Cara Paling Mudah Menggunakan Sumpit Tanpa Perlu Latihan - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Cara Paling Mudah Menggunakan Sumpit Tanpa Perlu Latihan


Baiklah.. Karena beberapa postingan yang lalu aku sudah memberikan cerita mencari makanan Halal di Jepang, kali ini aku mau share tentang cara menggunakan sumpit dengan mudah. Ini mungkin skill dasar yang harus kamu tahu sebelum masuk ke Jepang, atau minimal sebelum kamu masuk di rumah makan jepang atau china.

cara mudah menggunakan sumpit
cara menggunakan sumpit
Tutorial ini sebenarnya kupikirkan ketika kemarin makan di HokaBento yang tidak perlu disebutkan namanya. Saat pegang sumpit jadi kepikiran pengalamanku di Jepang ketika ditraktir Professor untuk dinner. Itu pengalaman pertama mulutku kejar-kejaran sama ikan mentah dan udang tepung (tempura), maklum tanganku kan cuma terbiasa pegang laptop dan cangkul, jarang banget pegang pulpen apalagi harus menguasai sumpit yang seperti memegang dua pulpen itu. Dari situ aku jadi mau tuliskan cara termudahnya.

Cara Menggunakan Sumpit Dengan Mudah

Beberapa hal yang perlu kalian catat ialah:

Cara ini adalah teknik yang kukembangkan berdasarkan percobaan pribadi, ini tanpa melakukan riset pendahuluan, studi literature ataupun tinjauan pustaka, semuanya spontan. Teknik ini tidak memiliki paten, sehingga bebas disebarkan dan digunakan dimanapun. Terakhir, teknik ini sedikit berbeda dengan cara orang Jepang, China ataupun Hongkong, tetapi memiliki akhir yang sama, makanan akan sampai tujuan dengan mudah.

Langkah mudah menggunakan sumpit ialah:
  1. Pertama, pisahkan kedua sumpit. Biasanya sumpit di RM jepang yang belum digunakan selalu menempel sepasang (*ciee.. sumpit aja punya pasangannya)
  2. Kedua, pegang sumpit dan gunakan dengan tangan kanan. 
  3. Ketiga, makanan yang ingin kamu ambil, tusuk dengan ujung sumpit hingga masuk (perhatikan gambar). Pada gambar, aku menggunakan satu sumpit sebagai contoh dan memegangnya dengan tangan kiri, ini karena tangan kananku yang sedang membawa handphone untuk foto(sory:) 
  4. Keempat, Nahh.. Sekarang kamu bisa dengan mudah memakannya seperti makan sate. 

cara mudah menggunakan sumpit
cara mudah menggunakan sumpit

Kelemahan teknik

  • Tidak bisa digunakan untuk makanan yang ukurannya kecil. 
  • Untuk makanan yang agak keras, seperti daging sapi atau daging badak liar kamu perlu meraut sumpitmu agar lebih tajam. 
Semoga postingan ini bermanfaat. Jus For Fun. :P
Tetapi buat yang bener-bener nggak bisa menggunakan sumpit, ini pasti solusi jitu kan? Hahaha :D

17 comments

aduh, asli saya serius bacanya. Kalau cara ini sih saya udah pake dari tahun kapan. wwkwkwkwkwk -.-

Haha.. Nggak bisa make sumpit yak? makanya serius bacanya.. :P
Tapi aku yg pertama nulis, jadi aku selangkah lebih maju.. :P

Tapi pas saya tusuk, sushi nya loncat dan terburai ke lantai....saya jadi melotot dengan sedih... Padahal caranya udah kaya gini....

hahahah.. trus ambil makannya sambil melotot..
*pas banget buat scene film berikutnya

sepertinya sumpitnya harus diraut dulu. :P

aduh aku paling gak bisa makan sumpit apalagi mie pasti jatuh2 lagi jatuh lagi

Cara mengambil mie-nya salah mungkin, harusnya langsung diposisikan datar bair nggak jatuh. :)

ciyus kau biasa megang pacul di Berau? xD

Heeeh, aku juga pas pakai sumpit kubuat kaya pakai garpu gitu xD Ditusuk kaya di atas *ceritanya itu lagi ikut lomba cerdas-cermat bahasa Jepang di UB pas SMA. Eh di kotak konsumsinya ga dikasih sendok malah sumpit. Bleh xD

...tapi kalau ini diterapkan di depan orang Jepang pasti dianggap aneh beud xD

Piece of cake.. :P

Kukira karena alat makan ini diturunkan oleh klanmu, secara DNA kamu langsung bisa, ternyata nggak juga ya? :P

Sumpitnya bisa dipakein karet gelang dan pengganjal kecil. Biar gak gampang lepas. ira keluarga pelancong

Waaah.. Thanks mbak Ira.. :) Akhirnya para penggemar saya dapat trik mudah menggunakan sumpit yang sebenarnya.. :)

=___= Karena kamu berasal dari Kalimantan, kan aku nggak anggep kamu tinggal di pohon juga kan xD

Huda anggota FLP ya? aku tau dari postingannya Bunda Sinta. *saltoapplause*

So far dari semua tulisan di blog ini, sebagian besar aku suka. Kamu nulisnya ringan, nggak pakai bahasa langit (dimana cuma Allah yang paham), joke-nya nggak alay, dan cara nulisnya terkesan apa adanya (kamu banget, nggak dibuat-buat, nggak pencitraan). Terus nulis dan berbagi ya. Semoga semua ilmunya barokah sampai jannah dan orang-orang di sekelilingmu turut menikmati manfaat yang bisa kamu beri. :)

Iya di FLP Malang.. Aku nggak bisa nulis yang berat, nggak kuat.. yg ringan aja suka males nulisnya apalagi berat-berat.. :D

Iyap.. Terimakasih doanya.. :)

Sashibashi (刺し箸) yaitu cara makan dengan sumpit dengan menusukkan sumpit pada makanan adalah salah satu dari sekian banyak etiket buruk dalam penggunaan sumpit di Jepang.

Sumpit memang terlihat remeh dan sederhana, tapi terdapat banyak filosofi dan kegunaan simbolik dari sumpit. Oleh karena itu mohon tidak menyebarkan informasi - informasi yang salah, ini namanya pembodohan publik (walaupun mungkin anda bercanda).

Kalau entry ini dibaca oleh orang awam / anak kecil / orang yang malas riset bagaimana? Kalau mereka suatu hari berada di Jepang atau China atau Korea dan mereka mengikuti cara tidak sopan anda dalam menggunakan sumpit, lalu menyebabkan social blunder / faux pas, bagaimana? Apakah tidak ada sedikitpun rasa tanggung jawab anda? Sebagai orang yang gemar belajar dan menjunjung tinggi ilmu pengetahuan, anda seharusnya malu...

Iya master... aku maluu... sangat maluu... ini aib bagiku... Angkat aku menjadi muridmu.. ilmumu pasti sangat dalam dan luar biasa.. Akuu maluuu..

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top