Flat Earth Theory - Pembantaian Sains dan Logika #part2 - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Flat Earth Theory - Pembantaian Sains dan Logika #part2


Lanjutan dari ulasanku tentang Teori Bumi Datar #part1, kali ini ialah flat earth theory - pembantaian sains dan logika. Tulisan kali ini merupakan kritikan informasi tambahan dari video ke 2 dari channel Flat Earth 101, yang bisa diakses disini:
https://www.youtube.com/watch?v=pwISPmo92M8&list=PLQt5a4m_Y05VI4WwgOLKxWXIw655PlHH2&index=2

Flat Earth Theory Pembantaian Sains dan Logika

Tidak Menggunakan GPS atau Tidak Menggunakan Satelite?

Isu kontroversial pertama dari video ke 2 ini ialah pernyataan bahwasannya GPS tidak menggunakan satelite. Kemudian ditampilkan di video pernyataan dari Google bahwa akses My location(beta) pada Google Map tidak menggunakan GPS, sehingga handphone hanya akan mengakses tower sinyal telepon saja. 

Saat mendengar dua pernyataan ini, sebenarnya ada yang aneh. Kenapa? Karena pernyataan pertama ialah "GPS tidak memerlukan satelit" artinya, GPS itu ada tetapi tidak menggunakan satelit. Berbeda sekali dengan pernyataan (yang katanya dari google) "My location tidak memerlukan GPS, sehingga mengakses tower" artinya, Google tidak menggunakan GPS, atau GPS tidak pernah ada. Tetapi pembuat video mengarahkan agar kita berfikir bahwa GPS tidak menggunakan Satelit, makanya dia mengulang-ulang kata "tidak menggunakan satelit".

Memang pernyataan-pernyataan ini diseting sedemikian rupa untuk mengelabuhi pikiran penonton video. 

Ini informasi pentingnya, video dari google yang dipotong itu ialah keterangan google tentang fitur My Location(beta) yang terdapat dalam Google Map. Jadi fiture My Location tidak menggunakan GPS dan hanya akan mengakses tower telepon.  Tetapi penggunaan my location hanyalah lokal saja, untuk menunjukkan alamat/lokasi ketika kita sedang berada di suatu wilayah. Bagaimana kalau kita memerlukan informasi tempat yang sangat jauh (non-lokal)? Misalkan kalian hari ini akan jalan-jalan ke Jepang, sementara kalian nggak tahu lokasi mana yang akan kalian datangi itu? Maka yang kalian butuhkan ialah fitur seluruhnya dari Google Map karena kalian harus cek peta Jepang, nah apakah kalian bisa menggunakan tower terdekat? Jelas nggak bisa, karena ini bukan lagi cakupan yang lokal. 

Google Map menggunakan GPS dan satelite. Google sendiri punya 180 satelit lebih di luar angkasa, ini untuk menunjang semua teknologi Google yang bisa kita nikmati saat ini. Dari satelite tersebut kita bisa mengakses Google Map dan Google Earth. Data navigasi dari satelite luar angkasa yang dimiliki google ini akan dikirimkan ke menara-menara kontrol di bumi, jadi menara kontrol di bumi ini fungsinya seperti tempat penyimpanan. Kenapa disimpan di menara kontrol? agar kita dapat dengan cepat mengaksesnya, tanpa perlu mengakses satelit. Data seperti peta lokasi ini kemudian diupdate oleh google setiap seminggu atau dua minggu sekali (tergantung lokasi tempat terhadap satelite).  Dalam membuat teknologi secanggih Google Map dengan presisi yang tinggi (untuk jalan-jalan dan gang) Google menggunakan banyak sekali teknologi, diantaranya; GPS, Satelit, drone bahkan mobil yang membawa kamera. Jadi jangan salah kaprah bahwa Google cuma butuh drone. 

Asal Muasal Minyak Bumi

Ini salah satu pembahasan yang paling keren di video2 menurutku. Karena sudah menjadi paham pakem dan bisa dikatakan doktrin bahwa minyak bumi itu berasal dari Fossil. Aku nggak nyangka kalau Flat Earth Theory juga akan membahasnya. 

Karena ini sangat erat kaitannya dengan ilmu kimia, maka ini menarik buatku. Yang pertama terkait bukti bahwa memang fosil adalah benda padat dan minyak ialah benda cair. Ini bukti yang sangatlah lemah, karena memang di dalam bumi dengan tekanan temperatur yang sangat tinggi, fossil sekalipun akan bisa meleleh dengan mudah. Begitu pikirku, tapi pernyataan berikutnya yang membuat aku berfikir ulang. Bahwasannya fossil ditemukan pada kedalaman 2.3km sedangkan minyak ditemukan hingga kedalaman 10km. Nah fakta ini membuat aku berfikir ulang dan menkonfirmasi. 

Kata fosil berasal dari bahasa inggris fossil yang berarti;
any remains, impression, or trace of a living thing of a former geologic age, as a skeleton, footprint, etc. 
Maka yang dimaksud dengan fosil pada pengertian minyak bumi ialah semua jasad renik yang sudah mati ratusan tahun yang lalu. Pembuat video dengan cerdas menggambarkan dinosaurus pad videonya, agar pikiran kita hanya berfikir bahwa fossil itu dinosaurus, dan fossil dinosaurus itu adalah batu padatan dan ada dikedalaman 2.3km. Padahal yang dimaksudkan fosil pada pengertian minyak bumi, bukan hanya dinosaurus, tetapi semua organisme hidup (termasuk bakteri, lumut, ikan, dll) yang telah mati ratusan atau jutaan tahun yang lalu.

Kalau sudah benar pemahaman kita tentang fosil maka bukan suatu yang aneh kalau minyak bumi berada di kedalaman 10km. Karena pada zaman dahulu banyak sekali makhluk di lautan, nah makhluk ini mati kemudian menjadi jasad renik dan membentuk minyak bumi, ini juga menjadi alasan yang kuat mengapa minyak bumi banyak ditemukan di lautan.
Minyak bumi
Tambang Minyak Bumi Lebih Banyak Di Lautan
Kebetulan risetku berlanjut tentang fossil ini. Ternyata teman-teman, ada dua pendapat yang berkembang tentang minyak bumi ini. Pendapat pertama ialah bahwa minyak bumi berasal dari fosil dan jasad renik. Ini dibuktikan dengan peristiwa pembusukan organik yang menghasilkan gas (butana, etana propana) yang sejenis dengan minyak bumi(khususnya gas), dan fakta bahwa minyak bumi kebanyakan berada di lautan (yang dahulunya memiliki banyak organisme).

Pendapat kedua ialah minyak bumi sudah ada bersama pembentukan bumi. Ini didasarkan pada fakta bahwa di planet-planet lain, gas-gas minyak bumi (butana, etana, propana, metana) juga ditemukan melapisi planet tersebut walaupun belum ditemukan adanya jejak kehidupan.

Terlepas dari lebih populernya lebih populernya pendapat pertama di kalangan para saintis. Tetapi yang pasti dari kedua pendapat ini, minyak bumi tetap merupakan sumber daya alam yang terbatas dan bisa habis. Jadi pernyataan di video bahwa minyak bumi ialah unlimited resource itu salah kaprah dan klaim tanpa logika.

Siapakah NASA?

Dalam sebuah diskusi sains, saintis yang tergabung di NASA, Neil De Grease Tyson, pernah mengatakan "Ironis sebenarnya, bahwa NASA dan Eksplorasi ke bulan, didanai oleh pemerintah AS karena kepentingan militer" Jadi ketika video 2 ini mengatakan bahwa NASA dibentuk untuk kepentingan politik, aku sudah tidak lagi heran.

Lagian apa ada sih yang mengira NASA itu badan eksplorasi dunia? No way! Singkatan dari NASA aja kan National Aeronautics and Space Administration, kalau udah ada national maka pasti milik satu negara. Lagian NASA juga berdiri dari dana Amerika, blass nggak ada hubungannya dengan uang di Indonesia, apalagi kantong kita.

Kembali ke sejarah. Jadi NASA(1958) dan Eksplorasi ke bulan(1969) itu dilakukan sebenarnya bukan atas dasar eksplorasi, tetapi kepentingan politik dan militer. Eksplorasi ke bulan dilakukan Amerika untuk mengecek apakah langit sudah sudah dikuasai oleh Rusia atau belum? Karena Rusia telah meluncurkan Sputnik 1 (1957). Dari situlah sebenarnya NASA didirikan, tetapi sekarang NASA sendiri bergerak untuk eksplorasi sains. Itulah sebabnya Neil sendiri mengatakan, mereka sulit mendapatkan dana eksplorasi karena para politikus tidak menemukan keuntungan militer dan politik dari eksplorasi sekarang ini.

Tapi yang pasti tidak mungkin NASA menipu karena sumber dana NASA sendiri berasal dari pemerintah Amerika Serikat. Kalau NASA menipu, pasti dari dulu sudah dihentikan oleh pemerintah AS sendiri.

Roket Tak Pernah Terbang Ke Atas

Mungkin buat kalian ini adalah alasan masuk akal bahwa NASA cuma berbohong, karena kenyataanya roket-roket NASA tidak pernah terbang lurus vertikal ke atas menembus langit. Calm down.. Santai.

Kenapa roket terbangnya melengkung? Kalau kalian perhatikan gambar-gambar yang ditampilkan di video, terlihat semua gambar penerbangan roket itu melengkung. Pernah bertanya kenapa melengkung? Ini alasannya:
Sory, Jangan komentari Gambarku yg Jelek
Buatku sendiri, ini justeru bukti paling benar kalau bumi itu bulat. Bumi itu bulat dan mengalami rotasi dan revolusi. Rotasi bumi membuat roket NASA terlihat terbang melengkung atau bahkan eksrimnya bisa kelihatan jatuh kembali. Ini karena Bumi berotasi, sehingga titik pengamatan kita semakin jauh dan jejak asap dari roket nasa terpengaruh oleh spherical atmosfer bumi yang berotasi sehingga membentuk lengkungan.  Jadi ketika roket NASA telah terbang sangat tinggi, roket tersebut telah berada di luar atmosfer bumi, sehingga roket tidak terbawa oleh rotasi bumi, sedangkan kita yang cuma rakyat jelata berada dibawah masih terpengaruh rotasi bumi dan bergerak. Peristiwa seperti ini bisa dijelaskan seperti dalam bus, jika kita melemparkan benda keluar dari bus maka benda tersebut akan tertinggal dari bus, sementara jika kita melemparkan benda di dalam bus, benda tersebut akan terus berada dalam bus.


Perhatikan yang pertama, itu adalah peluncuran roket saat masih dekat, terlihat jelas vertikal ke atas, sedangkan yang disebelah kedua ialah peluncuran roket saat sudah sangat jauh sekali, terlihat melengkung. Tetapi dua gambar ini tidak sepenuhnya menjelaskan tentang beloknya lintasan roket, terkadang NASA meluncurkan roketnya dengan lintasan yang memang melengkung.

Tapi toh bumi kita bulat, kita bisa keluar angkasa dengan terbang ke atas, kesamping ataupun kebawah sekalipun. Kebetulan banget aku menemukan  animasi dibawah ini, ini adalah lintasan roket yang membawa JUNO, satelit yang dikirimkan ke Jupiter. Inilah lintasan terbangnya:
Lintasannya sama sekali tidak lurus
Sederhananya, kalau memang roket NASA nggak pernah melampaui LEO (Low Earth Orbit), maka kemana roketnya pergi? Pernah roket NASA jatuh didepan rumah mu? atau nyangkut di tiang listrik depan sekolahanmu? Oke. Sedikit lebih serius. Pernah lihat berita roket NASA jatuh di negara lain? Dari ratusan roket yang telah dikirimkan oleh NASA ke luar angkasa, kalau benar mereka tidak keluar angkasa maka setidaknya, ada 50% roket yang jatuh di bumi kembali. Tapi itu semua nggak akan ada, because this is a real deal!

Ngerti gimana cara pembuat video menggiring opini? :)  Keren banget..
Episode selanjutnya aku akan bahas tentang Galileo, Gravitasi Newton dan salah satu orang paling keren yaitu Nikola Tesla.


Itu adalah dua penjelasan dan fakta yang bisa aku jabarkan. Berikutnya kalian bisa membaca lanjutan dari ulasanku mengenai Flat Earth Ini:
  1. Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata? #part1
  2. Flat Earth Theory - Pembantaian Sains dan Logika #part2 
  3. Flat Earth Theory - Keping-Keping Sains #part3
  4. Teori Bumi Datar - Let's do The Math #part4
  5. Teori Bumi Datar - Apa yang Dilakukan Habibie? #part5
  6. Teori Bumi Datar - Matematika Angkasa Dalam Narasi #part6
  7. Final Part - Not Rocket Science
Silahkan membaca.. :)
Jika belajar sains itu logis dan menyenangkan, silahkan share tulisan ini. Biar teman kalian juga memiliki wawasan sains yang luas. :)

Jika ada komentar silahkan sampaikan dengan sopan, saya akan tampilkan semua komentar baik itu pro atau kontra. :)


Sumber:
wikipedia.org
Universetoday.com
Physicscentral.com
http://curious.astro.cornell.edu/about-us/41-our-solar-system/the-earth/orbit/87-how-do-you-measure-the-distance-between-earth-and-the-sun-intermediate
http://eaae-astronomy.org/WG3-SS/WorkShops/Triangulation.html
http://www.space.com/17683-earth-atmosphere.html
http://ds9.ssl.berkeley.edu/solarweek/THURSDAY/history.html
https://www.quantamagazine.org/20150113-a-proof-that-some-spaces-cant-be-cut/

Gambar:
http://eospso.nasa.gov/files/EarthSat_sm.jpg
http://www.eagleburgmann.com/media/admin-area/web/header-banner/header_loesungen_oil-gas/image_xlarge
http://www.jaredlog.com/images/mino2.jpg
http://www.jpl.nasa.gov/images/msl/20111126/msl20111126-640.jpg

152 comments

Jika roket melengkung karena rotasi bumi, bagaimana dengan pesawat terbang...? Jika menggunakan teory yg sama seperti roket di luncurkan

Karena gravitasi bumi. Pesawat terbang tidak terlalu tinggi jika kita bandingkan dengan roket. Roket menembus setidaknya 500 km untuk mencapai luar angkasa, sedangkan pesawat maksimal hanya 12km di atas laut. Jadi pesawat masih terpengaruh oleh gravitasi bumi (yang besar). Gravitasi bumi ini seperti magnet yang menarik semua benda disekelilingnya. Karena terpengaruh gravitasi bumi itu pula pesawat tidak akan pernah terbang lurus, terbang pesawat selalu melengkung mengikuti lengkungan bumi.

Kenapa mengikuti lengkungan bumi? Ini paling mudah diamati ketika ada besi dan magnet yang terpisah oleh papan/kertas. Ketika magnet kita gerakkan, besi juga akan bergerak. Sama halnya dalam kasus pesawat dan bumi, hanya saja papan = (ketinggian) udara dan gerakan buminya ialah rotasi(berputar), pesawat akan mengikuti perputaran bumi selama ketinggiannya tidak mencapai luar angkasa.

Data navigasi dari satelite luar angkasa yang dimiliki google ini akan dikirimkan ke menara-menara kontrol di bumi, jadi menara kontrol di bumi ini fungsinya seperti tempat penyimpanan. Kenapa disimpan di menara kontrol? agar kita dapat dengan cepat mengaksesnya, tanpa perlu mengakses satelit. Data seperti peta lokasi ini kemudian diupdate oleh google setiap seminggu atau dua minggu sekali (tergantung lokasi tempat terhadap satelite). Dalam membuat teknologi secanggih Google Map dengan presisi yang tinggi (untuk jalan-jalan dan gang) Google menggunakan banyak sekali teknologi, diantaranya; GPS, Satelit, drone bahkan mobil yang membawa kamera. Jadi jangan salah kaprah bahwa Google cuma butuh drone.

Yg ini asyik kl dibuat gambarnya Mpus..

Iya, bener!. Buat gih..
Mau nulis aja aku udah syukur2.. XD

wah kece sekali mas ini, semoga banyak berfikir makin beriman bahwa dijadikan bintang" di langit sebagai hiasan agar manusia terus befikir akan hakikat penciptaan siapa yang menciptakan segala sesuatu....

Ikutan komen mas, semoga bisa ditambahkan di bagian referensi.

Utamanya soal GPS dan tower.

Well, ada beberapa cara bagaimana sebuah gadget mendapatkan data lokasi-nya.
dan keduanya pun akan menghasilkan

1. Cellphone Tower.
Ini adalah cara pertama, yang akan coba dijalankan oleh si gadget. Yang ini memang gak pakai GPS sama sekali karena memakai data dari cellphone tower (network, dlsb), dikalkulasi, dan ditampilkan. Minusnya adalah data lokasi tidak akan bisa akurat. Cara yang ini pun gak perlu smartphoen gps, pakai modem biasa yang gak ada gpsnya pun kadang bisa. Karena tidak butuh perhitungan kompleks, mode tidak membuat device boros baterai.
di Android yang ini istilahnya namanya COARSE_LOCATION, karena tidak akan bisa presisi.
further reading bisa ke https://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_phone_tracking

2. GPS
yang ini memang based on data satelite. Jadi sekian satelite nun jauh disana, yang awalnya sudah tersynchronzed, yang terus menerus ngirim sinyal.
saat gadget kita menerima data dari beberapa satelit, maka GPS device di gadget kita akan dapat menghitung posisi kita berdasarkan data2 dari satelit tersebut,dan kapan data satelit diterima. Perhitungannya lebih kompleks dari yang pertama, maka biasanya pun yang ini akan lebih boros baterai. Tapi efeknya, akurasinya bisa sangat bagus (akurasi di hp upto 10m).
di Android istilahnya FINE_LOCATION


di Android settingan apakah data lokasi mau pakai GPS ataukan non GPS, bisa dicek di bagian Setting - Location - Location mode. Biasanya akan tampil pilihan apakah mau pakai High Accuracy, ataukah yang Battery Saving.


Kesimpulan
Data lokasi Di HP bisa pakai GPS, atau tidak. tergantung settingan. Walau GPS mati tetap bisa dapat data lokasi, tapi dijamin tidak akan 100% akurat.

InsyaAllah Mas.. Selama kita mau berfikir akan menemukan tanda-tanda kebesaran Allah dari segala ciptaanya. :)

Assalamualaikum.. mas mohon izin untuk dikutip di web kami, supaya tidak banyak orang yang tertipu sama propaganda flat earth, keterangan sumber akan kami cantumkan..

Boleh silahkan, tetapi mohon beritahukan ke saya alamat web-nya Mas Fajar Shadiq, agar saya bisa crosscheck. (saya agak khawatir kalau dikutip sebagian-sebagian nanti beda maknanya).

Rencananya, kalau sudah tuntas penjelasannya di web ini akan saya muat di www.kiblat.net setelah lolos sidang redaksi.. Saya juga akan mengutip utuh di blog pribadi saya di www.fajarshadiq.com..

Bisa bantu jelasin tentang cara kerja satelit Mpus?
1. Kenapa satelit tidak jatuh akibat gravitasi?
2. Apa bahan bakar atau sumber daya satelit?
3. dll misalnya bantahan foto hoax astronot yang memperbaiki satelit?

1,2. Saya bahas hari sabtu.. Siap-siap lah!
3. Sulit untuk menjelaskannya. Aku belum menemukan video resmi Nasa bahwa dia mengirimkan manusia memperbaiki Satelitenya. Kecurigaanku video itu HOAX yg diambil dr film dan dibilang dr NASA. Sepanjang pencarianku semua video NASA menggunakan robot buat maintenance ini.

Mas, bagaimana dgn surat yasin ayat 38?

Apa sih itu gravitasi? Sama ya dengan magnet bumi? Kalo besi bisa nempel di magnet, tapi kayu, alumunium, kertas, plastik, air, dll itu juga bisa ya nempel di magnet??

Silahkan baca Part3 Mas. :)

Saya tidak tahu tafsir dan tidak ingin bepersepsi. Allahu alam.

Terimakasih mas. Apa betul penerbangan tidak boleh terbang melampaui antartika ke bumi dibaliknya

Terimakasih mas. Apa betul penerbangan tidak boleh terbang melampaui antartika ke bumi dibaliknya

Maaf saya tidak tahu. Yang saya ketahui cuma antartika merupakan pusat medan magnet bumi, hal ini menyebabkan navigasi pesawat tidak berfungsi, sehingga tidak ada penerbangan komersial yang melintasi antartika.

Tetapi eksplorasi di antartika boleh-boleh saja, banyak yang melakukannya.

Fuhz...salut untuk mu yang telaten menanggapi video tentang Bumi datar berbahasa Indonesia yang disebar lewat berbagai media akhir-akhir ini. Kalau aku sendiri, sempat terpikir mau menanggapi sepertimu tapi akhirnya ide itu menguap begitu saja.

Terlepas dari itu aku cuma ingin komentar tentang "Juno", setahuku itu nama satelit yang beberapa waktu lalu sdh sampai di Planet Jupiter. Jadi, sekali lagi setahuku ya..."Juno" bukan nama roket, aku sendiri lupa nama roket yang membawa satelit ini apa. Mungkin varian dari "atlas" atau apa lah aku sendiri belum sempat googling. Kalau sempat coba googling Fuhz..

Oh iya, selain itu ada yang perlu diperiksa pada animasi terakhir. Itu tertulis "lintasan roket" sepertinya lebih sesuai kalau "lintasan satelit", setahuku roket hanya digunakan untuk lepas dari gravitasi Bumi dan atau meletakkan satelit pada orbit tertentu. Setelah satelit berada pada lintasan yang diinginkan maka hukum Newton ke 1 yang bekerja.

Lanjut Fuhz..

Iya, awalnya aku nanggapi teman aja. Ehh.. Semuanya pada bilang "liat dulu videonya" (aslinya aku udah lihat). Semua yg percaya FET sebenarnya nggak ngerti konsepnya, cuma terhasut video, makanya mereka selalu bilang "lihat dulu videonya". Setelah itu langsung aku kulitin di blog ini dahh..

Ohh ya, aku salah mendeskripsikan Juno. Harusnya lintasan "roket yang meluncurkan Juno".

Iya, yg masalah hukum newton 1 udah aku garap di final part. :)

Ohh ya, kalau ada waktu tolong baca semuanya dan koreksi. :3

terus kalau bumi ini bulat bagaimana dengan Kiblat kiblatnnya kena LENGKUNGAN bumi jadi kita shalat gak pernah kena Kiblat dong kan kiblatnnya di balik LENGKUNGAN bumi jadi kita shalat ngarahnnya ke angkasa gak pernah kena Kiblat

tapi lucu juga sih, rocket meluncur melengkung karena tdk terpengaruh rotasi bumi, it's beautifull. ( rocket diketinggian 500 km tidak kena gravitasi bumi? pesawat 12 km kena gravitasi bumi? ) roket diantara bumi dan bulan, padahal BULAN masih kena gravitasi bumi juga, pake muter-muter segala, mungkin bulannya lagi stres kali yak hhh, aku kasih tau juga yak, jangan samain GRAVITASI dengan MEDAN MAGNET, itu beda yak, aku bilang gitu kenapa? karena sebagian besar anggapan masyarakat bahwa gravitasi dan magnet itu sama, padahal beda.

Maaf, aku melakukan kesalahan dalam penjelasan di atas.

Iya, Aku ngerti gravitasi beda dg magnet. Niatnya sih menggunakan contoh gerakan magnet biar lebih mudah dipahami, ternyata malah salah kaprah. Sory.. sory..

Setelah kupelajari lebih lanjut, teori yang bekerja ialah semua yang ada di dalam atmosfer bumi bergerak mengikuti kecepatan rotasi bumi. Jadi pesawat yang masih dalam atmosfer akan melaju mengikuti kecepatan bumi (General Theory of Relativity). Roket ketika masih di dalam atmosfer juga masih mengikuti kecepatan bumi, tetapi ketika telah mencapai luar atmosfer bumi, roket tidak lagi terpengaruh oleh rotasi bumi. Namun dimata pengamat roket masih bergerak, padahal yang bergerak ialah pengamat tersebut.

Dalam peristiwa sehari-hari, dapat kita jumpai Jika kita di dalam bus dan mebuang apel keluar jendela, maka dalam pengamatan kita apel tersebut bergerak menjauhi bus, di mata orang yang ada di luar bus (setop di jalan) apel tersebut hanya bergerak jatuh. (Silahkan baca leibih lengkap ttg GR Einstein.

Sory banget penjelasan sebelumnya (yg di atas itu salah total). Aku baru sadar ketika membahas final part (bagian 7). Tapi belum sempat edit karena sibuk juga di kampus. Semoga bisa dipahami.. Thanks udah komen and koreksinya.

Cara buktiin bumi bulat atau datar mah gampang om.... Nanti aku muat di blogku omarseda.blogspot.com sekarang artikelnya lagi dikerjain, lama, maklum yg lama aku bikin bagean visualnya (gambar2 keterangan --ini ga bisa asal ngegambar :v juga ada bbrp yg dianimasi ... ) nanti kalo kelar aku muat di blog atas. kalo tertari dengan ide sederhana saya boleh beberapa waktu dari sekarang liat blog sy. (ane ga lagi ngiklanin blog loh :v )

bumi sebenarnya tidak melengkung justru datar.

iya tidak boleh melintasi, sebab disana dijaga ketat oleh pasukan gabungan USA dan Uni Soviet, entah apa yang dirahasikan disana? tidak ada yang tahu,. oleh sebab itulah kawasan tersebbut dilarang dilintasi. pertanyaannya, apakah ada keliling dunia dari selatan ke utara?

Ini hatters nya flath earth 101 ya ?

Hahaha.. Iya, ide bagus!
Ini adalah group rahasia yang sangat secret dan awesome luar biasa berisi 1% orang-orang pilihan.

Penjelasan ini jg cuma opini, ga bs ngebuktikan klo bumi itu bulat.

sains modern mengkonfirmasi benar bahwa memang matahari berjalan ditempat peredarannya (berevolusi) bersama-sama bumi dan bulan mengelilingi pusat galaksi bima sakti

iamnotastar delete Juli 27, 2016

Mohon ijin nimbrung... maaf, saya pun awam mengenai sains.

Perumpaannya, kalo pesawat itu terbang sampao ketinggian 12 km dan roket menembus atmosfer di ketinggian 500 km. Maka, asap roket di ketinggian 12 km (atau malah)sampai ketinggian 500 km, harusnya tetep kelihatan lurus dong.. Sama halnya kalo kita melemparkan apel ke luar bus. (gerak) Apel baru terlihat membelok ketika ada di luar bus..

Saya seorang pelaut.. Asal tau aja.. Gps pada kapal tidak tergantung pada tower seluler, dimana ada tower orang kita lagi di tengah samudra.. Kebetulan saya juga punya aplikasi maps, saya download peta ofline maps.. Gps smartphone saya ttp bisa mengetahui lokasi kapal saya demgam akurat.. So penjelasan kalo satelit itu gak ada sudah jelas terbantahkan.. Cuma orang kolot yang menganut FE

masbro, artikelnya kok sama ya di blog sbelah, di kiblat.net yg sy tanyakan bkn teorinya, tpi siapa yg copy siapa? krna sgt disygkan kalo ad yg capek2 mkir untuk mmbntah teory flat earfth tpi blog lainnya tgl copy paste,trma kasih

Kiblat Net minta izin ke saya untuk menampilkan seluruh pembahasan saya di situs mereka. Editor Kiblat net bernama Fajar Shadiq yg jadi teman saya yg meminta. Kemudian saya berikan izin penuh dengan mencantumkan sumber. Silahkan cek dibagian paling bawah artikelnya ada mencantumkan sumber.. Selain Kiblat net, Saya tahu banyak yg copas tulisan sy juga tanpa mencantumkan sumber. Tapi sy nggak bisa ngapa2in jg, jadi yaudah biarlah terhitung dosa mencuri.

Thanks penjelasannya gan. Alhamdulillah udah ada yg konfirmasi dari orang lapangan. :)

kalo bgtu sy ucapkan trma ksh ke masbro, yg udh capek2 nulis artikel yg sgt bermanfaat ini, bnyak pengetahuan dan logika yg brmanfaat, smngat trus nulisnya masbro

Thanks.. Sy emang senang sains. :)

Maaf mas Fauzy Spartan, Uni Soviet itu negara mana ya mas?

maaf mas, ini agak kurang menyinggung. Masnya sholat? menghadap ke kiblat kan (Ka'bah). Terus kalau bumi bulat ituh sholatnya menghadap kemanaya? atau mungkin dibelokan oleh atmosfer bumi ?
dan terus, ada yang sudah menelitikah sampai ketinggian berapakah rotasi bumi berpengaruh?

Maslah video ttg GPS menurut sy pmbuat video mencoba mnjelaskan bahwa teknologi utk menentukan lokasi ato yg skarang populer dg nama GPS itu sebenarnya tdk pake satelit sdh bisa....jd cm pake tower saja sdh bisa....spt koneksi internet itu sbenarnya antar negara terhubung dg kabel finer optik...jd gk pake satelit pun bisa....pernah koneksi internet indonesia down gara2 kabel fiber optik bawah laut tersangkut jangkar kapal....jd sebenarnya gunanya satelit BRI ato yg lainnya itu utk apa? Ato mmg benar satelit itu mmg tdk ada?

Saya sholat menghadap Kiblat mengikuti Alim ulama'.

Rotasi bumi itu berpengaruh hingga exosfer.

GPS itu ada, dan teknologinya menggunakan satelit. Sudah jelas. Semua yg mengerti teknologi radar dan GPS pasti tahu benar kalau teknologinya menggunakan satelit.

Tp pd video tsb dijelaskan teknologi GPS sdh ada sejak jaman dulu seblum ada satelit...
Apakah anda percaya ato mmg benar2 tahu ttg teknologi GPS? Klo anda hanya percaya saja berrti anda sdh pintar donk....bukan lagi org bodoh spt slogan anda di blog anda ini....

Setauku rocket meluncur gk lurus keatas karena rocket butuh kecepatan kesamping(horizontal) agar bisa mengorbit bumi.

apel bengkok karena ada tekanan udara, alias angin.

jika bumi datar, bagaimana cara menentukan kiblat?

bagi manusia memang datar

anda termakan video itu. apa cuma dari sisi itu pandangan anda?

Roket memang diluncurkan agak melengkung mas, biasanya dikecepatan 100-150m/s roket agak dimiringkan 20° dan terus miring sampe kalo udah diatas atmosfer bisa sampe 85° atau bahkan 90° supaya roketnya bisa membuat orbit yang bulat mengitari bumi. Karena kalo roket diluncurin lurus keatas ya logikanya pasti roketnya jatuh lagi dong ketarik gravitasi hehehe.

Assalamualaikum,setelah berpikir cara mulai dari mana cara ngelurusinnya, ternyata ada yang lebih ilmiah.. Mas minta izin kutip di blog ana, insya Allah referensi akan tetap tercantum.

☺Menunggu balasan.

Silahkan.. Kalau bisa mohon kabarin ke Facebook FP, biar saya bisa cek.. Takutnya kalau informasi yg dikutip ada yg kurang. :)

Artikel yang menarik dan bermanfaat. Mau nambahin aja mas,,setahu saya roket saat diluncurkan ke luar angkasa (ke bulan atau ke planet lain) memang di buat miring dan searah dengan rotasi bumi, keuntungannya biar mendapat tambahan dari kecepatan rotasi bumi agar lolos dari bumi. Untuk lolos dari bumi biasanya di sma ada istilah kecepatan lolos sekitar 11km/s , tetapi untuk "melemparkan" roket ke bulan tidak perlu mencapai kecepatan lolos jika lintasannya berupa parabola atau elias (saya lupa). Salut sama mas admin yang telah meluangkan waktu dan pikiran untuk menanggapi video fet, jujur saya males menanggapi dengan menulis di blog...

Satu kata saja, yg bikin blog ini SOTOY

laaaah bro,, klo lu pake peta off line... gmana satelit mau detect lokasi lu... maaf ni ya,, setau ku klo mnggunakan peta offline gk perlu internet apalagi satelit...

Itu satelit Juno bisa nyampe ke jupiter... Bensinnya berapa liter? ato ada pom bensin kah di luar angkasa,.

Saya awalnya percaya bahwa bumi ti bulat tpi setelah melihat pemaparan video flat earth, pandangan saya telah berubah, yang paling membuat saya yakin dri sejarah dan penerbangan, kenapa Anda tidak menjelaskan tentang pendaratan darurat yg ada di episode ke 5..? Karena itu merupakan pukulan telak bagi bumi bulat

Pemaparan ttg gps masih ngambang dan tdk jelas sm sekali dan hanya menyalahkan bro. Google map bukan tampilan live bumi mis japan tapi cuman gambar yg disatukan sedangkan my location mengetahui posisi tanpa gps berdasarkan penjelasan google. Jadi bukan bantahan bahwa gps itu ada tp hanya sekedar menyalahkan teori FE ttg gps dengan asumsi jalan2 di jepang.

Tolong jelaskan kepada saya... Mengapa menggunakan teropong bintang kita bisa melihat bulan yg jaraknya jauh sedangkan tidak bisa melihat menara eiffel atau puncak mount everest? Seandainya bumi itu datar mestinya saya bisa melihat ujung dunia menggunakan teropong bintang....

Berarti asap roket itu bengkok krn angin ato rotasi bumi ? ato dua2nya ?
Kecepatan rotasi kan 1.600km/jam, kenapa sampe video selesai koq asepnya masih di tempat yg sama ? kenapa ga terbawa angin ato ketinggalan rotasi bumi ?

Klo bumi itu datar menentukan kiblat dg cara menentukan jarak terdekat dr mekah ke tempat kita.
Itulah yg digunakan org2 Arab Saudi.

Klo bumi itu bulat maka saat kita menghadap kiblat, begitu juga pantat kita.

Klo roketnya jatuh lagi brrt sebenernya ga sampe luar angkasa dong, alias nyemplung ke laut... katanya kan diluar angkasa ga ada gravitasi.

Jd apelnya jatuh bengkok krn tekanan udara ato gravitasi ? ato dua2nya ?
Trus asepnya bengkok krn gravitasi ato angin ? ato dua2nya ?

Satelit BRI gunanya yg sbg tipuan.
Coba bayangkan, $ 230juta.

Klo di suatu tempat ga ada koneksi internet, tetep aja GPS ga ada sinyalnya krn satelit emang ga ada.

Masalahnya adl ketika kita percaya bahwa bumi itu bulat maka sebagai konsekuensinya kita tdk percaya bhwa Alloh itu ada, krn bumi itu bulat didasarkan pada teori bhwa Alam Semesta terjadi dg sendirinya secara alamiah ( Bing Bang ), lalu material n gas bumi berevolusi, dan mulailah teori Darwin... n tdk ada campur tangan Tuhan.

Peta off line ya msh perlu internet buat GPS.
Cuman kan samudranya datar, bumi itu datar, jd ga ada penghalang buat tower yg ada di pesisir pantai untuk sampai ke tengah samudra.

Iya betul kesamping ( horisontal ), lalu kebawah, lalu nyemplung ke laut.

Menurut teori kecepatan horisontal itu sbg gaya sentripetal, masalahnya ga seperti di roller coaster yg ada penahannya... harusnya krn gaya sentrifugal, maka roket akan terpelanting keluar angkasa.
Tp nyatanya nyemplung ke laut.

Searah rotasi bumi bagaimana.
Lihat gambar diagram ( berwarna merah ) di atas baik2... bukannya berlawanan arah rotasi bumi.

Justru krn berlawanan arah rotasi jd si penulis menggunakan alasan asepnya melengkung... krn asepnya tertinggal rotasi bumi yg kecepatannya 1.600 km/jam ( tp tu asep tetep aja di tempat sampe videonya selesai ).

Setuju ViCi.

Org2 yg percaya pd Bing Bang, Bumi berotasi, evolusi Darwin... itu kepercayaan org2 yg tdk percaya bhwa Tuhan benar2 ada... yg hanya percaya bhwa alam semesta itu terjadi dg sendirinya.

Ada pom bensin, milik Pertamina lagi :P

Kan menara eiffel ketutup gunung2, n puncak mount everest ketutup awan.
Coba itu teropong bintangnya dipindah ke Prancis, pasti puncak eiffel kelihatan.

Dunia itu tdk memiliki ujung, itu kenapa ada Treaty Antartica.
Coba lihat di Google Map, lalu pilih menu Satellite, lalu perkecil gambar sampe yg terkecil... di situ terlihat bahwa kutub selatan tdk memiliki ujung, tp kutub utara dikelilingi laut.
Itu karena drone Google tdk bs melewati kutub selatan yg tdk memiliki ujung.

Sabar ya mas banyak FE disini yang ga suka kebenaran :3

Saya cuma mau tanya
Kenapa tidak bisa melihat 1 satelit aj dengan teleskop apadahal ada jutaan satelit di angkasa ?
kenapa pesawat bisa terbang kalau air laut saja tidak bisa jatuh ?
kenapa diera sekarang yang canggih blm ada yang pergi kebulan lagi ?
Knp ada awan klo air saja tidak bisa terbang ?
Knp anda tidak percaya dengan agama anda dari pada percaya sama perkataan manusia?

Itu maksudnya, sebelum ke tengah samudera, peta offline-nya di download dulu di daerah yang masih terjangkau koneksi internet. Lalu ketika udah nyampe di tengah lautan, tinggal buka peta offline-nya tanpa perlu koneksi internet. Secara kan di tengah laut gak ada tower, dan jangkauan tower di daratan udah jauh.
Satu lagi, untuk ngedetect lokasi atau koordinat kita pake GPS gak perlu koneksi internet, karena di dalam device GPS udah dipasang kayak antena radio yang mentransmisikan sinyal radio dari device ke SATELIT yang ada di luar angkasa sana, lalu ditransmisikan kembali ke device kita. Koneksi internetnya cuman dipake untuk download peta offline-nya aja.
Contoh GPS yang paling umum dipake itu namanya GARMIN.
Biar yakin coba cek artikel tentang GPS ini:
http://www8.garmin.com/aboutGPS/

Jadi intinya GPS itu menggunakan SATELIT.

Semoga bisa membantu :)
-Ryan-

maaf pak profesor jepang sya mau nanya.
pertama teori bumi datar dan bumi bulat tidak ada hubunganny dengan satelit kan? kalau bumi datar atau bulat pasti satelit itu akan melaksanakan fungsinya.

yang kedua . bahwa dulu saya belajar minyak itu dari fosil dan fosil itu dari dinosaurus, ikan, dan lain lain . maaf tapi kalau benar fosil itu dari dinosaurus, ikan dan lain lain maka fosil yang paling besar diambil dari dinosaurus yang terkubur di 2,3 km . sedangkan ketika orang menggali sumur air dengan kedalam 2,3 km tidak ada minyak,, aneh bukan!!! dan kemudian kalau fosil dari ikan kenapa tidak di seluruh penjuru dunia ada minyak.. bukan kah semua orang makan ikan!!!! makanya minyak bukan dari fosil

kemudian soal roket dan rotasi bumi.. sebenarnya roket memang tidak bisa melewati kubah bumi maaf kalau profesor islam coba buka q.s ar-rohman 33 bahwasannya manusia dan jin tidak bisa melewati penjuru( sudut / batas bumi). kalau memang iya karena rotasi bumi. memangnya bumi berotasi sangat kencang?? dan roket memiliki kecepatan hanya 15 km/j atau 20 km/j... maaf tapi profesor tau bahwa roket itu sangat cepat !! dan pada saat abaru diluncurkan langsung terbang horizontal.. ini rotasi yang kencang atau roket yang terbang lambat. berikan penjelasannya profesor nasa! maka bumi itu DATAR dan lanit itu 7 lapisan

Mau membantu menjawab, semoga sesuai:
1. Jumlah satelit belum sampe jutaan. Berdasarkan artikel ini tahun 2015 http://www.pixalytics.com/sat-orbit-2015/, jumlah satelit yang ada sekitar 4077, tapi yang aktif cuman 1305, sisanya sampah semua di luar angkasa sana.
Cukup banyak memang, tapi karena ukurannya kecil jadi gak gampang dilihat pake teleskop. Harus pake teleskop yang canggih baru bisa keliatan jelas.

2. Pesawat bisa terbang karena ada mesin jet nya :D

3. Belum ada yang pergi ke bulan mungkin karena lagi fokus ke hal yang lain, contohnya kayak misi Juno ke Jupiter 2011 lalu dan baru sampai di orbit Jupiter Juli 2016 lalu.

4. Awan itu terbentuk karena air di permukaan bumi menguap menjadi uap air karena panas matahari, bukan karena air yang gak bisa terbang :D
Cek artikelnya disini: http://www.ceritakecil.com/ilmu-pengetahuan-dasar/artikel/Bagaimana-terjadinya-awan-5

5. Tanya Adminnya, saya bukan admin :D

Semoga bisa membantu :)
-Ryan-

Kalo mau lebih jelas tentang mekanisme GPS, coba baca artikel ini http://www8.garmin.com/aboutGPS/.
Udah dijelaskan sama Admin nya tentang MyLocation. Menurut saya, MyLocation yang pake tower itu sebenarnya hanya "meningkatkan akurasi" lokasi kita menggunakan handphone yang udah ada antena GPS. Ya pada umumnya semua handphone apalagi smartphone jaman sekarang udah tertanam GPSnya.
Jadi kan kadang ada tuh handphone yang gak punya antena GPS, jadi Google membuat fitur MyLocation itu agar para pengguna handphone yang gak punya antena GPS bisa tau posisi kita melalui tower-tower.
Sebelum MyLocation itu muncul, kita pakai GPS berbasis SATELIT. Coba cek device GPS namanya Garmin. Itu device khusus pakai GPS dari SATELIT, bukan dari tower-tower.

Sekedar mengkoreksi aja, kalo bahan bakar yang dipake itu bukan BENSIN, tapi HYDRAZINE namanya :D
Baca artikel ini kalo pengen tau berapa jumlah bahan bakar yang ada di Juno biar bisa sampe ke Jupiter ---> https://www.missionjuno.swri.edu/launch?show=hs_launch_story_amount-of-fuel
NB: Jangan malas baca ya :)
-Ryan-

Mau bantu jawab yang nomor 2:
Bahan bakar yang biasanya dipakai oleh satelit itu namanya CYROGENIC. Tapi ada nih penjelasan singkat langsung dari Spacecraft Engineer nya tentang bahan bakar satelit.
Cek disini ---> https://www.quora.com/What-sort-of-engine-and-fuel-does-a-satellite-use
Jangan malas baca ya :)
-Ryan-

Mengenai pendapat admin tentang roket,ketika diluncurkan roket nggak terpengaruh lagi dengan rotasi bumi,jadi kita yg ngamati dari bumi melihat seperti roketnya naik melengkung.
Pertanyaannya : bagaimana dengan helikopter,kalo memang teori yg saudara kemukakan benar,jadi helikopter cukup terbang melayang aja di atas dan dia sudah bisa berpindah posisi,dikarenakan bumi berotasi. Tp kenyataan nya kan tidak seperti itu,gimana teori admin?

@agen smpn 1 solok
Mohon di koreksi,untuk sumur orang hanya menggali paling dalam 200-300 meter
dan perlu untuk di ukur 2-3 km itu sangat panjang apa lagi untuk kedalaman
di kedalaman 100 meter aja udah ada air ngapain susah susah di gali lagi sampai 2-3 km ?

yang kedua memang benar kalau fosil ada yang terkubur di kedalaman 2-3 km,tapi perlu di ingat di dalam bumi itu panas nya luar biasa dan fosil dinosaurus itu tak berwujud padat melainkan cairan hitam kecoklatan dan belum lagi pergerakan lempeng bumi yang menyebabkan fosil tersebut "tertekan" dab "jatuh" ke bagiab bumi yang lebih dalam (mantel bumi)
biasanya 2-3 km itu sama seperti kedalaman penggalian batu bara dan sejenisnya(pertambangan batu2an)

Salut biat para scientists, sangat presisi meluncurkan satelit juno ke jupiter dengan memanfaatkan gravitasi untuk menambah kecepatan satelit agar sampai ke jupiter...keren...

Bukan begitu... Kan si Ihsan bilang kalo roketnya jatuh itu maksudnya pas masih di dalam atmosfer bumi dan masih terpengaruh gravitasi. Tapi kalo roketnya udah keluar dari atmosfer bumi, maka di luar angkasa tidak ada gravitasi.
Jangan langsung berasumsi yang negatif dulu ya :)

Asap roket itu bengkok atau berbelok itu bukan karena pengaruh rotasi bumi, tapi memang pada dasarnya roket itu sengaja diterbangin gak lurus supaya nanti di luar angkasa sana bisa masuk ke orbit roket yang udah ditentukan.

Buat Mas Huda atau pembaca2 lainnya yang masih bingung kenapa sih roket itu terbangnya miring, gak lurus ke atas aja terus, lalu dikait2kan dengan teori Flat Earth, coba deh luangin waktu sebentar buat baca artikel ini mengenai "Gravity Turn" dan "Pitchover Maneuver" pada roket. Disitu dijelasin kenapa roket itu harus meluncur miring.

Cek disini:
https://en.wikipedia.org/wiki/Gravity_turn
http://www.spacedaily.com/reports/Ascent_Trajectories_and_the_Gravity_Turn_999.html

Ringkasnya nih, pas peluncuran roket, roket memang meluncur vertikal. Nah disini baru dimulai namanya "Gravity Turn".

Apa itu "gravity turn"?
Gravity turn itu adalah teknik pengoptimalan peluncuran roket yang dibantu oleh gravitasi bumi saat peluncuran roket secara vertikal sehingga roket bisa terbang miring.
Apa gunanya "gravity turn" tadi? Gunanya adalah untuk menghemat bahan bakar roket.

Setelah itu dari menara kendali roket sengaja ngebuat roket meluncur agak miring, yang disebut dengan "pitchover maneuver". Gunanya ya supaya roketnya bisa masuk ke orbit yang udah ditentukan

Mohon dikoreksi kalau salah ya :)

Malah sebaliknya, ketika kita mempelajari sesuatu baik itu tentang bumi bulat atau bumi datar, kita sebagai manusia ciptaan-Nya harusnya bertaqwa, mensyukuri apa yang telah diberikan oleh-Nya, serta mengakui kebesaran dan keagungan-Nya sehingga kita bisa mempelajari alam semesta :)

Bantu jawab nomor 1 deh ya:
"Kenapa satelit tidak jatuh akibat gravitasi?"
Jawab:
Untuk mengetahui kenapa satelit gak jatuh akibat gravitasi, pertama kita harus mengakui kenyataan bahwa BUMI ITU BULAT dan memiliki lengkungan / horison. Asumsinya, lengkungan bumi itu punya jarak horizontal sekitar 8000 meter dan jarak vertikal 5 meter.
Maka agar satelit dapat terus bergerak akibat gravitasi bumi dan tidak jatuh, maka satelit harus diluncurkan secara horizontal dengan kecepatan 8000 m/s. Gunanya apa? Gunanya agar bisa terbang menyesuaikan bentuk lengkungan bumi di luar angkasa sana.
Ketika satelit udah sampai pada lengkungan bumi dengan kecepatan segitu, nanti satelit dengan sendirinya secara konstan akan bergerak menyesuaikan rotasi bumi karena bantuan gravitasi, sehingga gak akan jatuh ke bumi.
Biar lebih paham, pake logika gini. Kalo kecepatannya kurang dari 8000 m/s, maka satelit akan jatuh. Kalo kecepatannya 8000 m/s, orbit satelit akan berbentuk lingkaran, sedangkan kalo kecepatannya lebih dari 8000 m/s maka orbitnya berbentuk elips. Kalo kecepatannya sangat tinggi, maka satelitnya gak akan mengorbit bumi dan bakalan melayang ke luar angkasa sana, karena udah gak terpengaruh gravitasi bumi lagi.

Coba cek disini untuk lebih jelasnya + animasinya. --> http://www.physicsclassroom.com/mmedia/vectors/sat.cfm

Alasan kenapa gak boleh terbang melintasi Antartika itu bukan karena dijaga ketat, tapi memang pada dasarnya rute penerbangan yang melitasi Antartika itu (kayak penerbangan dari Perth atau Sydney, Australia, ke Buenos Aires, Argentina) bukan rute penerbangan terpendek yang bisa dibuat, malahan rute paling pendeknya ya terbang di bagian sisi Antartika. Kalo terbang melintas di atas Antartika, perjalanannya jadi lebih jauh, jadi lebih boros bahan bakar juga.
Alasan lainnya adalah memang karena alasan penerbangan yang berdampak pada keselamatan penerbangan itu sendiri. Peraturannya adalah untuk penerbangan yang terbang pada garis lintang di bawah 72 derajat maka butuh alat2 khusus untuk survival yang jumlahnya lebih banyak dari penerbangan biasa (kalo misal ada pesawat naas yang jatuh).
Tapi alasan utamanya sih itu tadi, karena penerbangan terpendek itu adalah terbang di sisi Antartika, bukan melintas di atasnya.

Sumber:
https://www.quora.com/Do-any-airline-flights-fly-over-Antarctica
http://www.perthramble.com/blog/why-dont-we-dont-fly-over-antartica

Alasannya lucu banget ya :)
Oke itu perkara menara Eiffel.
Coba misalkan saya pakai teropongnya di pesisir pantai utara Pulau Madura, dan saya mau lihat Pulau Kalimantan yang ada di sebelah utara Madura. Tapi kok gak keliatan ya Pulau Kalimantan nya???? Padahal kan gak ada gunung2 atau gedung-gedung yang nutupin. Hehehehehe :D

Saya sebagai mahasiswa Teknik Geologi mempelajari asal usul bumi, termasuk terbentuknya minyak bumi.

Di dalam terbentuknya minyak bumi, ada yang namanya teori organik. Nah dalam teori organik ini disebutkan bahwa minyak bumi terbentuk dari jasad tumbuhan, hewan atau jasad mahluk organik lainnya. Lalu jasad-jasad dari mahluk organik tersebut tertimbun oleh lumpur yang kemudian terbawa hanyut oleh sungai hingga ke laut. Di laut ini lah jasad hewan maupun tumbuhan tadi mengendap. Proses pengendapannya ini pun gak singkat, bukan cuman 5 tahun, 10 tahun, tapi bisa sampai ratusan, ribuan, bahkan puluhan ribu tahun lamanya biar bisa membentuk minyak bumi, tergantung dari kondisi geologinya, serta suhu dan tekanannya. Akibat dari lamanya proses mengendap ini maka terjadilah proses kimia yang menyebabkan jasad organisme tadi menjadi minyak dan gas.

Nah kok bisa jadi minyak bumi? Singkatnya ttu karena material2 organik yang terendapkan tadi tertimbun oleh material2 sedimen yang masuk ke dalam laut. Makin tebal sedimen2nya, maka material2 organik tadi terpanaskan karena pengaruh tekanan, sehingga berubah menjadi minyak bumi.

Silahkan baca artikel2 ini agar lebih paham ya :)
https://en.wikipedia.org/wiki/Fossil_fuel
http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2013/05/proses-pembentukan-minyak-bumi-materi.html
http://genggaminternet.com/proses-pembentukan-minyak-bumi/

Tambahan lagi menanggapi komentar Mas Agen Rahasia (hehehe :D) tentang fosil. Fosil itu gak mesti dari dinosaurus, malah sebenarnya fosil2 yang membentuk minyak bumi kebanyakan dari tumbuh-tumbuhan karena mengandung unsur karbon yang lebih tinggi dibandingkan fosil hewan.

Kenapa gak di seluruh penjuru dunia ada minyak?
Itu karena tidak semua tidak semua daerah di bumi ini memiliki "cekungan" berupa laut dimana material2 organik masuk, terendapkan, dan dapat membentuk minyak bumi.
Tapi pasti ada yang mikir, kok terendapkannya di laut tapi ngambil minyak bumi nya di darat?
Sebagai contoh nih di Timur Tengah sana yang notabene jadi penambang minyak bumi nomor 1 di dunia.
Beratus2 ribu tahun yang lalu, daerah Timur Tengah sana adalah laut semua, dan laut2nya berupa cekungan. Disitulah material2 organik tadi masuk dan terendapkan.
Terus sekarang kok bisa jadi daratan?
Itu karena material2 pasir dari permukaan bumi masuk ke dalam cekungan tadi membentuk lapisan batuan dannutupin material2 organik tadi, lalu mengeras. Semakin lama lapisan2 batuan sedimennya jadi makin tebal hingga beribu meter.

Jadi itu alasannya kenapa hanya daerah2 tertentu aja yang memiliki kandungan minyak bumi di bawahnya. Kalo di Indonesia sih contohnya ya di Riau sana :)

Maaf sebelumnya, tolong dikoreksi dong kalo sebenarnya Juno yang terbang ke Jupiter itu bukan satelit, bukan juga roket, tapi pesawat luar angkasa (spacecraft), atau kadang mereka nyebutnya "space probe" :)
Cek disini:
https://en.wikipedia.org/wiki/Juno_(spacecraft)
https://en.wikipedia.org/wiki/Space_probe

Iya, karena kalo gak dibantu sama gravitasi bumi, maka Juno bakalan lama banget sampai Jupiter. Selain itu, Juno juga bakalan butuh lebih banyak bahan bakar karena cuman mengandalkan kecepatan dari mesin Juno itu sendiri.

Sudah dijelasin sama Admin sebelumnya :)
Itu karena kita masih berada di dalam bumi, di bawah atmosfer bumi, dan masih berada dalam pengaruh gravitasi bumi, sehingga kita yang berada di daratan bumi mengikuti rotasi bumi.
Logikanya nih. Misalkan kita letakin kelereng di atas bola basket, lalu tempelin kelerengnya pake lem di bola basket terus bola basketnya dilapisin lagi sama kantong plastik.
Anggap kelerengnya itu helikopter, bola basket itu bumi, dan kantong plastik itu atmosfer bumi. Misalkan kita gelindingin nih bola basketnya, maka kelerengnya gak bakalan kemana2 kan? Bakalan diam di tempat.
Kalopun kelerengnya gak ditempelin pake lem, masih ada kantong plastik yang nutupin bola basket tadi sehingga mau digelindingin kayak manapun kelerengnya tetap disitu aja.

Mohon dikoreksi ya kalau salah :)

Keren lintasan ke yupiternya.
Kecepatan roket di angkasa brapa emang?
Kecepatan orbit rata-rata yupiter 13,07 km/s = 13070m/s lho...

Kecepatan orbit rata-rata bumi 29,78 km/s
107.200 km/jam
Klo nasa ngawang di angkasa dan suting video, apa kagak ketinggalan bumi yng mengorbit.
Bisa nunggu 1 tahun donk

Cek wiki yupiter dan bumi

Kak, ada sedikit saran dari saya. Untuk gerak roket yang melengkung, ada sumber yang mengatakan bahwa memang sengaja dibuat digerakkan melengkung atau geraknya parabola. Ini ada di materi fisika "kecepatan lepas". Ini penjelasan lebih ilmiah untuk membantah teori flat earth pada bagian gerak roket yg melengkung. Semangat kak. Trims

Kalo bumi datar. Dr mana tuh meteor/bintang jatuh yg keliatan melesat saat mlewati atmosfir.?tq

Mw nanya nih kalo bumi berotasi n berevolusi mengitari marahari trus gmn tntang teori matahari terbit di timur n tenggelam di barat apa gak bepengaruh dgn teori kompas yah? Bs mnta penjelasannya gak nih

Kok jdi bingungin lagi sih.. Katanya di luar angkasa masih ad gravitasi bumi. Lay Itu bulan muter2 katanya karena kena gravitasi bumi..
Mana yg bener ni.. ??

Dan and a termakan Propaganda Elite Global.. Selamat

Ak juga bingung satelit itu ikut muter muter juga gak? Caranya gimana itu.,, trus video dari nasa orang keluar dari satelit apa kagak takut kan muternya cepet banget?

bro bukannya bumi itu sebagian besar adalah laut ya atau perairan, sedangkan kalo peluncuran roket nasa itu kebanyakan di daerah pinggir laut, saya lupa namanya coba cek aja video ke 10, di situ di jelasin kalo peluncuran roket dekat dengan perairan. Jelas gak mungkin kalo nasa melakukan peluncuran roket di deket perkotaan, pasti dia juga mengantisipasi kalo terjadi kecelakaan atau misal meledak di tengah jalan kan bisa membahayakan nyawa di daerah sekitar situ, makanya nasa meluncurkan roket jauh dari kehidupan manusia

""""Ini karena Bumi berotasi, sehingga titik pengamatan kita semakin jauh dan jejak asap dari roket nasa terpengaruh oleh spherical atmosfer bumi yang berotasi sehingga membentuk lengkungan. Jadi ketika roket NASA telah terbang sangat tinggi, roket tersebut telah berada di luar atmosfer bumi, sehingga roket tidak terbawa oleh rotasi bumi, sedangkan kita yang cuma rakyat jelata berada dibawah masih terpengaruh rotasi bumi dan bergerak""""

A: Kec Bumi nguber matahari berapa ya? kok bisa itu roket balik langi nguber bumi yg lagi ngudag matahari?
Rotasi bumi speednya 1.770KM/jam itu roket mestinya keluar dari atmosfer keliatanya bukan melengkung tapi kayanya zigzag karena kecepatan rotasi bumi vs kecepatan si roket

speed bumi revolusi 108.000KM/jam kalo itu roket udah keluar orbit bumi mestinya langsung ilang itu roket udah ditinggal bumi

Aku suka pemaparannya. Sangat cerdas dan tidak hanya sebatas argumen saja tapi di dampingin dengan logika dan fakta yang dapat di percaya insya Allah. Keren. Aku suka. 😊

satelit BRI dibawa bawa juga ... -_-
terserah lo dah.

Komunitas tahu bulat (Flat tahoo) delete September 10, 2016

kira kira keuntungan apayah yg didapat oleh elite global slma ini dengan smw orang mempercayai bumi bulat, mungkinkah semua penelitian dan temuan2 para ilmuwan sekelas archimedes, galileo, isacc newton atw einstein bagian dari elite global???? apa relevansinya mereka2 dengan elite global dan sejak kpn jg elite global itu mulai ada?? sedang pembuktian bumi bulat itu sdah ada jauh sblum ada kepentingan elit global. FE lover mungkin bisa bantu jawab..monggoww..

Digambarnya, rocket meluncur lurus keatas, namun karena ada rotasi bumi, rocketnya terlihat melengkung dan menjauh...
Kenapa pesawat gk diem aja di atas tempatnya,, biar tujuannya yang ngedatengin pesawatnya(??) Dari pada terbang searah dengan rotasi bumi(??)

Kalau mau coment panjang bingung nih hehe

Asalamualaikum wr.wb salam kenal kepada kawan kawan satu bangsa semuanya terutama kpada pemilik website ini tsb ma/bpk masfudsh huda , seblum nya sya berterimakasih terhadap forum diskusi ini, yg berbuah hasil positif dr sekian bnyak argumen" pendapat dan suara hati dari keyakinan masing masing. :)

Sya Sdikit ingin mencoba ikut berpatisipasi dalam membahas persolaan yg sedang boming saat ini yaitu ; konspirasi tentang flat earth/bumi datar.

Mohon maaf jika sya ingin memberi sedikit ulasan dari gagasan pokok bahasan tsb, langsung sja to do point trhadap pokok gagasan

Asalamualaikum wr.wb salam kenal kepada kawan kawan satu bangsa semuanya terutama kpada pemilik website ini tsb ma/bpk masfudsh huda , seblum nya sya berterimakasih terhadap forum diskusi ini, yg berbuah hasil positif dr sekian bnyak argumen" pendapat dan suara hati dari keyakinan masing masing. :)

Sya Sdikit ingin mencoba ikut berpatisipasi dalam membahas persolaan yg sedang boming saat ini yaitu ; konspirasi tentang flat earth/bumi datar.

Mohon maaf jika sya ingin memberi sedikit ulasan dari gagasan pokok bahasan tsb, langsung sja to do point trhadap pokok gagasan

Mnurut sya pribadi konspirasi
tentang adanya rumor bentuk bumi yg berbeda ini bukanlah point tajuk utama yg harus bgtu di pokok'an, masalah bntuk bumi dimana tempat tinggal kita berada saat ini kita bisa temukan sndiri dgn tingkat kepercayaan iman kita sndiri. Mnurut sy, kita tdk harus sangat sangat pula meyakini bhwa bntuk dr bumi kita ini bulat, datar lonjong, atau lain sbgainya, kenapa ?? Karena kita hanyalah manusia biasa , yg hanya sebatas bisa menerawang melalui akal dan fikiran saja ,
semua hanya sebatas NALAR, LOGIKA, PERHITUNGAN MATEMATIS ?? semua HANYA menggunakan akal dan fikiran ?? Smentara yg kita perdebatkan ini sebuah BENTUK ?? BENTUK FISIK ? KEBERADAAN, ATAU OBJEK... HANYA DENGAN TERAWANGAN AKAL DAN FIKIRAN APA CUKUP UNTUK BISA MEMBUAT SEBUAH PERNYATAAN BUKTI BENTUK SEBUAH BENDA ???? hehe

Kenapa ga di ambil simpel nya aja
sih, ? Hehe ya jelas jelas lah bukti yg autentik dan terakurat dr sebuah bentuk satu satunya ya itu cuman hanya PANCA INDRA PENGHELIATAN ,itu baru 100% keyakinan asli, namun apa kita bisa melihat bumi dgn semudah itu, kita dgn gampang nya terbang ke atas langit teratas hingga kita bsa mlihat dgn mata kepala kita sndiri bentuk bumi itu sperti apa ? Haha ,huss siapa anda? Dimana manusia bsa terbang,hehe nah ini mslahnya, slama ini dr sjak kecil kita udh dibekali keyakinan yg

di titipkan omke org lain yaitu org barat , yg mnciptakan teknologi dan para ilmuan ilmuan saintis diluaran sana , yg mengaku nya beliau yg sudah lihat dgn jelas bentuk bumi itu sperti apa yg sudah terbang keluar angkasa sana dgn teknologi yg sudah ia buatnya, nah ini mslahnya, kita itu hanya sebatas berpacu trhdp orang, yg toh hanya "katanyah" bukan kita sndiri yg nyaksiin,
mknya untuk dr itu udhlah gaperlu meributkan jagat raya alam semsta ini, semua udh jadi kuasa allah subhanahu wataalaa, semua jagat raya alam semesta itu sudh jelas di al-quraan kok jdi gakan bisa dibtembus oleh akar dan fikiran manusia , cukup dijwab dgn keimanan dri msing masing sja tlong !
jdi mnurut sya gaperlu ada perdebatan yg brhubungan dgn mslah bentuk nya bumi terutama alam, sma aja kalian sperti org ateis aja kalu bgtu,,

Nah PENDAPAT sya bgini : tolong ganti debat ini dgn diskusi , apalagi membahas alam, ini bukan ajang perlombaan membuktikan siapa yg terpinter dan ajang perlombaan investigasi mencari brang bukti, JUSTRU YG SYA TONTON DRI KONSPIRASI FLAT EARTH 1- 10 pun bukan ke arah situ kok maksudnya,si pengarang/pembuat video pun bertijuan bukan untuk perdebatan ini, BUKAN INI JUSTRU YG IA HARAPKAN ,INI YG SALAH !!
flatearh itu cuman sebatas konsep daya tarik tajuk berita aja, pdhal sbtul nya gagasan pokok nya bukan untuk mebahas bentuk bumi tsb hahahaa, mungkin pembaca atau penonton video tanpa tersadar bnyak kurang menyimak isi isi penting dri tajuk alur cerita tsb "hnya memperhatikan permaslahan" yg brhubungan dgn bntuk buminya aja pdhal disitu terselip jelas sebab akibat yg dimaksud itu apa....

Mnurut sya adanya konspirasi flat earth ini berbuahkan hasil positif juga, terutama bagi msyarakat yg awam akan pengetahuan global yg terjadi di dunia ini, "sperti saya"

Sya PRO terhadap tajuk FLATH EARTH ini bukan dri sudut pandang permaslahan bntuk bumi, TAPI DARI GAGASAN POKOK YG MENGUNGKAP SEMUA KEBOHONGAN KEBOHONGAN YG SUDAH BERLANGSUNG LAMA
TERJADI DI DUNIA INI, ITU !!!!
Kalian harus sadar !! Jangan slah presepsi , tlong di cerna dan dipelajari lebih dlam lagi, konspirasi ini pengetahuan , bukan KEYAKINAN,

ini pengetahuan jgn jadiin acuan keyakinan yg bkal ngejadiin 2 kubu yg berbeda ..

Oleh karena itu pndapat sya , tlong mending rubah alur nya jgn berlanjut seperti sebuah berdebatan jadiin seperti sebuah diskusi yg sling bertukar pikiran , kalau kalian berdebat sma aja kalian menjadikan dir kalian TETAP sbgai kambing di panggung hiburan klompok elit diluaran sana yg sengaja memecah belah kita semua, berdebatan itu cikal bkal perselisihan , yg berdampak nanti nya cuman akan menciptakan ke 2 kubu yg berbeda paham, sehingga yg selalu terus menerus berselisih, NAH JUSTRU HAL INI YG DI HARAPKAN SEKALI OLEH PARA PENGIKUT DAJAL DILUARAN SNA, MEMECAH BELAH KITA, MENGADU DOMBA , PERANG SAUDARA ???????? Apa itu yg kita mau ?? :-(

So... STOP dri skrg dbat dbat gajelas apalagi tanya tanya tntang bentuk bumi, alam, atmosfer , mtahari bintang atau blablabla lain sbgainya lah, GA JELAS DAN GKAN MERUBAH APAPUN !! KITA CAPE CAPE NGEDEBATIN MATAHAoRI TERBIT DI TIMUR TENGGELAM DI BARAT, UKURAN KECIL UKURAN BESAR, KAALAU ALLAH BEKEHDAK MATAHARI DI TERBITIN DI SLATAN TNGGELEM DI UTARA TERUS SBESAR KELERENG, TERUS BUMI KOTAK BUMI TEBALIK , PARA SAINTIS DAN KALIAN KALIAN MAU NGMONG APAA ??????? Mau debat lagi ? MAU CAPE CAPE RISET LAGI LAGI DAN LAGI _? HAHAHA mknya stop !! Sederhana aja, kalau maslah bentuk ,jelas jelas yg bisa ngbuktiin 100% CUMAN MATA !! Beresss !! Kalau mau gunain AKAL NALAR DAN FIKIRAN MENDING pindah topik ke NEW WORLD ORDER, mending jelas jelar teliti ini, riset ini , diskusiin ini karena apaaa ??? KARENA MASIH BISA TEMBUS SMA AKAL DAN FIKIRAN PUN ;)

Tnx

(Mungkin jika ada yg keberatan dgn pendapat tegas dri sya ini boleh di bls ,dan pastinya akan sya terima atas sekurang kurangnya :) )

anu, coba bawa mainan helikopter remote control ke kelas wisata kapal PELNI, mainin di sana.

yang saya simpulkan dan hanya untuk pemahaman pribadi saya, bumi itu bulat tetapi (mungkin) jauh lebih luas dari yang selama ini diterangkan oleh pihak manapun, karna dari pengalaman saya sendiri saat berada di atas jembatan tol di daerah saya (kira2 di ketinggian 100m), masih terlihat bukit yang jaraknya kira2 100km dr tempat saya melihat. mohon tanggapannya ya kawan kawan no offense.

kalau bumi bulat kenapa neil amstrong bisa pulang setelah pergi ke bulan (luar angkasa), dan roket tidak hancur menembus lapisan atmosfir bumi sedangkan katanya banyak meteor yang setiap harinya menabrak bumi itu hancur menembus lapisan atmosfir bumi. roket itu bahannya dari apa sampe tahan menembus lapisan atmosfir bumi..?

gini ae lah, kalo bumi bulat berotasi dan berevolusi, pesawat terbang roket yang keluar angkasa bakal ketinggalan bang, gimana si ?

Makanya gak ada satupun roket yang terbang lurus.

kalo ada ratusan bahkan ribuan satelit di luar angkasa, apalagi google, USA, yang katanya banyak satelitnya, kenapa gk ada satupun satelitnya keliatan, lu kata nerbangin satelit semudah itu, butuh ratusan milyar, uang dari mana ELITE GLOBAL MELAKUKAN PEMBODOHAN, ini itu mahal, listrik mahal, padahal NIKOLA TESLA pernah bikin Menara yang bisa bagi listrik udara ke seluruh dunia, tapi ELITE GLOBAL mengurangi pasokan listrik, agar kelihatan mahal. bantah ini ?

WTF, kalo roket terbang masih diantara BUMI dan BULAN, masih kena gravitasi lah, BULAN kenapa ikut BUMI, katanya gara - gara gravitasi. lol

Lagian siapa juga yg bilang bintang pada big bang muncul dengan sendirinya

Ayo mas mubarok, balas komentar mas Aan ryan :p

Satu pemikiran coeg, liat coment gue

Dulu nikola tesla buat menara listrik udara,yang bisa dipakai kebutuhan sebumi, cuman yang membiayai nikola tesla gk ridho seluruh dunia hanya menikmati listrik gratis, jadi sumber listrik di pasok, biar kelihatan mahal. salah satu ELITE GLOBAL

yg jadi fokus di komunitas FE itu bukan hanya bentuk bumi, tapi jauh lebih luas dari itu,yaitu tentang rusaknya system kepimpinan sekarang, tentang kebohongan elite global dan fitnah akhir zaman, tinggal pilih aja mau tetep di bohongin atau mau sadar!

anda ga tau ada semacam ubin yg tahan bakar hingga ribuan derajat celcius, bagian luar space craft dilapisi oleh ubin itu biar ga kebakar di atmosfer

bisa gak menggunakan gps tanpa sinyal dari tower. Misal saya berada di wilayah yang gak ada sinyal, terus mengaktifkan GPS. Apakah gps bisa digunakan? karena dg asumsi GPS = menggunakan satelite yag jangkauannya Global seluruh wilayah bumi. Thanks

Bearti anda menggunakan data map offline sebelum berada di tengah samudera, bukan data map ketika berada di tengah samudera. Dengan kata lain anda menggunakan data map dari akses internet dan tower sebelumnya ketika berada di tengah samudera. Jadi data map yg anda pakai bukan data baru ketika berada ditengah samudera menggunkan GPS dg asumsi lsg dari satelite.

Jika GPS itu berdiri sendiri dg satelite yg jangkauannya global luas mencakup seluruh wilayah bumi, tak perlu bergantung pada internet dan sinyal tower. Cukup saja mekanismenya handphone/gadget lsg terhubung ke satelite, no tower no internet.

Bearti anda menggunakan data map offline sebelum berada di tengah samudera, bukan data map ketika berada di tengah samudera. Dengan kata lain anda menggunakan data map dari akses internet dan tower sebelumnya ketika berada di tengah samudera. Jadi data map yg anda pakai bukan data baru ketika berada ditengah samudera menggunkan GPS dg asumsi lsg dari satelite.

Jika GPS itu berdiri sendiri dg satelite yg jangkauannya global luas mencakup seluruh wilayah bumi, tak perlu bergantung pada internet dan sinyal tower. Cukup saja mekanismenya handphone/gadget lsg terhubung ke satelite, no tower no internet.

anjay,ane malah pusing nyari duit tambahan,haaa

Koreksi pada kalimat "Google sendiri punya 180 satelit lebih di luar angkasa". Googgle MAP dan Google Earth tidak menggunakan data dari satelit sendiri tapi menggunakan data dari Satelit NASA Landsat 8. Sedangkan mengenai GPS, ada banyak satelit GPS selain milik Amerika ada Glonas milik Rusia dan Galileo milik Eropa. Beberapa aplikasi Navigasi menggunakan gabungan dari beberapa satelit GPS tersebut dan LBS yang berbasis BTS untuk mempercepat penentuan lokasi. Aplikasi Navigasi tetap bisa bekerja tanpa adanya internet melalui BTS jika data peta sudah diunduh sebelumnya.

pernah ada yang bilang ujung bumi.. itu mungkin ada, yaitu Samudera Artik, tepatnya di kepulauan Svalbard, Kutub Utara... tapi jika bumi bulatt.. apakah bentuk bulat memiliki titik ujung nya???

Sip!presentasi yg bagus min...sya salut(y)
maaf nih min,sya butuh jwban pasti dari sampean...
Kita tau apa yg dimxd serial video FE tuh kan inti'y melawan elit global.kita buang jauh2 dlu dah apa bumi itu bulat,datar,kotak,zig-zag,trapesium,jajargenjang atao belah ketupat traerah msing2 mo nyebut apa
But...penguasa zhalim memang tidak bisa dipungkiri kan??? Dia pasti ada!entahlah namanya apa atau dimna atau sjak kpn!
Krna memang begitulah manusia,toh quran,Injil,dan kitab2 lain mengabarkan akan adanya manusia yg rakus!mungkin itu yg dimaksud FE kali min...jgn lah kita cuek2 ajja cna krna kita percaya bumi bulat atau apalah!
Ini nnti berimbas pada anak cucu kita loh!
Apa pendapat Anda?

Gak usah debat antara scientist biasa2 aja...mending sama yg benar-benar berpengaruh...

Paparan mas mahfuzh huda, aan ryan, dkk, terlihat sangat ilmiah sekali.

Tapi kalau diperhatikan maka sangat jelas kalau semua penjelasannya sangat terpengaruh oleh teori2 sains modern yang notabene teori2 tsb berasal dari "orang-orang itu".

Lihat aja rujukan2 informasinya.
Yang punya rujukan "orang2 itu" juga.

Justru komen2 yang di bawah tulisan mas mahfudh ini lebih masuk akal.

Contoh:
pesawat 12 km kena gravitasi
roket 500 km gk kena gravitasi
Lha BULAN brpa km??? KENA GRAVITASI
Ini pa gak teori yang super aneh???

Contoh lain yang aneh

mas huda bilang: "GPS itu ada, dan teknologinya menggunakan satelit. Sudah jelas. Semua yg mengerti teknologi radar dan GPS pasti tahu benar kalau teknologinya menggunakan satelit."

Org yg hidup di pelosok dunia dan gk ada sinyal, bisa gak akses google, internet, dll ???

Kemana SATELIT nya ???

Wallahu a'lam

Kalau saya sendiri lebih nyaman dengan teori bahwa bumi itu datar

saya juga lebih nyaman dg teori bumi datar, lebih nyambung

bisa kok kemarin mudik masuk daerah trpencil macam gunung dan hutan yg tidak bersinyal, gps kita masih aktif dengan trlebih dahulunmendownload peta daerah yg akan kita lewati

data map secara offline lebih cepat di download lewat tower,sedangkan satelite untuk menentukan posisi koordinat saja,

saya seseorang yang awam numpang nimbrung.
kalo bener satelit itu ada, kenapa Sinyal/Jaringan/Navigasi/GPS di gunung rata-rata lemah ? padahal SATELITkan posisinya di atas (luar angkasa) "katanya"
ini FAKTA !!

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Maslah gravitasi, semakin dekat dengan bumi tarikan gravitasi semakin besar bgtupun sebaliknya.
semua benda yg terpengaruh gravitasi bukan berarti tidak bisa melawan tarikan gravitasi, jika benda trsbut memiliki gaya untuk melawan gaya gravitasi yg lebih besar atau minimal sama dengan gaya gravitasi maka benda trsbut tidak akan jatuh ke bumi.

Maslah internet dan gps sama sekali tidak ada hubungan karena fungsinya juga berbeda.GPS adalah alat navigasi atau alat untuk menentukan posisi dengan tingkat akurasi dari puluhan meter bahkan hingga kurang dari 1 centimeter( tergantung jenis dan type GPS )yang dinyatakan dengan angka2 koordinat bukan alamat,jadi tanpa koneksi internet dan sinyal hp/tlp pun bisa walau berada dipelosok dunia.silakan belajar dari google tentang gps, navigasi, koordinat dan satelit jika sekedar ingin menambah pengetahuan

Kalau boleh sebutkan merek dan type gps yang anda gunakan jika memang anda pernah membuktikan sendiri apa yang anda katakan itu

Horizon selalu datar
Pendapat kalian?

Apa itu horizon menurut pemahaman anda?

sepertinya tidak ada salahnya menyamakan gravitasi dengan medan magnet, toh persamaannya sama

Warm Greetings All, Coming Promo ya !! Have Predicted figures telling and dreams fortune telling! Soon Replace your numbers in BURSATOGEL BO proven Safe and Reliable, please Prediction Togel Daily, bursatogel.com
togel sgp

Bahan bakarnya berapa liter si juno itu bisa sampek ke jupiter?

Kalo bumi memang berotasi, kenapa ya pesawat harus menggunakan mesin jet agar mampu menuju daerah yang dituju ?. Toh kalo pesawat tu diem aja di udara nunggu beberapa jam, biar buminya aja yang jalan (berotasi), kn nyampek juga ? Ada yg bisa jawab ?

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top