Jenis-Jenis Gula Sintetis dan Dampak Kesehatannya - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Jenis-Jenis Gula Sintetis dan Dampak Kesehatannya


Berapa banyak gula yang dikonsumsi manusia setiap harinya? Banyak.. Sangat banyak. Permintaan akan gula yang begitu banyak menyebabkan produksi gula alami, sukrosa tidak cukup. Industri akhirnya memproduksi beberapa Jenis-jenis gula sintetis untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Untuk memproduksi gula alami, sukrosa, diperlukan waktu yang sangat panjang dalam produksi bahan bakunya berupa tebu. Oleh karenanya penggunaan bahan pemanis buatan diperlukan untuk memenuhi permintaan gula harian kita.

1. Sukralosa atau Splenda

Jenis-Jenis Gula Sintetis dan Dampak Kesehatannya



Sukralosa adalah pemanis nonkalori sintetis (buatan) dengan kode E955. Sukralosa yang paling terkenal ialah merek Splenda. Produk ini mendapat izin dari U.S. Foode and Drug Administration, The Joint Food and Agriculture Organization/ World Health Organization Expert Committee on Food Additives dan The Canadian, Australiann and European Regulating Bodies.

Pemanis ini dengan cepat populer dalam industri makanan karena memiliki rasa manis yang kuat, dan kestabilan yang tinggi ketika dipanaskan. Sehingga sangat cocok digunakan dalam industri roti. Tingkat kemanisan dari Sukralosa mencapai 1000 kali dari sukrosa.

Izin beredar untuk sukralosa diberikan 20 tahun yang lalu, dengan keterangan dari FDA bahwa sukralosa tidak menyebabkan karsinogenik, masalah neurologi dan reproduksi. Namun belakangan ini studit terbaru menunjukkan bahwa Sukarlosa memiliki efek samping.

Sukarlosa diprediksi menjadi penyebab migrain (sakit kepala sebelah), masalah gastrointestinal dan Thymus. Sehingga bagi para penderita migran atau masalah kepala, dianjurkan untuk menghindari Sukralosa.

2. Aspartam

Jenis-Jenis Gula Sintetis dan Dampak Kesehatannya
Aspartam adalah pemanis tanpa kalori sintetis (buatan). Dalam ilmu kimia Aspartam dikenal sebagai  bentuk metil ester dari dipeptida.

Aspartam dinyatakan layak digunakan sebagai bahan aditif pada makanan sejak tahun 1981 oleh FDA. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengevaluasi keputusan ini.

Selama lebih dari 19 tahun telah dilakukan 26 kali evaluasi mengenai bahaya Aspartam, tetapi FDA tidak mengubah keputusannya dan mengizinkan Aspartam untuk digunakan secara global dalam industri.

Berdasarkan beberapa penelitian terkini yang dilakukan, diketahui bahwa jumlah aspartam yang boleh dikonsumsi oleh tubuh ialah 40mg/kg berat badan. Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi aspartam dengan gejalan kanker. Maka Aspartam merupakan salam satu zat aditif makanan yang perlu dihindari.

3. Sakarin

Jenis-Jenis Gula Sintetis dan Dampak Kesehatannya
Sakarin adalah pemanis tanpa kalori sintetis (buatan) yang diizinkan penggunaanya secara umum untuk produk industri. Saat ini sakarin digunakan sebagai pemanis pada beragam makanan dan minuman tanpa kalori.

Sakarin awalnya dicurigai sebagai senyawa karsinogenik penyebab kanker, tetapi pada tahun 2000 dilakukan evaluasi lagi atas penggunaan sakarin dan diputuskan oleh EPA bahwa sakarin aman digunakan.

Sakarin memiliki tingkat kemanisan 300 kali dari sukrosa atau gula biasa. Tetapi batasan penggunaan sakarin ialah hanya untuk industri, bukan konsumsi rumahan secara langsung.

Pada tahun 1970, sakarin diyakini merupakan penyebab kanker. Beberapa studi terkini mendapakan hasil bahwa sakarin berdampak kanker kandung kemih pada eksperimen subject tikus. Namun hingga sekarang tidak ada kanker kandung kemih pada manusia, sehingga belum ada pembuktian bahwa sakarin merupakan bahan kimia penyebab kanker. Berbagai penelitian yang telah dilakukan tidak mampu membuktikan pendapat ini.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sakarin merupakan Jenis Gula Sintetis yang paling aman untuk dikonsumsi.

Sumber bacaan: 
https://id.wikipedia.org/wiki/Sukralosa
https://id.wikipedia.org/wiki/Aspartam
https://id.wikipedia.org/wiki/Sakarin
http://www.livestrong.com/article/85719-dangers-sucralose/
http://www.livestrong.com/article/465273-which-is-worse-saccharin-or-aspartame/

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top