Flat Earth Theory - Keping-Keping Sains #part3 - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Flat Earth Theory - Keping-Keping Sains #part3


Serius deh.. Tulisan kali ini penting banget, tentang Keping-Keping Sains dalam Flat Earth Theory. Artikel ini bahkan bisa dibilang menjadi salah satu tujuanku dalam menuliskan seri Teori Bumi datar ini. Buat yang baru saja baca, sebaiknya membaca dulu dari part1 dan part2.Oke aku akan mulai dengan kutipan yang sangat bijak dan awesome:
Jangan sekali-kali meremehkan para astronom kuno. Karena merekalah kapal laut bisa menyebrangi benua tanpa kompas. Hanya dengan melihat rasi bintang. Jika anda melihat situs resmi NASA, perhitungan astronom kuno masih digunakan sampai sekarang. 
Buatku pernyataan di atas ini seperti kata-kata mutiara. Bener banget lah pokoknya, tapi dengan catatan kalian percaya kepada NASA dan para astronom masa lampau. Sudah nonton video 4? dimana pembuat video dengan jelas mengatakan kalau Aristarchus, seorang ilmuwan Yunani kuno melakukan kesalahan asumsi untuk perhitungan jarak bumi-bulan. Artinya apa? pembuat video sendiri meremehkan astronom kuno.

Kemudian pernyataan bahwa NASA masih menggunakan perhitungan astronom kuno. Pernyataan ini sangat benar dan tepat. Permasalahannya, kenapa masih mengacu kepada NASA kalau kalian menganggap NASA itu bohong belaka? Yah jangan pakai acuan NASA donk, kalau memang merasa NASA itu nggak kredibel.

Tapi yah sudah lah, anggap saja angin lalu.. Kita langsung lanjut ke inti saja, pembahasan video 3 dari Flat Earth 101:
https://www.youtube.com/watch?v=asYzxCritAI&list=PLQt5a4m_Y05VI4WwgOLKxWXIw655PlHH2&index=3

USGS(United States Geological Survey)

USGS ialah lembaga milik Amerika Serikat yang bergerak dalam bidang survei geologis. Pernyataan pembuat video ialah USGS merupakan lembaga paling kredibel di bidang survey geologi.

Pertanyaan saya yang paling pertama ialah, Apa bedanya USGS dengan NASA? Kenapa USGS kredibel tetapi NASA nggak kredibel? Keduanya dari Amerika, keduanya berisi ilmuwan, keduanya menggunakan satelit!

Aku udah yakin banget kalau USGS pasti menggunakan satelit, karena di pelajaran geografi SMA kita pasti diajarin tentang penginderaan jauh, dan itu ialah tentang penggunaan satelit. USGS mutlak menggunakan data satelit untuk 2.700 artikel lebih dan lebih dari 1.600 publikasi ilmiah. Masih mau mengacu pada USGS? Silahkan cek sendiri -> https://www.usgs.gov/science/science-explorer?lq=satellite

Azimuthal Equidistance

Azimuthal Equidistance merupakan teknik proyeksi matematis dari globe pada sebuah bidang datar. Disebutkan dalam situs resmi USGS bahwasanya teknik ini digunakan dalam membuat Atlas Nasional Amerika.

Jujur aku nggak begitu mengerti tentang teknik Azimuthal Equidistance ini, aku baru mendengarnya dari video ini. Tapi yang pasti, setelah aku cek di USGS, ternyata Azimuthal Equidistance ini bukanlah satu-satunya teknik yang digunakan dalam membuat Atlas Nasional Amerika. Ada juga teknik lainnya yang disebut dengan Ortographic. Selain dua ini ada beberapa teknik lainnya yang digunakan oleh para geolog dalam membuat peta, kalian bisa cek selengkap-lengkapnya disini:
http://egsc.usgs.gov/isb//pubs/MapProjections/projections.html

Sedangkan penggunaan proyeksi Azimuthal Equidistance dengan kutub utara sebagai pusatnya ini pada logo PBB nggak ada hubungannya dengan apa yang sedang kita bahas. Digunakan atau tidak sebagai logo ini tidak ada kaitannya dengan bumi datar ataupun bulat. Pun tidak ada hubungannya dengan adanya peta bumi yang datar di tembok ruangan presiden amerika, petanya bentuk trapesium sekalipun yah terserah dia. Seperti penggunaan lambang matahari pada bendera Jepang, siapa yang mau bilang kalau matahari itu merah dan datar?

Oke.. Untuk Azimuthal Equidistance ini nanti kita bahas lagi di pembahasan berikutnya masalah rute pesawat flat earth, dll. Aku akan beritahukan kalau ada yang salah dalam mempersepsikan Azimuthal Equidistance dan peta bumi datar itu :)

Galileo Galilei


Banyak sekali yang mengira bahwa Galileo Galilei adalah orang pertama yang menyatakan bahwa bumi itu bulat, padahal kenyataanya fakta bahwa bumi bulat telah diketahui oleh ilmuwan sejak zaman Yunani. Eratosthenes, seorang ilmuwan Yunani bahkan sudah menghitung jari-jari bumi sejak 200 tahun sebelum masehi. Galileo sendiri hanyalah orang yang membuktikan secara empiris teori Heliosentris (bahwasanya bumi mengelilingi matahari).

Dia memang tidak membuktikan secara mutlak bahwa bumi mengelilingi Matahari, tetapi dia membuktikan bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya. Teori yang berkembang di kalangan gereja pada masa itu ialah geosentrik, dimana bumi merupakan pusat tata surya dan planet-planet mengelilingi bumi.

Dengan menggunakan teleskop buatannya, Galileo menemukan 4 satelit(bulan) dari Jupiter. Dalam pengamatannya ini dia menyimpulkan bahwa ada benda-langit/planet yang tidak mengelilingi bumi (yaitu 4 bualn Jupiter). Hasil dari pengamatannya itu membuat Galileo sepakat pada teori Heliosentris, bahwasannya bumi bukanlah pusat tata surya, yang menjadi pusat tata surya ialah matahari.

Galileo mempublikasikan hasil pengamatannya pada bukunya Sidereus Nuncius yang dianggap menentang dogma gereja pada masa itu. Galileo diminta untuk mengatakan bahwa dia melakukan kesalahan dan meminta maaf, tetapi dia tidak mau. Dia mengatakan bahwa bibel adalah buku panduan untuk jiwa dan kedamaian, tidak untuk sains.  Hal ini menyebabkan dia dijadikan tahanan rumah oleh pihak gereja.

Diakhir hidupnya Galileo berusaha menemukan penyebab dari adanya pasang surut air laut. Ia mengira bahwa pasang surut air laut ini ada hubungannya dengan gerakan bumi dalam mengelilingi matahari (yang mendukung heliosentris). Tetapi ini tetap tidak dapat menjelaskan mengapa ada pasang dan surut, mengapa ada dua arus? Johannes Kepler memberikan pendapatnya bahwa pasang surut air laut ini dipengaruhi oleh bulan. Galileo tidak mengambil pendapat Kepler karena sama sekali tidak ada bukti ilmiah atas argumen tersebut. Permasalahan pasang surut air laut ini nantinya akan diselesaikan oleh Newton dengan Universal law of Gravity-nya.

Nah dari sikapnya yang menolak untuk mengikuti keinginan gereja dan menolak pendapat-pendapat yang tidak ada buktinya sama sekali itulah yang membuat Galileo mendapat pengakuan dunia sains. Dia tetap bertahan pada metode yang saintifik dan logis walaupun seluruh masyarakat mengecamnya pada saat itu. Dikatakan bahwa "Galileo is the one that showing the right path of science." 

Gravitasi -Sir Isac Newton (1642-1726)

Ini adalah bagian yang membuat aku merasa perlu sekali untuk membahas teori flat earth. Karena teori ini mengatakan "mitos gravitasi", tanpa konsep gravitasi 80% fakta-fakta yang ada di dunia tak akan bisa di jelaskan. Yang menurutku gawat ialah kalau ada anak SMP yang menonton video FET ini dan menyimpulkan bahwa Hukum Gravitasi Newton itu bohong, dan dia tidak mau mempelajarinya. Jelas-jelas kesempatannya untuk masuk dalam dunia sains (khusunya fisika, matematika dan kimia) akan hilang sepenuhnya.

Baiklah pertama. Seperti cerita-cerita yang sudah sangat terkenal, bahwasanya Sir Isac Newton terfikir untuk merumuskan gravitasi ketika duduk di bawah pohon apel dan kejatuhan buahnya. Newton sendiri merumuskan hukum gravitasi universal yang isinya: "Benda-benda di alam semesta saling tarik menarik dengan gaya yang berbanding lurus dengan hasil dari massa dan berbanding terbalik dengan kuadrat dari jarak antara mereka.
Menonton video 3 ini, kita di arahkan bahwa gravitasi itu hanya dimiliki oleh bumi dan matahari saja. Hanya benda-benda besar saja. Padahal, gravitasi ini bekerja juga pada benda-benda kecil. Seorang fisikawan eksperimentalis, Henry Cavendish(1731-1810) menunjukkan hal ini dalam menghitung konstanta gravitasi (G). Berikut ini rancangan eksperimennya:
Jika ingin melihat animasinya silahkan klik disini
Tidak banyak orang yang tahu tentang Cavendish dan eksperimennya ini (kebanyakan tahunya Cavendish temannya Lufi di OP :D). Sederhananya dari eksperimen ini ialah, empat bola logam yang digantung, 2 bola besar dan 2 bola kecil, kemudian dua bola besar diayunkan di dekat bola kecil. Apa yang terjadi? Bola kecil mengalami pergeseran, artinya bola kecil tertarik oleh bola besar. Sudut pergeseran dari bola ini digunakan untuk menghitung besarnya konstanta gravitasi (G). Konstanta gravitasi ini dapat digunakan dalam perhitungan massa bumi. 

Hukum gravitasi ini bisa menjelaskan dengan baik sebuah pertanyaan besar yang pernah disampaikan oleh Galileo "Kenapa ada pasang surut air laut?" Adanya gravitasi bulan yang menarik air laut di permukaan bumi adalah alasan menyebabkan pasang surut air laut. Inilah kenapa konsep gravitasi diterima oleh seluruh saintis di dunia.

Banyak sekali Flat Earther yang menyatakan bahwa gravitasi itu tidak ada, tetapi rumus yang dikemukakan Newton itu benar. Ini pembodohan kelas teri, karena sebenarnya mereka nggak akan bisa menentang sebuah persamaan matematis yang benar. Itulah kenapa hampir setiap teori-teori sains yang besar diungkapkan dalam persamaan matematis, ketika persamaan matematisnya salah, maka seluruh teori tersebut dianggap gagal menjelaskan fenomena alam. Kalian bisa baca disini tentang bagaimana perjuangan Einstein menyelesaikan persamaan matematis pada Teori Relativitas.

Nah setelah mengerti hal ini barulah kita masuk ke pebahasan elektromagnetik Nikola Tesla dan bahkan perbedaan massa jenis Archimedes.

Baca juga: Biografi Singkat Nikola Tesla-The Master of Lightning


Divideo dikatakan bahwa jika kita bertanya kepada Newton peristiwa elektron mengelilingi inti atom maka Newton akan menjawab "Karena Gravitasi". Ini murni klaim semata. Tidak ada sama sekali catatan bahwa Newton mengatakan itu. Karena elektron sendiri baru ditemukan oleh JJ Thompson pada 1897, 171 tahun setelah Newton meninggal. Jadi tidak ada pernyataan semacam ini seumur hidup Newton. Sains dan logika Anda tidak boleh menerima informasi semacam ini.

Besi Tenggelam Gabus Mengapung

Video ini  sekali lagi memfitnah Newton mengatakan bahwa peristiwa besi tenggelam dan gabus mengapung disebabkan karena gravitasi. Ini juga klaim semata. Tidak ada satupun catatan dimana Newton mengatakan hal ini. Kenapa? Karena Archimedes telah mengungkapkan prinsipnya 2000 tahun sebelumnya. Newton telah mengetahui prinsip Archimedes dan sepakat dengan prinsip tesebut. Tidak ada masalah dengan prinsip Archimedes.

Banyak dari orang yang percaya Flat Earth menyampaikan bahwa gravitasi itu tidak ada, yang sebenarnya terjadi ketika apel jatuh ialah, karena massa jenis apel itu lebih besar daripada massa jenis udara. Persis seperti prinsip Archimedes. Tetapi sekarang pertanyaannya sederhana, bagaiamana dengan percobaan Cavendish di atas? Bahwa bola kecil bergeser ketika bola yang besar digerakkan, apa yang membuat bola kecil bergerak? Ini adalah dua padatan yang tidak bersentuhan.

Pertanyaan berikutnya, bagaiamana dengan pertanyaan Galileo tentang pasang surut-nya air laut? Apa bisa dijelaskan dengan sekedar prinsip Archimedes? Selanjutnya lagi, bagaimana kalau ada bola bowling dan bulu yang dilepaskan dalam ruang vakum (ruang tanpa materi/tanpa udara)? Prinsip Archimedes hanya berlaku ketika ada benda padatan dan fluida yang massa jenisnya berbeda. Di ruangan vacum tidak ada fluida sama sekali, ketika kita lepaskan bola bowling dan bulu, maka bola bowling dan bulu akan jatuh dengan kecepatan yang sama 9.8 m/s. Cek video slowmotionnya disini: https://www.youtube.com/watch?v=frZ9dN_ATew

Artinya apa? Tidak ada yang salah dengan prinsip Archimedes, tetapi gravitasi ialah sebuah gaya yang berbeda yang benar-benar ada dan bekerja pada benda.

Kalau kalian lihat di video pembuat video mengatakan bahwa "banyak orang mengira gravitasi adalah medan magnet bumi". Seriously guys? Nggak lahh..! Aku nggak pernah mengatakan gravitasi sebagai medan magnet. Ini adalah dua hal berbeda, hitungan matematis dan konsep ilmiahnya jelas berbeda. Lalu dikatakan juga tentang hukum kekekalan energi, bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Yang anehnya di video ini dicontohkan dengan orang meniup balon. Serius deh.. Ini parah banget, ini salah total. Mungkin ini pemahaman hukum kekekalan energi di level anak SMP. Pesan buat pembuat video ialah: Baca lagi hukum termodinamika 0, 1, 2 dan 3. :D

Tetapi video ini benar tentang satu hal, kenapa bumi bisa menarik semua benda di atasnya dan tidak ada gaya tolaknya?

Ini juga menjadi pertanyaan yang mendasar bagi Newton, bagiamana mungkin ada gravitasi? Jika melihat prinsip aksi reaksi, maka setiap gaya seharusnya mendorong bukan menarik. Tetapi faktanya gravitasi ini menarik benda-benda, bukan mendorongnya, bagimana mungkin? Konsep gravitasi belum selesai, pikir Newton.

Pertanyaan besar yang tidak mampu di jawab oleh Newton inilah yang kemudian dijawab oleh Einstein pada tahun 1905.

General Theory Of Relativity Einstein (1879-1955)

Einstein menjawab pertanyaan besar Newton, seharusnya gaya itu mendorong, bukan sekedar menarik benda, tetapi faktanya gravitasi menarik benda-benda.

Perjalanan Einstein ini sudah aku ceritakan disini -> Perjuangan Einstein  membuktikan General Theory of Relativity. Secara sederhana Einstein mengatakan bahwa benda-benda yang memiliki massa dapat melengkungkan ruang dan waktu. Jadi dalam pendapatnya ini, gravitasi bumi dan benda-benda langit bukanlah sebuah gaya tarik melainkan lengkungan ruang dan waktu yang memaksa kita berada di atas(disekitar) benda bermassa besar itu.


Pada awalnya, ini merupakan teori yang sangat sulit untuk diterima oleh para saintis di seluruh dunia. Tetapi Eddington membuktikan bahwa teori ini benar. Cara pembuktiannya juga sudah ada da tulisaanku sebelumnya yaitu Einstein Series.

Pernyataan video 3 bahwa Eddington mengarang hasil pengamatannya ialah kebohongan belaka, teori Einstein dibuktikan bukan hanya oleh Eddington tetapi juga dikonfirmasi oleh Campbel pesaing Eddington.

Di video 3 ini tidak dikatakan bahwa Teori Relativitas Einstein salah, tetapi dikatakan bahwa "Einstein sudah coba menjelaskan dengan Teori Relativitas tetapi ia tidak mendapat hadiah nobel karena itu". Pernyataan yang sangat cerdik menurutku. Karena itu membuat kalian berfikir bahwa Teori Relativitas Einstein salah kan? Kenyataannya Teori Relativitas Einstein telah terbukti dan menjadi benar seluruhnya di mata ilmu pengetahuan dan sains. Tetapi karena pada masa itu belum ada applikasi nyata penggunaan konsep Teori Relativitas, sedangkan komite Nobel mempertimbangkan applikasi dari temuan sains sebagai pertimbangan seseorang mendapatkan Nobel, untuk itu Einstein tidak mendapatkan Nobel dari Teori Relativitas yang ia kembangkan, tetapi dapat dari penelitiannya tentang Efek Fotoelektrik. Silahkan baca cerita nya disini: Kisah Einstein Mendapatkan Nobel Prize.

Di video tersebut ditampilkan permodelan bola yang menggelinding di atas trampolin sebagai permisalan teori relativitas Einstein. Itu memang model yang cukup benar dan mendekati tepat pada Relativitas Einstein. Permasalahannya kenapa akhirnya bolanya tetap jatuh? Simple, karena energi bola tersebut terserap oleh gaya gesekan bola terhadap trampolin dan gaya gesekan bola terhadap udara. Ini pelajaran Fisika SMA, tentang gaya gesekan yang terjadi pada benda. Karena hukum kekekalan energi berlaku, maka semakin banyak gesekan yang terjadi akan semakin lambat-lah bola tersebut bergerak.

Sekarang jika kita berbicara alam semesta, maka bumi mengelilingi matahari di ruang vakum (tanpa udara), jadi tidak ada gesekan sama sekali, sekali bergerak maka tidak akan berhenti lagi (karena energinya tetap/kekal), tetapi lintasan pergerakan bumi ini dipengaruhi oleh massa matahari yang besar, itulah sebabnya bumi kita mengelilingi matahari.

Seperti yang kalian ketahui untuk memahami Teori Relativitas Einstein ini sangatlah sulit dan penggunaanya sangat sedikit, hanya pada kasus-kasus luar angkasa saja digunakannya. Itulah sebabnya yang diajarkan di sekolah-sekolah ialah Hukum Gravitasi Newton, yang umum digunakan dan berlaku di Bumi.

Kesimpulan

Bagaimana? Semoga sudah dapat gambaran lebih jelas bagaiamana saintis melakukan penelitian dan membuktikan sebuah teori ilmiah.

Jika kita review ulang, sejak Galileo saintis berusaha mencari tahu (membuat pertanyaan) dan menemukan jawabannya. Pertanyaan-pertanyaan yang telah diungkapkan ini bisa saja langsung ditemukan jawabannya atau mungkin dilanjutkan oleh saintis lain untuk mencari jawabannya. Newton mempelajari jejak penelitian dari Galileo sehingga mampu menjawab pertanyaan besar Galileo, kemudian Einstein menelusuri jejak sains dari Newton dan Galileo untuk sampai pada Teori Relativitas Einstein. Seperti itulah sains, mengembangkan pengetahuan baru berdasarkan riset yang sudah ada sebelumnya.

Oke terakhir aku mau mengutip kata mutiara:
If I have seen further than others, it is by standing upon the shoulders of giants. 
Sir Isaac Newton.
Arti dari kutipan tersebut ialah: Aku bisa melihat lebih jauh dari orang lain karena aku mempelajari pengetahuan dari orang-orang sebelumnya. 

Oke. Selanjutnya  pada #part5 aku akan menjabarkan sedikit tentang rute penerbangan pesawat dan misi-misi luar angkasa di dunia.

Yap.. Gitu dulu lah penjelasan dan fakta yang bisa aku jabarkan. Selanjutnya, teman-teman bisa membaca ulasan lainnya mengenai Flat Earth Ini:
  1. Teori Bumi Datar (Flat Earth Theory) Fakta atau Konspirasi Semata? #part1
  2. Flat Earth Theory - Pembantaian Sains dan Logika #part2 
  3. Flat Earth Theory - Keping-Keping Sains #part3
  4. Teori Bumi Datar - Let's do The Math #part4
  5. Teori Bumi Datar - Apa yang Dilakukan Habibie? #part5
  6. Teori Bumi Datar - Matematika Angkasa Dalam Narasi #part6
  7. Final Part - Not Rocket Science
Silahkan membaca.. :)
Jika belajar sains itu logis dan menyenangkan, silahkan share tulisan ini. Biar teman kalian juga memiliki wawasan sains yang luas. :)

Sumber: 
wikipedia.org Universetoday.com Physicscentral.com
http://curious.astro.cornell.edu/about-us/41-our-solar-system/the-earth/orbit/87-how-do-you-measure-the-distance-between-earth-and-the-sun-intermediate
http://eaae-astronomy.org/WG3-SS/WorkShops/Triangulation.html http://www.space.com/17683-earth-atmosphere.html
http://ds9.ssl.berkeley.edu/solarweek/THURSDAY/history.html
https://www.quantamagazine.org/20150113-a-proof-that-some-spaces-cant-be-cut/
http://plato.stanford.edu/entries/galileo/#3 http://www.pbs.org/wgbh/nova/earth/galileo-big-mistake.html https://www.usgs.gov/science/science-explorer?lq=satellite http://solar-center.stanford.edu/galileo/

Gambar: 
http://u2.lege.net/cetinbal/PU/saat_ve_Gravity.PNG https://en.wikipedia.org/wiki/Cavendish_experiment#/media/File:Cavendish_Experiment.png http://linus.highpoint.edu/~mdewitt/phy1050/images/week6/light-deflected-by-sun.jpg

51 comments

bener, aku tahunya Cavendish di One Piece xD

tulisanmu asik dibaca, mengingatkan kembali masa sekolah..

Di OP setahuku ada dua nama saintis. Cavendish dan Rayleigh.

Mas bikin pembahasan tentang Nikola Tesla dong. Kaya yg cerita tentang Einstein itu. Klo ente yg bahas lebih enak dan jelas.. haha

Thanks sarannya.. InsyaAllah saya akan buat dalam waktu dekat.. Nikola Tesla is one of the geniuss in this world! He's awesome!

Mas kalau penjelasan soal gerhana bagaimana? Di video flat earth ada penjelasan soal gerhana. Menurutnya perhitungan matematis sains modern salah, karena tidak bisa memprediksi gerhana terjadi dengan angka-angka tersebut. Yang artinya jarak, kecepatan dsb pun salah. Yang artinya bisa jadi asumsinya juga salah. Malah NASA 'katanya' menggunakan siklus saros bangsa Babylonia yang, tidak mengasumsikan bentuk buminya seperti apa, tapi hanya dengan melihat siklus perputaran benda-benda angkasa semata (kalau tidak salah). Terus kita-kira soal benua antartika itu gimana mas, pernah denger kabar atau baca-baca buku terkait? ada bagian dimana menjelaskan james cook mengelilingi antartika sepanjang 60.000 KM, yang secara hitung-hitungan itu 'katanya' tidak sesuai dengan peta atau diameter bumi. Ada juga Admiral Byrd yang angkat bicara sebagaimana di video. Atau mungkin Cook keliru dan Byrd politis terkait perang dunia? Selain itu kalo kita asumsikan, dengan melihat kenyataan Amerika hari ini(entah di bidang militer, kapitalisme, propaganda, penjajahan budaya dsb) emang mungkin-mungkin aja Amerika bisa memalsukan data. Mungkin. kira-kira gimana itu mas? Saya udah nonton ke-7 video tersebut berulang-ulang, melihat video pro flat earth lainnya, bahkan mendownload majalah popular science tentang Auguste Piccard dsb. dsb.(intinya mencari data-data lain yang mendukung pemahaman) tapi kurang ngerti juga. Maaf saya anak Seni Musik, ga ngerti yg gituan soalnya.. hohoho cuma terprovokasi aja buat ikut ngebuktiin. Terimakasih. Salam kenal.

Siklus saros sudah saya jelaskan Mas, silahkan baca pembahasan saya dari nomor1.

Untuk maslaah antartika saya sudah berikan beberapa link yang berisi perjalanan orang2 ke antartika, mereka bebas menjelajah antartika. (di Part6). Sains memang banyak ditemukan di Amerika, tetapi yang mempelajari dan membuktikan percobaan2 sains dan data2 eksperimen itu di seluruh dunia (semua negara).

Seperti pembuktian teori Einstein, bukan cuma orang german yang membuktikan tetapi juga orang amerika. Bahkan jika sekarang dilakukan pengamatan dengan metode yang sama maka akan diperoleh hasil yang sama. Inilah yang membedakan sains dari semua keilmuan yang ada. Data dalam sains akan berulang jika percobaan tersebut diulang.

Waah makasih request saya udah dikabulin. Iya Nikola Tesla emang keren. Saya sampe ngefans huehehe

Wkwkwkwk,, just info om... Heliosentrik yg dibuktikan galileo gagal bro... Kemudian konsep gravitasi dari einsten jg gagal dbuktikan secara praktek,, jd cm teori... Well mohon dicermati sebelum menulis... Info ini jg dapat di internet,, jd maaf klo salah...

Sipp tulisan yang mencerahkan, sebelumnya saya lihat video Flat Earth di Youtube, hampir-hampir tak bisa membantahnya, walaupun saya tetap percaya bumi bulat.
Tapi setelah baca artikel ini, benar-benar joss...

Azimuthal Equidistance itu salah satu teknik proyeksi bumi bulat ke dalam bidang datar dg mempertahankan jaraknya, tp bentukya mengalami distorsi, teknik lain ada yg mempertahankan luas tetap, dll. ini karena bumi bulat kalau digambarkan ke dalam bidang datar pasti mengalami distorsi, jadi membutuhkan teknik2 proyeksi yg mempertahankan jarak, ukuran, bentuk yg tetap.
jadi Azimuthal Equidistance ini malah membuktikan kalo bumi bulat.. haha :D

Menurut saya bumi bulat atau datar semua ada salah ada benarnya juga, tergantung bagaimana kita memandangnya,
Kita perlu memandang dari berbagai ilmu dan berbagai fakta bukan hanya sekedar persepsi atau argumentasi saja. Jadi gimana kepercayaan masing masing

Jadi perjalanan James Cook yang waktunya lebih lama itu gimana? Bisa dijelaskan mas?

Min itu semua kan mengacu paka hasil penelitian da riset dari manusia, maaf sebelumnya bukan dicampur campurin antara sains dan agama. boleh dong punya prinsip masing masing heheh. berhubung ane muslim dan petunjuk ane quran dan hadist maka menurut ane bumi itu datar karena mengacu firman dari al quran.
QS. Ad-Dhariyat : 20
QS. An-Naba' : 6
QS. Al-'Inshiqaq : 3
QS. Al-Ghasiyah : 20
QS. Al-Haqqah : 14
QS. Al-Mulk : 16
QS. Al-Kahf : 47
QS. Yaa Siin : 38
QS. Yaa Siin : 40
Wallahu'Alam

kalau ini salah apa benar https://www.youtube.com/watch?v=RrAG8ztuscA

Satu aja bruh pesan saya, kalo emang mau nanggepin penilaian org lain yg berbeda pendapat dengan kita, jangan pakai emosi dan buruk sangka. Bisa bisa kayak gini, apa yg disampaikan nggak terlalu didapat, lalu langsung disangkal. Maksud yg jelasin lain, yg didengar lain.
Ini hanya saran buat kedua belah pihak, ya dibaca dan didengar baik baik dulu, biar org org seperti saya juga enak mengertinya

Maaf orang awan... mw tanya. Yang semua di jelasin hanya teori, tidak pernah jadi hukum. Yang saya tw ilmu sains paling tinggi adlh hukum karena fakta. Kalo teori bisa di bantah sampai kiyamat.. tw kan yang mana hukum dan teori. Teori darwin, teori einstein ... hukum pitagoras dll. Tw kn mksdnya... teori bisa di bantah tp hukum tu pasti/fakta. Fe / ge... hanya allh yg tw

Jangan saling menjatuhkan siapa tau yang bilang datar yang bener, soalnya kan sampean sama si datar beda disiplin ilmunya. Mendingan gini deh, buktiin sendiri kalo sampean udah ngeliatnya langsung alias lo bisa keluar angkasa baru boleh ngejelekin kompetitor lo si datar. Nah kalo secara penelitian data lo tuh masih sekunder atau kepustakaan, bukan lapangan alias primer jadi jangan terlalu pede siapa tau lo salah.

bikin videonya aja deh bro biar lebih jelas

artikel yg bagus, mungkin bisa dibikin videonya supaya lebih dapat memantapkan jika bumi itu globe bukan flat

Saya sudah baca setiap part pembahasan Mas Huda tentang FET ini. Dan saya suka artikelnya. Kalau kita berpikir dari sisi netral tidak mengacu pada yang benar itu bulat atau datar, seharusnya kita tahu mana yang lebih logis dan masuk akal. :)

Terkait komentar2 di beberapa artikel mas, saya rasa ada beberapa yg bahkan tidak niat baca dulu sebelum komentar. Hahah..

Itu krn Atartica ga ada ujungnya.
Silahkan cek di google map >> satellite.
Kutub utara dikelilingi laut.
Tp kutub selatan ga ada ujungnya.
Drone Google ga bakal berani masuk terlalu jauh ke Antartika, mgkn kawatir ga bs balik.

Di Al Qur'an bumi itu memang datar, dan kenyataannya memang datar dlm dunia nyata.
Science adl Tuhan baru di abad ini... sehingga manusia menolak firman Alloh, n menerima kebohongan manusia.

Iya memang hanya Alloh yg tau.
Tp sepengetahuan Alloh, Dia menciptakan bumi itu datar.

Lihatlah Syeikh Arab Saudi mengajarkan bahwa bumi itu datar, bukan bulat.
https://www.youtube.com/watch?v=RqGt0YV1AMQ

Klo ke luar angkasa itu mustahil, soalnya ada dinding dome di angkasa yg tdk akan tembus, dan tdk akan retak.
Itulah kenapa ga ada roket yg bs sampe ke luar angkasa.

Paling banter bs itu pake footage rocket yg disambungkan live ke bumi.
Ato bikin drone yg tdk terdeteksi radar, lalu pergi ke Antartika untuk membuktikan bhwa Antartika itu tdk memiliki ujung.

Percobaan Cavendish itu tdk benar, krn saya sudah mencoba eksperimen yg sama, dan sama sekali tdk bekerja.

kalau menurut saya ayat ayat alquran yang mendukung teori bumi datar itu salah,bukan ayat nya yang salah tapi tafsir manusia ttg ayat itu yang salah
mereka pendukung FE itu mendasarkan ayat alquran yang tidak terbantahkan kebenaran nya itu sebagai bukti,tentu itu salah

setiap ayat dalam alquran perlu di tafsir kan terlebih dahulu baru di mengerti,bukan ayat atau arti dari ayat tersebut

bumi bulat itu menentang kodrat tuhan dan tadi ada yang mengatakan ilmu adalah tuhan di abad ini karena lebih percaya pada ilmu ,itu jelas penafsiran yang salah

kita menggunakan alquran sebagai pedoman dan menggunakan ilmu sebagai pengarah kita agar tidak salah menggunakan pedoman tersebut

Buat Mas TI36 Detectiv:
Coba sekarang pernyataan Anda tadi dibalik dan ditujukan ke Si Datar. Apakah Si Datar juga bisa buktiin sendiri kalo udah bisa langsung ngeliat dengan mata kepala sendiri?
Maksud dari Admin sendiri bukan menjelekkan, tetapi member pengetahuan dan pemahaman kepada orang2 sesuai dengan kemampuannya, karena saya yakin Admin juga punya keterbatasan kok :)

Buat Mas Mubarok21:
Coba dong, saya kepengen banget lihat bukti primer alias bukti lapangannya, bukan bukti sekunder atau kepustakaan mengenai pemahaman Si Datar tadi. Tolong ya :)

Ada eksperimen, ada bukti dong :). Liat dong video nya pada saat Anda melakukan eksperimen Cavendish itu, dan tunjukan dimana bagian tidak bekerja sama sekali nya :)

"Sekarang jika kita berbicara alam semesta, maka bumi mengelilingi matahari di ruang vakum (tanpa udara), jadi tidak ada gesekan sama sekali, sekali bergerak maka tidak akan berhenti lagi (karena energinya tetap/kekal), tetapi lintasan pergerakan bumi ini dipengaruhi oleh massa matahari yang besar, itulah sebabnya bumi kita mengelilingi matahari."
Jd di ruang angkasa hampa udara ya min, satelit bisa ngambang di angkasa dan suting live.
Jika bumi bergerak mengelilingi bumi dan ber rotasi, apa kagak ketingalan tuh min.
Maap newbie :D

saya belum sempat baca semua jawaban dan artikel saya hanya mau tanya bagaimana dengan proses terjadinya Gerhana, apakah ini sudah bisa dibuktikan secara matematis dengan kecepatan bumi dan bulan beredar serta berdasarkan jarak bumi-matahari dan jarak bulan ke bumi seperti angka-angka yang selama ini disebutkan oleh ilmuwan NASA? kesampingkan siklus soros.

ternyata sudah ada jawabannya untuk pertanyaan saya dibawah, eh benar kata pembuat video itu ujung-ujungnya siklus saros! buktikan dong pak dengan matematis katanya saintis. kalau ini tidak bisa dijawab berarti benar angka-angka jarak bumi matahari bulan itu hanyak hoak karangan saintis mata duitan!

wow.. cepat bener putaran buminya.. :v sampe-sampe roket melengkung... berikan data yg masuk akal, bukan hanya pake logika saja.. kecepatan poros buminya brapa.. trus kecepatan roket berapa.. waktu yang dibutuhkan roket dari permukaan bumi hingga ke luar angkasa berapa?? jangan hanya pake logika digambar saja..
terima kasih

Ass mimin&para pembaca,saya cuma coba komen secara awam dengan netral aja nih,Al Quran memang sumber ilmu dunia&ahirat,tapi kan perlu penafsiran&pendalaman,banyak yg ga dirinci dengan detail secara explisit,tugas manusia untuk selalu menggali ilmunya yg belum tentu sampai ahir hayat kita benar2 paham seluruh isi Al Quran,nah ilmu sains jg berproses,kalo saat ini kita paham bumi bulat dengan berbagai teori&bukti yg ada saat ini,ga menutup kemungkinan besok kita paham bumi datar dengan berbagai teori&bukti yg nyata tanpa mengada2&bisa diterima oleh seluruh penduduk dunia tanpa ragu,sekarang Kalo kita langsung bilang ini benar,itu salah,dasarnya kuat ga?apa mimin&para pembaca udah ada yg liat bumi dr luar angkasa/keliling dunia dr utara ke selatan balik ke utara lg?Kalo belum ya kita belum punya dasar kuat untuk bilang ini benar/salah,jadi kita hargai aja yg punya teori menurut pemahamannya,mungkin dimasa mendatang ada kemajuan ilmu&teknologi yg bisa lebih membuktikan seperti apa sebenarnya bumi ini jika 4JJI ijinin itu menjadi pengetahuan manusia,ilmu kedokteran bisa jelasin proses berkembangbiak manusia,tapi apa bisa jelasin tentang ruh?atau zaman firaun kita bicara tentang smartphone,yg ada mungkin kita dibilang gila,tapi Kalo sekarang kita nulis pake daun papirus,kita dibilang jadul.Jadi sya pikir pengetahuan akan terus berkembang selama 4JJI mengijinkan menjadi pengetahuan manusia,hal yg ga dijinin akan tetep jadi misteri.Bentuk bumi mau didebat dengan teknologi sekarang sya pikir jadi adu teori&asumsi,belum bisa adu bukti yg valid,mungkin Kalo udah ada apolo komersial,kita bisa bolakbalik ke bulan kyak ke singapur baru kita bisa debat seperti apa bentuk bumi ini.Grup FET jg bahas cukup banyak tentang ROTHCHILD,jadi sebenarnya mereka bahas bentuk bumi ato propagandanya?jangan sampai kita kejebak dari satu propaganda ke propaganda laen.

Nggak perlu tau bentuk bumi bulat ataupun datar tidak mempengaruhi keimanan kita (bagi muslim), yang jelas di Al-Quran dijelaskan "hamparan", kita nggak tahu hamparan itu bentuknya gimana, bisa bulat, datar, atau kotak sekalipun yang penting "hamparan". kalo dipikir secara logika emang lebih logis datar, tetapi disinilah peran sains membuktikan seperti apa bentuk "hamparan" itu. dan melalui bukti2 yang sudah pernah saya baca atau lihat sendiri (seperti tenggelamnya matahari di ujung horizon, adanya north dan shourthern pole star,dll) sehingga saya bisa meyakini bahwa bumi itu bisa berbentuk Bulat, dan untungnya saya menemukan pembuktian itu sebelum saya melihat video FE sehingga saya pribadi bisa langsung menolak dan bahkan jika bisa saya akan bantah itu, namun apa daya, saya ngga seperti TS yang mau mempelajari secara mendalam mengenai argumen2 di FE. Yah kita cuman bisa berdoa saja, semoga para FES mau menggalang dana untuk terbang ke angkasa dan melihat seperti apa Hamparan yang kita pijak ini.

Semangat terus menulis!

mas mau nanya ni tentang paragraf ini

Sekarang jika kita berbicara alam semesta, maka bumi mengelilingi matahari di ruang vakum (tanpa udara), jadi tidak ada gesekan sama sekali, sekali bergerak maka tidak akan berhenti lagi (karena energinya tetap/kekal), tetapi lintasan pergerakan bumi ini dipengaruhi oleh massa matahari yang besar, itulah sebabnya bumi kita mengelilingi matahari.


massa matahari lebih besar berdasarkan apa asumsi? untuk benda model bergerak ada gesekan saya setuju sehingga benda tersebut berhenti akan tetapi energi yang ditimbulkan diruang hampa untuk bumi mengelilingi matahari energi yang ditimbulakn dari mana y? kan penelitian sains harus selalu berdasarkan angka2 kalo sains moderen kan bilangnya berasal dari big bang masih tidak masuk akal kan

trims sebelumnya mas

Dimanapun rakyat Indonesia berada khususnya, artinya percaya dg sila 1 Ketuhanan bukan atheis. Sdh pasti kita beragama, tuhan cuma mau kita taat apapun kastamu. Sesungguhnya pengetahuan manusia berada dlm keterbatasan dan tidak akan sekeren tuhan yg mampu membuAt yg nyata dan yg gaib/ tdk kelihatan. Ditambah ilmu pengetahuan sdh terkotak kotakkan dri agama namanya sekuler. Cba search ttg sekuler, biasanya mereka kaum yg menyombongkan diri atas pengetahuan yg dimiliki. Nah sbg manusia tidakkah kamu beragama serta berilmu ? "Sesungguhnya dlm pergantian malam dan siang terdapat tanda2 bagi orang yg berpikir"
Lagipula di flat earth ini yg diwaspadai adalah "kezaliman elite global bkn ttg bentuk bumi nya" dimana aspek kehidupan manusia terancam dari hapusnya agam2a di dunia jadi ke jaman berhala lagi=pembodohan dg dalil globalisasi lewat sekulerisasii.

min kalau menurut saya bumi mengelilingi matahari secara terus menerus bukan karena tidak ada gaya gesek sehingga energinya tetap, tapi karena sejak awal terciptanya galaksi, bumi mengelilingi matahari dengan kecepatan yang dapat mengimbangi agar bumi tidak tertarik ke dalam dan agar bumi tidak terlepas dari 'cengkeraman' gravitasi matahari. sama halnya dengan cara kerja satelit zaman sekarang.

Kenapa apollo bisa terbang di ruang angkasa yg katanya ruangan hampa alias tdk ada udara ?

Pendapat yg bagus tapi masih kalah real dgn teori fe.

Iya ya... semua itu tipu belaka NASA kok... Baju kedap udara itu cuma propaganda kalo Amerika itu high tech dijamannya, ada fitoplankton dan pohon diluar angkasa kok yang memproduksi Oksigen diluar angkasa sehingga apolo itu nggak terbang cuma melayang. (Sarcasm)

itu sudah terjadi dari masa penciptaannya. Jika planet2 tidak bergerak, maka akan menjadi sebuah tembok bebatuan, bukan bulat.

ya, iya kamu bener, kalo vakum gimana satelit bisa syuting. Makannya satelit dibuat khusus untuk keadaan hampa (sarcasm). Bumi nggak ketinggalan? itu sih relatif karena semua permukaan matahari terlihat serupa, jika berbeda, kita akan melihat permukaan matahari itu berbeda2 karena kecepatan revolusi bumi 365 hari sementara rotasi matahari 29-31 hari.

pakenya bukan batangan metalik (logam) kali, pake stik es krim sama tusuk sate ini mah, pantesan aja.

Punya Youtube Crash bang, soalnya itu video berdasarkan artikel ini.

Kata siapa? ISS, Luna, JUNO, Voyager 1 dan 2, Sputnik, roket Saturn V? mereka hanya mentok di dome bumi? ISS saja udah mau di disassebly di tahun 2017 nanti, bakalan ada banyak roket tuh buat ngambil ISS dari luar angkasa ke bumi lagi. Kalau kalian dewasa di tahun 1970, maka kalian bakalan liat detik-detik peluncuran setiap satelit dan roket.
Antartika nggak dijaga mas, ada paket tur kesana, silahkan siapin uang 120-500 juta bang. National Geographic saja bakalan bikin serial tentang expedisi Antartika.
Drone saja memiliki ketinggian max 20km, lebih dari itu bakal kena turbulensi dan jatuh karena tak seimbang. Sementara sebuah pulau seperti antartika baru bisa dilihat di ketinggian 400km atau lebih.
Jika sekarang saya tanya nih, kenapa solar flare tidak mematikan bagi manusia? kenapa di planet-planet lain itu sangat berbahaya? jawabannya Sabuk van Allen.

Lah, abang tau dari mana pikiran dan ingatan ALLAH SWT? Abang ortunya ya? Makannya jangan sok tau dan sok merasa tahu segalanya.

Waduh, abang udah stress ya? Sampe bilang Sains di-Tuhankan? Allah menciptakan segala sesuatu untuk dipelajari oleh manusia, jalan dan ilmu yang mempelajarinya adalah SCIENCE, ok.

Begini saja, jika Gravitasi dianggap mitos dan pembodohan saja, berarti 90% dari ilmu yang sedang kita pelajari saat ini tentang sains adalah SALAH? Karena banyak dan hampir semua bidang pelajaran menggunakan konsep gravitasi, secara langsung maupun tidak langsung. Sungguh durhaka sekali, karena kalian telah membantah hampir seluruh ilmu yang harusnya dipelajari untuk mendapatkan Ridho Allah SWT.

Komentar yangbagus, karena telah dibodohi secara massal oleh sosok BossDarling yang sekarang menjadi Flat Earth 101.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top