Hukum Kekekalan Massa - Lavoisier - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Hukum Kekekalan Massa - Lavoisier


Salah satu hukum dasar kimia yang penting dikemukakan oleh seorang ilmuwan Perancis, Antonie Lavoisier (1743-1794). Seorang saintist amatir dengan kemampuan berfikir analitis yang tinggi.  Menjelang abad ke delapan belas, Lavoisier mengemukakan hukum kekekalan massa.

Antonie Lavoisier
Antonie Lavoisier "Father of Modern Chemistry"

Eksperimen Hukum Kekekalan Massa

Pada massa itu, beberapa unsur kimia telah diisolasi dan diidentifikasi, elemen-elemen seperti oksigen, nitrogen dan hidrogen merupakan beberapa yang paling populer. Eksperimen lainnya yang tak kalah menarik ialah pembakaran logam. Saat itu, pada pembakaran logam akan dihasilkan senyawa yang disebut calx, saat ini hasil pembakaran logam ini disebut oksida. Berbagai teori dikemukakan untuk menjelaskan peristiwa terbentuknya calx ini.

Setelah serangkaian percobaan yang dilakukan oleh Lavoisier, ia kemudian mencoba mengukur massa logam, massa dari udara di sekitar logam ketika logam itu dibakar, dan massa calx. Hasilnya menunjukkan bahwa massa yang diperoleh oleh logam ketika membentuk calx sama dengan massa dari udara di sekitar logam tersebut.
Skema Experiment Lavoisier untuk membakar Merkuri dalam volume udara yang terukur secara akurat

Father Of Modern Chemistry

Dengan eksperimen sederhana, namun melibatkan pengukuran yang akurat, Lavoisier berhasil membuktikan kebenaran dari hukum kekekalan massa. Abad ke delapan belas dapat dikatakan sebagai saat-saat revolusi dari ilmu kimia. Penentuan pondasi awal hukum dasar kimia ini, membuat Antonie Lavoisier dijuluki sebagai "The Father of Modern Chemistry"

Bunyi Hukum Kekekalan Massa

Hukum Dasar Kimia ini menyatakan bahwa materi dapat berubah dari satu wujud ke wujud lainnya, campuran dapat dipisahkan ataupun dibuat, dan senyawa murni dapat diuraikan tetapi total massa yang dimiliki oleh materi tersebut akan tetap sama.

Hukum Kekekalan Massa ini memberikan gambaran bahwa massa alam semesta ialah tetap, bagaimanapun reaksi terjadi dari dua senyawa, total massa produk yang dihasilkan ialah sama dengan total massa reaktannya.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top