Pengertian Alloy atau Metal Alloy - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian Alloy atau Metal Alloy


Salah satu cabang paling penting dalam ilmu kimia ialah pengolahan metal dalam dunia industri. Pengolahan metal dalam dunia industri biasanya dilakukan dengan mencampurkan dua jenis bahan yang memiliki sifat dan karakteristik unggul yang berbeda sehingga dapat diperoleh bahan baru yang memiliki gabungan dari sifat unggul dari elemen penyusunnya. Ilmu yang mempelajari lebih lanjut tentang sifat logam dan campurannya disebut bidang kimia metalurgi.

Pengertian Alloy

Pengertian Alloy

Alloy adalah campuran dari dua atau lebih logam, logam dan non-logam yang membentuk material dengan sifat baru. Alloy ini telah ditemukan dan dikembangkan sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu dari berbagai kebudayaan.

Pada masa lalu penggunaan alloy hannya terbatas pada pembuatan senjata tajam dan peralatan rumah tangga. Namun saat ini penggunaan alloy menjadi sangat luas dan spesifik.

Penggunaan Alloy yang Penting Dalam Kehidupan


Salah satu contoh paling populer dari alloy ialah material baja. Baja merupakan campuran dari dua element, yaitu besi, beberapa logam lainnya dan karbon. Tembaga(Cu) dan Timah (Tin/Sn) ketika dicampurkan akan membentuk alloy yang kita kenal dengan nama perunggu. Perunggu ini memiliki sifat yagn lebih unggul daripada timah dan tembaga, perunggu memiliki karakter yang lebih kuat dibandingkan tembaga dan timah, selain itu juga lebih tahan terhadap korosi.

Walaupun emas yang diperoleh di alam bisa jadi merupakan emas murni, namun emas yang umumnya dipakai wanita tidak benar-benar murni, bisa jadi itu merupakan alloy. Emas (Gold/Au) memiliki sifat yang lembek dan mudah sekali melengkkung (bengkok) sehingga perhiasan dibuat dengan menggunakan campuran alloy emas-silver.

Alloy memiliki manfaat yang sangat penting dalam mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan. Dengan digunakannya bahan-bahan alloy pada mesin pendorong jet, maka proses aviation dalam mesin jet berjalan dengan lancar dan lebih aman.

Penggunaan bahan-bahan alloy pada badan pesawat terbang sehingga memberikan berat badan pesawat yang seringan mungkin dengan kemampuan bertahan yang sangat kuat. Teknologi alloy ini memberikan kita teknologi transportasi udara yang sangat nyaman dan luar biasa.

Saat ini, penggunaan alloy sudah sangat luas. Bahkan pada body sepeda digunakan Alumunium alloy, Magnesium alloy ataupun Titanium alloy yang memiliki kombinasi ringan dan sangat kuat. Dengan menggunakan alloy ini, maka sepedah akan lebih tahan dari korosi, lebih kuat untuk menghadapi berbagai medan dan yang terpenting menjadi sangat ringan dan nyaman untuk digunakan.


Sumber: Watkins, et all., 1989, General Science, Harcourt Brace Jovanovich inc., Florida, USA.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top