Cara Belajar Listening Bahasa Inggris Otodidak #Part 2 - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Cara Belajar Listening Bahasa Inggris Otodidak #Part 2


Sory banget baru update lagi tentang belajar bahasa inggris autodidak. Jujur aja sih aku lupa kalau pernah menjanjikan untuk update cara latihan listening bahasa inggris autodidak. Seingatku sudah nulis semua trik belajar bahasa Inggris. Ternyata baru satu trik aja, untuk menambah vocabulary dan skill reading.

Ini khan blog kimia dan sains? kenapa bahas bahasa inggris? Kalau pertanyaan itu muncul di benak kalian, maka baca pengantarku sebelumnya tentang Bahasa Inggris Lebih Penting Daripada Ilmu Kimia.

Cara Belajar Listening Bahasa Inggris Autodidak

Oke let's get serious!

Cara Memahami Listening Bahasa Inggris Autodidak

Sory kalau mengecewakan, tetapi aku terpaksa, harus, kudu, musti menuliskan trik paten yang sudah diketahui semua orang. Bahwasanya cara memahami listening bahasa inggris ialah dengan berlatih!

Latihan mendengarkan bahasa inggris ialah hal mutlak yang harus dilakukan, kalau kalian ingin menguasai Bahasa Inggris. Kecuali smartphone dan komputer, tidak ada yang bisa menguasai listening bahasa inggris tanpa latihan. Monyet, beruang dan macan sirkus juga menghabiskan waktu beberapa tahun untuk bisa mengerti perintah dalam bahasa inggris. Dan sayangnya, walaupun otak manusia jauh lebih cerdas daripada hewan, otak manusia tidak seinstant komputer dan smartphone. Smartphone dan komputer bisa mengerti bahasa inggris ketika kita menginstall software tertentu. Otak kita bekerja dengan cara berbeda. Otak manusia perlu berlatih untuk memahami sesuatu.

Hal yang paling menarik dari kemampuan berbahasa ialah kalian tidak memerlukan bakat. Jadi kalau kemampuan berbahasa merupakan bakat, maka akan ada manusia normal (tanpa cacat) yang tidak mampu berbahasa. Nyatanya kan tidak ada. Kalau berbahasa ialah bakat, maka anak keturunan Indonesia yang lahir di luar negeri harusnya berbakat dalam bahasa indonesia walaupun tanpa diajarin. Nyatanya tidak juga, anak-anak yang banyak mendengarkan dan berinteraksi dengan bahasa indonesia akan bisa berbahasa Indonesia, anak yang terbiasa mendengarkan bahasa Inggris akan bisa berbahasa inggris. Karena kemampuan berbahasa ini tidak memerlukan bakat, maka satu-satunya cara untuk menguasainya ialah dengan banyak-banyak berlatih dan berinteraksi dengan bahasa tersebut (dalam hal ini bahahasa inggris).

Bagaimana Cara Latihan Bahasa Inggris yang Efektif?

Sebenarnya tidak ada hal-hal khusus untuk belajar listening bahasa inggris, tapi kalau boleh sok tahu, inilah beberapa tips dari aku

1. Mendengarkan lagu bahasa inggris mungkin bagus, tetapi belum tentu yang paling efektif.

Banyak sekali situs di internet, teman-teman, bahkan pengajar bahasa inggris yang mengatakan bahwa mendengarkan lagu merupakan cara yang sangat efektif untuk belajar bahasa inggris.

Mungkin cara ini memang sukses untuk beberapa orang, tetapi bagi pemula sepertiku cara ini kurang efektif. Beberapa alasannya ialah:

Pertama, lagu bahasa inggris itu dinyanyikan dengan merdu dan disesuaikan dengan nadanya, sehingga sering kali kata-kata yang keluar dari penyanyi pengucapannya digantung, dipanjangkan, ataupun ditekankan sesuai nada, ini membuat kita sebagai pemula sulit sekali mengenali kata yang diucapkan oleh artist tersebut.

Kedua, lagu bahasa inggris itu dalam liriknya mengandung banyak metafora dan idioms. Karena lagu merupakan produk budaya, jadi lagu menggunakan idiom-idiom yang telah populer di negara berbahasa inggris. Buat mereka itu adalah idiom yang umum, tetapi kita para pemula belum tentu mengerti maksudnya. Lagu memuat banyak sekali metafora (kalimat kiasan) untuk menguatkan 'rasa' pada musik tersebut, seringkali pemula tidak akan memahami ini.

Terakhir, lagu selalu diiringi dengan musik. Untuk orang yang sudah pandai bahasa inggris mungkin ini bukan masalah. Tapi bagi pemula seperti saya (dan mungkin beberapa teman-teman) musik pengiring lagu bisa jadi membuat kita tidka bisa mendengarkan kata apa yang terucap oleh penyanyinya.

2. Mulailah dari yang paling mudah. 

Banyak sekali yang mungkin berfikir "kalau terbiasa mendengarkan bahasa inggris yang sulit, maka nanti akan mahir bahasa inggris model apapun". Menurutku ini pemikiran yang mengada-ada, point penting dari bahasa ialah untuk berkomunikasi dan saling memahami.

Memulai belajar listening bahasa inggris dari materi yang sangat cepat ataupun yang sulit hanya akan menghambat progress belajarmu. Itu sama hal-nya seperti anak kecil yagn tidak mengerti operasi dasar matematika dimasukkan dalam kelas Kalkulus 2 Universitas. Bukannya paham, kamu bakalan menyerah!

Jadi ingatlah untuk mengutamakan materi listening yang mudah terlebih dahulu. Salah satu materi bahasa inggris yang paling mudah ialah dari film anak-anak. Umumnya film anak-anak yang berbahasa inggris menggunakan bahasa inggris tingkat dasar, pengucapannya lambat dan sangat jelas, mudah sekali untuk dipahami.

Setelah kalian merasa mampu mendengarkan materi listening dari film anak-anak, kalian bisa mulai berlatih untuk mengucapkan (latihan pronounciation). Ulangi latihan mendengarkan ini sebanyak mungkin, bahkan jika perlu sampai kalian hafal dengan semua ekspresi, kalimat, kata dan pronounciation-nya. Setelah lancar, tingkatkan ke latihan yang agak lebih sulit.

3. Cobalah Untuk Menonton Talk Show Bahasa Inggris. 

Salah satu cara terbaik untuk belajar listening ialah melihat Talk Show Bahasa Inggris (atau video tutorial). Apa bedanya dengan bahasa inggris di Film? Bedanya, pada talk show, yang menjadi fokus utama kamera ialah pada narasumber dan pewawancara.

Nah.. yang perlu kalian perhatikan ialah gerakan mulut pembicara saat mengeluarkan kata-kata bahasa inggris. Perhatikan baik-baik bagaimana pembicara mengeluarkan kata-kata berbahasa inggris. Lihat gerakan mulut dan posisi lidahnya ketika berbicara. Dengan cara ini kalian lebih mudah mengenali kata apa yang diucapkan oleh pewawancara ataupun narasumber. Cara ini juga bisa meningkatkan kemampuan speaking-mu terutama untuk pronounciation.

4. Gunakan Smartphone-mu dengan Smart! 

Jadi smartphone apa yang kamu genggam saat ini? Jadi dulu waktu aku belajar di Kampung Inggris, Pare, pengajarnya suruh kita simpan banyak sekali file listening, jumlah file-nya lebih dari 100 GB. Karena itu, banyak sekali, hampir semua anak di kelas pada beli hard disk untuk menyimpan file itu. Aku sendiri nggak punya hard disk, tapi saat itu yang jadi pikiranku ialah "Apa kita sempat mendengarkan file sebanyak itu?". Point pentingnya ialah belajar bahasa inggris, bukan menyimpan pelajaran bahasa inggris.

Buatku permasalahanya bukanlah bagaimana menyimpan file tersebut, tetapi bagaimana caranya mendengarkan file tersebut sebagai bahan latihan listening. Jadi saat itu aku putuskan untuk membeli memori HP dan headset. Ya memori HP 16 GB. Dengan memasukkan materi listening sekitar 10GB di dalam HPku kemudian mendengarkannya setiap hari dengan headset, maka aku nggak akan pernah kehabisan materi.

Latihan listening di HP ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, bersepedah, memasak, bahkan mencuci bisa dilakukan sambil latihan listening. Dengan semakin banyak menghabiskan waktumu untuk listening Bahasa Inggris, maka telingamu akan semakin mudah mengenali setiap kata dan kalimat dalam bahasa inggris.

5. Nonton Film!

Banyak sekali yang mengusulkan nonton film sebagai cara paling ajaib meningkatkan Bahasa Inggris. Tapi kalian jangan percaya begitu saja, karena memang ada orang yang telah menonton ratusan film bahasa inggris dan dia tidak bisa listening bahasa inggris.

Karena menonton film bahasa inggris dengan melihat subtitlenya tidak akan meningkatkan kemampuan listening-mu. Aku punya satu teori bodoh tentang ini, otak kita itu terbiasa memilih yang paling mudah. Ini sudah "setingan default" dari otak, udah secara alami dari sononya.

Contohnya aja aja kalau lihat abang penjual sayur, kita beli Wortel (Rp. 2.500), Tomat (Rp. 3.200) dan Tempe (Rp. 1.100), kita bayar pakai uang Rp. 10.000. Kalau abang sayur itu punya kalkulator, dia pasti pakai kalkulatornya untuk menghitung, kalaupun dia lupa dimana kalkulatornya dia bakalan lebih milih untuk nyari kalkulatornya dibandingkan ngitung dengan otak. Ini membuktikan bahwa untuk hal yang sederhana itu aja, otak memilih cari kalkulator daripada mikir. Memilih mengingat-ingat daripada menghitung.

Oke. Point-nya gini. Kalau kalian liat film dengan subtitle, maka yang akan terjadi ialah otak kalian memerintahkan mata untuk membaca secepat mungkin. Otak tidak akan mau mengajak telinga untuk konsentrasi mendengarkan, karena lebih mudah membaca text subtitle daripada mendengarkan bahasa inggris.

Aku sengaja menempatkan nonton film sebagai yang terakhir karena memang menurutku ini adalah metode yang paling tepat dilakukan setelah kalian cukup terbiasa dengan listening Bahasa Inggris yang dasar.

Bahasa inggris dalam film biasanya sangat tinggi levelnya, karena biasanya memuat banyak sekali idioms dan slang. Tetapi yang menjadi pembeda dari lagu ialah, dalam film, kalian bisa melihat ekspresi dan karakter para tokohnya. Dengan begitu, sering kali kalian akan mudah menebak dan memahami slang atau idiom yang digunakan hanya berdasarkan ekspresi dan tindakan yang dilakukan oleh sang tokoh.

Saranku untuk yang ingin belajar listening bahasa inggris menggunakan film, cobalah untuk menonton film tersebut tanpa subtitle, kemudian jika tidak mengerti ulangi dan ulangi lagi, setelah 3 sampai 4 kali mengulangi barulah gunakan subtitle untuk melengkapi sekaligus mengkonfirmasi apakah pemahamanmu itu sudah sesuai dengan apa yang diucapkan di film.

Sedikit cerita, aku dulu coba menonton Sherlock Holmes yang versi British (karena sedang pengen dapat aksen British), aku menonton sampai 10 kali untuk satu episodenya. Sampai akhirnya aku bisa mendengarkannya dengan benar. Dalam film ini, tokoh utamanya berbicara dengan sangat cepat, belum lagi aksennya yang sangat sulit untuk dipahami.

Yang Perlu Diperhatikan!

  1. Beberapa hal ini perlu juga diperhatikan dalam latihan listening.
  2. Usahakan untuk meningkatkan skill listening-mu dan menambah kosa kata bahasa inggrismu secara bersamaan (ada di part1-> Belajar Bahasa Inggris Otodidak<- dengan membaca komik atau tulisan bahasa inggris).
  3. Belajar listening bahasa inggris perlu kerja keras dan niat yang kuat.
  4. Habiskan waktu lebih banyak dengan bahasa inggris. Aku dulu latihan listening sekitar 8 jam sehari selama dua bulan (karena dulu nganggur ini sangat mudah), kalian bisa mencoba sekitar 2 jam sehari. Jangan lupa gunakan smartphone kalian.
  5. Menikmati lagu boleh, tetapi jangan sampai lebih fokus pada musiknya daripada kalimat bahasa inggrisnya. Ingat kalian mau listening bahasa inggris, bukan latihan musik.
Ohh ya, Materi-materi listening bahasa Inggris yang aku bicarakan ini semuanya bisa kalian peroleh di Internet. Salah satu sumber materi yang paling bagus untuk pemula ialah materi dari A. J Hoge pendiri Effortless english. Postinganku berikutnya akan memberikan link-link tempat materi-materi berkualitas ini. So kalian bisa follow blog ini, atau bisa juga cari sendiri materinya di internet.

Yap. Itu dulu dari aku. Semoga saja bermanfaat. Oh ya, yang paling terakhir ialah, jangan lupa semuanya dipraktikkan. Ingat sekali lagi, bahasa inggris bukanlah bakat, siapa yang berlatih dia yang akan bisa. 


Silahkan Share & Comment. Thanks!
Happy learning guys!

9 comments

Iya, soal lagu itu kurang efektif. Memang pas aku masih sekolah, beberapa guru ngasih tes listening dengan lagu. Jadi kita disuruh melengkapi lirik yang kosong.

Tapi nggak sembarang lagu. Bener-bener dia pilih. Dan temponya juga lambat. Untuk soal idiom... nah, ini aku juga kurang paham. The point is... aku cma bisa listening kalau benar-benar konsentrasi sama topik itu. Jadi misal, aku lagi laptopan, dan di belakang TV nyetel Dr. OZ atau Oprah Winfrey atau apa pun, aku nggak akan nangkep. Kudu konsentrasi dari awal.

Kalau film, yang kutonton tanpa subtitle itu yang Big Bang Theory. Banyak istilah ilmiah sih ya... jadi tertatih-tatih. Tapi pas aku ngerti humornya rasanya puas banget.

Kalau talkshow, biasanya aku nonton dari youtube, tapi potongan2 pendek (dan niatnya memang bukan buat belajar sih XD, Murni penasaran sama ulah komedik artis yg ada di talkshow itu).

Untuk latihan ya... dulu memang aktif gabung dalam komunitas debater. Selama SMA dan kuliah. Otomatis belajar listening juga kan. Tapi karena hadapan sama debater sesama Indonesia ya... XD Memang nambah skill, cuma cara ngomong orang negara berbahasa Inggris asli itu sungguh...sukar ditebak (pernah dapat job buat transkrip video, moderatornya ngomong kaya orang mabok atau ngantuk. Nah loh XD)

Yoi.. Thanks master udah menyempatkan komen.. :D

Inti tulisan ini buat newbie sihh.. Yg jagoan neon kayak kamu khan udah paham english. :D

Masih belajar, Fuzh. Banyak yang belum aku tahu :)

Makanya belajar! Jangan malas! wkwkwkwk.. XD

Enaknya jadi penerjemah itu, Fuzh: I'm paid to learn XD Hahahah

Really? You tell that to the student? :D

Ane setuju banget dengan saran nonton film anak anak dulu, awalnya ane coba langsung pake film film action, ujung ujungnya ketar ketir ngertinya wkwkw walaupun ngerti tapi ga banyak :3, eh pas liat trailrel film anak pas dipikir, ringan banget bahasanya, hampir ane ngertiin itu semua kata yang dia ucapin, Minta doa ya min supaya ane semangat belajar bahasa inggrisnya :D

InsyaAllah Bro.. Semoga diberikan keistiqomahan dalam belajar. Sama-sama ane juga masih perlu banyak belajar.

salah satu cara menguasai bahasa inggris adalah dengan menghafal vocabulary sebanyak mungkin. sy sering pakai aplikasi android ini https://goo.gl/wGr632 sederhana dan tidak berat tapi bermanfaat.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top