Pengertian Katalis - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian Katalis


Dalam ilmu kimia pengertian katalis merupakan pengetahuan dasar yang sangat penting. Karena  penggunaan katalis merupakan praktek yang sangat umum dalam industri kimia. Selain dalam industri, katalis juga digunakan di dalam laboraturium untuk mempercepat reaksi kimia dalam suatu penelitian.
pengertian katalis

Suatu reaksi kimia terkadang memerlukan waktu yang lama untuk memperoleh produk. Oleh karena itu para ilmuwan memanfaatkan katalis untuk mempercepat laju reaksi. 

Pengertian Katalis

Katalis merupakan zat atau senyawa yang dapat menurunkan energi aktivasi dari suatu reaksi kimia, sehingga reaksi dapat berlangsung dengan cepat. Dalam proses reaksinya, katalis tidak akan mengalami reaksi dan tidak akan berubah ketika reaksi telah selesai. 

Pada sebuah reaksi kimia yang berlangsung, dibutuhkan energi untuk pemutusan iktan kimia (senyawa reaktan), energi ini disebut energi aktivasi. Dengan adanya katalis dalam reaksi, maka senyawa katalis akan mengatur terjadinya reaksi agar berlangsung dengan jalur yang berbeda dengan energi aktivasi yang terendah yang bisa dicapai. Dengan menurunnya energi aktivasi ini, maka reaksi dapat berlangsung dengan lebih cepat. 

Reaksi Katalisis dan Penurunan Energi Aktivasi

Prosesnya ialah katalis akan berikatan dengan reaktan, kemudian akan terjadi pemutusan ikatan pada reaktan, setelah itu terjadilah pembentukan produk. Mekanisme ini berlangsung jauh lebih cepat dibandingkan dengan perubahan langsung dari reaktan menjadi produk. 

Sumber Gambar: http://chemwiki.ucdavis.edu/

Pada contoh kali ini, merupakan reaksi pembentukan Trans Butena dengan menggunakan katalis Iodine. Prosesnya ialah sebagai Berikut:

  1. Disosiasi Iodine
  2. Elektron dalam atom Idine akan menyerang cis-Butena
  3. Terbentuklah radikal I-Butana- ikatan pada senyawa radikal ini dapat berputar (rotasi) sehingga posisi dari atom CH3/Metil dapat saling bersebrangan(Trans-). Bersamaan dengan itu Iodine akan lepas.
  4. Iodine akan berubah ke dalam keadaan stabilnya yaitu 1/2 I2
Diagram energi aktivasi dalam keseluruhan proses ini diterangkan dalam grafik dibawah ini:
Sumber gambar: http://chemwiki.ucdavis.edu/

Dari grafik bisa kita lihat bahwa energi aktivasi dalam reaksi katalisis mengalami penurunan mencapai setengahnya. Sehingga bisa dipastikan bahwa reaksi ini akan berlangsung jauh lebih cepat daripada reaksi tanpa katalis I2.

Contoh Katalis

Ada banyak sekali katalis yang umum digunakan dalam reaksi kimia. Berikut ini beberapa contoh katalis dalam reaksi kimia. 
  1. MgO2 /Magnesium(IV) Oksida: Dekomposisi Hidrogen Peroksida
  2. H2SO4 /Asam Sulfat pekat: Nitrasi Benzena
  3. Fe /Besi: Produksi Ammonia dari Proses Heber
  4. V2O5/ Vanadium Oksida: Reaksi pembentukan SO3/Sulfit dari SO2/Sulfur Dioksida
  5. Enzim: Reaksi penghancuran  gula kompleks menjadi gula sederhana (amilase)
Dua bidang kimia yang membahas katalis secara spesifik ialah kimia fisika yang fokus dalam kinetika reaksi kimia dan biokimia yang fokus dalam mempelajari enzim merupakan katalis dari semua proses kimia dalam tubuh makhluk hidup.

Sumber:
Brien O' P., Chemistry Foundation Tier, 2001, Oxford University Press

http://chemwiki.ucdavis.edu/Core/Physical_Chemistry/Kinetics/Complex_Reactions/Catalysis

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top