Awesome! Autumn! And Atom! - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Awesome! Autumn! And Atom!


Hari pertama aku tinggal di Jepang, aku harus mengurus masalah administrasi dan perubahan alamat baru. Di sini semuanya tercatat secara lengkap, alamat apato, real estate agency, dan bahkan penghasilan tahunan. Semuanya memiliki birokrasi rumit, dan anehnya itu semua bisa diurus dengan cepat. 

Saat tiba di Osaka, aku coba menghubungi Mas Heri, senpai dari Indonesia yang kemarin menjemput dan mengantarku. Aku berharap dia bisa jemputin di stasiun Okayama, tapi ternyata tidak. Jadi kuputuskan untuk menyelesaikan perjalananku ke Kampus Sendirian. 

Aku naik bus, yang aku tidak terlalu tahu sistemnya, aku masuk tanpa mengambil tiket, dan saat keluar membayar sejumlah uang yang bahkan aku nggak tahu totalnya. Aku serahkan semua "recehan yen" yang ada di kantongku dan ternyata ada kembaliannya. 

Sampai di Kampus Okayama University, aku langsung tahu ruangan mana yang aku tuju. Sebulan lalu aku bertemu Prof. Tanaka yang akan menjadi supervisorku, beliau yang banyak membantu, termasuk mencarikan apato(read: kos-kosan) buatku. 

Setelah bertemu Tanaka Sensei di ruangannya, Matsumoto Sensei yang merupakan asisten beliau juga datang. Akhirnya aku diantarkan oleh Matsumoto sensei untuk mengurus semua masalah birokrasi, hingga aku jadi legal tinggal di Jepang. 

Hari kedua di Jepang, pagi hari aku aku harus mengurus masalah instalasi gas, tetapi aku bermasalah karena tidak bisa berkomunikasi dengan petugasnya. Untungnya petugas langsung menghubungi pihak real estate. Sisuka -san datang menyelesaikan semua masalah, kemudian bahkan ia memberikan Wifi apato ke aku, lucky me.. :D

Sisuka -san mengerti Bahasa Inggris dengan baik, jadi aku bisa dengan mudah mengerti penjelasanya. Dia sebelumnya sudah ngobrol denganku, dan bilang kalau pernah tinggal di Indonesia. Tetapi tidak bisa berbahasa Indonesia. Dia bahkan punya koleksi wayang kulit dan angklung, yang aku sendiri nggak pernah punya XD.. Katanya sekarang dia punya teman yang tinggal di Indonesia, bekerja di perusahaan Yamaha. 

Karena masalah komunikasi yang nggak nyambung itu, akhirnya pengerjaan gas menjadi lama. Dan aku terlambat untuk ikut kelas orientasi pagi (Kelas khusus untuk international student) . Nahh untungnya orientasinya ada yang siang jam 2 siang. Jadi aku masuk yang jam 2. 

Autumn is Awesome

Di sepanjang perjalanan ke kampus mataku dimanjakan oleh pemandangan pohon-pohon yang bersemi.

Dulu waktu SMP aku pernah melihat temanku menggambar sebuah lukisan yang bagus banget. Saat itu (karena iri) aku datang dana bilang ke dia "Mana ada pohon kok daunnya warna merah" itu sih menghayal. Tapi guru kesenian bilang "Ya nggak papa pelajaran kesenian itu boleh menghayal Fuzh". Dan sekarang aku dilihatkan yang seperti ini:

autumn is awesome

This is awesome!

Karena masuk kelasnya ialah jam 2, maka aku masih punya banyak waktu sebelum kelas. Akhirnya aku ke kantin. Di kantin aku pesan menu halal yang tersedia yaitu kari. Dan aku langsung saja bergabung dengan bule-bule yang ada di kantin (sok-sok an gitu). Bule dari amerika (texas) menyapaku dan berkenalan. Orang amerika memang cukup menyenangkan. 

Gazebo [Ruang Terbuka]

Dari kantin, aku maisih punya banyak sekali waktu, maka aku bersantai di tempat duduk kayu (semacam gazebo). Di kampus banyak sekali gazebo dan area terbuka, nanti akan aku posting lebih banyak foto tentang ini. 

Tidak lama kemudian aku ketiduran di gazebo. Dan ketika bangun, aku menemukan seekor burung gagak. Burung yang paling banyak kutemui selama di Jepang. 

Setelah itu aku masuk ke kelas. Di kelas banyak sekali informasi yang sangat bermanfaat untukku. Aku jadi tahu mengenai banyak hal, dan itu menyenangkan. Nanti aku akan share satu persatu materi tersebut. Terutama tentang gaya hidup orang Jepang yang banyak peraturan. Sangat banyak. 

Kelas selesai dan aku bebas mau melakukan apapun. Oh ya, karena aku dapat pekerjaan sebagai research asistant, maka aku bisa masuk laboraturium Simulasi Molekular sekarang. Aku pergi deh ke laboraturium. 

Lab Kimia Simulasi Molekular [Komputasi]

Lab kami sangat unik, sebab disini seperti kantor biasa. Tidak ada bahan kimia berbahaya, pun tidak ada gelas kimia satupun. Hanya saja hal yang menarik ialah banyak repelika struktur kristal di dalam lab. 
Laboratory of Molecular Simulation Okayama University

Laboratory of Molecular Simulation Okayama University
Ada banyak sekali bola pingpong di dalam lab. Bola-bola pingpong ini digunakan sebagai alat peraga Atom. Bola pingpong tersebut disusun berdasarkan struktur kristal untuk mempermudah kita dalam membayangkan susunan atom-atom dalam kristal. 

Hal ini utamanya sangat berguna untuk simulasi dan komputasi, karena kita harus mengimajinasikan bentuk struktur dari sebuah sistem yang kita buat dalam komputer. 

Yap.. Itu dulu.. InsyaAllah akan banyak lagi.. Thanks!

14 comments

Seru, ya? Yang katiduran itu kayaknya nyaman.

Wahaha asik ya view nya, bersih banget :D

selamat menempuh hidup baru, Mas Mahfudz :D
autumn is very awesomesssssss!

Waw! Jadi pengin belajar ke Jepang.

Pengen banget deh bisa ngelanjutin studi ke luar negeri. Suasananya kayaknya lebih enakan di luar negeri deh.

Iya, semoga bisa segera belajar ke Jpn. :)

Iya, semoga bisa lanjut studinya.. Keep a good work! Ok.

Jahh.. What so ever.. :P

Iya, memang bersih banget, kesadaran masyarakatnya tentang sampah sangat tingi.. :D

Iya, tenang dan sepi.. damai banget.. :D

keren,, aku suka sekali tentang jepang, pengen bisa kuliah ke sana,, :)
semoga suatu saat berkesempatan pergi ke sana,, :)

Mas Muhfuzh, saya kesasar ke blond anda, ketika googling belajar listeing bahasa inggris, baca blog anda ttg belajar bahasa inggris otodidak sangat ngepas rasanya buat saya pribadi, saya minim sekali dan merasa kesulitan mau mulai dari mana dulu belajarnya, thanks atas blog nya..

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top