Hai (Calon) Mahasiswa Sains! #Tips1 - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Hai (Calon) Mahasiswa Sains! #Tips1


Haiiii!... Kalian yang mungkin baru aja melewati salah satu babak paling menakutkan? mengerikan? mengagumkan? ataukah menarik?.. Untuk anak SMU mungkin kalian baru saja menyelesaikan UAN. Semoga mendapatkan hasil yang menarik. :)

Harusnya sihh masa-masa seperti ini, kamu sudah mantap dengan pilihan yang akan kamu ambil, tetapi kalau memang ada dari kamu yang masih bingung, silahkan baca tentang Prospek Kerja Lulusan Ilmu Kimia.

Sekarang, buat kalian yang sudah mantap dengan jurusan sains pada umumnya, dan Kimia pada khususnya, aku mau sharing beberapa hal yang menurutku perlu dipelajari sebelum kalian menghadapi yang namanya skripsi. Ini mungkin tulisan yang juga bagus buat kamu yang mahasiswa jelata (mahasiswa nonsains maksudnya :)

Tips Menjadi Mahasiswa Sains

Hampir semua tips menjadi mahasiswa sains yang akan aku tuliskan ini sebenarnya tidak sepenuhnya aku lakukan (pada waktu tersebut). Malahan sejujurnya ini mungkin list "dosa-dosaku" sebagai mahasiswa yang mengaku cinta sains. 

Sebelum Masuk Perkuliahan

Masa-masa sebelum memasuki perkuliahan, biasanya kalian akan punya waktu luang sekitar satu bulan dimana kalian nggak melakukan apa-apa alias menganggur. Dulu waktu menganggur satu bulan ini aku gunakan untuk tidur-tiduran di kosan kecilku di Malang. Sangat tidak produktif, dan kiriman dari orang tua aku pakai jalan-jalan dan jajan di Mall, maklum dari belantara borneo masuk ke wilayah Malang langsung silau sama yang namanya Mall. XD

Oke, itu hal yang salah kaprah... Jangan ditiru!

Jadi kalian punya waktu nganggur sekitar satu hingga dua bulan sebelum masuk kuliah, sebaiknya kalian gunakan untuk persiapan. Saranku yang pertama ialah gunakan untuk melatih skill Bahasa Inggris kalian. 

Hello.. Buddy, we are living in 2016! Udah nggak jamannya lagi make kamus buat terjemahin caption film, quote bahasa inggris ataupun lagu-lagunya bule!

Bahasa Inggris merupakan salah satu skill yang paling penting jika kalian berada di jurusan sains. Sejarah mencatat bahwasannya perkembangan sains bukanlah kebudayaan kita. Sejak awal berdirinya di dunia Islam (Bahasa Arab) kemudian hijrah menuju Alexandria kemudian masuk ke wilayah eropa dan Amerika (Bahasa Inggris). Jadi untuk belajar sains, kita harus mengacu kepada buku-buku berbahasa inggris yang merupakan hasil karya para saintis yang berbicara hukum-hukum sains dasar hingga tingkat tinggi.

Mungkin sebagian kalian akan berfikir, nggak perlu ahh.. Kan udah ada buku terjemahan, lagian kuliahnya juga nanti berbahasa indonesia, jangan repot-repot lah. Oke.. Perlu aku beritahukan bahwa kenyataanya, tidak banyak buku terjemahan yang bagus, dalam artian penerjemahan buku-buku sains sering kali mengakibatkan isinya sulit dipahami bahkan tidak sesuai dengan buku aslinya.

Aku sangat sarankan buat mengasah bahasa inggris kalian sebelum masuk kuliah. Percaya dehh ini akan sangat membantu. Kuliah nanti kalau kalian bisa mengerti buku-buku berbahasa inggris maka kalian cukup download buku-buku (PDF) online dan membacanya, nggak perlu lagi fotocopy atau beli buku berbahasa indonesia. Buku-buku berbahasa Inggris ini akan mempermudah kalian dalam mengerjakan laporan laboraturium yang seabrek (bagi mahasiswa sains).

Pada momen yang lain, dosen kalian akan datang dengan membawa beberapa jurnal dan meminta kalian membacanya kemudian mempresentasikannya. Tanpa bahasa inggris yang memadai kalian akan sangat tersiksa, aku jamin itu. 

Kalau kalian merasa bahasa inggris kalian sudah cukup bagus (standard lah), bisa coba gunakan trik ini: Cara Belajar Bahasa Inggris Online. Untuk kalian benar-benar buta bahasa inggris sebaiknya ambil kursus bahasa inggris. Menurutku paling ideal kalian menuju ke Kampung Inggris, Pare. Kampung Inggris ini sudah terkenal memiliki kursus bahasa inggris yang murah dan berkualitas. Selain belajar, kalian juga bisa liburan dan mendapatkan banyak teman disana. Kalian bisa langsung memesan lokasi kursus di visitkampunginggris.com, ini lembaga milik kenalanku, InsyaAllah aman, terpercaya. 

Usahakan kalian bukan hanya bisa bahasa inggris, tetapi hingga mahir berbahasa inggris. Kalau kalian bisa listening bahasa inggris dengan baik, maka kalian bisa mendapatkan banyak sekali materi kuliah (sains) di Youtube. (Ini yang sering aku lakukan)

Ketika Mulai Kuliah

Baca Satu Buku Utama

Tips berikutnya untuk mahasiswa sains ialah usahakan kalian membaca (hingga selesai) satu buku utama untuk jurusanmu. Kalau kalian Jurusan Kimia, maka bacalah buku berjenis "Kimia Untuk Universitas" yang berisi materi kimia umum dari berbagai bidang. Contohnya saja buku Kimia "Chemistry Raymond Chang" ini merupakan buku dasar yang sangat populer untuk Mahasiswa Kimia. 

Kenapa kalian harus menyelesaikan satu buku tersebut? Karena dari satu buku yang berisi banyak bidang itu, kamu akan mengerti secara umum bidang-bidang kimia dan bisa menentukan bidang mana yang paling menarik. Ilmu Sains sangat luas, bahkan hampir tak berbatas, oleh karenanya kamu harus memilih bidang yang spesifik dan menarik menurutmu. 

Buatlah Kelompok Belajar

Belajar sains sangat memakan waktu dan melelahkan. Kamu perlu energi ekstra untuk memahami dasar-dasar materi sains. Oleh karenanya, belajar dengan teman-teman mungkin akan menjadi solusi yang ampuh untuk membunuh kebosanan. Tapi harus aku peringatkan kalau kalian harus berhati hati dalam memilih teman. 

Ajaklah teman yang bersungguh-sungguh dan bersemangat dalam menekuni bidang sains. Seringkali kelompok belajar ini hanya menjadi tempat ngerumpi atau tempat maen game bareng aja. Sangat tidak produktif, oleh karena itu kamu harus mengumpulkan teman-teman yang benar-benar bisa bekerja sama. Mungkin 3-5 orang cukup, tidak perlu terlalu banyak, karena akan mengurangi fokus.

Cobalah Mulai Menulis

Salah satu skill yang menurutku telah menghilang dari dunia kampus ialah menulis. Kita memiliki terlalu banyak mahasiswa yang sama sekali tidak bisa menulis. Menulis bukan berarti kerja jasmani menulis atau mengetik, tetapi lebih kepada menuangkan pikirannya ke dalam satu tulisan yang layak dibaca. 

Pengalamanku sendiri, bahkan laporan praktikum-pun banyak sekali yang mencontek sama persis. Seolah-olah mereka tidak bisa membaca dan menuangkan pemahaman yang diperolehnya. 

Kalian bisa mulai menuliskan ide dan pikiran kalian di blog sepertiku. Kalian bisa mulai membaca sebuah materi kemudian berusaha menuliskan ulang dengan pemahaman dan bahasamu sendiri. Menulis ini bisa juga menjadi media untuk mengukur seberapa dalam pehamanmu atas suatu materi atau kasus.

Menulis yang aku maksudkan disini tidak terbatas hanya pada materi kuliah saja, tetapi bisa juga keresahan kalian dengan sistem pendidikan, ataupun curhat biasa. Percayalah, kemampuan menulis ialah salah satu yang akan mendukung studimu. 

Orang-orang luar biasa yang aku kenal, hampir semuanya menyisihkan waktunya untuk menulis. Dosen-dosen yang aku kagumi rata-rata menulis materi kuliah mereka sendiri (bukan copas PPT dr google).

Liburan Kuliah

Habiskan Waktu Dengan Keluarga

Libur kuliah merupakan momen yang sangat menyenangkan bagi Mahasiswa. Jika memungkinkan, usahakan kalian menghabiskan libur kuliah dengan keluarga, minimal sehari atau dua hari bersama-sama melakukan sesuatu. 
Percayalah, kalian nggak pernah terlalu tua untuk menghabiskan waktu bersama ibu dan bapak. 

Aku sendiri, tidak banyak menghabiskan waktu bersama keluargaku, itu karena aku kuliah di luar kota, dan ketika liburan, aku lebih banyak tetap tinggal di Malang untuk menghemat biaya. Sekarang aku semakin jauh dari keluarga dan terasa sekali batapa sedikitnya waktu yang aku habiskan bersama ibu, bapak. :(

Semoga kalian tidak mengalami hal yang sama denganku. 

Sisihkan Waktu Bersama Teman

Kalau memungkinkan, kalian cobalah kumpulkan teman-teman kuliah, atau bahkan teman SMA dan ajakin mereka ngumpul dan main ke suatu tempat tertentu. Buatlah memori yang menarik saat liburan ini. Refreshing di waktu liburan akan membuat kamu lebih fokus saat sudah masuk kuliah. 

Sisihkan Waktu Membaca Buku

Salah satu kebiasaan yang perlu kamu bangun saat liburan ialah membaca buku. Sebanyak yang aku perhatikan, orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sangat suka membaca. Membaca apapun, membaca buku pengetahuan, buku motivasi, buku pelajaran. 

Membaca juga merupakan salah satu skill yang perlu diasah. Kemampuan membaca dengan cepat sama pentingnya dengan kemampuan bahasa inggris, keduanya akan membantumu dalam menekuni bidang sains yang kamu pilih.

Okee. Ini gambaran secara umum aja yahh.. Nanti aku akan hadirkan yang lebih spesifik, seperti skill-skill yang perlu kalian asah sebagai mahasiswa sains (seperti matematika, statistika dll), tunggu di #Tips2. InsyaAllah akan aku tuliskan.  So keep following my blog.. :)

2 comments

menurut saya ilmu kimia itu membosankan...yang menantang itu fisika

Iya.. Siapapun boleh berpendapat seperti itu.. Saya suka kimia, fisika, matematika, dan seni. :)

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top