Apa itu God Particle? - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Apa itu God Particle?


Ada hal yang menarik dari sebuah video yang kutonton dalam sebulan belakangan ini. Kalau jam makan siang di kampus, biasanya aku kan bawa bekal buat dimakan di Lab. Karena makan sambil membaca itu kurasa kontraproduktif, maka aku biasanya lebih suka menonton. Kalau di apato, biasanya anime nggak akan lepas dari kegiatan makan ( biasanya malam), tapi karena kondisinya di Lab, aku biasanya nonton video-video sains di youtube seperti Big Think, Discovery Chanel, kuliah dari MIT atau di cari-cari video lain yang serupa. Salah satu pembicara favoritku ialah Si jenius Michio Kaku, seorang fisikawan gila yang berusaha membangun "antimatter" saat di SMA, ya! Bayangkan dia mikirin antimateri pada saat di SMA. Aku sih masih mainan bola pingpong pas di SMA, eh.. Sampe sekarang sih.

Salah satu videonya yang sangat-sangat menarik ialah tentang God Particle. Apa itu God Particle? Baiklah apa teman-teman sempat membaca tentang "Iron Man dari Bali" ? Seperti itulah God Particle. Apa maksudnya? Oke. Apa kalian melihat hal yang mendekati Iron Man pada Tawan? No.. No in a million way! Tetapi ketika menuliskan "Seorang Pria Merangkai Robot untuk Membantunya Bergerak", media akan mencoret judul ini dan menjadikannya "Iron Man dari Bali Merangkai Sendiri Robot di Lengannya dari Barang Bekas". Inilah judul yang diinginkan media, ini judul yang marketable.

So kalau kalian mungkin suatu hari menemukan robot, atau mungkin penemuan lainnya, walaupun seluruh alat pentingnya kalian beli dari luar negeri, coba buat Cover luarnya atau salah satu tuas besinya dari barang bekas, kemudian ketika diwawancarai media, sebutkan kalau covernya dari barang bekas, atau tungkainya dari barang bekas, aku nggak akan terkejut kalau muncul di berita "Anak indonesia merangkai robot pembuat gethuk dari barang bekas".

Oke, balik lagi ke God Particle. Awalnya para ilmuwan, lebih tepatnya Physicist menerbitkan press release bahwa "Para Fisikawan Pikir Mereka Menemukan Higgs Boson". Higgs Boson? Apa itu? Semacam chit chat saintis yang nggak penting! Maka media, membaca press release tersebut, mencari literatur lanjutan dan dengan seenaknya mencoret Higgs Boson dan menggantinya dengan God Particle.  Nah sekarang kalian akan bertanya, apa itu Higgs Boson? Kenapa diungkapkan dengan God Particle?

Apa itu Higgs Boson? 

Blog ini berjudul my stupid theory bukan tanpa alasan, karena yang punya memang stupid. Aku sendiri tidak benar-benar mengerti apa itu Higgs Boson. Tetapi menurut sedikit penjelasan dari Michio Kaku dan beberapa buku bacaan yang pernah kusentuh inilah penjelasan tentang Higgs Boson.

The Big Bang Theory

Kalian sudah tahu kan tentang The Big Bang Theory? Ya. Teori yang mengungkapkan tentang awal mula alam semesta. Jadi pada awalnya alam semesta ini hanyalah debu-debu kosmik.

Kemudian pada satu saat debu-debu ini meledak dan membentuk sistem tata surya kita, matahari, mars, bumi, jupiter, semuanya. Setelah dibuktikannya kebenaran teori Big Bang dengan ditemukannya sisa energi ledakan dan fakta bahwa alam semesta kita mengembang, Ilmuwan kemudian ingin mengetahui bagaimana bisa terjadi ledakan?

Ribuan Partikel

Dulu saat di SMP atau SMA kalian pasti sudah tahu khan kalau semua yang terbentuk di Bumi ini berasal dari atom? Yap, kemudian di SMA pasti diajarin kalau ternyata atom itu dibentuk oleh elektron, proton dan neutron. Nah elektron, proton dan neutron ini dalam dunia fisika modern digolongkan sebagai partikel. Jadi partikel dan atom itu tidak sama. Yang lebih mengejutkan lagi, ternyata di alam ini, partikel itu bukan hanya elektron, proton dan neutron, tetapi ada juga muon, axion, neutralino, gluon, photon, boson dan ribuan nama partikel lainnya. 

Pada era 1950-an banyak sekali ahli fisika yang menemukan partikel baru dan mendapatkan Nobel Prize, tapi kemudian J Robert Openheimer yang dikenal sebagai "The Father of Atomic Bomb" mengatakan, tahun ini nobel prize tidak boleh diberikan kepada penemu partikel. Karena terlalu banyaknya. Saat ini mungkin ada ratusan, atau bahkan ribuan partikel.

Nah dari sekian banyak partikel itu, ada satu partikel yang menjadi model sempurna, yaitu Bosons. Satu model partikel yang unik dan lebih spesifik lagi ialah Higgs Bosons. Partikel ini mampu memberikan massa pada partikel-partikel lain.

Seperti yang kita ketahui kalau awal mula dari alam semesta ini ialah dari partikel-partikel ruang angkasa yang kosong, maka partikel yang mampu memberikan massa ialah partikel yang mengawali segalanya. Atas dasar inilah diyakini bahwa Higgs Boson merupakan partikel awal mula yang menyebabkan terjadinya ledakan Big Bang. 

Apakah Partikel Ini Sudah Ditemukan?

Untuk menemukan partikel baru, para fisikawan menembakkan satu partikel ke partikel lainnya ataupun ke atom hingga terbentuk partikel jenis baru. Dengan menabrakkan dua partikel atau atom akan terbentuk satu partikel baru yang memiliki sifat berbeda dari partikel asalnya. 

Para fisikawan sudah meyakini hingga 99% bahwa Higgs Boson ini telah ditemukan, ini merupakan pernyataan dari para fisikawan teoritis, dimana secara teori ini sudah dapat dipastikan penemuannya, tetapi untuk melakukan eksperimen ini memerlukan biaya yang sangat besar. Awalnya Amerika ingin membangun alat ini, tetapi proyeknya dibatalkan karena dananya ditarik kembali oleh pemerintah. Kemudian saintis bergabung dengan European Organization for Nuclear Research (CERN) untuk membangun alat ini di Switzerland. 
Large Hedron Collider
Large Hedron Collider

Super Hedron Collider

Super Hedron Collider (Large Hedron Collider LHC) yang merupakan alat eksperiment untuk menemukan partikel yang mengawali semesta, Higgs Boson atau yang lebih 'wah' God Particle. LHC ini memiliki ukuran yang sangat besar dibangun berbentuk lingkaran dengan keliling 17 mil, atau 27 km. 

Apakah manusia akan benar-benar mampu mengetahui awal mula alam semesta? Atau mungkinkah manusia akan bisa berpindah ke alam semesta lainnya dengan pengetahuan yang diperoleh dari Higgs Boson? Mari kita tunggu hasil riset dari para ahli di dunia ini. 

2 comments

Renyah kayak makan rengginang. Sayangnya informasi tentang si boson dikit banget, jadi kurang kenyang. :V

Overall, good job bro!

Belum mampu nulis ttg boson yg beneran bro. Belum baca materinya sama sekali. Ini cuma pengantar aja.. XD

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top