Cara Belajar Efektif dan Menjadi Pintar - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Cara Belajar Efektif dan Menjadi Pintar


Yapz..  Kali ini aku akan sharing tentang cara belajar efektif dan menjadi pintar. Ini bukan berarti aku sudah pintar, makanya sharing beginian. Ini sebenarnya aku mau sharing tentang cara belajar  yang memang sudah aku posting sejak lama. Tapi karena di google banyak sekali yang mencari "Cara Menjadi Pintar" maka aku juga mau jawab pertanyaan itu, bahwa cara menjadi pintar ialah dengan belajar. Jadi judul ini aku kombinasikan saja.
cara belajar dan menjadi pintar

Disini aku akan share tentang bagaimana cara aku belajar sesuatu yang baru. Aku mendefinisikan bahwasannya belajar itu banyak, belajar itu luas, dan belajar itu kapan saja. Oleh karena itu aku akan menuliskan tentang cara aku belajar kimia (yang memang sudah banyak aku tuliskan), belajar Bahasa Inggris, dan cara belajar menulis. Harapannya sih dalam waktu dekat aku akan menuliskan artikel tentang cara belajar sains(Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), kemudian belajar seni rupa dan bisnis, pokoknya aku pengen belajar banyak hal, dan semua itu akan aku tuliskan (kalau kesampaian XD)

Cara Efektif Belajar Sains

Aturan pertama dalam belajar kimia ialah jangan hentikan rasa penasaranmu. Kalau kamu sudah dapat satu materi bahasan kimia yang menjelaskan tentang sesuatu, maka jangan berhenti hanya sampai disitu, tetapi gali lagi informasi lebih dalam. Misalkan kamu sedang membaca tentang larutan  asam basa, maka jangan berhenti sampai kamu bisa mengenali senyawa asam, basa dan garam yang ada di sekitar rumahmu. Setelah itu kamu akan belajar tentang pH dan begitu terus, jangan padamkan rasa ingin tahumu. 

Kedua, tetap open minded atau berpikiran terbuka. Jangan berhenti belajar pelajaran lainnya. Ilmu kimia merupakan center of science, jembatan antar sains. Dalam ilmu kimia, pengetahuan matematika mutlak diperlukan, fisika dan biologi -pun akan sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan kimia. Jadi jangan cuma belajar satu bidang, tetapi buka kemungkinan untuk belajar bidang-bidang lain. Pasti bisa!

Ketiga, belajar kimia akan semakin menarik bila kamu tahu aplikasi dari apa yang kamu pelajari itu dalam kehidupan nyata. Umpamanya kamu belajar tentang reaksi redoks. Di kelas mungkin kamu hanya akan fokus belajar reaksi dan perhitungannya saja, tetapi jangan lupa juga belajar (dan cari informasi) tentang aplikasinya, misalkan pemahaman reaksi redoks ini dimanfaatkan untuk pelapisan logam, pembuatan alloy, dan lain-lain. Semakin kamu bisa menjelaskan fenomena sehari-hari dengan ilmu kimia-mu maka semakin baik pemahamanmu (semakin keren juga kamu dimata cewek-cewek :v)

Keempat, belajar kimia akan lebih menyenangkan jika kamu punya teman yang bisa diajak diskusi. Maka belajar berkelompok merupakan salah satu cara belajar yang efektif. Tetapi ingat untuk memastikan bahwa teman-temanmu punya semangat yang sama untuk belajar, jadi jangan sampai ketika waktu belajar kelompok malah mereka ngajakin main PE-ES, kan kontraproduktif tuh.. Kapan pinternya? :D

Kalau kalian sudah level Mahasiswa, silahkan cek tulisanku --> Hai (calon) Mahasiswa Sains. Lebih kalau kalian kuliah di jurusan yang sama denganku, coba baca -->  tips belajar kimia secara efektif, disitu aku jelaskan beberapa tips dan trik secara lebih detail. Dan jika kalian ingin mendapatkan materi kimia, bisa follow blog ini, atau melihat tulisanku di --> Belajar Kimia Online.

Cara Belajar Bahasa Asing

Aturan pertama belajar bahasa ialah, tentukan tujuan kalian belajar bahasa tersebut. Kalau kalian nggak punya tujuan dan arahan maka kalian bakalan patah di tengah jalan. (cie.. patah.. semacam patah hati gitu? Oy! Putus asa masksudnya! X). Tentukan tujuan, seperti pengen bisa bahasa jerman biar bisa kuliah di Jerman, belajar bahasa cina biar bisa bisnis dengan mereka, belajar bahasa inggris biar bisa nonton film tanpa subtitle, belajar bahasa Jepang biar bisa dapat istri jepang yang sholihah. (wkwkwkw.... :V)

Aku sendiri belajar bahasa inggris biar bisa mendalami ilmu kimia lebih dalam lagi dari sumber bacaan yang berkualitas. Simak alasanku di postingan ini --> belajar bahasa inggris itu penting.

Kedua, mulailah untuk mencari sumber belajar. Nah.. Untuk sumber belajar ini, bisa kalian pilih, pertama E-Book, MP3 dan Video (Youtube). Carilah sumber belajar yang saat ini sudah tersedia banyak di dunia maya. Gratis-gratisan aja lah. Aku juga tau kalian sukanya yang gratis gitu. Berbeda dengan orang zaman dahulu yang kalau mau belajar harus menemukan guru terlebih dahulu. Kalau sekarang sih belajar bahasa bisa otodidak. Tinggal cari sumber belajar dari penutur bahasa-nya langsung. Banyak kok di google. :)

Ketiga, awali dari pelajaran dasar. Seperti ketika kita belajar bahasa indonesia, ibu dan bapak pasti mengucapkan kata-kata sederhana dulu baru kemudian bertahap mengucapkan kalimat-kalimat majemuk dan majas-majas. Jangan sok hebat, dan langsung terjun ke materi yang sulit. Karena kalau materinya terlalu sulit, kamu keburu capek duluan sebelum bisa mempraktekkan bahasa tersebut. Hasilnya, yah bisa-bisa kamu putus asa ditengah jalan. Oleh karena itu, usahkan untuk belajar bertahap, dari yang mudah kemudian dipraktekkan, pasti akan lebih menyenangkan.

Keempat, berinteraksilah dengan bahasa asing tersebut sesering mungkin. Kita bisa berbahasa indonesia karena sejak kecil setiap hari kita berinteraksi dengan bahasa indonesia. Maka kalau kalian berinteraksi dengan bahasa inggris setiap hari, kalian pasti bisa bahasa inggris. Permasalahannya kalau di Indonesia, mana bisa kita interaksi setiap hari dengan bahasa inggris? itu jaman dulu! Yang aku coba tekankan ialah berinteraksi dengan bahasa asing (yang ingin dipelajari), bukan berinteraksi dengan orang lain menggunakan bahasa tersebut. Di era internet yang serba cepat dan mudah seperti sekarang ini, kalian bisa setiap hari mendengarkan materi bahasa (ratusan jenis bahasa mayoritas) dari Youtube, soundcloud, podcast dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi maksudku, usahakan setiap hari kalian mendengarkan, membaca, atau menonton video berbahasa asing (yang ingin dipelajari)

Cara-cara ini aku gunakan untuk belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, alhamdulillah sekarang sudah mulai lancar untuk ngobrol bahasa inggris, untuk Bahasa Jepang-nya masih belum lancar, tetapi sudah mulai bisa praktek ngomong yang simpel-simpel. (Walaupun sedang di Jepang, tetapi aku nggak belajar bahasa jepang di instansi resmi, jadi memang lebih ke arah otodidak dengan dengan bimbingan kelas gratisan yang ada)

Kalau kebetulan kalian sedang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa inggris, silahkan kunjungi dua postingan aku tentang belajar bahasa inggris otodidak berikut ini:
  1. Cara Belajar Bahasa Inggris Online Otodidak
  2. Cara Belajar Listening Bahasa Inggris Otodidak


Oke, silahkan dipraktekkan. Aku saja yang sering dapat nilai jelek bisa menguasai beberapa skill ketika mau berusaha, kalian juga pasti bisa. :)

Bukan yang membaca yang akan berhasil, tetapi yang mempraktekkan apa yang dibacanya.


Tetap berlatih, Keep curious dan Semoga sukses!


Postingan ini akan aku update, dengan cara belajar berikutnya yaitu belajar blogging dan menulis.  


What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top