Makalah Ikatan Kimia [PDF] - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Makalah Ikatan Kimia [PDF]


Kali ini aku mau sharing tentang Makalah Ikatan Kimia pdf. Makalah ini akan berisi materi-materi ikatan kimia yang dipelajari di tingkat SMA. 

Materi tentang ikatan kimia suatu unsur sangat penting untuk dipelajari, ini adalah materi dasar yang tidak hanya diajarkan pada tingkat SMA tetapi juga pada tahap perguruan tinggi S1. Pemahaman mengenai materi ini akan memberikanmu kemudahan dalam menyelesaikan pendidikan S1 dalam bidang kimia dan sains. 

Makalah ini sebenarnya berasal dari web lain, aku hanya ingin share, setelah beberapa pencarian, inilah yang recomendeed dan isinya berkualitas untuk memahami materi Ikatan Kimia di SMA. Berikut di bawah ini link downloadnya dan ringkasan materinya:

Ringkasan materi Makalah Senyawa Kimia pdf

Senyawa kimia dibentuk dari gabungan antara dua atom element atau lebih. Senyawa kimia yang stabil memiliki total energi yang lebih rendah dari energi saat atom-atom tersebut dalam keadaan berpisah (tunggal). Gaya tarik-menarik antara dua atom atau lebih untuk membentuk senyawa kimia ini disebut ikatan kimia.

Dalam ilmu kimia, akan dipelajari beberapa jenis ikatan kimia, diantaranya ialah ikatan ionik dan ikatan kovalen
 

Ikatan Kovalen

Ikatan kovalen merupakan ikatan kimia yang terbentuk akibat pemakaian bersama sepasang elektron valensi suatu atom. Pemakaian bersama sepasang elektron ini dilakukan untuk mencapai kestabilan seperti pada konfigurasi gas mulia. 

Contohnya ialah pada senyawa H2, Cl2, HCl. 
ikatan kovalen

Ikatan Kovalen Polar

Ikatan kovalen Polar ialah ikatan kimia yang terbentuk karena pemakaian bersama sepasang elektron atau lebih dari satu atom saja. Satu atom menggunakan sepasang elektronnya untuk digunakan bersama. 

Pada Ikatan Kovalen Polar ini, terjadi pemisahan muatan antara positif dan negatif. Persebaran muatan ini disebut dengan momen dipol

Ikatan Ionik

Ikatan ionik adalah ikatan kimia yang terbentuk dari transfer elektron valensi, sehingga satu atom akan kehilangan elektron dan yang lainnya akan mendapatkan elektron, namun keduanya mencapai konfigurasi elektron yagn stabil seperti gas mulia. 

Contohnya ialah: NaCl, MgO, CaCl2
ikatan ionik

Ikatan Logam 

Ikatan Logam merupakan ikatan kimia yang terjadi antara atom logam dan logam. Ikatan semacam ini hanya dimiliki oleh logam dan ion-ionnya. Sifat dari ikatan logam ialah ikatannya sangat kuat dan elektron dalam ikatannya dapat bergerak dengan bebas. 

Ikatan Hidrogen

Ikatan Hidrogen ialah ikatan kimia yang terbentuk karena gaya tarik menarik intramolekular dari atom Hidrogen kepada atom F, O dan N. Jika dalam suatu senyawa terdapat unsur F, O atau N bersama dengan atom H (Hidrogen) maka akan terdapat iakatan Hidrogen. 

Ikatan Hidrogen sangat mempengaruhi sifat fisis dan kimia dari suatu senyawa. Contoh adanya ikatan hidrogen ialah pada Air, Alkohol, Protein, yang memberikan sifat yang unik bagi masing-masing senyawa. 

Jika membutuhkan versi lengkap dari penjelasan mengenai Ikatan kimia, silahkan Download Makalah Ikatan Kimia PDF  ini. 

Semoga Membantu, wass..

Sumber Literatur: 
http://hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/chemical/bond.html
http://sman78-jkt.sch.id/sumberbelajar/bahanajar/Ikatan%20Kimia.pdf

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top