Tata Nama Sikloalkana - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Tata Nama Sikloalkana


Salah satu senyawa yang paling penting untuk dipelajari dalam ilmu kimia ialah senyawa hidrokarbon. Hal awal yang harus dipelajari dan dipahami dalam bab tata nama Hidrokarbon.

Dalam Hidrokarbon atau senyawa organik, salah satu hal yang cukup menjadi perhatian ialah tata nama senyawanya. Jika sebelumnya kita telah membahas tata nama alkana, alkena dan alkuna, kali ini aku akan sharing bagaimana cara penamaan sikloalkana, sikloalkena dan senyawaan siklis lainnya.

Cara Penamaan Senyawa Siklis Hidrokarbon

tata nama hidrokarbon siklis
tata nama hidrokarbon siklis
Sebelum mempelajari materi penamaan senyawa siklis ini, kalian harus mengingat-ingat ulang materi mengenai tata nama alkana. Langkah-langkah dalam tata nama hidrokarbon siklis sesuai IUPAC ialah sebagai berikut:

1. Tentukan Hidrokarbon Siklis Jenis Apa yang Kamu Miliki.

Hidrokarbon siklis dapat diberi nama sama dengan hidrokarbon non-siklis, hanya perlu penambahan awalan Siklo- pada namanya. Contohnya: Untuk karbon dengan panjang 7 rantai siklis, diberi nama Sikloheptana, 5 rantai siklis Pentana, 6 rantai siklis yang mengandung rantai ganda ialah Heksena, dll.

2. Jika Satu Substituen

Jika hidrokarbon yang kamu punya ialah hidrokarbon siklis dengan satu substituen, maka kamu tidak perlu memberikan angka lokasi substituennya. Contoh: metil heksana, etil heptena, dll.
sikloheksana
sikloheksana

3. Jika ada Gugus Fungsi Alkil Lebih Panjang dari Siklik

 Perhatikan jika gugus alkil memiliki rantai karbon yang lebih panjang daripada cincin karbon, maka cincin karbon adalah substituennya, bukan rantai utamanya. Penamaanya mengikuti aturan penamaan Alkana,Alkena/Alkuna dengan substituen alkil siklik.

4. Jika Terdapat Dua Substituen

Jika terdapat dua substituen dalam cicin karbon, maka dilakukan penomoran dengan urutan alfabetis. Nomor satu ialah pada substituen dengan huruf awal lebih dulu dari alfabet, kemudian perhitungan secara memutar dilakukan sesuai dengan cabang kedua terdekat dari nomor satu.

5. Hitung Jumlah Substituen

Tambahkan imbuhan di-, tri-, tetra-, dst untuk menunjukkan jumlah substituen pada hidrokarbon siklik tersebut.

6. Urutan Penyebutan Substituen

Seperti pada Hidrokarbon non siklik, urutan penyebutan substituen berdasarkan abjad.

Langkah-langkah tersebut sangat mudah dilakukan, yang kalian perlukan adalah latihan tata nama hidrokarbon siklis. Dengan jumlah latihan yang cukup kamu akan dapat mengerti cara penamaan seluruh hidrokarbon.

Unduh

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top