonomi dunia.
Memang benar cuplikan adegan dalam film yg di suguhkan oleh para FE bahwasan nya masyarakat itu bodoh. Paradoks sekali rasanya mengetahui pola pikir manusia. Alexander grahambell pun sempat di anggap gila sebelum dia berhasil dengan penemuan nya. Atau nasa yg sempat di agungkan karna sering piknik ke bulan serta melayang layang di ruang tanpa gravitasi yg ternyata cuma aksi tipu-tipu. Namun pada akhir nya semua mulut besar yg sok benar terpaksa menjilat ludah sendiri ketika kelak fakta telah mengalahkan opini.

Menurut saya kita berpkir dulu dari awal, kenapa kita percaya bumi ini bulat? Bertanyakah kita sblum menerima itu dulu? Pdhal tanpa bukti yang bener2 kitabgtu sja percya, dan skrg ada bumi datar yang menunjukan bukti yang bisa dinalar oleh mata kita, kenapa baru protes? Dulu kenapa bumi bulat gk dipaksakan untuj menentangnya? Apa krena apa pilihan pendpat jdinya bru saling bela teori? Bumi bulat siapa yang bisa buktikan??? Bumi datar siapa yang bisa??? Belum ada yang bisa jelasin ke manusia, manusia terbtas kebanyakan ego sok paling pintar paling berkuasa dan paling diakui manusia lain, ini sudah jelas hakikat sifat dasar manusia gk bisa dipercaya,

Maafkan jika saya salah bicara atau apalah yg membuat anda sekalian merasa tersinggung.
Sejatinya kita hanyalah manusia yg sangat kecil dimata Allah, Waulahhualam, bnyak org menafsirkan bentuk bumi, tetapi apakah ada org yg berhasil melewati antartika?apa yg ada diujung antartika?bukankah antartika juga bagian dari isi bumi. Lucu menurut saya jika org menafsirkan bentuk bumi tetapi dia saja belum sepenuhnya lagi meamati bumi dari ujung keujung, satelit saja pun mengambil gambar bumi dari beberapa bagian bukan?

«Paling tua   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 329   Lebih baru›   Terbaru»

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top