Pengertian Derajat Ionisasi dan Derajat Disosiasi - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Pengertian Derajat Ionisasi dan Derajat Disosiasi


Derajat ionisasi merupakan salah satu sifat senyawa yang penting dalam kaitannya dengan ilmu kimia dan fisika. Pembahasan mengenai reaksi kimia terutama larutan elektrolit membutuhkan penguasaan yang baik tentang materi ini. Oleh karena itu kalian harus memahami definisi dari derajat ionisasi.

Pengertian Derajat Ionisasi


Derajat ionisasi adalah proporsi dari partikel netral pada gas dan larutan cair yang dapat terionisasi sehingga menjadi partikel bermuatan. Zat atau senyawa yang sangat kecil nilai derajat ionisasinya dikatakan sebagai zat yang "terionisasi sebagian" sedangkan yang memiliki derajat ionisasi tinggi disebut "terionisasi sempurna"

Ionisasi merupakan proses ketika atom atau molekul kehilangan satu elekron, sehingga menghasilkan dua partikel dengan muatan berlawanan, partikel bermuatan positif dan bermuatan negatif. Definisi derajat ionisasi ini juga digunakan sebagai acuan untuk mendeskripsikan suatu larutan elektrolit dan nonelektrolit

Sejarah Penemuan Derajat Ionisasi



derajat ionisasi tabung crookes
sejarah derajat ionisasi tabung crookes

Pengamatan pertama mengenai partikel terionisasi di dalam Tabung Crookes dan deskripsi awalnya dilakukan oleh Sir William Crookes (1879). Kemudian penelitian menggunakan Tabung Crookes ini dilanjutkan oleh Fisikawan Inggris Sir J.J. Thompson (1897) dan dilengkapi dengan Irving Langmuir pada 1928 dengan istilah populernya yaitu plasma

Penggunaanya Dalam Ilmu Fisika

bola plasma ionisasi
bola plasma ionisasi
Dalam ilmu fisika derajat ionisasi dipahami sebagai proporsi dari partikel netral yang terionisasi sehingga membentuk partikel bermuatan. Kejadian ini dapat dilihat pada "bola plasma" Di dalam bola plasma, listrik dialirkan sehingga membuat gas dalam bola mengalami ionisasi sebagian, sekitar 1% dari partikel gas menjadi bermuatan.

Kejadian fisis lainnya ialah ionisasi yang terjadi di matahari, dimana Proton (H+) dan Helium terionisasi sempurna.

Penggunaan dalam Ilmu Kimia

asam kuat asam lemah
asam kuat asam lemah
Derajat ionisasi dalam ilmu kimia juga dikenal sebagai derajat disosiasi. Derajat disosiasi banyak dibahas untuk menggambarkan kekuatan suatu asam (masih ingat ada asam kuat dan asam lemah?). Ia menyatakan rasio dari jumlah molekul terionisasi dan jumlah molekul terlarut di air.

Suatu senyawa kimia dikatakan sebagai asam kuat jika memiliki derajat disosiasi lebih dari 30% dan dikatakan asam lemah ketika kurang dari 30%.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top