Al-Chemist - Sebuah Bencana Besar - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Al-Chemist - Sebuah Bencana Besar


Emm.. Kalian udah ada yang nonton anime Full Metal Al-Chemist? Huuu!!! Basii Fudz *teriak penonton.. XD. Oke, masa-masa Full Metal Al-Chemist lagi booming, aku saat itu masih di Borneo, bahkan aku masih perlu bantuan temanku, Erwin, untuk browsing di internet. (ini serius, setiap kali ke warnet aku pasti ngajak Erwin, takut komputernya meledak :D )

Al-Hasil beberapa minggu yang lalu, aku akhirnya nonton anime itu, soalnya disini internetnya cepat dan kebetulan kalau malam aku biasa tiduran sambil liat laptop. Anime ini bercerita tentang dua orang anak kecil yang jenius dan menguasai ilmu kimia, Edward Elric dan Alphonse Elric. Ceritanya bermula ketika ibu mereka meninggal, karena kesedihan, mereka memutuskan untuk menggunakan ilmu kimia untuk membangkitkan ibunya yang meninggal, teknik ini disebut human transmutation. Teknik ini dianggap tabu dan merupakan hal yang tidak boleh dilakukan, tetapi mereka melakukannya dan akhirnya terpaksa Si Adik (Alphonse Elric) kehilangan seluruh tubuhnya dan Edward Elrich kehilangan tangan dan kakinya demi menyelamatkan adiknya. Edward menempelkan roh adiknya pada baju besi, sehingga adiknya bisa hidup sebagai baju besi.
Fullmetal Alchemist (FMA)

Dari situlah mereka berdua memulai perjalanannya untuk mengembalikan tubuh Alphonse Elrich. Jika mereka bisa kehilangan anggota tubuh karena ilmu kimia, maka mereka akan bisa mendapatkannya kembali dengan ilmu kimia, begitulah konsepnya.

Karena kemampuannya Edward Elrich menjadi seorang Al-Chemist, yaitu pasukan khusus negara yang digunakan pemerintah untuk menangkap penjahat-penjahat khusus. Karena adanya pihak militer ini, kisah Full Metal Alchemist ini menjadi sangat menarik. Menurutku kisah ini seperti bercerita tentang Hitler, salah satu pemimpin paling sadis dan otoriter di Jerman, sains kimia, dan kekacauan perang.

Entahlah.. Mungkin juga cuma perasaanku aja karena dalam anime ini ada sosok presiden militer yang memiliki kumis tebal bernama King Bradley (Wrath).

Al-Chemist dan Penyihir

Memang cerita ini hanyalah fiksi belaka. Tetapi kalau melihat dunia sains, memang dahuli Al-Chemist selalu dikaitkan erat dengan magic. Al-Chemist dianggap bisa merubah besi menjadi emas, menyembuhkan segala penyakit dan bahkan membangkitkan orang yang mati.

Tetapi sebenarnya, sejak kemunculan dan kebangkitan Saintist Muslim, dunia Islam telah memisahkan antara sihir (magic) dengan sains. Ini dimulai dari ilmu tertua yaitu Astronomi. Kalau dulunya bintang dianggap pertanda sesuatu hal buruk atau hal baik akan terjadi, maka sejak adanya saintis muslim kita memahami bahwa bintang tidak mampu memberitahu hal baik atau hal buruk, tetapi memang bisa menunjukkan arah ketika dalam perjalanan jauh.

Pun sama halnya dengan masa-masa kimia dibentuk, dimulai oleh Jabir Ibnu Hayyan (atau dikenal Geber di Eropa) dan dilanjutkan oleh Al-Razi muridnya. Saintis muslim telah memisahkan antara ilmu kimia dari sihir. Mereka telah membangun pondasi ilmu kimia untuk menyembuhkan penyakit, membuat aspal dan bahkan mengembangkan obat-obatan penting yang masih digunakan hingga sekarang.

Film ini menggunakan persepsi lama bahwa Alchemist ialah penyihir, mampu membuat sesuatu hanya dengan adanya transmutation circle.

Transmutasi


Anime ini diawali oleh ide reaksi transmutasi dimana kita dapat mengubah satu bentuk ke bentuk lainnya dengan reaksi kimia tertentu (ataupun perlakuan khusus). Fiksi pada anime ini ialah, bahwasannya hanya dengan menggunakan lingkaran transmutasi (transmutation circle) atau lambang tertentu, kita dapat melakukan reaksi perombakan atom menjadi bentuk yang kita inginkan. Hal ini sangatlah mustahil dalam ilmu kimia. 

Di sisi lain, transmutasi inti atom mungkin dilakukan dalam dunia sains modern. Ini tentu saja tidak cukup dengan lambang tertentu saja, namun melibatkan proses penyerapan dan pelepasan energi yang sangat besar. Transmutasi memberikan saintis peluang mengubah suatu unsur kimia menjadi unsur kimia lainnya, ini disebut transmutasi inti, dimana atom akan ditembak dengan partikel energi tertentu sehingga bertambah/berkurang jumlah proton, neutron dan elektronnya. 

Peran Saintis dalam Perang

Dalam artikel sebelumnya mengenai Perjuangan Eisntein, aku sudah membahas tentang Firtz Haber kimiawan German yang membantu perang dengan melepaskan gas beracun. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah, penggunaan gas beracun dalam peperangan. Bahkan mungkin ini pertama kalinya penelitian untuk membunuh manusia dilakukan, demi tujuan perang.

Kalau mengikuti alur film Full Metal Alchemist ini, dikatakan bahwa pernah terjadi peperangan antara pemerintah dengan suku Ishval. Dimana pemerintah mengumpulkan para Alchemist dan menggunakan kemampuan mereka untuk pemusnahan massal suku Ishval.

Ketika menonton anime ini, aku hanya bisa membayangkan sosok Hitler yang mengumpulkan para saintis untuk membuat senjata pemusnah massal. Hitler juga membunuh banyak sekali orang, persis seperti di anime ini, mereka membunuh banyak sekali orang untuk membuat philosoper stone.

Kalau Saja Sihir Masih Tercampur dengan Sains

Bagaimana yah kalau sampai saat ini sihir masih tercampur dengan sains? Akan banyak penipuan, akan banyak juga kebodohan. Ya, pasti! Sejarah telah mencatat betapa bodohnya manusia tanpa pengetahuan yang benar.  

Dan yang paling mengerikan ialah dunia bakalan kacau. Karena penguasa akan melakukan segala cara untuk memperoleh sihir keabadian. Bagaimana kalau sihir keabadian harus dibayar dengan banyak nyawa? Aku yakin, pasti ada saja penguasa yang bakalan melakukan segala cara untuk mendapatkannya. 

Mengerikan. Oh ya, di postingan berikutnya aku akan sharing juga tentang ide-ide bodoh yang dikemas dengan judul "Jika.... " Semoga kalian bakalan suka. 

Terlepas dari sangat jauhnya cerita anime ini dari Ilmu kimia, tetapi anime ini banyak berbicara mengenai kemanusiaan, kasih sayang, bahkan membahas juga mengenai hasrat-hasrat manusia yang ditunjukkan oleh karakter homonculus dengan nama Lust, Gluttony, Sloth, Greed, Envy, dan Wrath.

Anime ini sangat unik dan bagus menurutku.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top