Teknik Pemisahan Campuran - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Teknik Pemisahan Campuran


Setelah mengenal apa itu campuran homogen, maka bahasan penting berikutnya ialah bagaimana cara melakukan pemisahan senyawa campuran homogen? Pertantyaan ini merupakan salah satu pertanyaan "tertua" dalam ilmu kimia. Sejak awal mula pembentukan pondasi ilmu kimia, yang dilakukan oleh Jabir Ibnu Hayyan (The Founder Chemistry), pertanyaan mengenai pemisahan campuran merupakan pokok bahasan yang penting. Jabir Ibnu Hayan dijuluki pendiri ilmu kimia karena jasa dan kerjanya dalam membuat metode-metode ilmiah dalam eksperimen kimia dan menemukan teknik-teknik pemisahan campuran kimia.

teknik pemisahan campuran


Teknik Pemisahan Campuran 

Berikut ini merupakan beberapa cara pemisahan campuran dari yang paling sederhana hingga yang kompleks, yang dirumuskan pada era Jabir Ibnu Hayyan hingga era kimia modern. 

1. Adsorpsi

Pemisahan suatu senyawa dari larutannya dengan memanfaatkan sifat adhesi atom, ion, molekul gas padat maupun cairan pada permukaan padatan. 

2. Sentrifugasi

Sentrifugasi memanfaatkan gaya sentripetal yang merupakan gaya yang dihasilkan oleh gerakan memutar. Pemisahan Sentrifugasi memanfaatkan perbedaan densitas pada tiap senyawa dalam campuran. 

3. Kristalisasi

Kristalisasi adalah proses yang memanfaatkan proses pembentukan kristal. Dalam proses ini, kristal dapat dipisahkan dari pengotornya.

4. Dekantasi

Dekantasi merupakan proses pemisahan larutan yang memiliki dua atau lebih lapisan (umumnya karena perbedaan massa jenis)

5. Destilasi

Destilasi merupakan teknik pemisahan suatu campuran dengan memanfaatkan perbedaan titik didih dari tiap senyawanya. 

6. Elektroforesis

Elektroforesis adalah teknik pemisahan molekul organik berdasarkan interaksinya dengan gel tertentu ketika dialiri listrik. 

7. Ekstraksi

Ekstraksi adalah cara pemisahan senyawa dengan memanfaatkan kelarutan suatu senyawa pada pelarut-pelarut tertentu. 

8. Flokulasi

Flokulasi merupakan teknik pemisahan koloid dari larutan campuranya. Biasanya dengan menambahkan senyawa floculant yang dapat mengikat koloid membentuk gumpalan (flok)

9. Filtrasi (Penyaringan)

Filtrasi merupakan pemisahan antara molekul padatan yang tercampur dalam larutan.

10. Kromatografi

Kromatografi merupakan metode pemisahan campuran berdasarkan perbedaan kecepatan pergerakan molekul pada fasa tertentu. Metode ini sangat populer digunakan dalam laboraturium kimia dan industri-industri sintetis senyawa kimia. 

11. Pemisahan Magnetis

Pemisahan Magnetis dilakukan untuk memisahkan senyawa logam yang memiliki sifat magnet aktif dengan senyawa lain yang tidak memiliki sifat magnet. 

Seringkali dalam penanganan sample di laboraturium, sebelum melakukan analisis kimia, perlu dilakukan pemurnian senyawa, dasar dari pemurnian senyawa ini memanfaatkan teknik-teknik pemisahan diatas. Keterangan lebih lanjut mengenai teknik-teknik pemisahan ini akan aku tuliskan satu persatu dalam postingan berikutnya.

Thanks for reading my article... You muggles!

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top