Senyawa Kimia Paling Penting Dalam Kehidupan Manusia - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Senyawa Kimia Paling Penting Dalam Kehidupan Manusia


Dalam hidup ini, kita selalu dikelilingi oleh senyawa kimia. Baik makromolekul maupun mikromolekul. Seluruh dunia ini dibentuk oleh senyawa kimia yang bergabung dan bercampur.  Sebenarnya, tidak ada senyawa kimia yang paling penting. Semua zat kimia pastinya memiliki fungsi dan peranannya masing-masing di alam. Beberapa senyawa kimia memang memiliki peranan lebih banyak, sedangkan senyawa lainnya tidak memiliki peranan yang penting. Sebenarnya ini karena keterbatasan pengetahuan sains kita aja, sehingga kita belum bisa menggunakan senyawa kimia tersebut secara maksimal.

Senyawa Kimia yang Paling Penting Dalam Kehidupan Manusia

Senyawa Kimia Penting
Senyawa Kimia Penting

Tidak adil sebenarnya untuk merangking senyawa kimia yang paling penting dalam kehidupan manusia. Karena sejatinya hampir semua senyawa kimia itu penting dan memiliki peran dalam kehidupan kita. Tetapi kali ini aku coba untuk memberikan bebeerapa senyawa kimia yang menurutku sering kita jumpai dan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Penting disini dalam arti merupakan senyawa yang kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. 

Oke! Check this out!

  • Air (H2O) - Pastilah air yang paling penting dalam kehidupan manusia. Tidak perlu penjelasan lagi untuk menggambarkan betapa pentingnya air dalam kehidupan kita. Pada dasarnya, air adalah kebutuhan utama kita yang mampu membuat kita bertahan hidup. Kita lebih tahan untuk tidak makan dibandingkan untuk tidak minum. Selain diminum, kita juga sangat membutuhkan air untuk merawat dan membersihkan tubuh kita. 
  • Natrium Klorida atau Table Salt (NaCl) - Salt digunakan tidak hanya dalam memasak, tapi dalam membersihkan juga. Garam dapur telah digunakan sejak zaman nenek moyang kita untuk berbagai keperluan, faktanya ada setidaknya 1000 kegunaan garam dalam kehidupan kita..
  • Natrium Hidrogen Carbonate atau Baking Soda (NaHCO3) - Baking soda tidak hanya memiliki manfaat di dapur, tetapi juga digunakan dalam kecantikan dan kesehatan. Senyawa kimia  ini juga dikenal dapat digunakan sebagai pembersih dan zat pemutih, selain itu jjuga dikenal sebagai penghilang bau yang baik (deodorizer) juga.
  • Sukrosa atau Gula Dapur (C12H22O11) - Sukrosa digunakan terutama dalam memasak dan sebagai pemanis. Sukrosa ini merupakan salah satu gula sederhana yang diperlukan oleh tubuh. Apalagi sebagai orang Indonesia asli, pasti setiap harinya mengkonsumsi gula pasir ini. Setidaknya dalam secangkir teh atau kopi pagi. 
  • Sodium hipoklorit atau Bleach (NaClO) - Bleach digunakan sebagai penghilang noda, desinfektan dan penghilang bau (deodorant). Senyawa kimia ini juga digunakan untuk menjernihkan air dan mengurangi kerusakan kulit.
  • Hidrogen Peroksida (H2O2) - ini digunakan sebagai agen pembunuh kuman dan merupakan satu-satunya yang terdiri dari oksigen dan air. Senyawa kimia ini adalah sebuah alternatif untuk pemutih dan disinfektan yang kuat. Hidrogen Peroksida ini juga digunakan dalam produk-produk kebersihan pribadi seperti obat kumur dan pasta gigi, dan digunakan untuk meringankan rambut. Selain itu  digunakan untuk membersihkan daging dan produk makanan lainnya.
  • Aseton ((CH3) 2CO) - Aseton memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kosmetik, yang paling populer sebagai pembersih cat kuku (nail polish remover). Zat kimia ini juga merupakan pelarut yang populer dan digunakan untuk proses domestik dan laboratorium lainnya.
  • Metana (CH4) - Metana adalah gas alam yang digunakan untuk menyuling minyak mentah. Senyawa kimia ini juga digunakan sebagai reaktan untuk menghasilkan zat-zat lain seperti chloromethanes dan amonia.
  • Karbon Dioksida (CO2) - Karbon dioksida digunakan dalam isi alat pemadam kebakaran dan dalam produksi es kering. Hal ini juga digunakan dalam produksi minuman berkarbonasi.
  • Asam sitrat (C6H8O7) - Suatu senyawa organik, biasanya ditemukan dalam buah jeruk. Hal ini digunakan untuk keperluan memasak dan obat-obatan.
  • Sodium Nitrat (NaNO3) - Sodium nitrat digunakan dalam industri makanan dan pertanian. Selain itu juga merupakan bahan utama dalam pupuk.
  • Amonia (NH3) - Amonia bereaksi dengan asam menghasilkan garam. Hal ini digunakan dalam banyak produk pembersih.

Yap itulah beberapa Senyawa Kimia Paling Penting yang sering kita jumpai dalam keseharian. Mungkin kalian punya senyawa lain yang nggak kalah penting? C'mon, share it with us!.

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top