Pengertian Sentrifugasi dan Penggunaanya - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian Sentrifugasi dan Penggunaanya


Salah satu teknik pemisahan campuran yang penting ialah sentrifugasi. Pengertian Sentrifugasi adalah teknik pemisahan campuran yang dilakukan dengan memanfaatkan gaya sentripetal. Teknik ini paling sering digunakan ketika berhubung dengan bidang biokimia, utamanya pada pemisahan makromolekul atau koloid dari cairan lain.


Dasar Teori Sentrifugasi

Sampel yang akan dipisahkan dimasukkan ke dalam tabung uji (test tube) kemudian di masukkan dalam alat sentrifuge (centryfuge). Alat sentrifuge akan memutar tabung uji (test tube) dengan kecepatan tertentu, kemudian molekul dengan massa jenis yang lebih besar akan terfokus ke bagian dinding tabung sentrifuge sedangkan molekul dengan massa jenis yang lebih rendah akan terkumpul di bagian tengah (axis). Molekul yang berkumpul di dinding tabung akan membentuk massa yang lebih besar dan tertarik gravitasi sehingga berkumpul di bagian dasar tabung, sedangkan molekul yang memiliki massa jenis lebih kecil berada di bagian atas.

Kecepatan sentrifugasi dapat ditentukan dengan alat sentrifuge yang digunakan, pada umumnya menggunakan satuan RPM (revolutions per minute) yang menyatakan kecepatan sudut (angular velocity). 

Penggunaan Sentrifugasi di Laboraturium

Sentrifugasi sangat berguna pada penelitian dan analisis biomolekuler karena dalam proses pemisahannya, tidak terjadi kerusakan struktur sample. Seperti pada pemisahan protein-protein dalam sample, pemisahan sukrosa, selulosa, virus dan beragam makromolekul lainnya. 

Aplikasi Sentrifugasi dalam Ilmu Kimia 
1. Pemisahan bubuk kapur dari air
2. Pemisahan lemak dari susu untuk membuat susu skim (skimmed milk)
3. Pemisahan komponen urin dari darah dalma analisis forensik


Aplikasi Sentrifugasi pada Teknologi Modern

1. Memisahkan keripik (bawang goreng) dari minyak. Pernahkah kalian membeli bawang goreng? Ya, bawang goreng harus melewati proses sentrifugasi agar dapat dikeringkan dari minyaknya. Itulah sebabnya bawang goreng yang dijual dipasaran tidak terlalu berminyak. Hal yang sama juga dilakukan pada keripik (dalam skala industri).

2. Pengering Mesin Cuci.
Kalau kalian mau lihat langsung proses sentrifugasi, coba deh cek pengering mesin cuci kalian. Pengering mesin cuci akan memutar cucian kalian dengan kecepatan tinggi, sehingga air akan terlempar ke diding pengering(akibat gaya sentripetal) dan dipisahkan dari baju kalian. Dengan metode ini, baju kalian nggak akan sobek atau rusak akibat diperas secara berlebihan.

Keren khan? Ternyata teknik-teknik dasar pemisahan Sentrifugasi ini juga berlaku di rumahmu, dalam kehidupan sehari-hari.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top