Kenapa Air Laut Rasanya Asin? - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Kenapa Air Laut Rasanya Asin?


Kali ini aku mau bawakan materi yang sangat sederhana. Mungkin pertanyaan seperti kenapa lilin bisa menyala? kenapa pasta gigi bisa merusak rasa makanan? kenapa tidak bisa bernafas di dalam air? adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul dari anak kecil. Menjawab pertanyaan-pertanyaan sepele semacam ini dari anak kecil ialah hal yang sangat penting. Kali ini aku akan menjawab pertanyaan kenapa air laut rasanya asin?

air laut rasanya asin

Asal dari Air Laut

Seperti yang bisa kita lihat langsung dalam kejadian sehari-hari, air laut berasal dari dua sumber, yang pertama ialah hujan dan yang kedua ialah dari air daratan.

Peristiwa hujan terjadi karena adanya evaporasi dan kondensasi dari air yang terkena terik matahari. Dalam proses ini, tidak ada penguapan garam (NaCl ataupun KCl) yang asin. Aku masih ingat kalau pernah beberapa kali kehujanan di kapal, itu masa-masa belum musim pesawat dan bandara, dan ketika hujan terjadi di tengah lautan, hujan tersebut tetap berasa tawar. Ingat, hujan tidak pernah membawa air asin. Lalu darimana air asin tersebut berasal?

Kalau bukan hujan penyebabnya, mari kita lihat air daratan yang mengalir ke laut. Umumnya sungai-sungai besar di daratan akan mengalir ke lautan. Hujan yang sangat deras di daratan bisa disebabkan oleh penguapan yang terjadi dari air lautan. Kemudian awan terbentuk dan terbawa angin menuju daratan. Awan menumpuk di daratan dan terjadilah hujan. Hujan ini akan mengalirkan air ke tempat yang paling rendah, yaitu ke sungai (dengan asumsi tidak ada banjir :P)

Air sungai kan rasanya tawar? mana mungkin menjadi sumber air laut yang asin? Pada awalnya aku juga berfikir seperti itu, dan hanya berhenti bahwa air laut memang asin. Perkataan "memang" ialah perkataan paling bodoh untuk mendeskripsikan alam kita, bumi kita, dunia kita. Begitu menurutku.

Fakta: Air Laut Semakin Asin

Ternyata penelitian menunjukkan bahwa air laut itu semakin lama semakin asin. Ini merupakan fakta yang mengarah pada kesimpulan bahwa air laut mendapatkan garam-nya dari daratan. Jadi skema yang terjadi ialah:

Air laut diuapkan oleh panas matahari, kemudian awan (uap air) terbawa angin ke daratan dan terjadi hujan. Air hujan ini bersifat mudah melarutkan logam-logam dan unsur hara pada tanah. Air hujan akan melarutkan mineral dari tanah hingga terbawa ke sungai. Tetapi jumlah dari mineral dalam air sungai ini masih sangat sedikit sehingga air sungai tidak memiliki rasa asin.

Kemudian air akan sampai ke lautan dengan membawa jumlah garam yang sedikit, setelah itu air dari sungai yang baru saja tiba di lautan akan terkena panas matahari dan teruapkan, membentuk awan hujan terbawa angin ke daratan. Proses yang sama berulang selama jutaan tahun usia bumi. Hasilnya ialah garam terkonsentrasi di lautan dalam jumlah yang sangat bayak. Inilah yang alasan kenapa air laut rasanya asin. 

Make a sense right?

Yaps.. Sekian dulu postingan singkat kali ini.. Semoga bermanfaat.. Kalau kalian ada pertanyaan seputar sains, silahkan cantumkan di komentar, semoga aku bisa cari tahu jawabannya (buat nambah tulisan di blog, mwahahaha.. :v )

6 comments

Eh gue kirain rasa asin air laut itu berasal dari air mandi seseorang yang habis nyuci keteknya, lalu air itu mengalir, mengalir, lalu mengalir akhirnya sampai ke laut. Lalu rasanya asin deh. Hahaha

Saya kirain Pipis... Nananan..C:

Tapi luas daratan hanya 1/3 dari luas lautan... apakah bisa meng"asin"kan luas lautan yang 2 kali lebih besar..???

Bisa. Permisalan paling kasarnya ialah Coba saja garam satu sendok dimasukkan ke dalam gelas berisi air. Airnya jauh lebih banyak daripada garam, tetapi akan tetap berubah rasanya menjadi asin.

Banyak kajian sains yang bisa dilakukan dari Sunnah Rasulullah sallallahu alaihi wasallam. contoh menjilat jari setelah makan. klo saya amati ini akan menghilangkan bau amis ditangan. kalau mau diriset silahkan.

selain itu jarijari tangan mengandung zat yang membantu percepat pembusukan makanan sehingga kinerja lambung dapat trbantu

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top