Kisah Einstein Mendapatkan Nobel Prize #part4 - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Kisah Einstein Mendapatkan Nobel Prize #part4


Oke aku akan lanjutkan cerita tentang Perjalanan Einstein mendapatkan Nobel Prize. Ini adalah cerita terakhir dari rangkaian Perjuangan Einstein Dalam Dunia Sains Part1, Part2, dan Part3.  Aku sudah ceritakan sebelumnya bagaimana nama Einstein mendapat pengakuan dari kalangan saintis dan memperoleh gelar Professornya, kemudian perjuangannya dalam mengembangkan teori relativitas dan kolaborasinya dengan beberapa saintis dunia untuk membutktikan teori relativitas. Kita sudah sampai pada momen akhir hasil pengamatan gerhana matahari oleh dua Astronomer terbaik William Campbell dan Arthur Stanley Eddington.

Empat bulan setelah kedatangan Campbell, Eddington berangkat menuju London, siap mempresentasikan hasil pengamatannya di depan World Astronomical Society. Seluruh dunia berkumpul di London, ini adalah momen yang sangat penting dalam sejarah peradaban dunia.

Edington Memulai laporannya dengan pembukaan bahwa walaupun gerhana matahari tertutup awan pada awalnya, tetapi mereka masih bisa memperoleh hasil yang memadai. Dari sekian hasil yang diperoleh, dengan perhitungan yang akurat, prediksi The General Theory of Relativity Einstein benar. Cahaya bintang yang mengarah ke Matahari dibelokkan karena ruang dan waktu melengkung oleh gravitasi matahari. Edington mengakhiri laporannya dengan kalimat "Maafkan kami Sir Isac Newton, Teorimu kini terpatahkan".
cahaya bintang melengkung
Cahaya bintang melengkung


Dunia langsung bersorak, seluruh surat kabar menginginkan foto Einstein, seluruh pemberitaan media ialah tentang Einstein dan teorinya. Ini adalah era dimana fotografi juga berkembang dengan sangat pesat, sehingga banyak sekali yang menginginkan foto wajah Einstein. Semua media menginginkan sosok ini.

Sebenarnya tidak banyak yang mengerti Einstein, tetapi semua orang secara tiba-tiba mengenal namanya. Einstein menjadi bintang seketika itu juga, banyak sekali undangan media, permintaan artikel, permintaan kuliahnya. Walaupun setelah dikenal luas, tetap tak banyak yang mengerti apa yang diungkapkan Einstein. Ini berakhir pada keraguan, banyak sekali masyarakat saintis yang meragukan kebenaran teori Einstein.

Sekali lagi Einstein mendapat tantangan. Pengukuran yang dilakukan oleh Eddington dianggap sangat kurang memadai, ia dianggap terlalu terobsesi oleh citra Einstein sebagai orang yang menyukai perdamaian dan sikapnya yang menawan. Keraguan ini juga didasari oleh publik Amerika, Inggris dan Rusia yang pada masa ini sedang membenci Jerman karena perang. Orang-orang menyatakan "Kita harus uji kembali Theory Einstein".

Campbell merasa perlu untuk mengkonfirmasi kebenaran dari Teori Relativitas Einstein untuk menghilangkan rasa keraguannya terakhir kailnya. Einstein juga masih merasa perlu untuk menunjukkan kepada dunia bahwa The General Theory of Relativity ialah benar. Campbell memutuskan untuk mengejar gerhana matahari berikutnya, di Australia, dua tahun lagi. Ia akan mempersiapkannya dengan sempurna kali ini.

Pada tahun 1922 September, para ilmuwan astrofisika berlomba-lomba untuk mendapatkan foto gerhana bulan. Kali ini ada tujuh grup ilmuwan yang turut serta dalam ekspedisi, ilmuwan dari British, dua grup Astronomer Australia,  Ilmuwan India, Ilmuwan Kanada, grup Campbell dan yang terakhir ialah Astronomer muda yang pernah melakukan pengamatan yang sama di Rusia, Freundlich (part 2). Kali ini jauh lebih kompetitif dan menarik.
Ekspedisi Campbell

Saat gerhana terjadi, Freundlich dan grup British berada di posisi yang salah dan tertutup awan gelap, satu regu Australia tidak mendapatkan data karena peralatannya tidak mendukung, ilmuwan asal India berada di langit yang sangat cerah dan mendukung dalam pengambilan foto gerhana, tetapi ia mengalami masalah teknis dan tidak berhasil mendapatkan apa-apa, group Kanada dan Australia lainnya juga gagal mendapatkan data, tetapi Campbell sudah banyak belajar dari pengalamannya dan mempersiapkan segalanya dengan matang. Ia mendapatkan gambar yang sangat jelas pada ekspedisinya yang ketiga ini.

Dari fotografi yang diperoleh Campbell kali ini, Ia berhasil mengkonfirmasi kebenaran The General Theory of Relativity. Kali ini Teori Newton benar-benar telah terkalahkan. Campbell langsung menulis sebuah surat kepada seorang yang tak lain ialah Albert Einstein, Ia mengatakan "Eddington was right". Saat itu Einstein merasakan kemenangan yang tak bisa digambarkan. Inilah kebenaranya, yang telah dibuktikan oleh data yang akurat.

Akhirnya 15 tahun semenjak pertama kalinya ia mempublikasikan tentang Relativity Theory, Einstein berhasil membuktikan kebenarannya. Ia telah menang.

Walaupun begitu Nobel Prize ternyata tidak dapat diberikan kepada Einstein atas Relativity Theory-nya. Relativity Theory memang membuat kita lebih memahami bagaimana alam semesta bekerja, tetapi belum membawa perubahan berarti bagi manusia, ini tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh Alfred Nobel (Pendiri Nobel Prize). Tetapi Albert Einstein diakui atas kerja kerasnya di bidang Fisika Teoritis dan memenangkan Nobel Prize atas papernya yaitu law of photoelectric effect.

Albert Einstein dan Elsa Einstein
Albert Einstein dan Elsa Einstein
Setelah mendapatkan Nobel Prize, seperti janjinya, Albert Einstein memberikan seluruh uangnya untuk Maleva, Maleva kemudian membelikan apartement sehingga ia dapat hidup bersama anak-anaknya. Kemudian dengan ajakan dari Elsa Einstein, Albert Einstein memutuskan untuk menikahi sepupunya yang telah merawatnya di masa-masa tersulitnya itu. Elsa menikmati setiap hari-harinya bersama Einstein, Si jenius yang terkenal.

Setelah kemunculan Newton dengan Principia Mathematica dan Newton's Law of Gravity kali ini sekali lagi sejak ratusan tahun, akhirnya manusia mengungkap rahasia alam semesta. Albert Einstein dengan The Theory of Relativity-nya.

Yap.. Itulah akhir cerita Perjuangan Einstein Mendapatkan Nobel Prize. Semoga saja bermanfaat. Jangan lupa ikuti kisah selanjutnya.. Mungkin aku bakal nulis cerita dari ilmuwan lain, atau bahas hal sains lainnya. Semoga kalian suka, kalau kalian ada usulan sesuatu untuk dibahas, silahkan tinggalkan di komentar, akan aku usahakan.

Next mungkin aku akan memberikan beberapa pelajaran berharga dari Kisah Perjuangan Einstein ini.

5 comments

Berarti hukum gravitasi Newton terpatahkan? Jika terpatahkan, kenapa hukum gravitasi newton tetap menjadi hukum dan teori relativitas Einstein tetap menjadi teori? Mengapa tidak menjadi hukum relativitas?

Hukum gravitasi benar, teori relativitas yang menjelaskannya :D

Bahas tentang gelombang gravitasi yang katanya telah menyempurmakan E=MC^2 dong

Wii.. Sulit gan.. Ilmu ane belum nyampe.. XD

yah padahal seru tuh abis bahas penemunya trus bahas juga apa yang di temuin

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top