10 Ciri-Ciri Reaksi Kimia yang Paling Mudah Diamati - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

10 Ciri-Ciri Reaksi Kimia yang Paling Mudah Diamati


Salah satu pembahasan materi kimia yang penting ialah tentang reaksi kimia. Reaksi Kimia adalah proses terjadinya perubahan suatu senyawa kimia (reaktan) menjadi senyawa kimia lainnya (produk).  Ketika terjadi sebuah reaksi kimia, kita tidak akan pernah bisa melihat proses terbentunya suatu senyawa baru itu secara kasat mata.

Ciri-ciri Reaksi kimia

Tetapi dalam proses ini terdapat ciri-ciri reaksi kimia telah terjadi. Ada sepuluh tanda berbeda yang menjadi ciri-ciri terjadinya perubahan kimia dalam suatu zat:

Ciri-ciri Terjadinya Reaksi Kimia

1. Terbentuknya gelembung gas. 

Gas yang diproduksi dalam reaksi kimia terkadang menyebabkan terbentuknya gelembung. 

Gelembung bisa muncul dari pemanasan suatu cairan atau pembentukan gas dalam cairan. Kedua kejadian ini merupakan reaksi kimia yang umum terjadi. 

2. Terbentuknya Endapan. 

Ketika mencampurkan dua zat yang larut dalam pelarut, kemudian terbentuk padatan di bagian bawah larutan, ini menandakan terjadinya reaksi kimia dalam larutan tersebut. 

Pembentukan endapan ini terkadang berupa partikel yang sangat kecil (mikro) yang melayang-layang dalam larutan sehingga tidak kasat mata. Untuk memastikannya kamu bisa meyenterkan cahaya pada larutan tersebut. Fenomena ini dikenal dengan nama Efek Brown (Brown Effect)

3. Terjadinya Perubahan Warna. 

Beberapa senyawa kimia memiliki kecenderungan untuk menyerap dan memancarkan warna. Kemampuan menyerap dan memancarkan warna ini sangat spesifik untuk beberapa zat. Sehingga ketika terjadi perubahan (konversi) zat dari reaktan menjadi produk (senyawa baru) maka akan terjadi perubahan warna. 

Bisa saja dari dua reaktan yang tidak berwarna akan menghasilkan produk senyawa berwarna, atau dari reaktan yang berwarna membentuk produk yang tidak berwarna. Kejadian ini menunjukkan terjadinya perubahan kimia (Reaksi Kimia).

4. Perubahan Temperatur. 

Setiap senyawa kimia memiliki energi dalam. Energi dalam ini merupakan energi ikatan kimia dalam sebuah senyawa. Pemutusan ikatan memerlukan energi, sedangkan pembentukan ikatan kimia melepaskan energi. 

Ketika reaksi kimia yang terjadi melibatakan lebih banyak pembentukan ikatan kimia daripada pemutusan ikatan kimia, maka energi akan berlebih dan dilepaskan sebagai panas dan temperatur naik.

Namun jika reaksi kimia melibatkan lebih banyak pemutusan ikatan dibandingkan pembentukan ikatan, maka energi akan kurang dan diserap dari lingkungan menyebabkan dingin dan penurunan temperatur. 

5. Pemancaran Cahaya. 

Reaksi kimia terkadang melepaskan energi dalam bentuk cahaya. Contoh reaksi kimia ini ialah pada kunang-kunang yang memancarkan cahaya ketika malam. 

6. Terjadi Perubahan Volume. 

Ketika suatu senyawa baru (produk) terbentuk, maka senyawa reaktan akan berkurang secara drastis. Pembentukan senyawa baru dan pengurangan reaktan ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan densitas yang drastis sehingga Volume berubah. 

7. Perubahan Konduktivitas. 

Beberapa reaksi kimia daapat menghasilkan atau mengubah ion menjadi senyawa lain. Hal ini akan berpengaruh kepada perubahan konduktivitas dari suatu sistem. 

8. Terjadi perubahan Bau.

Beberapa senyawa kimia (seperti amoniak) memiliki bau yang menyengat. Maka pembentukan amoniak atau senyawa berbau lainnya akan menyebabkan terjadinya perubahan bau pada sistem. 

9. Perubahan Rasa. 

Senyawa kimia yang memiliki rasa tertentu akan mengakibatkan perubahan rasa ketika bereaksi. Ini dapat dengan mudah diamati ketika kita merebus ubi, awalnya rasa ubi tidak terlalu manis, kemudian setelah direbus akan terbentuk glukosa yang memiliki rasa manis. 

10. Terjadi perubahan Titik Didih dan Titik Beku. 

Umumnya hal ini terjadi pada kristal. Untuk mengetahui sebuah kristal telah bereaksi atau belum, dapat menggunakan titik didih dan titik bekunya. 

Itulah 10 Ciri-ciri Reaksi Kimia yang telah terjadi dalam suatu sistem.  


Referensi:
http://antoine.frostburg.edu/chem/senese/101/reactions/symptoms.shtml

1 comments:

gua terkesan banget ama lo,btw dh berapa lama belajar sains?umur lo brpa?

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top