Cara Belajar Bahasa Inggris Online Otodidak Part 1 - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Cara Belajar Bahasa Inggris Online Otodidak Part 1


Hello guys.. Sekarang aku lagi di Bandara SBY nih.. Kebetulan travel dari Malang nganterin aku kecepatan. Jadi masih ada sekitar 4 jam sebelum penerbanganku. This is the start of my journey.

Mumpung lagi nganggur nggak jelas gini, aku ngetik aja, share tentang cara belajar bahasa inggris Online Tanpa Guru.

Cara Belajar Bahasa Inggris Autodidak


When I was a child, I am really suck in English. 
Ketika aku masih kecil dulu, aku nggak ngerti Bahasa Inggris. Oke.. Nggak cuma aku, kalian juga kan? Karena kita sama-sama lahir di Indonesia, yang menggunakan Bahasa Indonesia. Ya nggak?

Karena orang tuaku guru maka aku diberikan pendidikan lebih (read: dipaksa) untuk les Bahasa Inggris. Aku ikut les selama 3 tahun dan aku tahu kalau tetap payah dalam pelajaran ini. (ssstt.. Ini karena aku nyontek teman terus selama pelajaran)

Setelah itu, dengan bekal Bahasa Inggris yang tentu saja mengecewakan, aku secara ajaib lulus SD dan masuk SMP. Tidak banyak perubahan disana. Sama, Hanya saja aku punya lebih banyak teman.. Yang lebih tidak bisa Bahasa Inggris. :P

Next SMA. Di SMA aku ketemu banyak sekali anak-anak pintar dari satu kabupaten. Banyak dari mereka yang benar-benar memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang diatas rata-rata. Tapi aku tahu, kalau aku bukan salah satunya.

Guru di SMA ini sangat berkualitas, bahkan beberapa telah belajar di Luar Negeri langsung (Khususnya Australia). Aku masih ingat beberapa pelajaran bahasa Inggris di SMA. Tetapi kenyataanya aku masih buruk dalam  Berbahasa Inggris.

Tetapi di akhir masa sekolah, aku harus test TOEFL sebelum lulus dari SMA, aku mendapat skor yang cukup memuaskan, kalau nggak salah 455 (ini karena aku menyadari bahwa menyontek ialah solusi terbaik untuk Bahasa Inggris)

Saat kuliah, Bahasa Inggris merupakan salah satu mata kuliah wajib. Aku mengikutinya dengan santai dan tidak berharap lebih. Selesai dengan nilai B sudah cukup buatku. B untuk Bahasa Inggris, kedengarannya sepadan.

Cara Belajar Bahasa Inggris Online Otodidak

Kebanyakan dari Mereka yang Mengerti Bahasa Inggris

Minat dan ketertarikanku terhadap Bahasa Inggris ada saat semester akhir kuliah. Aku mempelajari bahwa beberapa anak yang kukenal pintar dalam Bahasa Inggris ialah penggemar komik, atau penggemar game. Itu pengalaman seumur hidupku, bahwa hampir semua penggemar game dan komik yang kukenal mampu mengerti Bahasa Ingris.

Mereka Menikmati Proses Belajarnya

Pada dasarnya mereka tidak berniat belajar bahasa inggris. Tetapi mereka terbiasa dengan Bahasa Inggris. Kalau kau ingin menamatkan sebuah game, maka harus mengikuti instruksi yang diberikan game tersebut. Ini membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris, terutama ‘reading. Secara tidak langsung mereka sedang belajar bahasa inggris secara otodidak.

Bagi para penggemar komik, jika ingin update komik yang terbaru, terlengkap dan tercepat, maka harus membaca yang Bahasa Inggris. Ini memaksa para maniak komik untuk menguasai Bahasa Inggris. Karena aku menyukai komik, maka proyek belajar ini kumulai.

Aku memulai dengan memilih komik-komik yang mudah dipahami. Pilihanku jatuh pada “Yotsubato” komik berlatar anak kecil ini menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami. Kemudian karena komik ini cukup singkat, aku menyelesaikannya dengan mudah, selanjutnya aku membaca komik Naruto(TAMAT), Bleach, One Piece, Toriko, Gamaran(TAMAT), Gintama, Noblesse.

Meningkatkan Jumlah Vocab dengan Mudah

Dari aktivitas membaca ini, kurasa aku jadi banyak dapat kosa kata. Kalau cara normal di sekolah untuk mempelajari kosa kata Bahasa Inggris ialah dengan menghapalkan kata-kata di kamus, maka caraku ialah dengan membaca komik ini.

Hanya dengan membaca komik, kamu dapat melihat gambar dan membaca percakapan tokoh dalam komik, ini merangsang otak untuk berfikir dan menebak-nebak makna percakapan tersebut. Tenang saja, otak kita terdesain untuk memahami ini dengan mudah. Kebanyakan dari tebakan tersebut pasti benar.

Membaca komik ini memberikan banyak sekali materi Bahasa Inggris, dari Ekspression, Greeting, hingga kosa kata baru. So kamu belajar kosa kata baru secara otodidak tanpa perlu menghapalkan.

Pada komik juga sering dilakukan perulangan kosa kata (ini ciri khas karakter di komik), dengan begitu kamu akan mengulangi kosa kata baru beberapa kali. Secara tidak langsung kamu akan menghapalkan kosa kata tersebut diluar kepala, tanpa beban dan paksaan.

Perulangan kosa kata yang sama ini dilakukan pada situasi dan kondisi yang berbeda-beda sesuai adegan yang digambarkan. Mengerti penggunaan sebuah kosa kata untuk berbagai situasi dan kondisi merupakan tingkat pemahaman yang sangat tinggi dalam Berbahasa Inggris. Kalau bahasa kerennya ini adalah “Deep Learning”, dan lebih kerennya lagi karena kamu akan menguasainya tanpa sadar.

Vocab-mu akan Berkembang Tidak Terbatas

Pasti akan banyak yang bilang kalau metode ini tidak efektif dan membuang-buang waktu. Menurutku sebaliknya.

Menghapalkan kamus tentu saja membosankan (aku nggak pernah berhasil melakukannya). Sebaliknya, Membaca komik yang memiliki alur cerita (yang didesain sangat menarik) maka kita akan ketagihan dan tertarik untuk membaca lanjutan kisahnya.

Artinya kamu akan menemukan lebih banyak percakapan, ekspresi, gambar dan kosa kata baru. Dengan begitu kosa kata Bahasa Inggrismu akan berkembang Jauh lebih banyak, bahkan tak terbatas selama kamu terus penasaran pada lanjutan cerita dalam komik tersebut.

Untuk mengakses Komik-komik dan Manga Jepang yang Berbahasa Inggris, kalian bisa buka di www.manga.life

Selanjutnya cara ini akan aku uji coba untuk mempelajari Bahasa Jepang. Karena penerbanganku selanjutnya ialah ke negeri sakura, Jepang. 

Tips [akan diupdate]

1. Jadi Tips Pertama Belajar Bahasa Inggris ialah dengan banyak-banyak Membaca Komik Bahasa Inggris

Ini baru tips pertama Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak. Selanjutnya aku akan share untuk Menambah skill Listening. Listening merupakan skill dasar yang harus kamu kuasai sebelum reading.
Baca Juga: Cara Belajar Listening Bahasa Inggris
Tenanglah.. Kita akan belajar bersama.

7 comments

Yups, belajar bahasa inggris yg baik dg cara menikmati prosesnya. Baca komik salah satunya. Tp sy tetap sj lengkuas menikmati baca naruto bahasa Indonesia ketimbang inggris, hehe. Sy menikmati proses belajar bahas inggris bbrp bulan ini saat ingin tes toefl. Sy belajar sudah tiba di ambang asa: ya Tuhan, kenapa kesalahan sy tiap mengerjakan soal selalu sama :-)

hooo, iya emang sih kebanyakan english didapatkan dari game. nice post ditunggu part berikutnya (y)
E untuk English, hmmm sepadan :D

Thanks comment-nya.. E untuk English.. emm.. Epic!

Semangat terus Mas, memang segala sesuatunya perlu proses.

Saya tertarik dan senang dengan artikel Anda, sangat membantu.
Saya juga punya artikel yang menarik dan anda bisa akses di http://www.language.gunadarma.ac.id/html/ibt/

Setuju sih ini memang benar. Dan saya dari dulu diajarinnya mulai baca komik,dengar lagu,

setuju, mulailah dari apa yang kita suka ya:)

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top