Pengertian Perubahan Kimia - Reaksi Kimia - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian Perubahan Kimia - Reaksi Kimia


Sejak awal perkembangannya, pondasi Ilmu kimia terdapat pada pemahaman mengenai perubahan Kimia yang terjadi pada suatu zat. Hingga saat ini, pemahaman manusia tentang perubahan kimia dari senyawa-senyawa yang ada di alam sangatlah terbatas. Dengan bertambahnya penelitian dan pengembangan reaksi-reaksi kimia, diharapkan manusia bisa memanfaatkan tranformasi senyawa kimia menjadi produk baru yang dapat berguna dalam kehidupan manusia.

Pengertian Perubahan Kimia

Perubahan kimia adalah proses dimana senyawa kimia baru terbentuk dari perubahan struktur dan ikatan dari atom-atom pembentuk senyawa asalnya. 

Senyawa asal dari proses perubahan kimia ini disebut Reaktan dan senyawa baru yang terbentuk disebut Produk.

Skema Perubahan Kimia
Skema Perubahan Kimia
Seperti pada skema diatas, maka A dan B ialah senyawa asal (reaktan) dan AB ialah Senyawa baru yang terbentuk (produk). Pun sama yang terjadi pada AB+C (reaktan) dan AC +B ialah produknya. 

Jadi pengertian perubahan kimia ialah proses transformasi senyawa dari reaktan menjadi produk. 

Perubahan kimia ini yang selanjutnya disebut Reaksi Kimia. Reaksi kimia dapat terjadi karena adanya perbedan energi dalam atom-atom pembentuk senyawa. Perbedaan energi menyebabkan atom-atom tidak stabil dan berusaha membentuk konfigurasi stabilnya melalui reaksi kimia yang menghasilkan senyawa baru (produk). 
ilustrasi reaksi kimia
ilustrasi reaksi kimia

Ciri-ciri Perubahan Kimia

Adapun 10 Ciri-ciri perubahan kimia yang dapat dengan mudah diamati telah aku posting beberapa minggu sebelumnya. Kebanyakan dari perubahan kimia ini bersifat irreversible, artinya tidak dapat kembali ke wujud asalnya tanpa adanya penambahan energi atau zat tertentu. 

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top