Pengertian dan Contoh Menyublim - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian dan Contoh Menyublim


Peristiwa unik yang terjadi di alam ini salah satunya ialah perubahan wujud zat, dari cair, gas maupun padatan. Klasifikasi materi serta sifat dan perubahannya telah aku jelaskan pada postingan sebelumnya. Perubahan yang jarang sekali kita amati ialah peristiwa menyublim. Maka kali ini aku akan menjelaskan tentang Pengertian dan Contoh Menyublim.


Pengertian Menyublim

Menyublim ialah peristiwa perubahan wujud zat dari padatan menjadi gas tanpa melalui fasa cairan. Hal ini dapat terjadi karena zat dapat menyerap energi dengan sangat cepat.

6 Contoh Menyublim

Banyak sekali yang sudah menyebutkan contoh menyublim yaitu kapur barus, kali ini aku paparkan beberapa contoh menyublim selain kapur barus. Berikut ini merupakan contoh-contoh peristiwa menyublim yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari:

1. Es Kering (Dry Ice)

Es Kering merupakan gas CO2 yang dibekukan sehingga menjadi padatan es. Pada temperatur ruang, es ini akan menguap membentuk gas CO2 yang sering digunakan sebagai efek dalam panggung pertunjukan dan film-film.

2. Kapur Barus

Kapur barus dibuat dari senyawa Naftalena dan Para-dichloro benzena yang dapat berwujud gas pada tekanan normal dan temperatur ruang. Seperti yang sering kita lihat, jika kita mengeluarkan kapur barus dan membiarkannya pada di tekanan dan temperatur ruang, maka kapur barus akan berkurang massanya dan mengecil, ini dikarenakan terjadi perubahan dari padatan menjadi gas tanpa melalui cairan.

3. Salju

Kristal salju merupakan wujud kristal padatan pada air. Kristal ini memiliki permukaan yang sangat tipis, karena tipisnya itu maka ketika terkena udara, kristal akan menjadi uap air tanpa melalui proses mencair.

4. Es

Ketika kamu mengeluarkan es dari dalam kulkas kemudian mendiamkannya di luar selama beberapa saat, kamu pasti pernah melihat adanya uap air (dalam bentuk asap putih) yang keluar. Itu merupakan peristiwa menyublim

5. Padatan Arsenik

Padatan Arsenik dapat menyublim ketika dipanaskan. Dari wujud padatannya, Arsenik akan langsung membentuk gas arsenik berwarna hitam yang beracun tanpa membentuk cairan (meleleh).

6. Padatan Iodine

Ketika dipanaskan, padatan iodine akan langsung menyublim menjadi gas iodine yang berwarna ungu. Peristiwa ini bisa kalian saksikan disini:


Itulah beberapa contoh peristiwa menyublim yang dapat terjadi di sekitar kita, semoga bermanfaat. 
Thanks!

2 comments

Apakah air yang menempel di luar gelas air dingin merupakan air yang menguap

Bukan. Salah satu penyusun udara ialah uap air. Nah uap air yang berada di udara ini mengalami penurunan temperatur sehingga berubah wujud menjadi embun. Embun ini menempel di pinggiran gelas

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top