Langkah-langkah Metode Ilmiah [Infographic] - My Stupid Theory

My Stupid Theory

Si Bodoh yang waktu dan pikirannya habis digerogoti oleh rasa ingin tahu.

Langkah-langkah Metode Ilmiah [Infographic]


Banyak sekali berita "ngawur" yang beredar belakangan ini. Parahnya lagi itu muncul dari portal-portal berita besar. Salah satu judul berita yang menarik komentarku, bahkan komentar Pak Lukman dosenku, ialah mengenai ditemukannya pembangkit energi tenaga vakum. Tentu saja ini mustahil dilakukan, dan tidak terbukti secara ilmiah.

Tetapi portal berita berhasil membuat berita ini dibagikan hingga ribuan kali, dengan pembaca (yang percaya) mencapai jutaan orang. Mungkin salah satu alasan ini bisa terjadi ialah tidak pahamnya pembaca mengenai metode ilmiah, dan bagaimana langkah-langkah melakukannya.

Dalam ilmu sains, kegiatan yang umumnya dilakukan ialah membuat sebuah skema percobaan atau project penelitian. Namun dalam hal ini, percobaan dalam ilmu sains tidaklah semudah metode trial and error, tetapi diperlukan suatu langkah-langkah metode ilmiah.

Metode ilmiah dilakukan agar percobaan yang akan kita lakukan memberikan hasil yang maksimal, dan tidak mengandung kesalahan data uji.

Pengertian Metode Ilmiah

metode ilmiah
metode ilmiah
Sebelum melakukan langkah-langkah percobaan, sebaiknya kita memahami mengenai pengertian metode ilmiah.

Metode ilmiah merupakan cara untuk memunculkan pertanyaan ilmiah kemudian menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan observasi, studi literatur dan percobaan ilmiah. 

Kalau sudah seperti ini langkah-langkahnya, maka dengan studi literatur saja, masalah pembangkit energi tenaga vacum yang disebutkan diatas tentu saja telah tertolak secara teoritis.

Dalam hukum termodinamika, produksi energi dari sebuah ruang vakum ialah sesuatu yang mustahil (dijelaskan oleh Pak Lukman). Awalnya sih aku sudah yakin kalau itu mustahil, tetapi tidak berdasar, hanya sekedar spekulasi(dasar dodol, kurang membaca sihh luu!).

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

Secara signkat, langkah-langkah metode ilmiah dapat dirangkum sebagai berikut:

  1. Membuat Pertanyaan 
  2. Menentukan Latar Belakang Penelitian
  3. Membuat Hipotesis (kesimpulan sementara)
  4. Menguji Hipotesis Melalui Eksperiment
  5. Mengolah Data Hasil Eksperiment Secara Ilmiah
  6. Merumuskan Kesimpulan. 


Infografik yang mewakili kegiatan Metode Ilmiah ini ialah:

metode Ilmiah

Jadi, kamu perlu mengawali sebuah percobaan dengan pertanyaan ilmiah, kemudian mencoba menjawabnya berdasarkan teori dan pengetahuan yang ada (hipotesis), kemudian melakukan observasi dan penelitian untuk mendapatkan jawaban yang sebenarnya.

Itulah beberapa langkah dalam melakukan metode Ilmiah. Thanks For reading!


Unduh

What comes into your mind?
Shoot me some comment!

 
Back To Top